RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara UNLOCK BOOTLOADER, TWRP, ROOT, UNROOT dan FASTBOOT Xiaomi Redmi Note 6 Pro (Tulip)

Sama seperti tradisi di tahun-tahun sebelumnya, pihak Xiaomi selalu saja merilis sebuah smartphone Upgrade dari variant Redmi Note-nya, dan kali ini adalah Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Meski demikian, untuk jenis upgrade dari pendahulunya yaitu Xiaomi Redmi Note 5 Pro (WhyRed) memang terlihat minor, yang paling terlihat pada upgrade di versi Note 6 Pro ini adalah hanya penambahan Poni dan juga sedikit perombakan design pada bagian belakang Case dari device itu sendiri.

Lalu apakah Worth untuk di gunakan? jelas saja, karena semua seri Xiaomi Redmi Note tidak pernah mengecawakan, meski terlihat membosankan seiring berjalannya waktu, tetap saja performa dari device satu ini tetap yang paling terbaik di kelasnya.

Maka dengan demikian jangan heran jika peminat device ini sangat tinggi di pasaran saat ini, terlebih lagi bukan Xiaomi namanya jika pada tahap Modnya tidak di permudah, sama seperti sebelumnya pada variant Xiaomi Redmi Note 6 Pro (Tulip) ini, kalian sudah bisa melakukan semua yang kalian mau.

Untuk memudahkan kalian dalam mencari tutorial guide yang lengkap, maka kali ini kami akan buatkan satu buah artikel lengkap dengan topik terlengkap mulai dari cara Unlock Bootloader hingga cara melakukan Fastboot dan hal ini akan kita bahas secara berturut-turut :

Persyaratan yang mesti kalian penuhi :

1. PC atau Laptop rekomendasi windows 64-bit
2. Koneksi internet
3. USB Cable
4. Baterai device harus diatas 50%

Cara pengerjaan Unlock Bootloader :

1. Silahkan persiapkan dulu semua persyaratan yang telah kami tuliskan diatas.
2. Selanjutnya kalian harus request terlebih dahulu ke forum MIUI, bisa kunjungi DISINI
3. Selanjutnya masuk pada Tab "Unlock" selanjutnya akan di bawa ke halaman baru, lalu click pada button Unlock Now, hal pertama kalian harus Login dengan mi account yang kalian miliki, perlu di ingat login dengan mi account yang sama seperti yang ada di device Xiaomi Redmi Note 6 Pro kalian.
4. Kemudian kalian harus mengisi informasi untuk request unlock bootloader nantinya, pastikan nomor telepon kalian bisa di hubungi dengan baik, karena persetujuan unlock bootloader dari Xiaomi akan di kirimkan melalui SMS, jika sudah yakin "centang" ketentuan dari Xiaomi yang berada di bawah, langkah selanjutnya tinggal click button "Apply Now".


5. Selanjutnya kalian harus memverifikasi nomor kalian dengan memasukan angka verifikasi yang langsung di berikan pihak Xiaomi ke nomor telepon yang sudah kalian masukan sebelumnya, jika sudah langkah selanjutnya kalian harus menunggu hingga 10 hari masa kerja untuk mendapat persetujuan, jika sampai 10 hari lebih kalian tidak mendapatkan SMS Notifikasi, maka langsung saja ke tahap berikutnya, karena beberapa device Xiaomi terbaru memang tidak memerlukan notifikasi SMS tersebut.
6. Jika SMS notifikasi Unlock sudah tiba, silahkan kunjungi alamat link atau webstite yang terdapat pada isi SMS tersebut, jika tidak ada SMS langsung ke tahap selanjutnya.
7. Kemudian download tool Unlocknya DISINI.
8. Setelah selesai jalankan aplikasi Mi Flash Unlocknya dengan "Run As Administrator".
9. Lalu selanjutnya, akan muncul halaman ketentuan, pada opsi ini pilih Accept saja, selanjutya Login dengan akun yang sudah kalian miliki.
10. Langkah terakhir, silahkan koneksikan device kalian dalam keadaan Power Off ke PC dengan menekan berbarengan tombol Volume Down (-) dan Power untuk masuk ke FASTBOOT MODE, jika sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik, selanjutnya tinggal tekan button "Unlock" dari jendela aplikasi Mi Flash Unlock yang muncul.


11. Tunggu Sampai proses selesai, lalu Reboot.
12. Done!

Catatan ~ Perlu kalian ketahui kalian mungkin saja akan membutuhkan waktu yang banyak agar bisa sukses dalam melakukan Unlock Bootloader tersebut, karena biasanya waktu yang di butuhkan agar request Unlock Bootloader kalian di penuhi ialah berkisar antara 72 Hours sampai dengan 360 Hours, ingat itu! jadi sabarlah, tidak ada yang salah dengan tutorial ini, melainkan mekanisme Unlock Bootloader Xiaomi sekarang memang seperti itu.


# CARA PASANG TWRP XIAOMI REDMI 6 NOTE PRO (TULIP)


Persyaratannya adalah sebagai berikut :

1. Unlock Bootloader
2. PC atau Laptop
3. USB Cable.
4. Driver ADB dan Fastboot
5. TWRP (UNOFFICIAL)
6. Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0
7. BACKUP (ada potensi semua data kalian akan hilang di Internal Memory)

Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan kalian lengkapi dulu persyaratan di atas.
2. Jika sudah rename file recovery yang kalian download tadi menjadi twrp.img lalu copy atau pindahkan kedalam folder direktori Abd dan Fastboot di PC kalian.



3. Untuk file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0, segera pindahkan ke Internal Memory device Xiaomi Redmi Note 6 Pro.
4. Silahkan masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol volume down (-) dan power berbarengan saat device kalian sudah dalam kondisi power off.
5. Koneksikan device kalian ke PC dengan USB dan buka aplikasi Command Promt pada direktory driver ADB dan Fastboot kalian.
6. Masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika sudah terkoneksi dengan baik silahkan masukan perintah ini :

fastboot flash boot twrp.img

atau

fastboot flash recovery twrp.img 

lalu masukan lagi perintah ini

fastboot boot twrp.img

7. Tunggu hingga device kalian reboot dan masuk ke mode TWRP secara otomatis, jika sudah segera Flash file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 untuk menghindari bootloop setalah memasangkan TWRP tersebut.
8. Done, kalian sudah bisa melalukan reboot saat ini dan TWRP sudah terpasang pada device kalian, untuk bisa masuk ke mode TWRP kalian bisa menekan tombol volume up (+) dan Power berbarengan saat kondisi device Power Off atau kalian juga bisa masuk ke mode TWRP dengan perintah fastboot boot twrp.img melalui CMD.

Catatan ~ Jika saat kalian ingin melakukan Flasing file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 tetapi Internal Memory pada device kalian tidak bisa terbaca melalui TWRP, maka langkah yang bisa kalian lakukan adalah melakukan FORMAT pada Memory Internal Xiaomi Redmi 6 kalian via TWRP, jika kalian kurang mengerti berikut adalah langkahnya yang sudah kami tulis di artikel ini Cara mengatasi TWRP yang terkunci atau tidak bisa membaca Memory Internal.


# CARA ROOT XIAOMI REDMI NOTE 6 PRO (TULIP)


Persyaratannya adalah sebagai berikut :

1. Unlock Bootloader
2. TWRP sudah terpasang
3. Magisk

Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Setelah file Magisk di download dalam format .zip tersebut, segera copykan atau pindahkan files tersebut kedalam internal storage device kalian.
2. Lalu masuk ke menu TWRP recovery mode dengan cara menekan Volume Up (+) dan Power secara berbarengan ketika device dalam keadaan mati sempurna, atau booting ke mode TWRP dengan menggunakan command ADB sebagai berikut :

adb reboot recovery

3. Jika sudah masuk ke dalam mode TWRP selanjutnya lakukan flash files Root Magisk yang sudah kalian pindahkan ke internal storage kalian sebelumnya.
4. Jika proses flashing sudah selesai, silahkan kalian reboot device kalian, dan secara otomatis aplikasi Magisk dan kemampuan Root sudah terpasang, untuk mengecek kondisi Rootnya, bisa menggunakan aplikasi sejenis Root Checker atau semacamnya.
5. Selesai!


# CARA UNROOT XIAOMI REDMI NOTE 6 PRO (TULIP)


1. Silahkan kalian download dulu Magisk Uninstaller DISINI.
2. Letakan pada Internal Memory Xiaomi Redmi Note 6 Pro kalian.
3. Silahkan lakukan Booting ke Mode TWRP dengan menakan tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat device dalam keadaan Power Off.
4. Jika sudah masuk dalam mode TWRP, silahkan cari File Magisk Uninstaller yang telah kalian download sebelumnya, dan lakukan Flash terhadap file tersebut.
5. Reboot, harusnya saat ini device kalian sudah dalam kondisi UNROOT.


# CARA FASTBOOT XIAOMI REDMI NOTE 6 PRO (TULIP)


Untuk cara melakukan Fastboot di Xiaomi Redmi Note 6 Pro itu memang cukup mudah di lakukan, karena faktanya device ini menggunakan Processor Qualcomm Snapdragon 625, maka cara melakukan Fastbootnya cukup hanya dengan menggunakan metode Flashing via Mi Flash Tool saja.

Adapun kegunaan dari metode Fastboot itu adalah untuk melakukan UNBRICK jika device kalian Bootloop, Hang, Stuck dan Brick, bisa juga sebagai media untuk kalian melakukan Upgrade versi MIUI dan lain sebagainya, intinya metode Fastboot ini bisa kalian manfaatkan untuk melakukan Flashing firmware secara menyeluruh di Xiaomi Redmi Note 6 Pro (Tulip) yang kalian miliki.

Persyaratannya adalah sebagai berikut :

1. PC atau Laptop
2. USB Cable
3. Aplikasi Mi Flash Tool dan Fastboot ROM bisa di download DISINI
4. Baterai di atas 50%
5. Disable Driver Signature Enforcement
6. Unlock Bootloader

Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Install dulu terlebih dahulu aplikasi Mi Flash yang sudah di download.
2. Ekstrak file Fastboot ROM yang sudah di download sebelumnya, ingat yang di extract itu file yang punya extension .tgz, jadi kalian harus melakukan 2 kali extract setelah file fastboot selesai di download.
3. Buka aplikasi Mi Flash, Lalu buka direktori dimana tempat kalian melakukan ekstrak file Fastboot ROM sebelumnya.
4. Selanjutnya tekan tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan untuk masuk mode fastboot, lalu koneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB ketika device sudah masuk dalam mode fastboot.
5. Selanjutnya kalian akan melihat device kalian akan terbaca oleh aplikasi Mi Flash.
6. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol Fresh terlebih dahulu untuk memastikan, lalu tekan tombol Flash pada aplikasi Mi Flash.
7. Tunggu sampai proses selesai, kemudian Reboot.
8. Done.

Untuk detailnya bisa lihat screenshot berikut :


Pilih script flash sesuai kehendak kalian :


Catatan ~ Karena device ini sudah aktif fitur Anti-RollBacknya, jika belum tahu apa itu Anti-RollBack silahkan cari tahu dulu DISINI, maka dengan demikian, kalian tidak boleh melakukan Downgrade dengan menggunakan metode Fastboot tersebut, karena di pastikan akan berakhir Bricked atau tidak bisa hidup-hidup.

Maka dengan demikian, jika kalian ingin melakukan Flashing, silahkan Flash ke versi MIUI yang sama seperti yang saat ini anda gunakan, atau saran kami silahkan gunakan versi MIUI yang lebih tinggi (upgrade), maka saat Flashing telah selesai, maka device kalian bisa hidup dan di gunakan dengan normal lagi.

Sudah cukup panjang rasanya tutorial lengkap ini kami sajikan, tenang saja tutorial di atas sudah terbukti berhasil, asalkan kalian lakukan sesuai dengan apa yang kami sampaikan di atas, jika memang ada beberapa kata yang salah, mohon di koreksi, karena disini kita sama-sama belajar.

Lalu jika ada yang membingungkan silahkan tanyakan saja, dan kami berharap semoga tutorial yang telah kami tuliskan panjang lebar di atas bisa bermanfaat untuk kalian.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot