RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara mematikan Vivo yang Hang, Cara keluar dari Freeze Vivo, Atasi Vivo Hang / Freeze, cara mematikan paksa Vivo, Cara Force Restart Vivo, Cara Force Shutdown Vivo, Cara Restart Vivo dengan tombol, Cara agar Vivo Reboot, Solusi Vivo Hang, Solusi Vivo Freeze, Vivo tidak bisa dimatikan, Vivo tidak bisa Reboot, Menu Reboot Vivo tidak bisa ditekan, Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi

Vivo memang menjadi salah satu Smartphone Android yang Best Selling ditanah air kita ini, tidak tanggung-tanggung penjualan Smartphone Android Vivo tersebut, masuk kedalam Top 5 Best Smartphone Android di Negara Indonesia ini dan kedudukannya berada dibawah Oppo.

Dengan data statistik demikian, maka wajar saja jika sekarang ini pengguna Smartphone Android dari Vivo kian membanyak dan menjamur disetiap harinya, selain Produk Smartphone Android Vivo yang memang sudah terbukti kualitasnya.

Pada faktanya kita juga bisa mendapatkan hal menarik lain yang tidak bisa ditemukan di Smartphone Android lain, salah satunya adalah User Experience yang serasa seperti menggunakan iOS, namun dikemas dengan gaya Android.

Jika digambarkan mungkin akan cukup sulit untuk dibayangkan, tetapi bagi kalian yang sudah menggunakan Smartphone Android Vivo tersebut, tentu paham betul terkait apa yang kami maksudkan diatas tersebut.

Selanjutnya, Smartphone Android Vivo tersebut juga tersedia untuk semua Segment, mulai dari kelas Entry-level, Mid Range hingga Top Tier (High-end), sehingga pada Konsumen Smartphone Android Vivo tersebut, bisa dengan bebas mau membeli Smartphone Android Vivo yang mana dan bisa dengan mudah untuk disesuaikan dengan Budget yang dimiliki tiap Individunya.

Smartphone Android Vivo memang terkenal dengan kehebatan olah fotograpinya, karena beragam Teknologi canggih, baik itu dalam hal Hardware Kamera hingga Software pendukungnya, memang benar-benar dibuat sangat baik dengan hasil yang tentu saja berkelas.

Maka, tidak heran jika Smartphone Android Vivo tersebut memiliki Ciri Khas utama, yaitu adalah dengan Ciri khas kemampuan Kameranya yang sangat apik dan terkesan mudah untuk disukai siapa saja dan bisa membuat takjub siapa saja.

Jika, kita bandingkan antara Smartphone Android Vivo dan Oppo itu memang terlihat 11-12 saja, karena pada dasarnya kedua Brand Smartphone ini memang bersaudara dibawah bendera Perusahaan utama yang sama.

Maka, kalian tidak perlu heran lagi, jika terdapat banyak kesamaan pada kedua Smartphone ini, namun tetap saja, mau itu Brand Smartphone Oppo ataupun Vivo, keduanya tetap berbeda, meski pada kenyataannya berbeda.

Sekarang ini kita memang banyak sekali melihat Iklan atau Sponsor dari Smartphone Android Vivo tersebut, baik itu di Televisi, Internet bahkan di jalanan, ini memang menjadi salah satu teknik marketing utama mereka.

Sebagai hasilnya, dengan teknik marketing yang gencar mereka lakukan, sekarang sudah berbuah sangat manis, yaitu Smartphone Vivo berhasil terjual dengan jumlah yang sangat banyak ditanah air kita sekarang ini.

Dengan adanya peningkatan penjualan tersebut, maka sekarang ini kita bisa mendapatkan pelayanan service dari Vendor Vivo secara maksimal.

Karena, sekarang ini tempat Service Center resmi Vivo memang sudah ada dibanyak tempat dan tersebar banyak dikota-kota yang ada ditanah air kita ini.

Hal ini memang menjadi salah satu hal yang Positif dari Brand Vivo tersebut, karena mereka memang benar-benar mengutamakan pelayanan diatas apapun, sehingga untuk Klaim Garansi pun prosesnya akan sangat cepat dilakukan, hal inilah yang kami rasakan, ketika sewaktu dulu meminta penggantian unit baru terhadap Smartphone Android Vivo yang kami beli, karena adanya kecacatan Produk dari awal pembelian.

Seperti yang kalian ketahui, Smartphone Vivo itu memang menggunakan OS Android sebagai basis OS utamanya, karena saat ini OS Android memang sudah sangat mendominasi hampir diseluruh penjuru dunia.

Namun, sayangnya karena OS Android tersebut bukan menjadi OS yang bebas dari masalah, maka segala masalah tersebut harusnya juga berpotensi terjadi pada semua jenis Smartphone Android Vivo.

Nah, hal inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, karena sekali lagi tidak ada OS / Software yang sempurna dan tidak pernah mengalami masalah / error apapun, tentu saja disini kami tidak akan hanya berbicara terkait masalah saja, melainkan disini kami juga akan membawa Solusi untuk kalian.


Kenapa Smartphone Android Vivo bisa bermasalah?


Pembahasan ini memang cukup menarik untuk kita perhatikan, karena pada dasarnya masalah yang terjadi di Smartphone Android Vivo itu bisa datang dari 2 hal, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Dari OS Android itu sendiri
  2. Dari Firmware (Custom ROM) yang sudah di Kustomisasi oleh pihak Vivo


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya OS Android itu bukanlah menjadi sebuah OS yang sempurna, meski sudah sangat jauh berkembang dari dulu.

Namun, masalah yang sering muncul itu pasti sama saja, dan pasti itu-itu saja, hal ini terjadi karena memang pada dasarnya, ketika sebuah OS (System Operasi) itu semakin Complex, maka akan semakin berpotensi untuk terjadi Crash.

Nah, masalah inilah yang sangat sering dialami oleh OS Android dan tidak terkecuali juga muncul di Smartphone Android Vivo tersebut.

Selanjutnya, masalah Error ini juga bisa terjadi pada Firmware Resmi Vivo, yaitu adalah Funtouch OS.

Seperti yang kalian ketahui, Funtouch OS itu adalah sebuah Custom ROM buatan resmi Vendor Vivo dan secara Exclusive memang hanya dipasangkan di jajaran Smartphone Android Vivo saja, tetapi biasanya Firmware / Custom ROM Vivo tersebut juga sering mengalami masalah atau Bugs.

Sehingga, bisa jadi kasus Error tersebut bisa muncul secara random ataupun bisa juga muncul dengan skala yang sangat sering, penyebabnya bisa sangat beragam dan untuk lebih jelasnya, silahkan lanjutan pembahasan ini di scene selanjutnya.


Masalah yang ada di Smartphone Android Vivo


Sebenarnya, masalah yang ada pada Smartphone Android Vivo itu juga terjadi di Smartphone Android lain, jika masalahnya datang dari Source OS Android terkait.

Tetapi, jika masalah itu datang dari Firmware Funtouch OS tersebut, maka sudah jelas masalah ini hanya akan dialami oleh para pengguna Smartphone Android Vivo saja, sehingga cara untuk mengatasinya juga akan berbeda dari kebanyakan Smartphone Android lainnya.

Umumnya, masalah yang sering terjadi adalah sebagai berikut :


  • Freeze (Hang)
  • Random Force Close
  • Random Reboot
  • Brick
  • Bootloop
  • Dead! (Matot)


Seperti yang sudah kami singgung diatas, masalah yang telah kami sebutkan umumnya juga terjadi pada Smartphone Android lain dan bukan hanya terjadi pada Smartphone Android Vivo saja.

Pada artikel Tutorial ini, kami tidak akan membahas semua masalah yang telah kami sebutkan diatas, tetapi fokus pembahasan hanya akan terletak pada masalah Freeze (Hang) dan cara keluar dari masalah itu saja, yang bisa juga kita artikan sebagai sebuah Solusi dini untuk keluar dari masalah menyusahkan tersebut.


Masalah Freeze (Hang) pada Smartphone Vivo


Kami sangat yakin, seluruh pengguna dari Smartphone Android Vivo pasti pernah mengalami hal ini, kami sendiri baru menggunakan Smartphone Android Vivo selama 2 bulan dan telah mengalami masalah Freeze ini berulang kali.

Cara mematikan Vivo yang Hang, Cara keluar dari Freeze Vivo, Atasi Vivo Hang / Freeze, cara mematikan paksa Vivo, Cara Force Restart Vivo, Cara Force Shutdown Vivo, Cara Restart Vivo dengan tombol, Cara agar Vivo Reboot, Solusi Vivo Hang, Solusi Vivo Freeze, Vivo tidak bisa dimatikan, Vivo tidak bisa Reboot, Menu Reboot Vivo tidak bisa ditekan, Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi

Perlu kami tekankan disini, masalah Freeze (Hang) tersebut bukan hanya terjadi pada Smartphone Android murah dari Vivo saja, karena keterbatasan Spesifikasi yang digunakan, tetapi masalah ini sebenarnya juga terjadi di hampir semua Smartphone Android Vivo.

Anggapan tersebut sudah jelas salah, karena disini Smartphone Android Vivo yang kami gunakan adalah Vivo V17 Pro yang bisa diartikan bukan Smartphone Android murah dari Vivo, tetap saja masalah Freeze atau Hang tersebut, sering kami alami.

Penyebabnya bisa jadi karena Firmware yang belum sempurna dan bisa juga diakibatkan dari aktifitas yang kalian lakukan.

Secara umum OS Android itu akan semakin melambat performanya dan akan banyak menimbulkan masalah seperti Force Close, Freeze (Hang) dan Error-error lainya, sering dengan lamanya jangka pemakaian OS Android tersebut.

Tetapi, masalah Freeze tersebut bisa juga terjadi, bukan karena kalian telah lama menggunakan OS Android tersebut, tanpa pernah meresetnya, sehingga masalah Freeze tersebut, bisa juga diakibatkan oleh beberapa hal dibawah ini :


  1. RAM yang penuh
  2. Overheat
  3. Firmware / ROM yang Crash
  4. Terdapat Crash dibeberapa aplikasi Core, seperti Launcher, Framework dan System Settings


Nah, ke-4 masalah diatas biasanya menjadi penyebab utama, kenapa Smartphone Android Vivo yang kalian miliki bisa menjadi Freeze atau Hang.

Jika, kalian mengalami masalah Freeze atau Hang tersebut, kalian tidak perlu khawatir, karena disini kami punya Solusi untuk agar kalian bisa keluar dari masalah Freeze / Hang tersebut.


Cara mengatasi masalah Freeze / Hang di Smartphone Vivo


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait Solusi untuk mengatasi masalah Hang atau Freeze tersebut pada Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan sekarang.

Umumnya, masalah Freeze ini bisa terjadi secara Random dengan penyebab utama yang sudah kami sebutkan diatas, sehingga jelas saja kalian tidak akan bisa menebak kapan Smartphone Android Vivo kalian akan menjadi Freeze atau Hang tersebut.

Secara umum, mengatasi masalah Freeze atau Hang pada Smartphone Android Vivo itu akan sangat mudah untuk dilakukan, yaitu kalian hanya perlu melakukan Restart / Reboot / Shutdown (Power Off), maka setelahnya masalah Freeze / Hang tersebut akan terselesaikan.

Namun, sayangnya pada kondisi Freeze berat di Smartphone Android Vivo tersebut, kalian tidak akan bisa melakukan Restart / Reboot / Shutdown (Power Off) tersebut, karena System Firmware / ROM dari Vivo tersebut tidak akan merespon lagi.

Sehingga, sudah jelas kalian tidak akan bisa melakukan Navigasi untuk memunculkan menu Reboot atau Power Off tersebut, lalu apa yang harus dilakukan?

Sudah jelas, karena tidak bisa dimatikan secara normal, maka cara yang akan kita tempuh disini adalah dengan cara mematikan Smartphone Android Vivo tersebut secara paksa (Force Restart).

Umumnya, masalah ini akan sangat mudah dilakukan, untuk Smartphone Android Vivo dengan jenis Baterai yang bisa dilepas, karena dengan melepas baterai dan memasangnya lagi, maka kalian sudah bisa mematikan Smartphone Android Vivo tersebut secara paksa.

Namun, masalah ini akan menjadi cerita yang lain, jika terjadi pada Smartphone Android Vivo yang berjenis Non-Removable Battery, atau Baterai yang sudah tertanam, artinya tidak bisa dilepas begitu saja.

Sehingga, disini kalian memerlukan sebuah cara atau trik khusus untuk memaksa Smartphone Android Vivo tersebut agar mati secara paksa, dengan asumsi alan terjadi Reboot System setelahnya, sehingga OS / Firmware bisa berjalan dengan normal lagi.

Lalu, bagaimana caranya?


Cara Mematikan Paksa Smartphone Android Vivo (Force Restart)


Sebenarnya ada 2 buah jenis Solusi cara untuk pemecahan masalah ini, dan solusi tersebut dapat diterapkan berdasarkan jenis dari Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan.

Lebih detail lagi, terkait kedua buah Solusi tersebut, disini akan kami sampaikan bahwa Solusi ini akan berbeda antara jenis Smartphone Android Vivo generasi lama dan Smartphone Android Vivo generasi baru, karena pada seri Smartphone Android Vivo terbaru.

Secara default pihak Vivo memang memberikan opsi ini secara khusus dan bisa digunakan kapanpun ketika Smartphone Android Vivo tersebut sedang mengalami Freeze atau Hang.

Namun, pada Smartphone Android Vivo lama, kalian harus menggunakan cara Force Restart tersebut secara Universal, secara umum kami juga tidak tahu terkait kapan kiranya pihak Vivo menambahkan Fitur ini secara Khusus pada Firmware Funtouch OS yang mereka kembangkan.

Sehingga, sangat disarankan agar kalian menerapkan kedua buah cara dibawah ini, agar bisa membuahkan hasil yang diharapkan, berikut adalah Cara untuk mematikan paksa Smartphone Android Vivo.


Khusus pengguna Smartphone Android Vivo lama


Cara ini diperuntukan untuk seri Smartphone Android Vivo generasi lama, seperti Smartphone Android Vivo yang telah dirilis lebih dari 2 tahun yang lalu.

Maka, cara untuk melakukan Force Restart pada Smartphone Android Vivo generasi lama tersebut, adalah dengan cara Menekan dan Menahan Tombol Power selama 10 detik tanpa terlepas.

Cara mematikan Vivo yang Hang, Cara keluar dari Freeze Vivo, Atasi Vivo Hang / Freeze, cara mematikan paksa Vivo, Cara Force Restart Vivo, Cara Force Shutdown Vivo, Cara Restart Vivo dengan tombol, Cara agar Vivo Reboot, Solusi Vivo Hang, Solusi Vivo Freeze, Vivo tidak bisa dimatikan, Vivo tidak bisa Reboot, Menu Reboot Vivo tidak bisa ditekan, Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi

Setelahnya, Smartphone Android Vivo akan secara otomatis mati secara paksa (Force Restart), setelahnya Smartphone Android Vivo kalian akan Restart dengan sendirinya dan akan masuk ke Mode Normal yang seharusnya lagi.


Khusus pengguna Smartphone Android Vivo baru


Nah, jika kalian menggunakan Smartphone Android Vivo generasi terbaru, sebut saja seperti Smartphone Android Vivo V7 Series keatas, maka harusnya cara untuk melakukan Force Restart tersebut akan berbeda dari cara yang diterapkan pada Smartphone Android Vivo generasi lama.

Karena, seperti yang sudah kami jelaskan diatas, disini pihak Vivo memberikan sebuah fitur khusus yang akan bisa kalian terapkan kapan saja, jika kalian mengalami masalah Freeze atau Hang tersebut.

Caranya adalah kalian hanya perlu Menekan dan Menahan Tombol Volume Down (-) dan Power Button berbarengan selama 10 Detik tanpa terlepas.

Cara mematikan Vivo yang Hang, Cara keluar dari Freeze Vivo, Atasi Vivo Hang / Freeze, cara mematikan paksa Vivo, Cara Force Restart Vivo, Cara Force Shutdown Vivo, Cara Restart Vivo dengan tombol, Cara agar Vivo Reboot, Solusi Vivo Hang, Solusi Vivo Freeze, Vivo tidak bisa dimatikan, Vivo tidak bisa Reboot, Menu Reboot Vivo tidak bisa ditekan, Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi

Maka, setelahnya Smartphone Android Vivo kalian akan mati secara paksa dan akan keluar dari masalah Freeze / Hang tersebut.


Cara ini hanya untuk mengatasi masalah Freeze / Hang saja


Ini adalah hal yang harus kami tekankan, karena solusi yang telah kami sampaikan diatas itu hanya untuk mengatasi masalah Freeze / Hang dalam kasus yang normal saja.

Seperti, Freeze dalam aplikasi tertentu, layar Smartphone Android Vivo tiba-tiba mejadi Blank berwarna hitam, putih atau Stuck pada gambar tertentu, maka solusi diatas adalah jawabannya.

Tetapi, masalah ini tidak akan bisa mengatasi masalah yang lebih besar dari itu, seperti kasus seperti Brick yang pada kenyataannya juga sama-sama berbentuk Freeze / Hang.

Namun, masalah tersebut jelas saja berbeda, karena Brick adalah masalah tingkat System atau Firmware dan harus dilakukan Flashing untuk mengatasinya.

Nah, masalah yang kami gambarkan diatas bukan Freeze seperti Brick tersebut, melainkan hanya untuk kasus Freeze ringan saja, seperti Freeze atau Hang pada Interface System utama ketika sedang berjalan, masalah ini biasanya disebut Crash dan hal ini memang wajar terjadi.

Berbeda cerita dengan masalah Brick tersebut, karena masalah tersebut memang terjadi karena sesuatu yang besar, bukan untuk menakuti kalian, karena biasanya ketika Smartphone Android Vivo tersebut tiba-tiba menjadi Brick tanpa kalian melakukan hal yang macam-macam.

Maka, besar kemungkinan ada kerusakan ditingkat Hardware pada Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan tersebut, sehingga disini diperlukan sebuah cara yang khusus dan tidak biasa tentunya, untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasa kita yang sederhana ini, jika kalian memang mengalami kasus Freeze / Hang yang biasa saja, atau bisa kita katakan kasus Freeze yang normal.

Harusnya, cara yang sudah kami jelaskan diatas, bisa kalian gunakan sebagai solusi untuk keluar dari masalah Freeze tersebut dengan cepat dan mudah tentunya.

Akhir kata, semoga informasi dari artikel tutorial yang sudah kami tulis secara singkat diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semoga masalah kalian bisa dengan cepat terselesaikan dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot