RILIS ARTIKEL TERBARU :

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Smartphone Android memang sudah menjadi salah satu barang wajib untuk digunakan oleh banyak masyarakat dunia sekarang ini, meski demikian OS Mobile pintar itu sebenarnya bukan hanya OS Android saja.

Melainkan ada beberapa, dan salah satu OS yang juga sangat terkenal seperti OS Android ialah iOS yang dikembangkan oleh pihak Apple untuk Smartphone iPhone dan Table iPad mereka, tetapi jika kita berbicara terkait penggunaan secara menyeluruh, maka sudah jelas Smartphone Android lah yang memang memiliki dominasi besar.

Hal ini terjadi, memang karena peran dari pada Produsen Smartphone Android yang membuat dan merilis Smartphone Android dengan beragam jenis dan bentuk, lalu juga dengan Spesifikasi yang beragam juga tentunya dan yang tidak kalah penting ialah, harga jual dari Smartphone Android tersebut yang memang sangat variatif.

Berbeda dengan OS pesaing terbesarnya yaitu adalah iOS, OS Android itu memang kalau kita bisa katakan, memang lebih merakyat, karena iOS itu memang hanya tersedia untuk pangsa pasar Kelas Atas saja, tetapi kalau OS Android dengan Smartphone Android tersebut bisa hadir dalam semua segment target pasar.

Sehingga, wajar saja jika saat ini pengguna Smartphone Android memang lebih banyak dari pada pengguna Smartphone Apple, karena dengan modal 1 jutaan saja, bahkan kurang, maka kalian sudah bisa mendapatkan sebuah Smartphone Android yang layak pakai.

Hanya saja, harga itu memang selalu menjadi acuan utama dari kualitas yang akan kalian dapati, umumnya Smartphone Android yang murah dan mahal itu mungkin seperti bumi dan langit, meski sama-sama menggunakan OS Android.

Tetapi, dari segi kualitas, fitur, inovasi dan spesifikasi jelas sekali berbeda satu sama lainnya, ada beragam perbedaan yang bisa kalian amati.

Yaitu bisa datang dari sektor Processor yang digunakan, Build Quality yang dipakai, jumlah RAM dan Internal Storage, Fitur Kamera, System Keamanan dan yang terakhir adalah terkait dengan Display Panel yang digunakan.

Semua hal tersebut memang bisa menjadi pembeda dari Smartphone Android murah dan mahal, tetapi disini nama suatu Brand juga bisa menjadi pembeda dari harga jual Smartphone Android tersebut.

Baiklah, pada pembahasan kita kali ini, kita tidak akan berbicara terkait masalah teknis seperti Processor, RAM dan Kamera, melainkan ke hal yang pasti menjadi pertimbangan banyak orang, yaitu adalah Display Panel!


Ragam jenis Display Panel Smartphone Android


Sebelum kalian mulai memahami maksud utama dari artikel yang kami tulis sekarang ini, kalian juga harus tahu dulu, bahwa sebenarnya ada banyak ragam jenis dari Display Panel untuk Smartphone Android tersebut.

Setiap dari Spesifikasi Display Panel tersebut juga akan menentukan harga dari sebuah Smartphone Android tersebut, karena setiap Display Panel tersebut memiliki kemampuan yang berbeda-beda, semakin mahal sebuah Smartphone Android tentu saja dipastikan akan menggunakan Display Panel terbaik yang bisa di implementasikan.

Display Panel tersebut memang sangat kuat kaitannya dengan penggunaan dari Smartphone Android secara keseluruhan, karena dengan adanya Display Panel yang baik, maka mata kalian akan lebih dimanjakan dengan beragam warna yang hidup dan kaya.

Selanjutnya Display Panel ini juga memiliki kontribusi besar terkait penggunaan Daya Battery yang ada pada sebuah Smartphone Android, semakin jelek Display Panel suatu Smartphone Android, maka sudah bisa dipastikan akan memakan Daya Battery yang besar tentunya, karena memang tidak dibuat se-efisien mungkin dalam konsumsi dayanya.

Selanjutnya, Display Panel di Smartphone Android Modern saat ini juga sudah bisa di implementasikan beragam jenis teknologi yang dulunya cuma dianggap mitos saja, salah satunya contohnya adalah Fingerprint didalam layar.

Maka, jika kalian menganggap masalah Display Panel ini tidak penting, maka kalian salah besar, karena dengan adanya Display Panel yang baik pada suatu Smartphone Android, maka kenyamanan kalian dalam menggunakan Smartphone Android sudah pasti lebih menyenangkan.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya saat ini Smartphone Android itu memang hadir dengan beragam jenis Display Panel yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat Jenis dan Tipe dari Display Panel yang ada pada Smartphone Android sekarang ini, dengan mengunjungi halaman dibawah ini :


Kami disini, tidak akan membahas semua jenis Panel Layar yang digunakan pada banyak Smartphone Android, karena disini pembahasan kami hanya akan terkait masalah Display Panel Layar Super AMOLED saja.

Sehingga, pembahasan kita dibawah ini akan menjadi khusus, tujuannya agar para calon pengguna atau pengguna dari Smartphone Android dengan spesifikasi Layar Super AMOLED bisa menjadi lebih paham terkait Display Panel yang digunakan tersebut, berikut dengan Kekurangan dan Kelebihannya.


Super AMOLED


Bagi kalian yang memang mengikuti perkembangan Teknologi yang ada di dunia Smartphone Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Display Panel Super AMOLED tersebut, ya! ini adalah salah satu Display Panel terbaik yang ada sekarang ini yang telah di implementasikan ke Smartphone Android ataupun non-Android Phones.

Secara umum Display Panel Super AMOLED ini memang tidak tersedia untuk Smartphone kelas Entry-level, karena memang harga produksinya yang cukup mahal, tetapi sekarang ini Display Panel Super AMOLED ini nampaknya bukan lagi menjadi sebuah Display Panel Premium.

Karena sekarang ini, Smartphone Android kelas menengah memang telah banyak yang menggunakannya, sehingga saat ini kita sangat diuntungkan dengan kondisi tersebut, karena Layar Super AMOLED itu sangat cantik dan nyata!

Display Panel Super AMOLED itu memang merupakan sebuah pengembangan dari Display Panel AMOLED Traditional yang memang juga merupakan hasi pengembangan dari Display Panel OLED.

Sehingga, jika kita ibaratkan, Super AMOLED itu adalah versi revisi dan pemutakhiran dari Display Panel AMOLED dan yang mengembangkannya adalah Perusahaan Teknologi besar, yaitu adalah Samsung.

Maka dari itu, kalian tidak perlu merasa heran, jika melihat Smartphone Android dari Samung yang memang rata-rata telah menggunakan Display Panel Layar Super AMOLED tersebut, karena memang merekalah yang mendisitribusikan jenis Display Panel tersebut.

Selanjutnya, Layar Super AMOLED itu memang masih sama persis seperti jenis Display Panel AMOLED pada umumnya, terkait mekanisme dan systemnya, hanya saja pada jenis Super AMOLED ini adalah hal yang telah dimutakhirkan dan hasilnya pun sangat mengejutkan, untuk lebih jelasnya kalian bisa memahaminya pada scene dibawah ini.


Perbedaan AMOLED dan Super AMOLED


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya Display AMOLED dan Super AMOLED itu memang tidak berbeda jauh dari segi mekanisme dan system yang digunakan, tetapi ada sedikit perbedaan di dalam Impelementasinya.

Yaitu, jika Display Panel AMOLED itu menggunakan sebuah lapisan layer lagi untuk sensor layar sentuhnya, maka di Display Panel Super AMOLED tidak menggunakan hal tersebut, karena sensor dari touchsceen tersebut sudah menyatu dengan Display Panel secara keseluruhan.

Hasilnya? sudah pasti gambar yang dihasilkan oleh Display Panel Super AMOLED itu akan lebih tajam dan nyata dibandingkan AMOLED ataupun OLED.

Sehingga, inilah yang menjadi salah satu rahasia kenapa S-Pen di Samsung Galaxy Note Series tersebut bisa memiliki performa yang sangat bagus dan akurat, salah satu alasannya adalah terkait dengan penggunaan Display Panel Layar Super AMOLED tersebut.

Sehingga, disini dapat kita simpulkan menjadi beberapa bagian, terakit perbedaan dari AMOLED dan Super AMOLED :


  1. Ketajaman Layar Super AMOLED jauh lebih nyata, dibandingkan OLED dan AMOLED traditional, karena tidak menggunakan kaca sensor touchscreen diatasnya.
  2. Warna layar terkesan lebih hidup dan begitu sempurna.
  3. Katanya memiliki konsumsi daya baterai yang lebih efisien dibandinkan OLED ataupuan AMOLED biasa.


Dari perbedaan yang sudah kami sebutkan diatas, tentu kalian bisa memahami bahwa Display Panel Super AMOLED tersebut memang memiliki kualitas dan performa yang lebih baik dibandingkan dengan jenis Display Panel AMOLED traditional.

Lalu, bagaimana dengan Kelebihan dan Kekurangan dari Display Panel Super AMOLED tersebut?

Jika memang merupakan sebuah Display Panel Premium, apakah jenis Layar ini memang yang paling terbaik?

Seandainya, kalian memiliki pertanyaan diatas yang muncul dalam benak kalian, mungkin penjabaran Kelebihan dan Kekurangan dari Display Panel Super AMOLED dibawah ini, akan bisa menjawab rasa penasaran kalian.

Sebelum itu, kami ingatkan sekali lagi, tidak ada hal yang sempurna!


Kekurangan dan Kelebihan Display Panel Super AMOLED di Smartphone Android


Baiklah, disini kita sudah masuk dalam topik pembahasan utama kita kali ini, dalam pembahasan ini, akan kami jelaskan serinci mungkin, terkait Keunggulan menggunakan Display Panel Layar AMOLED tersebut.

Serta, tidak lupa bahwa pada faktanya ada suatu masalah yang teramat besar yang mengintai kalian, jika kalian menggunakan jenis Layar Super AMOLED tersebut pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Selain itu, penekanan kami dibawah ini hanya akan bersifat teknis, kami tidak akan membicarakan terkait masalah harga produksi dan segmentasi pasar, karena hal itu sudah jelas, bahwa Display Panel Super AMOLED biasanya, hanya tersedia untuk Smartphon Android minimal Kelas Menengah, kecuali Smartphone Android produksi dari Produsen Samsung.

Hal pertama yang akan kita bahas kali ini, adalah terkait masalah Kelebihan dari jenis Layar Super AMOLED tersebut dalam penggunaannya di Smartphone Android :


Kelebihan Layar Super AMOLED


Perlu kami sampaikan dulu sebelumnya, pada bagian Kelebihan Layar Super AMOLED ini, kami hanya akan menjelaskan secara umum saja, karena jika dijelaskan secara detail terkait masalah teknisnya, maka artikel ini akan menjadi sangat panjang, sehingga Kelebihan dibawah yang akan kami jelaskan ini adalah Kelebihan yang memang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang, apa itu?


Irit Konsumsi Daya Baterai


Hal pertama yang menjadi kelebihan dari Panel Layar Super AMOLED adalah karena memang dari segi Konsumsi Daya Baterai memang lebih irit dibandingkan jenis layar Non-OLED, untuk taksiran Konsumsi Daya Baterai tersebut, dikatakan mencapai 40% lebih irit dibandingkan dengan Display Panel jenis TFT ataupun IPS.

Alasannya adalah karena Layar Super AMOLED memang tidak menggunakan Backlight Layer yang artinya, pada Panel Layar Supert AMOLED, Konsumsi Daya Baterai hanya akan diperuntukan untuk menghidupkan satuan Pixel saja, sehingga sudah jelas akan menjadi efisien dalam Konsumsi Daya.

Selanjutnya, hal yang membuat Layar Super AMOLED bisa menjadi lebih irit, ialah karena konfigurasi warna hitam pada Layar Super AMOLED itu benar-benar hitam pekat, karena jika yang ditampilkan adalah warna hitam.

Maka, Pixel pada Super AMOLED itu tidak akan hidup, artinya Pixelnya tidak difungsikan, itulah kenapa Panel Super AMOLED bisa memunculkan warna hitam yang sangat pekat, hasil akhirnya?

Sudah jelas, Konsumsi Daya Baterai akan menjadi lebih irit, karena Display Panel hanya membutuhkan Daya Listrik untuk memunculkan warna selain hitam saja, bayangkan saja jika kalian menggunakan Themes warna hitam pekat, maka sudah pasti Baterai pada Smartphone Android kalian akan menjadi lebih tahan lama dan tidak cepat habis.


Warna Gonjreng dan nyata


Selanjutnya, kelebihan dari Panel Layar Super AMOLED itu adalah terletak pada konfigurasi kekayaan warnanya yang hampir nyata atau sebenarnya.

Umumnya, Panel Layar Super AMOLED itu bisa menghasilkan Saturasi warna, Shadow, Sharpen dan Backlight dengan sangat baik, sehingga gambar yang ditampilkan bisa sangat hidup dan sangat gonjreng.

Karena Panel Layar Super AMOLED itu tidak menggunakan kaca Layer tambahan lagi untuk Sensor Touchscreen secara terpisah, maka sudah pasti gambar yang dihasilkan tersebut tampak sangat hidup, karena jarak antara Pixel dan Pelindung kaca atas itu begitu dekat.

Sehingga, banyak orang yang mengatakan bahwa Papan Ketik (Keyboard) digital pada Smartphone dengan Display Panel Layar Super AMOLED tersebut, nampak muncul diatas Layar dan bukan dibalik layar, karena memang terlihat begitu nyata.


Hitam Pekat yang mempesona


Sudah kami singgung diatas sedikit, bahwa faktanya konfigurasi warna hitam pada Layar Super AMOLED itu memang benar-benar mencapai hitam yang sebenarnya, karena memang jika yang dimunculkan adalah warna hitam, maka Pixel pada Super AMOLED tersebut tampak seperti tidak difungsikan atau mati.

Sehingga, itulah rahasia kenapa Panel Super AMOLED itu bisa memanjakan mata kita dengan konfigurasi warna yang tampak sangat nyata.

Keuntungan dari warna hitam pekat ini juga akan menyamarkan Bazel atau Border yang ada pada Smartphone Android kalian, sehingga tampak tidak memiliki Bazel, tidak percaya?

Silahkan lihat ini :

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Bagaimana? apakah kalian bisa melihat garis Bazel hitam tersebut? kalau dari mata kami sendiri, melihat Wallpaper yang digunakan tersebut, terlebih jika dalam kondisi yang terkesan agak gelap, maka Bazel dari Layar Smartphone Android tersebut, hampir tidak bisa dibedakan dengan Wallpaper yang kami pakai.


Tetap jelas dibawah terik matahari


Nah, inilah hal yang paling menarik dari Layar Super AMOLED tersebut, karena meski dibawah terik sinar matahari, gambar dari layar tersebut masih bisa terlihat dengan sangat jelas, tidak seperti Panel Layar lain seperti IPS ataupun TFT yang intinya berjenis LCD.

Biasanya, Display Panel tersebut akan kembali memantulkan sinar matahari, sehingga gambar dilayar Smartphone Android tidak bisa terlihat dengan jelas, atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Hal ini berbeda dengan Panel Layar Super AMOLED, karena pada dasarnya Panel Super AMOLED itu tidak menggunakan Kaca Layer Touchsceen secara terpisah, maka pantulan (Backlight) dari sinar matahari tidak akan terjadi.

Berikut adalah perbandingan dari Panel Super AMOLED dan Panel IPS, dibawah teriknya sinar matahari, dengan konfigurasi Brightness Full :

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Untuk dicahaya matahari yang tidak terkena secara langsung, Panel layar IPS akan bisa terlihat, tetapi masih tidak seterang dan sedetail Panel Layar Super AMOLED.

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Bisa kalian lihat sendiri, Panel Layar Super AMOLED bisa terlihat lebih jelas dibandingkan Layar IPS, karena pada dasarnya refleksi sinar dari matahari tersebut, memang tidak dipantulkan secara keseluruhan.


Fitur Always on Display (AOD)


Selanjutnya, hal yang menjadi kelebihan dari Panel Super AMOLED ialah bisa dengan sempurna menjalankan fitur Always on Display dengan Konsumsi Daya Baterai yang minimal.

Sejatinya, fitur AOD tersebut memang bisa saja digunakan pada setiap jenis Layar Smartphone Android, hanya saja akan ada perbedaan yang sangat besar dari segi Performanya, karena pada Smartphone Android dengan Layar Super AMOLED tersebut, fitur Always on Display tersebut bisa berkerja dengan sangat maksimal.

Meski dalam kondisi DIM ataupun Active, karena pada dasarnya metode yang digunakan adalah hanya akan menampilan informasi Jam, Date dan juga Notifikasi secara minimalis dengan background berwarna hitam dominan.

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Maka, kembali lagi, Layar Super AMOLED itu akan menjadi sangat irit Konsumi Daya, ketika menggunakan Background atau tampilan berwarna hitam, maka inilah rahasia fitur Always on Display yang menjadi sangat irit pada Layar Super AMOLED tersebut.

Umumnya, jika kalian menggunakan fitur AOD tersebut pada layar Super AMOLED seharian, dengan syarat kondisi yang cukup agak gelap, Wi-Fi Off dengan Mode Air Plane, maka paling tidak Konsumsi Daya Baterai yang dibutuhkan untuk menampilkan fitur AOD seharian tersebut paling cuma 1% hingga 2% saja.

Lihat pada informasi dibawah ini, dimana kami menggunakan fitur AOD selama 3 hari dan hanya menggunakan Daya Baterry sebesar 6% saja, dengan AOD aktif selama 24 jam non-stop.

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Berbanding terbalik dengan Panel Layar seperti IPS, jika kalian menggunakan Fitur AOD tersebut, maka Konsumsi Daya Baterai, akan menjadi sama saja, meski kalian buat Smartphone Android kalian Idle pada tampilan atau mode AOD, Konsumsi Daya yang digunakan akan sama saja seperti ketika kalian sedang melakukan Navigasi di Smartphone Android kalian secara biasa.

Selanjutnya, pada faktanya fitur AOD tersebut tidak hanya bisa maksimal berkerja pada Panel Layar Super AMOLED saja, melainkan untuk jenis Layar OLED lainnya pun juga tetap akan menghasilkan hasil yang sama juga, karena pada dasarnya semua Panel Layar OLED tersebut, memang bisa menghasilkan warna hitam yang pekat dan rendah Konsumi Daya Baterai.


Fitur Fingerprint Under Display


Nah, ini adalah sesuatu yang hanya Exclusive ada pada Smartphone Android dengan Jenis Layar OLED saja, termasuk kedalamnya adalah Panel Layar Super AMOLED.

Karena pada dasarnya, fitur atau teknologi Fingerprint Under Display (Fingerprint di layar Smartphone Android) tersebut, memang hanya bisa di implementasikan pada Panel Layar jenis OLED saja, kebanyakan yang digunakan saat ini adalah Panel Layar Super AMOLED.

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Karena, secara mekanisme dan struktur pembentukan Display Panel tersebut, Layar Super AMOLED itu memiliki lapisan atas yang begitu tipis, sehingga bisa digunakan untuk menanamkan fungsi Optical Fingerprint dibawah layar Smartphone Android bersangkutan.

Inilah kenapa fitur Fingerprint Under Display tersebut, tidak akan bisa kalian dapati di Smartphone Android dengan jenis Panel Layar LCD, karena secara teknis memang Panel LCD (IPS/TFT) tidak mendukung untuk peletakan fungsi Optical Fingerprint tersebut, karena terhalang oleh Film Transistor dari Panel Layar LCD tersebut.

Lebih hebatnya lagi, dalam waktu dekat, kita akan menjumpai Smartphone Android dengan Inovasi Kamera yang berada dibawah layar Smartphone Android tersebut.

Ini adalah hasil pengembangan lebih jauh dari inovasi Optical Fingerprint Under Display yang memang sudah umum ada sekarang ini dan lagi-lagi Inovasi ini hanya bisa diterapkan pada jenis Panel Layar OLED, seperti Super AMOLED saja.

Super AMOLED, Android Layar Super AMOLED, Super AMOLED Android Display, Kekurangan layar Super AMOLED, Kelenihan layar Super AMOLED, Masalah di layar Super AMOLED, Shadow Super AMOLED, Flicker Super AMOLED, AOS Super AMOLED, Kehebatan Layar Super AMOLED Android

Bagaimana? itulah beberapa hal menakjubkan yang bisa kalian dapati, jika menggunakan Smartphone Android dengan Display Panel Layar Super AMOLED tersebut, dibandingkan dengan jenis Layar LCD, Layar Super AMOLED memang lebih maju dan lebih bagus dibeberapa aspek dan juga akan sangat menjanjikan untuk realisasi inovasi Teknologi yang lebih Modern.

Apakah Layar Super AMOLED tersebut memang sangat baik dan tidak terbantahkan lagi? sayangnya tidak! karena Layar Super AMOLED pun punya masalahnya sendiri, bahkan masalahnya akan lebih merugikan dibandingkan dengan jenis Display Panel lainnya.

Lalu, apa saja yang menjadi Kekurangan pada jenis Layar Super AMOLED tersebut?


Kekurangan Layar Super AMOLED


Sekali lagi, disini kami tidak akan menjelaskan secara rinci dan detail terkait Kekurangan Layar Super AMOLED yang dimaksudkan tersebut, karena disini kami hanya akan mengangkat masalah yang memang umum terjadi pada Layar Super AMOLED tersebut, apakah itu?


Lebih manja dalam perawatan


Ini adalah hal yang paling menyusahkan ketika kalian memiliki Panel Layar Super AMOLED tersebut, karena tidak seperti jenis Layar IPS, Display Panel Super AMOLED tersebut memang sangat rentan rusak, dikarenakan beragam kondisi.

Seperti ketika kalian selalu menggunakan Full Brightness maka Layar Super AMOLED akan terbakar dan akan menimbulkan jejak Shadow (Burn-in), karena Kaca Pelindung atas yang gosong dikarenakan panas dari Pixel yang muncul, ketika terus-terusan dalam Mode Full Brightness.

Selanjutnya, Layar Super AMOLED tersebut juga akan menjadi sangat rapuh dan akan rusak seketika, misalkan Smartphone Android yang kalian gunakan itu terjatuh, maka biasanya Layar Super AMOLED akan memunculkan masalah seperti Flicker (Layar yang selalu berkedip-kedip).

Jika, kalian menggunakan Layar Super AMOLED yang berkedip-kedip karena Flicker tersebut, maka sudah pasti mata kalian akan tidak sehat lagi nantinya.

Selanjutnya, kalian juga tidak disarankan menggunakan Konfigurasi Wallpaper dan Peletakan Icon yang begitu-begitu saja, karena jika 1 tahun lebih, kalian tidak mengganti Wallpaper dan tidak mengganti letak Icon ataupun Navigation Bar Digital tersebut, maka Potensi terjadinya Burn-in akan sangat besar.

Intinya, jika kalian ingin membuat Smartphone Android kalian dengan jenis Layar Super AMOLED tetap dalam kondisi Prima, maka kalian harus benar-benar memperhatikan detail yang sudah kami sebutkan diatas.

Pada faktanya semua hal diatas, tidak akan pernah terjadi pada jenis Display Panel IPS / LCD, meski Smartphone Android kalian pernah terjatuh dalam ketinggian yang wajar, maka biasanya tidak akan menimbulkan masalah apapun pada Layar IPS di Smartphone Android tersebut.

Intinya, Display Panel Super AMOLED itu harus extra diperhatikan, jika kalian memang ingin menggunakan Smartphone Android kalian dengan jangka waktu yang lama.


Kerusakan Permanent


Selanjutnya, inilah masalah yang membuat Panel Super AMOLED menjadi tidak se-Premium itu, karena jika Panel Super AMOLED mengalami masalah Burn-in ataupun Flicker, maka berarti itu menjadi permasalahan yang Permanent dan tidak bisa diperbaiki dengan cara Rekayasa Software apapun.

Melainkan hanya bisa diperbaiki dengan cara mengganti Part Layar yang rusak tersebut secara keseleruhan saja, tentu dengan harga yang tidak murah tentunya.

Berbeda dengan jenis Panel Layar IPS, yang jika rusak misalnya pada bagian Lapisan kaca atas saja, maka Part yang diganti hanya akan Kaca Pelapis atas saja dan tidak dari keseluruhan Part, sehingga biaya reparasinya akan menjadi lebih murah berkali lipat dibandingkan biaya reparasi Display Panel berjenis Super AMOLED.

Selain itu juga, misalkan ada kerusakan seperti Pixel Error pada jenis Panel IPS, maka masalah tersebut akan sangat mudah untuk diatas, kalian hanya perlu merangsang Pixel yang Error tersebut saja lagi dengan beragam teknik agar bisa berfungsi lagi seperti biasa.

Sayangnya, hal tersebut tidak akan bisa kalian lakukan pada jenis Layar Super AMOLED, karena inilah harga yang harus kalian korbankan demi mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dengan jenis Display Panel Super AMOLED tersebut.

Tetapi, kalian masih bisa menghindari masalah Layar Super AMOLED yang Burn-in atau Shadow tersebut dengan mengikuti beberapa saran dibawah ini :



Kerusakan Layar tidak digaransikan


Ini adalah hal yang sangat merugikan untuk sebagian pengguna Smartphone Android berjenis Layar Super AMOLED tersebut, karena seperti yang kalian ketahui, umumnya penyakit terbesar dari Panel Super AMOLED tersebut ialah munculnya masalah Burn-in (Shadow) ataupun Flicker dengan rentang waktu yang tidak bisa diprediksi.

Hal yang sangat merugikan disini ialah beberapa Produsen Smartphone Android memang tidak menyertakan jaminan garansi terhadap masalah Layar Super AMOLED yang Shadow ataupun Flicker tersebut, meski masih didalam waktu 1 tahun garansi.

Tetapi, hal ini tidak berlaku untuk semua Produsen Smartphone Android, beberapanya masih tetap ada yang menerima Klaim garansi tersebut, tetapi sebagian tidak, mungkin karena ada terlalu banyak kasus serupa yang muncul, sehingga merugikan pihak Produsen Smartphone bersangkutan, terkait masalah Spare-part dan lainnya.

Nah, dengan demikian selesai sudah masalah seputaran serba-serbi dari Display Panel Layar Super AMOLED tersebut, kami harapkan kalian bisa mengerti terakit dengan teknis ataupun informasi berharga yang bisa kalian dapatkan diartikel sederhana yang sudah kami buatkan diatas.

Selanjutnya, jika memang kalian ragu untuk menggunakan Smartphone Androi dengan jenis Layar IPS LCD ataupun Super AMOLED, maka beberapa pengetahuan diatas bisa menjadi pertimbangan untuk kalian dalam memilih pilihan yang terbaik untuk kalian sekarang ini.

Jika, kalian memang bingung dan takut menggunakan Display Panel Layar Super AMOLED tersebut, kalian tidak perlu takut secara berlebihan, karena umumnya biasanya Display Layar Super AMOLED tersebut, baru akan rusak dalam hitungan beberapa tahun pemakian, tetapi ini hanya untuk pemakaian wajar saja.

Sehingga ada baiknya kalian untuk mempelajari Kekurangan dan Kelebihan dari Layar Super AMOLED yang sudah kami jelaskan diatas, hal tersebut bertujuan agar kalian bisa lebih mengenal terkait keuntungan yang akan kalian terima dan konsekuensi / masalah yang mungkin nantinya akan kalian hadapi dimasa depan, seringan lamanya usia Smartphone Android tersebut.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian bisa tambah ilmu dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot