RILIS ARTIKEL TERBARU

Atasi WiFi Android yang tidak bisa Internet

Internet memang sudah menjadi kebutuhan banyak orang sekarang ini, bagi beberapa orang Internet itu sama seperti makan, tanpa Internet maka tidak ada kehidupan, kalau kami sendiri mungkin menganggap hal tersebut benar, karena keseharian kami memang selalu terkait dengan Internet dari perkerjaan, komunikasi hingga hiburan.

Lalu faktanya adalah sekarang ini Internet bukan menjadi barang mahal lagi, karena siapapun bisa menikmati layanan Internet tersebut dengan murah atau tidak perlu keluar biaya sekalipun (Nebeng), sehingga pada kasus ini penggunaan Wi-Fi memang sangat diperlukan dan mendesak, bagi mereka yang Fakir Kouta.

Di Android sendri kalian bisa dengan mudah terhubung kejaringan Wireless tersebut dan hebatnya lagi kalian pun juga bisa membagi koneksi Internet yang kalian miliki dengan orang lain, biasanya di sebut dengan Hotspot atau Tethering.

Lalu, pernahkah kalian memgalami pada suatu kondisi yaitu kalian bisa terkoneksi dengan WiFi, tetapi tidak bisa melakukan Browsing? padahal di gadget lain bisa dan hanya di Smartphone Android kalian saja yang tidak bisa.

Nah, untuk masalah seperti ini bisa datang dari beberapa hal, biasaya masalah ini memang bersifat Teknis, tetapi bisa juga datang dari hal yang sepele, karena untuk hal yang sepele ini kami sendiri pernah mengalaminya.

Maka dengan demikian, kalau saja kalian ada yang mengalami masalah serupa, maka mungkin solusi di bawah ini bisa untuk mengatasi masalah WiFi yang sedang kalian alami sekarang ini, dibawah ini kami akan tuliskan sebab dan solusi secara teratur, sehingga kalian bisa dengan mudah melakukan Identifikasi terkait masalah yang kalian hadapi.


1. IP Address kalian tidak terdaftar / di Block Mikrotik


Biasanya jika kalian berlangganan Internet, misalnya via Telkom, maka kalian akan di berikan sebuah Router, nah itu adalah bentuk Basic-nya, jika sudah Advance maka biasanya orang-orang akan menggunakan Mikrotik, tujuannya adalah agar Network bisa di kontrol dengan mudah, melalui akses dan Bandwith.

Sehingga jika kalian masuk kedalam jaringan WiFi seperti ini, biasanya di buat menjadi Public WiFi, maka meski kalian bisa terhubung (Connected), tetap saja kalian tidak bisa menikmati layanan Internet tersebut, karena kalian tidak terdaftar sebagai pengguna atau bisa jadi malah di Block oleh Microtik.

Masalah ini biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :


  • Berbentuk Wi-Fi publik tidak berpassword.
  • Wi-Fi bisa terkoneksi, tetapi tidak bisa Internetan.
  • Gadget lain yang kalian miliki juga tidak bisa terkoneksi Internet dengan jaringan WiFi tersebut.
  • Jaringan Wi-Fi ini biasanya di miliki oleh Perusahaan, Toko, CV, Hotel, PT dan lainnya.


Jika memang demikian dan kalian ngotot atau merasa ada hak atas jaringan Wi-Fi tersebut, maka silahkan minta izin dengan yang punya agar di daftarkan IP Address kalian untuk bisa menikmati layanan Internet tersebut dari jaringan WiFi yang telah di buat.


2. Tidak ada Kouta


Biasanya banyak orang memasang jebakan Batman yaitu dengan cara membuka Hotspot atau Tethering begitu saja, biasanya terjadi di Tempat umum seperti Tempat makan, cafe dan lainnya, tujuannya adalah hanya untuk iseng saja.

Maka dengan demikian, kalian memang bisa menggunakan jaringan WiFi dan terkoneksi ke WiFi tersebut, tetapi pada akhirnya tetap tidak akan bisa menikmati Internet, karena memang Data-nya tidak mereka hidupkan dan tujuannya memang iseng.

Masalah seperti ini biasanya memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Biasa di temukan di tempat umum yang ramai.
  • Nama Wi-Fi-nya aneh-aneh.
  • Tidak berpassword


Jika kalian menemukan hal semacam ini di tempat umum, maka jangan mau di kadalin, karena sesungguhnya mereka hanyalah orang-orang gak ada kerjaan, btw kami juga sering melakukan hal tersebut.


3. Tahun di Smartphone Android kalian salah


Inilah masalah sepele yang sudah kami singgung diatas, ya! benar-benar sepele, akibat dari penanggalan tahun yang salah di smartphone Android, karena memang baru saja di Flash, membuat kami berpikir keras untuk cara mengatasi masalah ini.

Yang ternyata solusinya sangat sepele sekali, yaitu tinggal buat saja penanggalan Date & Time di Smartphone Android kalian menjadi otomatis atau bisa di setting manual, maka masalah seperti ini akan teratasi dengan sangat mudah.

Biasanya masalah seperti ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :


  • Android baru di Flash atau Factory Reset.
  • Tidak memiliki Kartu SIM (Provider).
  • Jaringan Wi-Fi tidak bermasalah di Gadget lain, padalah tidak menggunakan Microtik atau semacamnya.


Kami juga kurang paham kenapa hal semacam ini bisa terjadi, kalau kami kira mungkin masalah ini karena adanya sebuah fitur keamanan mungkin berupa Certified atau Credential yang harus menggunakan tahun yang uptodate, mungkin lho ya.

Nah, dengan demikian ke-3 hal diatas adalah hal yang biasanya terjadi pada masalah WiFi yang bisa terkoneksi, tetapi tidak bisa melakukan Internet.

Namun, mungkin ada masalah yang lebih besar yaitu rusaknya Hardware Wi-Fi di dalam Smartphone Android anda, tetapi masalah seperti ini biasanya jarang sekali terjadi, jika Wi-Fi rusak, maka harusnya Wi-Fi tidak bisa di hidupkan sama sekali.

Jika memang demikian, maka cara penanganannya pun juga akan berbeda dan tidak sembarangan, karena memerlukan ahli, jika memang bisa di usahakan, kami pikir dengan melakukan Flashing, maka harusnya masalah tersebut akan selesai, jika itu masalah yang terdapat di Firmware, jika di hardware, maka akan beda ceritanya lagi, semoga bermanfaat.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot