RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet

Internet adalah sebuah hal yang memang tidak bisa terlepas lagi untuk orang-orang yang ada dizaman modern seperti sekarang ini, karena Internet memang sudah masuk kedalam aspek kehidupan sehari-hari kita, seperti untuk berkomunikasi, menikmati hiburan, perkerjaan hingga pembelajaran.

Dengan adanya Internet kita bisa banyak mengetahui hal menarik yang ada diluar sana, karena sejatinya Internet bisa menghubungkan siapa saja secara Global, untuk bisa berbagi informasi, menyerap informasi, serta untuk mengolah informasi.

Internet pun bukan menjadi hal yang mahal sekarang ini, karena dengan modal yang minim siapa saja bisa menikmati Internet, asalkan didukung dengan jaringan Internet yang memadai tentunya.

Dewasa ini, Internet tidak hanya bisa digunakan secara penuh pada Perangkat Komputer Desktop saja, karena sekarang siapa saja bisa dengan mudah untuk mengakses Internet tersebut hanya dengan bermodalkan sebuah Perangkat Pintar, sebut saja seperti Smartphone Android.

Jika kita berbicara terkait mekanisme, maka Experience dalam menggunakan Internet di Komputer Desktop dan Samrtphone Android itu hampir tidak ada bedanya, mungkin secara fisik memang berbeda, tetapi hasil yang akan kalian terima tentu tidak akan ada bedanya sama sekali.

Era digital memang sangat kuat terkait dengan adanya Internet tersebut, maka wajar banyak orang menyebut bahwa Internet adalah sebuah wadah yang menjadi dunia baru yang biasanya disebut dengan dunia maya.

Dengan adanya dunia maya tersebut, setiap orang tidak mesti harus menjadi dirinya sendiri, karena mereka bisa menyamarkan identitas mereka dengan gaya "Anonymous" yang biasanya digunakan untuk menyampaikan aspirasi yang tidak bisa dilontarkan secara bebas didunia nyata.

Maka, tidak heran Internet itu bisa menjadi hal yang positif dan bisa juga menjadi hal yang negatif, tergantung siapa yang menggunakannya, jika digunakan dengan bijak, tentu saja manfaatnya akan sangat besar sekali.

Mengingat, hampir semua informasi yang dulunya mahal, sekarang bisa tersedia banyak secara gratis melalui Internet tersebut.

Internet di Negara kita ini memang sudah cukup memadai, meski bukan yang tercepat, namun secara umum koneksi jaringan Internet yang kita gunakan sekarang ini, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam menggunakan Internet pada umumnya, seperti Browsing, Streaming, Uploading dan juga Downloading.

Tetapi, sayangnya kecepatan Internet yang ada pada setiap daerah di negara kita ini, tentu saja tidak merata, ada yang cepat sekali, ada pula yang lamban sekali.

Biasanya orang yang hidup dikota besar, mereka tidak akan mempermasalahkan terkait kecepatan Internet tersebut, namun berbeda cerita bagi mereka yang tingga didaerah pelosok, untuk mendapati Internet dengan koneksi yang cepat, tentu saja akan menjadi hal yang sulit untuk didapati.

Meski demikian, biaya yang dikeluarkan untuk bisa menikmati fasilitas Internet tersebut, sebenarnya hampir sama saja, baik untuk mereka yang berada di dearah pelosok ataupun yang berada di kota-kota besar.

Maka dari itu, sangat penting rasanya kita harus mengetahui kecepatan Internet yang kita gunakan sekarang ini, jika memang akan digunakan untuk kepentingan yang mendesak ataupun yang bersifat segera.

Beruntungnya, sekarang ini kita bisa dengan sangat mudah untuk bisa mengetahui seberapa cepat koneksi Internet yang kita miliki, walaupun hanya dengan bermodalkan sebuah Smartphone Android saja.

Lalu, apa pentingnya untuk kita dalam mengetahui kecepatan Internet yang kita miliki?


Pentingnya mengetahui Kecepatan Internet


Sebenarnya, penting atau tidak pentingnya itu tergantung dari kebutuhan kalian, jika kalian adalah seorang yang matematis dalam artian seorang yang memperhitungkan hal sebelum melakukan sesuatu, maka mengetahui Kecepetan Internet yang kalian gunakan saat ini adalah menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Karena dengan melakukan hal tersebut, maka kalian bisa mengetahuai seberapa cepat dan kuatnya Koneksi Internet yang dimiliki, sehingga kalian bisa memperhitungkan penggunaan maksimalnya, apakah maksimal untuk digunakan dalam melakukan Online Streaming dan Downloading contohnya.

Selain itu, diera sekarang ini kebanyakan kebiasan umum yang terjadi sebelumnya, kini sudah mulai berubah secara signifikan, seperti :


  1. Meeting secara online
  2. Pembelajaran secara online
  3. Pembayaran secara online
  4. Pendaftaran secara online
  5. Penyebaran Informasi utama secara online
  6. dll.


Dapat kalian lihat sendiri, sekarang ini hampir semua hal sudah terkait secara online, tentu saja jika kalian tidak bisa mengukur kecepatan Internet yang kalian miliki, maka tentu saja akan ada banyak resiko yang mungkin akan ditimbulkan dan mungkin saja apa yang kalian lakukan tidak akan bisa maksimal.

Selain itu, biasanya untuk bisa mengikuti seperti Meeting Online ataupun Pembelajaran secara Online itu memiliki standard kecepatan Internetnya sendiri.

Karena pada dasarnya memang dilakukan secara Live dan tidak bisa diulang lagi, apalagi jika itu bersifat Exclusive dan terbatas.

Sehingga, jika kalian memang memiliki kepentingan yang mendesak terhadap penggunaan Internet tersebut, maka tentu kalian harus mengetahui seberapa cepat Koneksi Internet yang kalian miliki dan gunakan sekarang ini.


Apakah bisa dilakukan dengan Smartphone Android?


Mungkin ada banyak dari kalian yang akan menanyakan hal ini, maka kami jawab saja dulu disini, tentu saja kalian bisa dengan mudah melihat kecepatan Internet langsung melalui Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Umumnya, kalian bisa melihat kecepatan Internet tersebut dengan beberapa cara, baik itu langsung dari Alamat Web khusus dan bisa juga dengan menggunakan sebuah Aplikasi Android khusus yang tentu saja bisa kalian lakukan secara gratis tentunya.

Selain itu, jika kalian memang memiliki kepentingan yang mendesak dengan Internet melalui Smartphone Android yang kalian miliki.

Maka, tentu saja kalian harus mengetahui secara penuh, terkait Kecepatan Internet dari fasilitas layanan Internet di Kartu SIM yang kalian pasangkan di Smartphone Android kalian.

Karena biasanya, setiap Provider kartu SIM tersebut, memang memiliki kecepatan Internet yang berbeda-beda, selanjutnya harga Paket Internet yang mahal itu tidak tentu cepat, bisa jadi dengan harga Paket Internet yang lebih murah bisa mendapatkan kecepatan Internet yang lebih cepat.

Selain itu, terkait faktor jaringan juga sangat berpengaruh, jaringan 4G tidak selalu dan selamanya lebih cepat dari HSPA+ ataupun 3G, dalam beberapa kasus dibeberapa daerah di Indonesia, jaringan 4G malah memiliki performa yang jelek dibandingkan pendahulunya.

Maka, dengan beberapa kondisi diatas, kalian mutlak harus mengetahui Kecepatan Internet yang kalian gunakan sekarang ini, kalau kalian memang tidak ingin ambil resiko dan terkesan membuang-buang resource data Internet.

Sekali lagi, beruntungnya kalian bisa dengan mudah untuk mengecek Kecepatan Internet tersebut langsung dari Smartphone Android kalian dan cara ini berlaku untuk semua jenis Smartphone Android, baik yang mahal ataupun yang murah.

Lalu, seberapa akurat informasi Kecepatan Internet tersebut bisa dipercaya?


Realita Statistik Test Kecepatan Internet di Smartphone Android


Ketika kalian telah selesai melakukan Test Kecepatan Internet melaluai Smartphone Android yang kalian gunakan, mungkin kalian akan melihat angka Download dan Upload yang besar, sebut saja mungkin Downloadnya lebih dari 10Mb/s.

Namun, secara realita tentu saja, angka Download Real yang akan kalian dapatkan tidak seperti itu, melainkan mungkin hanya 10-20% saja, bisa juga kurang dari itu, kenapa?

Karena, pada hasil uji coba yang kalian lakukan tersebut, angka yang tampil tersebut adalah angka dari kecepatan maksimal spesifikasi Internet yang digunakan.

Umumnya, misalkan kalian menggunakan Kartu SIM Telkomsel dengan jaringan 4G, batas maksimal yang dibuat oleh pihak Provider adalah 50Mb/s, namun ketika di Test hanya akan menjadi 12Mb/s saja dan secara realita, mungkin yang akan kalian dapatkan di Smartphone Android kalian ketika melakukan Download mungkin hanya akan berkisar 1Mb/s saja lagi.

Kami juga tidak begitu mengerti kenapa hal tersebut terjadi, tetapi dapat dipastikan nilai dari hasil Test Kecepatan Internet yang kalian lakukan itu, ambil saja 10-20% dari total statistik kecepatan yang muncul, maka nilai tersebutlah yang akurat dan bisa dipercaya, itu jika kalian melakukan Test Kecepatan dengan menggunakan Internet dari Kartu SIM.

Namun, beda cerita lagi, jika kalian menggunakan jaringan Internet Fiber Optic seperti Indihome atau MyRepublic, realitas aktualiasi kecepatan Internet yang bisa kalian percaya adalah lebih dari 20% bahkan ada yang sampai 80%.

Sehingga, sebenarnya ketika kalian melakukan Test Kecepatan Internet di Smartphone Android kalian tersebut, adalah bukan untuk melihat angka pastinya, melainkan untuk melihat apakah Internet yang kalian gunakan sekarang Cepat atau Tidak!

Karena semuanya bisa diperhitungkan dari angka statistik yang telah muncul, jika Koneksi Download yang didapat adalah lebih dari 10Mb/s, maka bisa dikatakan Internet di Smartphone Android kalian itu cepat dan bisa diandalkan untuk melakukan Online Streaming ataupun Downloading.

Jika kurang dari 10Mb/s, maka mungkin Internet yang kalian gunakan tidak akan maksimal, jika digunakan untuk melakukan Streaming dalam kualitas HD, begitu mudahnya untuk bisa kita mengartikan hal tersebut.


Aturan dasar untuk mencapai nilai Real


Nah, sebelum kalian melakukan cek Kecepatan Internet di Smartphone Android kalian, tentu ada hal penting yang harus kalian ketahui, yaitu adalah kalian harus memilih Lokasi Server yang paling dekat dengan tempat kalian berada.

Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet

Dalam kasus ini, misalkan kami melakukan uji Coba Test Kecepatan Internet dari Lokasi Kota Banjarmasin, maka idealnya kami akan menggunakan Lokasi Server di Banjarmasin juga, namun jika Lokasi Server di Banjarmasin dan disekitarnya tidak tersedia, maka kami akan menggunakan Lokasi Server dari Surabaya.

Dengan alasan Surabaya adalah Lokasi yang paling dekat dengan Banjarmasin, kenapa harus melakukan hal tersebut?

Jika, kalian ingin mengetahui Kecepatan Internet yang kalian miliki dengan asumsi hampir mendekati angka Real, maka tentu kalian harus melakukan uji coba Testing Kecepatan Internet dengan kondisi sebenarnya yang ada dilokasi kalian melakukan uji coba tersebut.

Sehingga, nilai statistik Kecepatan Internet yang muncul tersebut, menjadi mendekati Real, sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Namun, jika kalian melakukan Test Kecepatan Internet, namun menggunakan Server Luar Negeri, misalkan saja Amerika Serikat, maka hasil yang tampil jelas saja akan jauh dari Real, karena tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, karena Lokasinya yang sangat jauh.

Nah, sampai disini, kami kira sudah cukup untuk pembahasan dasar terkait permasalahan Test Kecepatan Internet yang akan kita lakukan dibawah ini.

Maka, baiklah kita akan masuk kedalam pembahasan utama kita, yaitu adalah bagaimana sih cara melihat dan mengetahui kecepatan Internet melalui Smartphone Android?


Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android


Pada studi kasus dibawah ini, kita akan menggunakan 3 buah cara untuk bisa melihat Kecepatan Internet yang ada di Smartphone Android yang sedang kalian gunakan sekarang.

Sebenarnya, kalian tidak harus melakukan ke-3 cara dibawah ini, melainkan kalian hanya perlu menggunakan salah satunya saja, berikut adalah beberapa cara yang kami maksud :


Menggunakan Aplikasi Android


Cara pertama ini sangat mudah kalian lakukan, yaitu kalian hanya perlu mendownload 2 Aplikasi dibawah ini, salah satunya pun juga tidak masalah, Aplikasi yang kami maksud adalah :




Kalian tidak perlu khawatir, karena ke-2 Aplikasi Android diatas, bisa kalian Download secara gratis langsung dari Aplikasi Google Play Store, selain itu ke-2 Aplikasi yang kami bagikan diatas, adalah Aplikasi Speed Test Internet yang memang sudah sangat kredibel dan bisa dipercaya hasilnya.

Bagaimana cara menggunakannya? disini akan kami gambarkan satu persatu.


Cara menggunakan Aplikasi Speedtest by Ookla



  1. Buka Aplikasi Speedtest by Ookla yang sudah kalian Download dan Install.
  2. Selanjutnya, silahkan Allow saja semua Permission yang diperlukan.
  3. Lalu, silahkan pilih Lokasi Server yang paling dekat dengan Lokasi kalian saat ini.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Jika, sudah tekan GO untuk melakukan Test Kecepatan Internet.
  2. Silahkan tunggu hingga Prosesnya selesai.
  3. Setelahnya, kalian akan bisa melihat Statistik terkait Ping, Download dan juga Upload.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Done!



Cara menggunakan Aplikasi SPEEDCHECK Internet Speed Test



  1. Buka Aplikasi SPEEDCHECK Internet Speed Test yang sudah kalian Download dan Install.
  2. Selanjutnya, silahkan Allow saja semua Permission yang diperlukan.
  3. Disini, kalian tidak perlu memilih Server Lokasi, karena sudah di Lock ke Lokasi Server terdekat yang tersedia.
  4. Langsung saja, tekan Test untuk memulai pengecekan Kecepatan Internet.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Tunggu hingga proses Testing selesai.
  2. Setelahnya, kalian akan bisa melihat Statistik kecepatan Internet yang kalian gunakan secara detail.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Done!


Bagaimana? apakah kalian sudah bisa mengetahui Kecepatan Internet yang kalian gunakan saat ini di Smartphone Android kalian? jika belum dan kalian malas untuk mendownload Aplikasi diatas, mungkin kalian bisa mencoba mengikuti cara selanjutnya ini.


Menggunakan Alamat Web Khusus


Cara selanjutnya ini, kalian tidak memerlukan mendownload Aplikasi apapun, yang mesti kalian lakukan hanyalah mengakses Alamat Situs Web tertentu saja, yaitu adalah sebagai berikut :




Nah, ke-2 situs diatas adalah sebuah situs Web yang memang khusus dibuat untuk bisa melakukan pengecekan Internet secara Realtime dengan akurasi statistik yang bisa dipercaya.

Cara kerjanya pun sama seperti ketika kalian menggunakan Aplikasi Android yang sudah kami jelaskan diatas, baiklah langsung saja ke cara kerjanya.


Cara menggunakan situs speedtest.net



  1. Silahkan buka alamat situs speedtest.net.
  2. Selanjutnya, kalian hanya perlu menekan tombol GO.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Tunggu hingga Testing selesai.
  2. Disini, kalian bisa langsung melihat angka statistik dari Kecepatan Internet yang kalian gunakan.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Done!



Cara menggunakan situs fireprobe.net



  1. Silahkan buka alamat situs fireprobe.net.
  2. Jika sudah, kalian bisa langsung menekan tombol Start.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Proses Testing akan berjalan dengan singkat.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Maka, setelahnya kalian akan bisa melihat statistik Kecepatan Internet, serta beberapa informasi tambahan lain seperti Rating performa dalam beberapa aspek.
Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet
  1. Done!


Dengan menggunakan, 2 cara diatas, maka harusnya sekarang ini kalian sudah bisa mengetahui seperti apa sih Kecepatan Internet yang ada di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Namun sebenarnya, tanpa menggunakan ke-2 cara diatas, kalianpun bisa langsung tahu batas Kecepatan Maksimal Internet di Smartphone Android kalian dengan menggunakan salah satu fitur yang umum ada pada Smartphone Android saat ini, yaitu adalah Real Time Network Speed Indicator.


Cara mengetahui Kecepatan Internet Android tanpa Web dan Aplikasi


Perlu kami tekankan disini, fitur yang kami maksud disini, bukan berarti mutlak ada pada setiap Smrtphone Android, bisa jadi beberapa Smartphone Android tidak memilikinya, karena sifatnya memang berupa fitur Custom dan bukan bawaan OS Android secara default.

Kalau kalian menggunakan Smartphone seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, Meizu dan beberapa Smartphone Android dari China lainnya, maka harusnya fitur Network Speed ini akan ada tersedia dan biasanya akan bisa langsung kalian temukan pada Aplikasi Settings.

Umumnya, letak dari Network Speed Indicator ini terletak pada bagian Statusbar yang secara Real Time akan menampilkan Speed Internet yang tengah terjadi di Smartphone Android kalian.

Untuk bisa melihat batas maksimal Kecepatan Internet di Smartphone Android, kalian hanya perlu membuka Aplikasi seperti Youtube, lalu silahkan coba tonton satu buah Video atau jika ingin maksimal silahkan kalian lakukan Download.

Setelah itu, maka harusny kalian bisa melihat batas Kecepatan Internet Maksimal yang bisa kalian peroleh, seperti ini :

Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android, Cara cek Kecepatan Internet Android, Cara melihat statistik Kecepatan Internet di Android, Cara mengetahui Internet cepat atau lambat, Indikator cepat atau lambatnya internet

Tetapi, jika memang harus memilih, maka kami pribadi akan menggunakan cara Test Kecepatan Internet dengan menggunakan 2 cara yang sudah kami sebutkan diatas, karena memang akan lebih detail hasilnya.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan sederhana kita kali ini, sekali lagi, mengetahui Kecepatan Internet di Smartphone Android kalian itu memang penting untuk kalian ketahui, apalagi jika digunakan untuk keperluan yang mendesak dan teramat penting.

Jika, kalian ingin menggunakan Koneksi Internet tersebut tanpa perlu khwatir, maka kalian perlu mengetahui Batas Kecepatan Internet yang ada di Smartphone Android kalian, sebelum kalian melakukan sesuatu dengan Koneksi Internet tersebut.

Selain itu, untuk melakukan Test Kecepatan Internet melalui Smartphone Android itu sama sekali tidak sulit untuk dilakukan, selain mudah kalianpun bisa melakukannya secara gratis dan cuma-cuma.

Sehingga, akan sangat disayangkan jika kalian tidak menggunakannya, apalagi untuk kepentingan kalian sendiri.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, semoga semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot