RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara Atasi Bootloop Android dengan TWRP, Pakai TWRP Android untuk atasi Bootloop

Seperti yang sering kami bilang, bahwa OS Android itu memang cukup rentan mengalami masalah dan masalah yang paling sering di jumpai adalah masalah Bootloop, memang tidak semua smartphone Android pernah mengalami hal serupa, tetapi kebanyakan masalah yang muncul saat ini memang Bootloop itu sendiri.

Bootloop sendiri adalah sebuah masalah yang muncul dengan ciri-ciri stuck di bagian loading saat device sedang booting dan ini terjadi secara berulang-ulang hingga smartphone Android kalian tidak bisa menyelesaikan booting untuk masuk ke homescreen, penyebab utama terjadinya bootloop ini bisa terjadi karena system OS Android kalian yang mengalami Crash atau bentrok/rusak/hilang/error.

Cara paling efektif untuk menyelesaikan masalah ini memang dengan cara melakukan Install ulang atau melakukan Flashing, tetapi cara ini memang agak ribet di lakukan, terlebih lagi kalian harus mendownload sebuah firmware yang tidak kecil ukuran size-nya, untuk itu sebenarnya ada cara yang lebih sederhana, yaitu bisa dengan menggunakan Custom Recovery serupa TWRP.


Beberapa Hal yang harus diperhatikan


  1. Pastikan TWRP sudah terpasang secara stable di smartphone Android kalian.
  2. Pastikan TWRP tidak terkunci.
  3. Pastikan device kalian bisa untuk mengakses TWRP, bisa melalui cara manual dengan menekan tombol perintah tertentu seperti menekan tombol Volume Up (+) saat booting atau menekan tombol Power dan Volume Up (+) berbarengan saat booting, atau kalian juga bisa booting ke mode TWRP dengan menggunakan perintah Fastboot seperti ini :
fastboot boot twrp.img
  1. Pastikan TWRP yang kalian pasang sudah stable dan tidak mempunyai masalah berarti.

Adapun dampak dari metode ini mungkin sama saja seperti saat kalian melakukan Install ulang atau Flashing, yaitu ada kemungkinan hilangnya semua data di Internal Memory smartphone Android kalian, karena metode ini memiliki tipikal Factory Reset, jadi tidak menutup kemungkinan semua data akan habis di Format.


Cara atasi Bootloop hanya bermodal TWRP Android


Jika kalian sudah tahu betul konsekuensi dari metode ini, maka kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk menyelesaikan masalah Bootloop di smartphone Android kalian.

  1. Silahkan kalian masuk ke mode TWRP dulu.
Cara Atasi Bootloop Android dengan TWRP, Pakai TWRP Android untuk atasi Bootloop
  1. Lalu masuk pada opsi Wipe.
Cara Atasi Bootloop Android dengan TWRP, Pakai TWRP Android untuk atasi Bootloop
  1. Pilih lagi opsi Advanced Wipe dan centang semua opsi yang ada.
Cara Atasi Bootloop Android dengan TWRP, Pakai TWRP Android untuk atasi Bootloop
  1. Terakhir, silahkan lakukan Factory Reset dengan melakukan Swipe.
  2. Done!

Catatan ~ kalian sebenarnya tidak harus mencentang opsi Internal Storage untuk mengamankan file kalian, tetapi dalam percobaan yang kami lakukan, jika kami tidak mencentang opsi tersebut, maka kasus Bootloop masih tetap terjadi, tetapi setelah kami centang, maka masalah Bootloop terselesaikan dan device kembali hidup normal meski semua data di Internal Storage hilang sepenuhnya, kalian bisa coba bereksperimen sendiri.

Dengan demikian, sangat mudah untuk bisa mengatasi masalah Bootloop di smartphone Android, hanya saja memang di perlukan sebuah ketekunan dan pengetahuan khusus, dengan adanya solusi ini maka kalian tidak perlu lagi mendownload sebuah firmware yang size-nya bisa mencapai 2GB hanya untuk di gunakan dalam satu kali Flashing saja, lebih baik gunakan TWRP yang hanya mempunyai size 10MB - 50MB saja, maka masalah terselesaikan dengan sangat cepat. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot