RILIS ARTIKEL TERBARU :

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Dunia Photography memang banyak sekali peminatnya, baik itu banyak diminati oleh kalangan muda maupun tua, Photography juga menjadi hobby yang paling banyak digeluti oleh beberapa kalangan, baik itu hanya dilakukan untuk menunjang hobi atau kesenangan, maupun untuk dikomersilkan, seperti jasa Photography untuk acara atau event tertentu.

Dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini, kita sudah bisa dengan mudah untuk menghasilkan karya Foto yang menarik dan keren tanpa harus melulu menggunakan sebuah Kamera Professional yang harganya mungkin akan cukup mahal.

Cukup dengan menggunakan sebuah Perangkat Smartphone, maka kini kita sudah bisa menjadi layaknya seorang Photographer, tetapi dalam lingkup amatiran dan bukan mereka yang Professional.

Seperti yang kalian ketahui, sekarang ini hampir semua Smartphone atau Ponsel Pintar tersebut sudah dibekali dengan kemampuan atau fitur kamera yang bervariasi dan bahkan beberapa diantara Smartphone tersebut, memiliki kemampuan Kamera yang sangat bagus, sehingga mungkin hasilnya akan cukup mirip dengan sebuah Kamera Professional seperti Kamera DSLR atau sejenisnya.

Secara teori, menggunakan semua komponen hardware Kamera Professional ke sebuah Smartphone itu memang hal yang cukup mustahil untuk dilakukan, karena seperti yang kalian ketahui komponen pembentukan sebuah Kamera Professional, sebut saja seperti DSLR itu sangat komplek dan memerlukan ruang yang cukup besar.

Sehingga, tentu saja hal tersebut tidak akan mungkin bisa dilakukan, karena Smartphone sendiri tidak memiliki banyak ruang untuk meletakan semua komponen komplek tersebut, sehingga disinilah peran Rekayasa Software diperlukan.

Untuk kalian ketahui, umumnya sebuah foto itu akan menjadi lebih menarik untuk dilihat, jika sudah di edit sedemikian rupa dengan menggunakan sebuah Software khusus untuk editing photo tersebut dan umumnya semua hal ini dulunya hanya bisa dilakukan pada Perangkat Komputer saja.

Tetapi, sekarang sudah berbeda, karena di era Perangkat Pintar seperti sekarang ini, kalian tidak perlu lagi menggunakan sebuah Perangkat Komputer kalau hanya untuk melalukan editing foto / gambar yang ringan-ringan saja, seperti mengatur warna, saturasi, detail dan lainnya.

Cukup hanya dengan bermodalkan Smartphone Android, maka sudah bisa mengakomodasi keperluan yang sudah kami sebutkan diatas.

Bagaimana hasilnya?

Hasilnya itu tergantung kalian, jika kalian memang memiliki kemampuan yang bagus dalam bidang editing foto dari Smartphone Android tersebut, tentu saja hasilnya tidak akan kalah dari hasil foto yang di edit melalui Perangkat Komputer.

Namun, hal tersebut juga akan menjadi terbalik, jika kalian adalah seorang yang mengedit foto asal-asalan, meski menggunakan sebuah Perangkat Komputer pun untuk melakukan editing foto, jika hasilnya terkesan memaksa, maka hal tersebut juga tidak bisa dikatakan bagus.

Intinya, sekarang ini aplikasi Android untuk editing foto memang sudah sangat berubah dan kalian bisa dengan mudah untuk menggunakan Aplikasi Editing Photo Professional hanya dengan bermodalkan Smartphone Android saja.

Sekarang ini jika kalian membuka Aplikasi Google Play Store kalian akan menemukan banyak sekali aplikasi untuk editing foto tersebut, tetapi disini kami hanya berbicara fakta saja, hanya sebagian kecil saja dari aplikasi-aplikasi editing foto tersebut yang memang bisa diandalkan dan terpercaya tentunya.

Seperti aplikasi yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah sebuah Aplikasi Editing Photo yang memang sudah sangat terkenal untuk Perangkat Komputer dan selalu digunakan oleh para Photographer Professional untuk membuat hasil foto yang menakjubkan, maka aplikasi itu tidak lain dan tidak bukan adalah Adobe Lightroom!


Adobe Lightroom itu untuk apa?


Jika kalian familiar dengan yang namanya Adobe Photoshop, maka harusnya kalian juga akan cepat memahami terkait aplikasi satu ini, karena pada dasarnya Aplikasi Adobe Lightroom itu sama saja seperti Adobe Photoshop secara umumnya, yaitu untuk melakukan Editing Photo secara Offline.

Hanya saja, berbeda dengan Adobe Photoshop, pada Aplikasi Adobe Lightroom ini lebih difungsikan untuk mengatur (Adjusted) pencahayaan, detail, warna dan lain sebagainya.

Sehingga meski sama-sama dibuat oleh Adobe, pada faktanya Photoshop dan Lightroom tersebut berbeda, untuk lebih detailnya, silahkan kalian lihat pada perbedaan antara Photoshop dan Lightroom yang akan kami bahas dibawah nanti.

Disini kami hanya akan memperkenalkan saja secara singkat, bahwa sebenarnya Aplikasi Adobe Lightroom itu adalah sebuah Aplikasi Editing Photo yang menjadi andalan hampir seluruh Photographer yang ada didunia ini.

Karena pada dasarnya, aplikasi Lightroom tersebut memang memiliki kemampuan khusus yang paling lengkap dari aplikasi lain, yaitu adalah pada Adobe Lightroom kalian akan memiliki kontrol penuh terkait hal apapun yang berhubungan dengan Photo Adjustment, itulah faktanya.

Lalu, pada cara kerjanya pun disini kalian bisa memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan, apakah kalian ingin mengedit atau menyesuaikan Photo yang kalian edit secara Manual atau secara Otomtatis dengan beragam Presets.


  1. Preset pada Adobe Lightroom itu sederhanannya mungkin sama saja seperti fitur Filter pada umumnya.


Namun, yang membedakan Preset yang ada di Lightroom dan Filter pada aplikasi Editing Photo yang lain adalah karena Preset-Preset yang bisa digunakan pada Adobe Lightroom tersebut, adalah berasal dari Preset yang dibuat berdasarkan dari tangan Professional, sehingga cita rasa dari Preset tersebut sudah pasti akan sangat seimbang dan terkesan tidak terlalu terlihat memaksa, untuk hasilnya.

Selanjutnya, yang paling menarik dari Adobe Lightroom adalah bahwa kalian bisa mengatur segala macam terkait kontruksi dari sebuah gambar dengan cara yang manual, itulah kenapa Adobe Lightroom tersebut menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh para Photographer, dengan alasan kemurnian dari proses editing yang semuanya bisa dikontrol oleh para penggunaanya.

Lalu, apa sih bedanya dengan Adobe Photoshop?


Perbedaan Photoshop dan Lightroom


Diatas memang sudah kami singgung sedikit terkait perbedaan dari kedua aplikasi ini, tetapi disini akan kami perjelas lagi, bahwa meski sama-sama aplikasi Editing Photo yang dibuat oleh Adobe, ternyata Photoshop dan Lightroom itu memang memiliki perbedaan yang cukup besar.

Hal pertama yang kalian harus ketahui adalah bahwa Adobe Lightroom itu adalah Aplikasi Editing Photo yang murni sebagai sebuah aplikasi Adjusted saja dan bukan manipulatif layer seperti yang ada pada Adobe Photoshop.

Sehingga di Adobe Lightroom kalian tidak akan bisa membuat Graphic Design seperti yang ada di Photoshop, karena secara fungsi dan kegunaan memang bukan untuk itu.

Karena Adobe Lightroom itu memang dikhususkan sebagai sebuah Aplikasi Editing Photo yang bersifat Adjusted seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Selanjutnya, inilah pertanyaan utamanya, dari penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa Aplikasi Adobe Lightroom adalah sebuah Aplikasi Edit Foto yang memang sudah sangat terkenal dan populer, lalu apakah bisa digunakan di Smartphone Android?


Adobe Lightroom Android


Inilah yang akan menjadi titik berat pembahasan kita kali ini, karena disini kita akan bermain sedikit dengan Aplikasi Adobe Lightroom yang sudah dikonversi dan bisa dijalankan dihampir seluruh Smartphone Android yang ada saat ini.

Perlu kalian ketahui, Aplikasi Lightroom Android untuk Smartphone Android itu juga secara resmi dibuat dan didistribusikan oleh Pihak Adobe, sehingga untuk fungsi dan designnya mungkin akan sama seperti yang ada pada Adobe Lightroom versi Desktop.

Adobe Lightroom untuk Smartphone Android juga mengadopsi beragam fitur utama Adobe Lightroom yang ada pada versi Desktop, seperti penggunaan Preset dan juga Manual Touch.

Semua hal tersebut masih tetap akan bisa kalian manfaatkan pada Adobe Lightroom versi Android tersebut, hanya saja kalau kami boleh jujur, Adobe Lightroom di Android itu mungkin tidak sesempurna Adobe Lightroom untuk Perangkat Komputer Desktop.

Hal ini wajar saja, karena pada kenyataanya Aplikasi Adobe Lightroom di Smartphone Android tersebut, hanya dibuat untuk Editing Photo cepat saja, karena sifatnya yang Compact, tetapi pada dasarnya kemampuan editing murni dengan hasil sentuhan yang menakjubkan dari Adobe Lightroom versi Desktop.

Tetap, bisa kalian rasakan dan kalian manfaatkan pada Adobe Lightroom versi Android tersebut, sehingga jika kita bandingkan, maka sudah jelas Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut, memang menjadi salah satu Aplikasi Editing Photo terbaik yang bisa kalian temukan dan gunakan sekarang ini.


2 Jenis Aplikasi Adobe Lightroom Android


Selanjutnya, disini ada hal lain yang harus kalian ketahui, sebelum kita masuk pada perkenalan fitur dan fungsi dari Adobe Lightroom Android tersebut, yaitu adalah terkait versi dari Aplikasi Adobe Lightroom Android itu sendiri.

Secara umum kalian bisa menggunakan Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut secara Gratis dan Berbayar.

Karena pada dasarnya pihak Adobe memang mendistribusikan Aplikasi Adobe Lightroom untuk Smartphone Android dengan 2 buah versi yang bisa dengan bebas dipilih dan digunakan oleh penggunaanya.

Lalu, apa yang membedakan antara Adobe Lightroom Android Gratis dan Berbayar?

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Perbedaan utamanya memang hanya terletak pada fitur yang bisa kalian manfaatkan saja, karena di Aplikasi Adobe Lightroom Android gratis ada beberapa Fitur yang dikunci dan hanya bisa digunakan oleh para Pengguna Pro "Berbayar" saja, seperti :


  1. Fitur Selective
  2. Fitur Healing
  3. Fitur Geometry
  4. Share & Invite
  5. Dan beberapa keuntungan ekslusif lainnya


Tetapi, untuk versi gratisannya pun sudah lebih dari cukup, karena jika kalian memang memiliki keperluan untuk melakukan Edit Photo dengan menyesuaikan tingkat pencahayaan, ketajaman dan warna saja, hal yang bersifat basic pokoknya.

Maka, Aplikasi Adobe Lightroom Android versi gratis sudah sangat bisa kalian andalkan untuk mengakomodasi semua hal tersebut.

Nah, disini Aplikasi Adobe Lightroom Android yang kami gunakan untuk Praktek ialah yang versi gratisnya, sehingga untuk penjelasan dan pengenalan fitur didalamnya memang hanya teruntuk untuk pengguna versi gratisan saja.

Jika, kalian berminat menggunakan Aplikasi Adobe Lightroom untuk OS Android tersebut, kalian bisa mendownloadnya secara resmi dari Google Play Store sekarang juga.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Untuk lebih cepatnya, kalian bisa langsung mengunjungi alamat link url dibawah ini :


Silahkan Download dan Install Aplikasi Adobe Lightroom tersebut ke Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Jika, sudah silahkan ikuti Panduan / Manual Guide dibawah ini.


Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android


Nah, sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu adalah terkait cara kerja dan beberapa pengenalan / penjelasan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Adobe Lightroom versi gratis, disini akan kami pisah pembahasan tersebut kedalam 3 bagian, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Pembuka (Starter)
  • Pengenalan Fitur (Manual Guide)
  • Cara Export (Finalized)


Alasan kami memisahkan pembasahan ini menjadi 3 buah bagian adalah agar kalian bisa dengan mudah memahami cara kerja dan bisa mengetahui lebih detail terkait penggunaan dari Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut.

Baiklah, hal pertama yang akan kita bahas adalah terkait cara kerja pertama yang kalian perlukan agar bisa menggunakan Aplikasi Adobe Lightroom tersebut untuk bisa mengedit Foto di Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut.


Pembuka (Starter)


Hal pertama yang harus kalian lakukan jika ingin menggunakan Aplikasi Adobe Lightroom untuk Smartphone Androd ialah kalian harus membuat Akun Adobe dulu.

Caranya langsung saja buat melaluai Aplikasi Adobe Lightroom Android yang sudah kalian buka tersebut, cara ini diperlukan, agar kalian bisa menggunakan Cloud Service dari Adobe, sehingga hasil Draft dari Foto yang kalian edit tidak akan hilang, karena akan tersimpan di Cloud Service sebagai Draft.

Jika, kalian sudah membuat akun Adobe tersebut, setelahnya silahkan kalian Load Image / Gambar yang ingin kalian Edit dengan Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut, caranya adalah dengan menekan tombol tambah (+).

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Selanjutnya, silahkan cari Foto yang ingin kalian Edit, jika sudah tekan Add.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Maka, photo tersebut akan terload dalam Direktori Folder All Photos.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Untuk memulai mengedit Foto tersebut, silahkan buka Folder All Photos tersebut dan tekan Gambar / Foto yang telah kalian Load dari Gallery sebelumnya.

Nah, sampai tahap ini kita sudah berhasil untuk membuat akun dan mengaktifkan Cloud Storage Adobe untuk memudahkan kalian dalam melakukan pengeditan Foto tersebut.

Setelahnya, maka kita akan berbicara terkait penggunaan fitur dan fungsi dari masing-masing fitur yang ada pada Adobe Lightroom Android tersebut, sekali lagi kami ingatkan, disini kami menggunakan versi gratisan (Free Version) dan tidak menggunakan Premium Version (Pro).

Sehingga, penjelasan dibawah ini, hanya akan berfokus kepada semua fitur yang bisa digunakan pada Adobe Lightroom Android versi gratis saja.


Pengenalan Fitur (Manual Guide)


Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, pada versi Adobe Lightroom Android versi gratis ini, kita tidak akan bisa menggunakan semua fitur yang ada dalam Aplikasi Lightroom tersebut, beberapa diantaranya tidak bisa digunakan, karena kalian harus menggunakan versi "Pro" untuk melakukan Unlock fitur tersebut.

Umumnya, beberapa fitur yang bisa digunakan pada Adobe Lightroom Android gratisan adalah sebagai berikut :


  • Crop
  • Profile
  • Auto
  • Light
  • Color
  • Effect
  • Detail
  • Optics
  • Presets


Nah, beberapa fitur diatas bisa kalian manfaatkan dengan maksimal, karena memang tersedia secara gratis, kalau menurut kami sendiri dengan adanya fitur diatas, itu sudah lebih dari cukup untuk melakukan Adjustment Foto agar lebih menarik dan terkesan dramatis dengan menggunakan Aplikasi Adobe Lightroom Android gratisan tersebut.

Disini, kami akan menjelaskan fitur-fitur gratis yang ada pada Adobe Lightroom Android tersebut secara singkat dan berurutan.


Crop


Ini adalah fitur pertama yang harus kalian ketahui fungsinya, secara umum kalian pasti tahu tujuan dari penggunaan fitur Crop ialah untuk memotong gambar, bukan?

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Tetapi, faktanya didalam fitur Crop di Adobe Lightroom Android tersebut, tidak hanya ada fitur Crop saja didalam opsi ini, melainkan ada banyak, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Custom / Fixed Crop
  • Straighten (Untuk mengubah sudut pandang dari foto)
  • Rotate Left / Right
  • Flip Horizontal / Vertical



Profiles


Nah, mungkin kalian akan cukup bingung dengan opsi satu ini, karena bernama Profiles, maksud opsi Profiles disini bukan berarti seperti untuk konfigurasi Profile Akun Adobe atau Profile Tags Foto, melainkan lebih ke bentuk Filter Instant yang langsung bisa kalian pakai.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Umumnya, kalian akan bisa mendapati beberapa Profiles / Filter Instant pada Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut dengan beberapa pilihan Profiles, seperti :


  • Basic
  • Artistic
  • B&W
  • Modern
  • Vintage



Auto


Jika kalian malas untuk melakukan Penyesuaian Konfigurasi Warna, Ketajaman dan Pencahayaan secara Manual, maka kalian bisa menggunakan Fitur Auto tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Karena dengan fitur ini, maka secara otomatis Aplikasi Adobe Lightroom akan mengatur konfigurasi foto / gambar yang akan kalian edit, untuk hasilnya sangat memuaskan dan terkesan seimbang, inilah kenapa Aplikasi Adobe Lightroom banyak disukai orang, karena fitur otomatis yang ada di dalam Aplikasi ini memang bisa berjalan dengan sangat baik dan terkesan tidak terlalu memaksa atau berlebihan.


Light


Ini adalah sebuah fitur atau opsi yang khusus untuk mengatur tingkat pencahayaan dari Foto yang kalian edit, umumnya semua Aspek Standard dari pengeditan pencahayaan tersebut, sudah ada pada Aplikasi Adobe Lightroom tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Beberapa opsi yang bisa kalian atur secara manual dari opsi Light ini adalah sebagai berikut :


  • Exposure
  • Contrast
  • Highlight
  • Shadows
  • Whites
  • Blacks


Selain itu, kalian juga bisa menggunakan Tool Curve untuk mengatur pencahayaan dari Foto yang kalian Edit tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Cara menggunakan Tool Curve ini mudah saja, kalian tinggal tarik atau geser saja garis Curve tersebut, sehingga hasilnya akan langsung secara Live terlihat, untuk konfigurasinya pun juga Superior, pada Tool Curve ini kalian bisa mengatur Warna Putih dan juga RGB.


Color


Jika pada opsi sebelumnya, khusus untuk melakukan pengaturan pencahayaan, maka difitur Color ini kalian juga akan mendapatkan opsi khusus untuk mengubah komposisi warna secara Professional.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Umumnya, didalam Fitur ini kalian bisa dengan mudah mengatur beberapa hal dibawah ini :


  • White Balance (Temperature & Tint)
  • Vibrance
  • Saturation


Selanjutnya, pada opsi ini kalian juga bisa secara langsung membuat Foto yang ingin kalian edit menjadi Black & White dan juga bisa kalian atur tingkat kedalam warna dari Hitam atau Putih tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Disini ada satu fitur lagi yang paling menarik menurut kami dan jarang ada pada Aplikasi Editing Photo lain untuk Smartphone Android, fitur tersebut dinamakan Mix yang juga masih bagian dari fitur Color tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Dengan memanfaatkan fitur Mix ini, kalian bisa dengan mudah mengubah warna tertentu, seperti warna hijau menjadi kuning atau warna lainnya secara individu, sehingga kalian akan mendapatkan kontrol penuh dari setiap masing-masing komposisi warna yang ada pada Foto yang kalian edit, hebat bukan?


Effect


Ini juga merupakan sebuah opsi yang tidak kalah menarik dari beberapa opsi yang sudah kami jelaskand diatas, karena dengan adanya opsi ini, maka kalian bisa dengan mudah mengubah banyak hal terkait aspek struktur yang ada didalam gambar yang kalian edit.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Fitur ini memang sangat jarang untuk bisa kalian temukan pada Aplikasi Editing Photo di Smartphone Android, karena didalam fitur ini kalian akan menemukan pengaturan Custom untuk beberapa hal dibawah ini :


  • Texture
  • Clarity
  • Dehaze
  • Vignette
  • Grain Amount


Kalian pun bisa membuat komposisi warna dari gambar yang kalian edit menjadi lebih unik dengan menggunakan opsi Split Tone.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Umumnya, fitur ini akan mengganti komposisi warna Shadow dan Highlight menjadi Custom dengan warna lain, silahkan kalian pilih sendiri dan kalian pun juga bisa dengan mudah mengatur keseimbangan dari kedua warna tersebut.


Detail


Opsi ini juga merupakan sebuah opsi yang paling penting yang harus ada pada sebuah Aplikasi Editing Photo, karena dengan adanya opsi ini, maka kalian bisa dengan mudah untuk memperbaiki kualitas dari gambar tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Seperti untuk menajamkan gambar object foto dan untuk mengurangi Noise yang akan mengganggu keindahan dari sebuah Foto / Gambar tersebut, umumnya kalian akan menemukan 3 buah opsi penting pada fitur ini, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Sharpening
  • Noise Reduction
  • Color Noise Reduction



Optics


Ini adalah sebuah opsi otomatis yang akan sangat berguna untuk menghilangkan kecacatan yang diakibatkan oleh Lensa Kamera dari gambar terkait.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Dengan adanya fitur ini, maka kalian bisa dengan mudah untuk menghilangkan jejak Chromatic dan bisa dengan secara otomatis menyesuaikan Profile akibat kecacatan Optics sehingga hasil gambar / foto akan tampak lebih natural.


Presets


Sebenarnya, opsi ini sama saja seperti opsi Profiles yang sudah kami sebutkan diatas, yaitu adalah opsi yang diperuntukan untuk Filter Foto Instant yang bisa langsung diterapkan.

Bedanya dari opsi Profiles adalah kalian disini bisa menambahkan Preset kalian sendiri atau membuat Preset ekslusif sendiri.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Tetapi, sebenarnya opsi ini juga sudah menyediakan beberapa Presets yang bisa langsung dapat kalian gunakan yaitu adalah sebagai berikut :


  • Color
  • Creative
  • B&W
  • Curve
  • Grain
  • Sharpening
  • Vignetting


Selanjutnya, ada juga Tool yang tidak boleh kalian lupakan, meski terkesan tidak begitu penting, tetapi nyatanya fitur ini akan sangat bisa diandalkan dalam kondisi tertentu, yaitu adalah :


  1. Previous (Untuk kembali ke pengaturan editan terdahulu)
  2. Reset (Untuk menghapus segala penyesuaian yang telah kalian lakukan)


Nah, sampai disini selesai sudah pembahasan terkait pengenalan beberapa fitur yang ada pada Aplikasi Adobe Lightroom tersebut.

Lalu, jika Foto / Gambar tersebut sudah diedit, bagaimana cara menyimpan gambar tersebut (Export) ke Gallery di Smartphone Android kalian?

Silahkan ikuti panduan terakhir dibawah ini.


Cara Export (Finalized)


Kalau kami boleh jujur, sebelum ini kami juga bingung terkait cara melakukan Export Foto dari Adobe Lightroom ke Gallery Smartphone Android, karena memang letak dari fitur ini yang terkesan tersembunyi.

Entah, apa yang menjadi pertimbangan pihak Adobe terkait peletakan opsi ini, kami juga kurang mengerti, tetapi satu hal yang pasti peletakan opsi Export ini kalau menurut kami pribadi mungkin salah tempat.

Harusnya, diletakan di Control Panel utama dibandingkan diletakan kedalam opsi Share tersebut, jika kalian bingung dan tidak tahu cara melakukan Export Foto tersebut, silahkan ikuti Tutorial dibawah ini :


  1. Tekan Icon Share pada bagian atas, seperti ini :
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Lalu, pilih opsi menu Export....
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Disini kalian akan menemukan beberapa Format dan Kualitas yang bisa kalian manfaatkan.
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Kalian pun juga bisa menambahkan Watermark dan Metadata Foto dengan memilih opsi More Options.
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Jika sudah kalian atur ingin menggunakan Format yang mana dan kualitas yang seperti apa, tekan Icon Centang untuk mengakhiri proses Export Foto tersebut.
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Tunggu hingga proses Export selesai.
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Setelahnya, Foto yang kalian edit dengan Aplikasi Adobe Lightroom tersebut, akan muncul di Gallery dengan nama Folder AdobeLightroom.
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
  1. Done.


Dengan ini maka semua hal terkait Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut sudah selesai untuk kita bahas, lalu bagaimana sih kira-kira hasil dari Aplikasi Lightroom Android tersebut?


Hasil Edit Foto dari Lightroom Android


Ini adalah beberapa hasil edit Foto dari Aplikasi Adobe Lightroom Android yang telah kami buat, memang ini bukanlah hasil dari tangan Professional, tetapi paling tidak beberapa Sample Foto dibawah ini, bisa kalian gunakan untuk menjawab rasa penasaran kalian.

Berikut adalah beberapa Contoh Foto dari Adobe Lightroom Android, disini juga akan kami sertakan Foto Before dan Afternya, sehingga kalian bisa dengan mudah melihat perbedaan dari Foto Original dan Foto yang telah di Edit dengan menggunakan Lightroom Android tersebut.

Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android
Adobe Lightroom Android, Fitur di Adobe Lightroom Android, Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android, Tutorial Adobe Lightroom Android, edit Foto dengan Adobe Lightroom Android, Edit Photo Adobe Lightroom Android, Penjelasan fitur Adobe Lightroom Android, Fungsi fitur di Adobe Lightroom Android, Download Adobe Lightroom Android, Apa itu Adobe Lightroom Android, Cara kerja Adobe Lightroom Android, Keunggulan Adobe Lightroom Android, Perbedaan Adobe Lightroom dan Photoshop Android

Bagaimana? kalau kami sendiri memang cukup puas dengan aplikasi satu ini, karena pada dasarnya Aplikasi Adobe Lightroom untuk Android tersebut memang sudah tidak perlu diragukan lagi dari Performance dan Fiturnya.

Jika berada ditangan yang benar dan ahli, maka mau itu hasil Edit Foto dari Adobe Lightroom Desktop ataupun Mobile seperti untuk Smartphone Android tersebut, hasilnya tetap akan sangat menakjubkan.

Hanya saja, untuk pengguna Adobe Lightroom Android gratisan, mungkin harus puas dengan beberapa keterbatasan yang ada.

Namun, kalian bisa mengakali hal ini dengan menggunakan Aplikasi Edit Foto lain, seperti Snapseed, pada aplikasi tersebut fitur Selective dan Healing secara penuh bisa kalian gunakan dengan gratis tentunya.

Jika, kalian berminat menggunakan Aplikasi Snapseed, disini kami juga sudah membuatkan artikel yang membahas hal tersebut yang bisa kalian lihat pada halaman dibawah ini :


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami harap dengan adanya artikel ini, kalian semua bisa terbantu dengan beberapa pengetahuan dari fitur terkait yang bisa kalian manfaatkan dengan maksimal.

Kalau kita berbicara fakta, maka sudah jelas Aplikasi Adobe Lightroom Android ini menjadi sebuah salah satu Aplikasi Edit Photo paling terbaik yang ada untuk OS Android sekarang ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot