RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Akses Recovery bawaan Asus Zenfone

Seperti yang kalian ketahui, OS Android itu memang merupakan sebuah OS pintar seperti layaknya OS Windows yang sering kalian gunakan di PC atau Laptop, hanya saja OS Android itu memang khusus di peruntukan untuk Smartphone secara Mobile saja.

Sehingga beragam Tool untuk melakukan Maintenance pun juga tersedia di OS Android, sama halnya seperti OS Windows, jika di OS Windows itu ada yang namanya Recovery, maka di Android pun juga ada.

Bahkan di Android ada banyak sekali jenis Recovery yang siap untuk kalian pasangkan secara Custom, lalu apakah smartphone Android itu di bekali dengan Recovery bawaan?

Iya! tapi tidak semuanya! seperti Sony Xperia misalnya, di device Android tersebut tidak di sediakan Mode Recovery bawaan, maka jika kalian ingin menggunakan Tool Recovery, maka kalian harus memasangkan Recovery tersebut sevara Custom tentunya.

Untuk Asus Zenfone sendiri bagaimana? kabar baiknya adalah Recovery ada tersedia untuk semua seri Asus Zenfone dulu hingga sekarang.

Jadi, kalian pengguna Asus Zenfone, bisa menikmati Tool Recovery bawaan tersebut sesuai dengan apa yang kalian ingin lakukan, biasanya fungsi utama dari Recovery bawaan Asus Zenfone tersebut ialah di gunakan agar bisa melakukan Update versi OS atau Firmware, baik itu secara manual, maupun otomatis, dengan menggunakan metode OTA/FOTA contohnya.

Lalu apakah kalian bisa dengan leluasa untuk mengakses Tool Recovery bawaan di Asus Zenfone tersebut? faktanya iya! kalian bisa kapan saja mengakses Tool satu ini dengan cara tertentu.

Pastikan, jika kalian ingin mengakses Mode Recovery di Asus Zenfone, maka kalian sudah tahu apa yang ingin kalian lakukan, jika kalian tidak tahu apa yang sedang kalian lakukan di Mode Recovery tersebut, maka jangan pernah sekali-kali memasukinya.

Karena, percaya saja kalian akan kebingungan dan mungkin akan kesulitan untuk bisa keluar dari Mode Recovery itu, maka sebiaknya jangan lakukan ini, jika memang kalian tidak ada keperluan dengan Mode Recovery bawaan Asus Zenfone tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengakses Mode Recovery di Asus Zenfone? sejauh ini adalah 2 buah cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa masuk ke dalam Mode Recovery tersebut :


# Menggunakan Tombol Khusus


1. Silahkan Shutdown (Power Off) dulu smartphone Asus Zenfone kalian.
2. Jika sudah mato total, tekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan dan tahan hingga muncul Logo Asus.
3. Lepaskan jika kalian sudah masuk ke Mode Recovery Asus dengan indikasi muncul tulisan dan menu kecil berurutan.
4. Done!


# Menggunakan ADB Driver


1. Silahkan aktifkan dulu USB Debugging.
2. Lalu silahkan Install ADB Driver versi terbaru di PC Windows yang kalian gunakan, silahkan gunakan 1 dari koleksi ADB Driver di bawah ini :


3. Setelahnya silahkan koneksikan Asus Zenfone kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Buka Command Prompt dan pastikan arahnya ke direktori folder tempat ADB Driver berada.
5. Masukan perintah ini :

adb reboot recovery

6. Maka secara otomatis Asus Zenfone yang kalian miliki akan reboot dengan sendirinya dan akan langsung masuk ke Mode Recovery.
7. Done!


Bagaimana? mudah sekali bukan masuk ke dalam Mode Recovery Asus Zenfone tersebut? cara diatas bisa di implementasikan ke semua seri Asus Zenfone yang ada sekarang dan umumnya kedua cara ini pasti selalu berhasil untuk di lakukan.

Bagi yang bingung bagaimana cara melakukan Navigasi di Recovery bawaan Asus Zenfone, maka silahkan pelajari ini :

Tombol Volume : Navigasi Atas dan bawah
Tombol Power : Untuk eksekusi menu
Tombol Back (Jika ada) : untuk kembali ke menu sebelumnya.

Jika tidak ada Tombol Back? bagaimana cara kembali ke menu sebelumnya? mudah saja tinggal pilih saja menu paling atas biasanya adalah (.....) dengan tombol Power, maka otomatis akan di kembalikan ke Menu sebelumnya.

Kenapa harus menggunakan tombol Volume hingga Power? alasannya karena Touch Screen tidak berkerja di Mode Recovery tersebut, jika kalian ingin menggunakan Recovery yang bisa di operasikan dengan layar sentuh, maka silahkan gunakan Custom Recovery seperti TWRP.

Umumnya Recovery bawaan di Asus Zenfone ini memang di buat seadanya saja, karena fitur utamanya hanya untuk melakukan Update ROM dan juga melakukan Wipe, jika ingin yang lebih Advance. Maka, gunakan saja Custom Recovery dengan syarat harus sudah Unlock Bootloader, semoga bermanfaat.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot