RILIS ARTIKEL TERBARU :

Ciri Android kena Virus, Tanda Smartphone Android terkena Virus, Bagaimana ciri Android terkena virus, Tanda Android terkena Malware

Keberadaan virus memang sudah menjadi hal yang lazim ada pada semua perangkat komputerisasi dari zaman dulu hingga sekarang, meski demikian sifat virus yang menyerang software itu tetap sama saja tipikalnya yaitu melakukan sabotase untuk keuntungan pribadi atau bahkan cuma untuk mengganggu saja.

Pada kenyataannya sistem operasi Android itu memang berbasis kepada sistem Linux yang sudah terbukti susah di susupi oleh virus.

Namun zaman kian maju dan orang-orang menjadi semakin pintar, sehingga dengan demikian apa yang di sebut sebagai virus tersebut juga dapat di temukan dan bisa menyerang smartphone berbasis OS Android seperti yang sudah.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya dan dari referensi yang ada jika sebuah smartphone Android sudah di hinggapi virus (Malware hingga Spyware) maka ciri-cirinya akan sebagai berikut :


Smartphone menjadi lemot tanpa sebab


Ini sudah menjadi ciri-ciri dasar smartphone yang terkena sebuah virus, biasanya berupa virus Malware, Android yang di hingga virus ini akan melakukan sabotase terhadap fungsi utama OS.

Seperti mendownload aplikasi dengan sendirinya, menjalankan aplikasi minning (di kenal sebagai virus crytpo yang membuat smartphone Android kalian menjadi mesin otomatis pencari uang untuk pembuat virus tersebut).

Dengan di hinggapinya virus jenis ini maka yang harusnya device kalian adem saja, kini di forsir hingga maksimal dengan hasil akhir hardware smartphone kalian akan rusak.


Paket data sangat cepat habis


Pernah tidak kalian mengalami baru isi kouta lalu tiba-tiba kouta habis begitu saja, meski kalian tidak merasa menggunakannya secara berlebihan? jika iya maka kalian patut waspada, karena bisa jadi device kalian di hinggapi virus berupa malware ataupun spyware.

Ciri-ciri umumnya mudah saja, yaitu ketik smartphone kalian terkoneksi ke jaringan internet maka smartphone kalian akan selalu melakukan transmisi keluar untuk memberikan semacam informasi ke pembuat virus atau bahkan smartphone Android kalian mendownload aplikasi dengan sendirinya.

Untuk melihat hal ini lebih lanjut, kalian bisa melihat history pemakaian data internet kalian di menu Data Usage atau penggunaan data.


Muncul iklan pop up setiap saat


Kalau ada yang seperti ini sudah pasti smartphone Android kalian terkena virus, karena ciri-ciri ini sudah menjadi sangat umum sekarang ini.

Umumnya jenis virus ini akan selalu memunculkan iklan di manapun bisa itu di statusbar, homescreen, saat sedang melakukan chating, bermain game, atau bahkan saat melakukan video call, virus ini akan sangat mengganggu dan tentu saja akan membuat kouta internet kalian cepat habis.

Jika ke-3 ciri-ciri di atas muncul di smartphone Android kalian saat ini maka kalian harus waspada dan lakukan tindakan pembersihan dengan cara sebagai berikut :


  1. Install aplikasi Anti Virus di PlayStore, gunakan yang terpercaya seperti AVG, Avast, dll.
  2. Uninstall aplikasi yang mencurigkan, saran kami lihat aplikasi tersebut dari system apps, jika di rasa mencurigakan patut untuk kalian uninstall.
  3. Lakukan Flash ulang.


Adapun kiat-kiat yang mesti kalian lakukan agar terhindar dari serangan virus tersebut adalah dengan sebagai berikut :


  1. Jangan sembarangan install aplikasi di luar dari layanan Play Store.
  2. Jangan sembarangan melakukan klik pada web browser ketika kalian sedang melakukan browsing, biasanya di tandai dengan munculnya pesan penawaran khusus atau ancaman, jika kalian menekan OK atau Setuju maka smartphone kalian akan terinfeksi virus.
  3. Jangan mau melakukan klik pada pesan berupa email dengan link URL mencurigakan, biasanya terdapat di SPAM Folder di email kalian.


Dengan berakhirnya tulisan artikel ini kami harapkan kalian sudah lebih jeli untuk melihat apakah smartphone kalian ter infeksi virus atau tidak.

Harapannya kalian bisa lebih tahu bagaimana cara mengatasi dan menghindari serangan virus tersebut, karena jika sudah terlanjur yang kalian dapat hanyalah kerugian saja, jadi berhati-hatilah. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot