RILIS ARTIKEL TERBARU

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Berbicara terkait masalah digital dan rekayasa teknologi memang selalu menarik untuk dibahas, karena semakin kesini ada beragam jenis Teknologi yang memang sangat bermanfaat, jika kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Salah satu hal hebat yang datang dari kemajuan akselerasi teknologi yang cepat tersebut adalah salah satunya alat atau Perangkat Pintar yang biasa kita sebut sebagai Smartphone.

Smartphone sendiri selalu berubah setiap tahunnya, karena semakin kesini dapat kita lihat bahwa ada perkembangan pesat yang memang telah terjadi dan semua hal tersebut tidak lepas dari dengan yang namanya terobosan teknologi dan tentu juga dengan yang namanya inovasi.

Salah satu teknologi Mobile yang memang banyak digunakan orang sekarang ini, apa lagi kalau bukan Smartphone Android! tetapi, sebenarnya Smartphone itu bukan hanya Smartphone Android saja, masih ada banyak jenis Smartphone lain diluar sana, seperti Smartphone Apple, Tizen dan lainnya.

Smartphone sendiri bisa dikatakan menjadi sebuah Perangkat Pintar itu memang karena didalamnya sudah disematkan sebuah Operating System yang sangat canggih, bahkan sekarang ini dizaman Artificial Intelligence yang memang telah berkembang pesat.

Maka, sebuah OS pada suatu Smartphone itu seakan memiliki otak tersendiri untuk berpikir dan bisa untuk memutuskan sebuah keputusan yang tepat dan efektif, sehingga dampak positif yang bisa kita rasakan dari yang namanya Smartphone tersebut memang sangat beraneka ragam.

Karena essensi sebuah Smartphone itu memang bukan lagi sebagai sebuah Perangkat untuk melakukan Komunikasi, tetapi bisa digunakan untuk tujuan yang lebih luas, karena sifatnya yang multifungsional, seperti untuk bermain Games, menikamti hiburan Musik, menonton Film / Video, meringankan perkerjaan dengan beragam aplikasi dan integrasi Office secara digital.

Lalu, yang paling menarik disini ialah, kita bisa menyalurkan hobi kita dengan hanya bermodalkan sebuah Smartphone saja.

Pada pembahasan kali ini, kami tidak akan membuat artikel yang memang merujuk kesemua jenis Smartphone yang ada saat ini, melainkan hanya khusus untuk Smartphone Android saja.

Tetapi, pada dasarnya semua hal terkait keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari sebuah Smartphone itu memang akan sama saja, kerena OS Mobile sekarang ini, sebut saja seperti iOS juga memang sudah bisa diandalkan untuk beragam tujuan dan keperluan.

Baiklah, pada artikel kali ini, kita akan khusus berbicara terkait masalah penyaluran Hobi dengan menggunakan sebuah Smartphone Android, kalau lebih di perjelas lagi, maka pembahasan kita kali ini hanya akan khusus merujuk pada masalah Hobi Editing Foto yang bisa kalian lakukan pada sebuah Smartphone Android.


Aplikasi Editing Foto Android


Nah, inilah hal yang akan kita manfaatkan disini, yaitu terkait kemampuan Smartphone Android yang bisa menjalankan beragam jenis aplikasi dengan mudah dan cepat, mudah dalam kasus ini tentu akan merujuk kepada pilihan kita yang memang tidak terbatas untuk menggunakan 1 buah aplikasi saja.

Karena pada dasarnya sekarang ini ada ratusan ribu bahkan jutaan Aplikasi Android yang bisa kalian gunakan secara instant, baik yang gratisan ataupun yang berbayar, tetapi pada kasus nyatanya, dengan hanya bermodalkan Aplikasi Android gratisan saja, disini kita sudah sangat diuntungkan.

Terkait untuk masalah Aplikasi Editing Photo untuk Smartphone Android itu memang akan ada banyak sekali jenisnya, ada yang bersifat biasa saja dengan fitur yang terbatas ada juga yang memiliki label "Pro" yang dalam artian akan ada banyak hal teknis yang memerlukan Skill dan pengetahuan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Sehingga, bisa kita simpulkan disini, bahwa ada 3 buah Kriteria yang bisa kita pandang untuk menilai tingkat kesulitan dari Aplikasi Editing Photo untuk Smartphone Android tersebut, ialah sebagai berikut :

  1. Beginner (Penggunaan secara Instant, seperti penggunaan Filter, Sticker dan lainnya)
  2. Moderate (Penggunaan yang menkombinasikan fitur Instant dan Manual)
  3. Expert (Penggunaan lebih banyak Manualnya dibandingkan dengan yang Instantnya)

Lalu, aplikasi apa yang kami maksud disini?

Maka, jawabannya adalah Snapseed! aplikasi ini memang bukan menjadi aplikasi baru, karena memang sudah ada sejak lama tersedia di OS Android ataupun OS lain seperti iOS, bagi mereka yang memang memiliki Hobi Editing Photo, maka Aplikasi Snapseed akan menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa digunakan secara Mobile.

Jika kalian masih ragu dengan kemampuan aplikasi ini, maka pengetahuan dibawah ini mungkin akan mengubah cara pandang kalian.


Apa itu Snapseed ?


Jika kalian adalah seorang yang awam dan baru tahu ternyata ada sebuah Aplikasi Android yang menarik untuk digunakan, maka kalian harus berkenalan dengan Aplikasi Snapseed.

  1. Snapseed adalah satu dari ratusan atau ribuan Aplikasi Android yang memiliki fungsi utama sebagai sebuah aplikasi Editing Photo, aplikasi ini dibuat dan didistribusikan oleh Google sendiri, sehingga untuk masalah Kredibilitas tidak usah ditanyakan lagi, karena ini adalah aplikasi yang dibuat dan disebar luaskan oleh Perusahaan Teknologi paling besar didunia, yaitu adalah Google.

Selanjutnya, aplikasi memiliki jenis tingkat kesulitan penggunaan Expert, yang kalau kita artikan, maka didalam aplikasi Snapseed ini kalian akan lebih banyak menemukan hal "Manual" dibandingkan hal yang bersifat Instant, seperti Filter dan lainnya.

Karena di Snapseed, jika kalian ingin menggunakan Filter Instant, maka kalian bisa langsung menggunakannya, tetapi dengan jumlah yang terbatas, karena sebenarnya aplikasi Snapseed ini memang akan lebih Powerful untuk penggunaan yang Manual.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Sehingga, inilah hal utama mengapa aplikasi Snapseed ini disukai banyak orang, termasuk kami, karena dengan menggunakan aplikasi ini, maka kita bisa dengan mudah mengontrol semua hal yang kita ingin lakukan dalam Foto / Gambar yang ingin kita edit.

Untuk kelengkapan fiturnya pun memang harus diakui, karena Aplikasi Snapseed ini memang salah satu Aplikasi Editing Foto untuk OS Android yang memiliki banyak fitur yang tidak ada diaplikasi lain.

Seperti Konfigurasi Editing Basic hingga tersedianya sebuah Tool Professional, sehingga semakin baik Skill Editing Photo yang kalian miliki, maka akan semakin mudah kalian untuk menghasilkan karya dengan aplikasi Snapseed tersebut.

Selanjutnya, hal yang paling kami sukai dari Aplikasi Snapseed tersebut ialah karena User Interfacenya yang sangat Simple dan mudah dimengerti dan satu hal yang paling penting, aplikasi ini tidak menyertakan Iklan (Ads) yang memang jujur saja biasanya Iklan dalam sebuah aplikasi Android itu memang terkesan mengganggu, apa lagi yang muncul secara Progressive.

Lalu, sehebat itukah Aplikasi Snapseed? nah! tunggu dulu, kalian harus bisa memahami satu hal dibawah ini, sebelum bisa menggunakan aplikasi Snapseed tersebut.


Adanya batasan Editing Photo di Android


Nah, sebelum kalian lebih jauh untuk masuk kedalam pembahasan yang akan kami bawa dibawah ini, kalian harus menyadari satu hal dulu, yaitu adalah mau seperti apapun, kalian tidak akan bisa mendapati Experience Editing Photo seperti pada Perangkat Komputer, jika mengeditnya menggunakan sebuah Smartphone, dalam kasus ini adalah Smartphone Android.

Karena satu hal yang pasti, yaitu adalah Smartphone (Mobile) dan Perangkat Komputer (Desktop) itu memang berbeda sangat jauh, umumnya Smartphone Android dizaman sekarang ini, mungkin hanya bisa mengadopsi 30-40% saja dari total kemampuan yang bisa dijalankan pada sebuah Perangkat Komputer Desktop.

Sehingga, kalian tidak boleh berpikir, bahwa aplikasi Snapseed ini mungkin akan bisa sekelas aplikasi Photoshop yang ada pada Komputer Desktop, hal tersebut tentu saja keliru, karena kembali lagi Perangkat Mobile dan Desktop itu memang berbeda dan tujuan dibuatnya pun juga berbeda.

Maka dengan demikian, aplikasi Snapseed itu memang merupakan sebuah Aplikasi Android Editing Photo Professional yang bisa kalian gunakan saat ini di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Hanya saja, kelas Professional tersebut memang hanya ditujukan untuk batasan maksimal yang ada pada sebuah Perangkat Mobile saja, tidak lebih dari itu.

Karena, mau bagaimanapun hebatnya sebuah aplikasi Editing Photo untuk Smartphone Android itu, dipastikan tidak akan bisa mengalahkan fungsi yang ada pada aplikasi Editing Photo Professional yang ada di PC Desktop, seperti Abode Photoshop.

Sehingga, disini Aplikasi Snapseed itu hanya bisa dimaksimalkan ketingkat batasan tertinggi yang bisa dihandle oleh sebuah Smartphone Android, maka dari itu Aplikasi Snapseed itu memang menjadi aplikasi Editing Photo paling baik dan Professional yang ada sekarang ini.

Jika, sudut pandang kita mengacu kepada Performa, Fitur dan tentu saja hasil, apakah kalian tertarik menggunakan Aplikasi Snapseed tersebut?


Download Snapseed Android


Kalian tidak perlu khwatir terkait bagaimana cara agar bisa menggunakan Aplikasi Snapseed tersebut pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Karena sejatinya, aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara Gratis, melalui Aplikasi Google Play Store yang ada pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Yang perlu kalian lakukan adalah membuka Aplikasi Google Play Store, lalu mengetikan nama "Snapseed" pada kotak pencarian dan setelahnya langsung saja Download dan Install ke Smartphone Android kalian.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Bagaimana selanjutnya? setelahnya silahkan langsung saja gunakan!

Jika, kalian adalah pemula, maka dibawah ini kami akan menjelaskan sedikit dari cara kerja Aplikasi Snapseed tersebut dan sedikit menjelaskan terkait Fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.


Cara Menggunakan Aplikasi Snapseed


Sebenarnya cara menggunakan Aplikasi Snapseed tersebut sangatlah mudah, kalian hanya perlu melakukan hal dibawah ini :

  1. Buka Aplikasi Snapseed.
  2. Pilih Photo di gallery / album kalian dengan menekan Icon "+".
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
  1. Selanjutnya, silahkan lakukan Editing sesuka hati kalin.
  2. Jika sudah selesai, silahkan Simpan dengan cara melakukan Export, pilih opsi yang kalian inginkan dalam tahap akhir Exportnya.
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
  1. Selesai!

Ya! memang semudah itu sebenarnya, hanya saja bukan hal itu yang akan kami tekankan pada artikel yang kami tulis ini, karena kami menyadari yang akan mengunjungi artikel ini dan membaca artikel ini ialah 90% orang yang memang tidak terlalu mengerti dalam urusan Editing Photo di Smartphone Android, terkhusus yang ingin menggunakan Aplikasi Snapseed.

Maka, disini kami akan jelaskan beberapa pengetahuan yang bisa kalian serap dan manfaatkan, agar setelahnya kalian menjadi lebih paham terkait penggunakan Aplikasi Snapseed tersebut.

Baiklah, hal pertama yang harus kalian ketahui adalah terkait Gesture untuk melakukan penyesuian Settingan Editing Manual pada Photo yang akan kalian Edit.


Mekanisme Gesture (Cara Kerja) di Snapseed Android


Karena Smartphone Android itu menggunakan Teknologi Layar sentuh, maka sudah jelas disini kita tidak bisa menggunakan Mouse ataupun Shortcut yang ada pada Keyboard, karena ada 2 hal yang harus kalian pahami dalam melakukan Penyesuaian Photo yang akan kalian Edit, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Swipe (Atas / Bawah) : untuk berpindah Mode dalam suatu Fitur tertentu yang memang terdapat beberapa opsi yang bisa digunakan didalamnya.
  1. Swipe (Kiri / Kanan) : untuk melakukan penyesuaian Settingan, kalau kekiri artinya Negative (Decrease), sebaliknya kekanan adalah untuk Settingan Positive (Increase).

Sebenarnya, hanya hal itu saja yang harus kalian pahami, setelahnya silahkan langsung praktekan saja dengan Skill yang kalian miliki.

Jika, memang kalian bingung terkait fungs-fungsi fitur/tool yang ada pada Aplikasi Snapseed tersebut, maka penjelasan dibawah ini, mungkin akan bisa membantu kalian untuk memahami hal tersebut.


Fungsi Fitur / Tool dalam Aplikasi Snapseed


Dalam pembahasan kali ini, kami hanya akan menjelaskan sedikit dan singkat saja terkait peruntukan Fitur / Tool yang ada pada Aplikasi Snapseed untuk Smartphone Android tersebut, umumnya kalian bisa mendapati Fitur / Tool Manual tersebut, pada bagian Tab TOOLS, seperti ini :

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Selanjutnya, silahkan pahami terkait Fungsi dan Kegunaan masing-masing dari Tools tersebut, yang bisa kalian ketahui pada pembahasan dibawah ini :


Tune Image


Ini adalah Tools basic yang biasanya ada pada setiap aplikasi Editing Photo, yaitu adalah terkait fitur dasar seperti :

  • Brightness
  • Contrast
  • Highlight
  • Shadow
  • Ambiance
  • Warmth
  • Saturation

Dengan adanya Tool Basic ini, maka kalian bisa dengan mudah mengatur tingkat kecerahan dan warna dari foto yang ingin kalian edit dengan sangat mudah.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Selain itu, jika kalian malas untuk melakukan penyesuaian secara manual, maka kalian bisa menggunakan Fitur Auto Adjusted, sehingga aplikasi Snapseed tersebut akan secara otomatis menyetting penyesuaian dengan algoritma canggih yang sudah ditanamkan.


Details


Tool ini juga masih merupakan sebuah Tool Basic dalam Editing Photo pada umumnya, karena dengan adanya Tool ini kalian bisa dengan mudah melakukan penyesuian seperti memanipulasi ketajaman detail dari structure pixel pada gambar / foto yang sedang kalian edit.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed


Curves


Nah, ini sudah tidak bisa lagi dikatakan sebagai sebuah Tool Basic, sebenarnya memang masih berlevel Basic, tetapi hanya sedikit orang saja yang dapat mengetahui dan bisa memfungsikan Tool ini dengan benar dan baik.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Intinya, Tool Curves ini sangat bisa diandalkan untuk melakukan penyesuaian warna dan keterangan secara instant, umumnya Tool ini menggunakan Settingan RGB dan Luminance dengan mekanisme implementasinya dengan menggunakan Interface seperti Graphic atau Kurva.


White Balance


Nah, selanjutnya Tool ini memang juga merupakan sebuah Tool Basic yang memang sudah umum ada pada hampir semua Aplikasi Editing Photo untuk Smartphone Android, fungsi utamanya ialah untuk memanipulasi konfigurasi warna Putih.

Sehingga, kalian bisa dengan mudah membuat seakan Foto tersebut berkondisi seperti Hangat (Warmth / kesenjaan) ataupun Dingin (Cool / kebiruan).

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Selain itu juga pada Fitur White Balance di Snapseed ini, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Tint dengan konfigurasi warna Hijau dan Ungu.


Crop, Rotate, Perspective dan Expand


Ke-4 hal ini memang sudah tidak perlu dijelaskan lagi, karena siapa saja mungkin sudah mengerti terkait fungsinya, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Crop : untuk memotong gambar
  2. Rotate : untuk memutar balikan gambar, seperti horizontal, vertical, 180 derajat dan 90 derajat
  3. Perspective : untuk mengubah sudut pandang gambar / foto, sepeti tampak samping dan bawah, terkesan seperti 3D
  4. Expand : untuk memperluas dimensi gambar, sangat cocok jika kalian ingin menggunakan Border, tanpa perlu memotong sebagian kecil sisi-sisi pada gambar / foto


Selective


Ini adalah sebuah Tool Professional, karena sifat dan fungsinya yang memang ditujukan untuk melakukan penyesuaian pada Spot tertentu saja.

Kalian bisa memanfaatkan hal ini, untuk menyesuaikan warna, kecerahan dan ketajaman dalam suatu gambar di titik tertentu yang ingin kalian perkaya.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Di Snapseed sendiri, kalian bisa menemukan banyak fitur dalam fungsi Selective tersebut, seperti :

  • Brightness
  • Saturation
  • Contrast
  • Structure

Perlu kalian ketahui, karena sifat fitur Selective ini yang hanya bersifat Local pada Spot tertentu saja, maka dari itu mungkin kalian perlu banyak menambahkan Spot yang ingin kalian sesuaikan, sehingga akan tercipta hasil yang sangat keren dengan pencahayaan, warna dan ketajaan yang seimbang.


Brush


Kalian tidak boleh salah untuk menerjemahkan fungsi dari Tool satu ini, karena Brush pada Snapseed ini akan sangat berbeda jauh dari Tool Brush pada umumnya, yang memang ditujukan untuk mencoret-coret gambar.

Brush di Snapseed ini lebih bersifat "Manual Touching" yang hampir mirip sifatnya seperti Tool Selective yang sudah kami jelaskan diatas.

Tetapi, berbeda dengan fitur Selective yang kalian perlu menambahkan Spot khusus yang ingin kalian sesuaikan, di fitur Brush, yang kalian bisa lakukan hanya perlu mengusap-ngusap gambar / foto yang ingin kalian sesuaikan.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Umumnya, dengan fitur Brush ini, kalian bisa mengusap-ngusap gambar / foto tersebut dengan beberapa effect / penyesuaian, seperti :

  1. Dodge / Burn : memanipulasi Shadow atau komposisi warna gelap
  2. Exposure : untuk menerangkan spot yang kalian usap-usap
  3. Temperature : untuk membuat suasan gambar seperti terkesan hangat atau dingin
  4. Saturation : bisa digunakan jika kalian ingin meningkatkan Vibrant Warna agar lebih terang dan gonjreng

Pada Tool Brush ini, kalian bisa dengan mudah mengatur tingkat dari effect brush tersebut, karena nilai value untuk effect tertingginya adalah 10, kalian bisa menyesuaikannya sendiri nantinya.


Healing


Selanjutnya, ini adalah Tool yang cukup menarik, karena bisa memperbaiki pemandangan yang kurang sedap pada gambar yang ingin kalian edit.

Misalnya, ada sampah yang ikut terfoto atau ada hal yang memang akan mengurangi estetika keindahan dari foto tersebut.

Kalian bisa dengan mudah memperbaiki dan menghilangkan hal yang tidak estetis tersebut dengan cara, mengusap ke bagian yang ingin kalian hilangkan.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Setelahnya, secara otomatis aplikasi Snapseed akan menyamarkan hal yang ingin kalian hilangkan tersebut.

Hanya saja, fitur ini tidak memiliki performa yang terlalu baik, dalam beberapa kasus biasanya Foto tidak berhasil dihealing, malahan tambah hancur, sehingga ada beberapa kondisi, jika kalian ingin fitur ini bisa berkerja dengan baik, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Kondisi gambar harus rame, seperti kalian ingin menghilangkan sampah ditumpukan batu kerikil, aspal, air laut, pasir, awan dan lainnya, yang memang berbentuk pattern dan random.

Jika, kalian ingin menghilangkan atau melakukan Heal pada gambar yang statis, seperti misalnya menghilangkan seseorang pada suatu gambar bergrup, maka jangan harapkan hasilnya akan baik, karena hasilnya mungkin akan terlihat seperti orang yang ingin kalian hilangkan tersebut, seakan tersedot kedalam lubang hitam.


HDR Scape


Jika kalian ingin membuat foto / gambar yang kalian edit tampak lebih hidup dan terkesan Strong, maka fitur ini akan sangat bisa diandalkan.

Karena secara otomatis, fitur ini bisa membuat Flow gambar yang sebelumnya tampak lembut, kini bisa diubah menjadi seperti terkesan Strong dengan detail yang kuat.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Sejatinya, fitur ini menyediakan 4 pilihan opsi konfigurasi HDR dengan tingkatan yang berbeda-beda, tetapi kalian masih tetap bisa, mengatur settingan dari HDR Scape yang telah kalian terapkan.


Filter Instant


Secara umum, aplikasi Snapseed memang sudah menyediakan beberapa Filter Instant yang bisa langsung kalian pakai, tanpa perlu masuk ke menu Tools yang memang lebih diperuntukan untuk mereka yang "Pro".

Tetapi, sebenarnya didalam deretan fitur / tool yang diperuntukan untuk pengguna yang Advanced tersebut, faktanya masih ada deratan Filter foto Instant yang bisa kalian gunakan.

Hanya saja, fitur Filter ini memang diperuntukan untuk Style khusus saja dan kalian juga masih tetap bisa melakukan penyesuian tingkat kekuatan dari effect yang telah dipilih nantinya.

Sejatinya, Filter Instant dengan Style khusus tersebut bisa kalian identifikasi dengan nama fitur dibawah ini :

  1. Glamour Glow : Membuat effect foto seakan berawan, berada dialam mimpi ataupun untuk membuat benda seperti perhiasan tampak lebih bling-bling.
  2. Drama : Membuat effect foto dengan kesan yang kuat, dengan kombinasi dari penggunaan warna yang Dark juga dengan hasil implementasi HDR.
  3. Vintage : Filter yang akan membuat foto / gambar yang kalian edit tampak seperti berasal dari gambar yang tua atau diambil dizaman tempo dulu.
  4. Grainy Film : Effect ini akan membuat Foto yang kalian Edit tampak seperti hasil Film yang agak bersemut atau mate.
  5. Retrolux : Filter yang akan menghasilkan gambar yang terkesan Fungky dan mencolok.
  6. Grunge : Filter yang akan memberikan Effect seakan ada bekas pattern atau pola, biasanya disukai oleh para anak laki-laki yang baru saja dewasa, karena effectnya sangat keren dan banyak pilihan Style yang bisa digunakan.
  7. Black & White : Ya! filter ini akan membuat foto yang kalian edit menjadi hitam putih, namun dengan beberapa pilihan Style yang akan membuat foto hitam putih tersebut, menjadi lebih dramatis.
  8. Noir : Kami kurang bisa menjelaskan Fitur satu ini, intinya fitur ini juga merupakan Filter dengan penekanan konfigurasi di warna dan kontras.
  9. Vignete : Ini juga merupakan sebuah Filter sebenarnya, karena dengan adanya fitur ini, maka kalian bisa membuat bagian sisi-sisi Foto terkesan gelap, sehingga perhatian hanya akan terfokus kebagian tengah dari Foto itu saja.


Tonal Contrast


Kalau dari kami sendiri, fitur atau tool ini hampir tidak pernah tertinggal untuk kami gunakan, karena fitur ini memiliki fungsi yang sangat luar biasa bermanfaat.

Alasannya, fitur ini bisa memanipulasi tingkatan Toning pada suatu gambar, semua ini memang sangat terkait dengan clarity dan detail.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Fitur unggulan dari Tool ini adalah kalian bisa memanipulasi tingkat Tone yang paling rendah, sedang dan tinggi, selain itu dalam pengaplikasiannya, kalian bisa mengubah kepadatan warna gelap, tanpa mengubah structure shadow dan highlight natural yang telah ada sebelumnya.


Lens Blur


Jika, kalian ingin membuat Foto yang terkesan keren dengan Effect Blur, maka fitur atau tool ini sangat bisa untuk kalian andalkan.

Karena didalam pengaplikasiannya, kalian bisa menerapkan fokus background Blur secara Circle ataupun Horizontal.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Tetapi, fitur ini bukan di tujukan untuk melakukan Blur background secara utuh, melainkan hanya effect yang akan membuat hasil foto yang kalian edit tampak ada sedikit visual Blur yang bisa meningkat tingkat estetika dari suatu gambar atau foto yang diedit.


Double Exposure


Jika, kalian ingin menghasilkan effect foto yang nampak seperti Glitch (berbayang), maka Tool ini bisa kalian andalkan.

Secara umum Tool ini memiliki fungsi untuk menggabung 2 buah gambar yang sama, jika penggabungan secara Persisi, maka akan menghasilkan effect gambar yang lebih tajam dan detail.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Tetapi, jika 2 gambar yang digabungkan tidak persisi, misalnya 0 (Ori) -1 (Duplicate), maka akan menghasilkan gambar yang Glitch.


Portrait & Head Pose


Tools ini adalah sebuah Tool otamatis untuk melakukan Fokus pada bagian wajah atau bagian kepala dari manusia secara Instant.

Kinerja dari Tool ini adalah ialah mempelajari foto / gambar yang kalian edit, jika terdapat adanya wajah manusia atau kepala manusia, maka Tool ini akan langsung memproses dan mengalihkan mode editing khusus untuk tujuan Portrait.

Intinya porsi editing akan lebih ditekankan kepada personal / individu yang ada didalam foto / gambar tersebut.


Text


Jika, kalian memang suka dengan foto / gambar yang ada unsur Typography (tulisan), maka Tool ini akan sangat bisa kalian andalkan.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Umumnya didalam Tool ini terdapat beberapa Style Text yang bisa kalian manfaatkan, Stylenya pun juga tidak monoton dan terkesan sangat keren dan rapi.


Frame


Nah, ini adalah Tool terakhir yang bisa kalian manfaatkan, jika kalian ingin menambahkan Frame (bingkai) pada gambar yang ingin kalian edit, silahkan gunakan Tool ini.

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

Umumnya, pada aplikasi Snapseed tersebut, kalian bisa mendapati beragam jenis Style Frame (bingkai) yang bisa kalian pasang secara Instant.


Bagaimana agar foto tampak mengaggumkan dengan Snapseed?


Jika kalian hasil yang maksimal dalam melakukan Edting dengan aplikasi Snapseed tersebut, tentu kalian harus paham terkait kegunaan dari masing-masing Fitur / Tool yang sudah disediakan oleh pihak Google, melalui aplikasi Snapseed tersebut.

Jika, kalian sudah mengerti terkait fungsi dan kegunaan dari masing-masing Tool tersebut, hal yang perlu kalian lakukan setelahnya, ialah melakukan kombinasi antar Tool agar kalian bisa mendapati hasil yang kalian inginkan.

Tentu saja, pada faktanya hal tersebut tidak akan mudah untuk kalian lakukan, tetapi sering berjalannya waktu dan kalian sudah lebih paham terkait penggunaan aplikasi Snapseed tersebut. Maka, kalian bisa menghasilkan karya yang terbaik dari skill yang telah kalian miliki.

Berikut ini adalah hasil Foto / Gambar yang telah kami edit dengan menggunakan aplikasi Snapseed, dengan cara memanfaatkan beragam Tool dan mengkombinasikannya menjadi satu.

Hasil dibawah ini memang jauh dari kata Professional, tetapi paling tidak, kami bisa menunjukan, bahwa kalian bisa melakukan hal seperti yang akan kami tunjukan dibawah ini.

Untuk memudahkan kalian dalam melakukan perbandingan, disini kami juga menyertakan Gambar yang belum diedit dan hasil yang sudah diedit, tidak lupa pula, kami juga menyertakan informasi terkait, Tool apa saja yang telah kami gunakan, untuk menghasilkan gambar / foto seperti dibawah ini :

Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

*** Tune Image, Tonal Contrast, Brush, Selective, White Balance, Curves, Details ***


Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

*** Tune Image, Tonal Contrast, Brush, Details ***


Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

*** Tune Image, Black & White, HDR Scape, Details ***


Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

*** Tune Image, Tonal Contrast, Selective, White Balance, Curves ***


Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

*** Tune Image, Tonal Contrast, Selective, Brush, Grainy Film, Details ***


Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed
Panduan Snapseed Android, Edit Foto Keren Snapseed, Snapseed Android, apa itu Snapseed, Cara pakai Snapseed, Cara menggunakan Snapseed, Cara edit Snapseed Android, Download Snapseed Android, Fitur Snapseed, Fungsi fitur dalam Snapseed, Penjelasan fitur Snapseed, Arti Tools Snapseed

*** Tune Image, Tonal Contrast, Details, Drama, HDR Scape, Noir ***


Bagaimana? tertarik menggunakan aplikasi Snapseed tersebut? jika ia silahkan kalian uji coba sekarang, karena memang tidak ada ruginya menggunakan aplikasi Snapseed tersebut, selain gratis, aplikasi ini juga dibuat oleh Google.

Namun, kembali lagi, kalian harus mengerti terkait batasan yang ada dalam aplikasi Editing Photo Snapseed tersebut, secara teori Aplikasi Snapseed tersebut memang aplikasi Editing Professional untuk Mobile.

Tetapi, akan sangat tidak bijaksana, jika kalian membandingkannya dengan aplikasi Editing Photo yang memang diperuntukan untuk Perangkat Komputer Desktop, karena memang jelas sekali berbeda levelnya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, segala yang kalian inginkan dapat tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot