10/10/2020

Cara menggunakan fitur Connect with Mi Assistant Xiaomi / Redmi (Semua Tipe)

arti connect with mi assistant

Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi memang hebat dalam berbagai aspek, terlebih harga jual dari kedua buah Brand Smartphone Android tersebut yang memang sangat bersaing dan menjadi salah satu Brand yang memang Best Value untuk bisa kalian miliki sekarang ini.

Ada begitu banyak keunggulan pada kedua buah Brand Smartphone Android satu ini, sehingga wajar saja hingga sekarang ini, Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, masih banyak disukai oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Jika, kita berbicara terkait fungsi, maka tidak akan ada bedanya dengan Brand Smartphone Android lain pada umumnya, namun jika kita bicara terkait pembahasan yang lebih teknis, maka disini akan terlihat betapa begitu hebatnya kedua buah Brand Smartphone Android satu ini.

Bagi kalian yang masih belum tahu, kenyataannya Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu sama saja sebenarnya, dulunya Redmi itu adalah bagian dari salah satu lini seri yang ada pada Produk Smartphone Android Xiaomi.

Baru pada tahun 2019 lalu, pihak Xiaomi memutuskan untuk membuat sebuah Sub-Brand baru yang secara khusus menyasar kelas pasar menengah dan bawah dan Brand itu diberi nama Redmi.

Sehingga, sekarang ini Brand utama mereka, yaitu Xiaomi hanya akan berfokus kepada seri Smartphone Android Flagship saja.

Tetapi, diatas kertas, Produk Smartphone Android dari Redmi dan Xiaomi itu memang tidak ada bedanya, seperti masih sama-sama menggunakan Custom ROM MIUI, menggunakan Resource yang sama, menggunakan pemanfaatan Tools untuk kasus maintenance yang sama hingga dengan beragam Tutorial yang sama, dan harga jual yang tentu saja masih tetap sama, yaitu sama-sama tidak membuat kantong merengek.

Satu-satunya yang berbeda hanya terletak pada penamaan Brandnya itu saja, selebihnya memang tidak ada perbedaan lain.

Sehingga, mau kalian menggunakan Smartphone Android dari Xiaomi ataupun Redmi, maka jika kalian ingin mencari sebuah referensi, maka muaranya masih akan tetap sama saja, yaitu pastinya akan bermuara pada Forum Resmi Komunitas MIUI (Xiaomi / Redmi).

Mungkin semua pengguna Smartphone Android dari Xiaomi dan Redmi memang sudah sepakat, bahwa pada dasarnya Produk dari kedua buah Brand satu ini, memang memiliki banyak keunggulan, apalagi jika sudah masuk dalam kasus Kustomisasi.

Sampai saat ini, ROM MIUI yang digunakan pada Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu memang masih menjadi yang terbaik, dalam urusan Kustomisasi tersebut, karena pada ROM tersebut kita bisa mendapati dan menggunakan Ribuan Themes keren, baik itu bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar.

Selain itu, ada begitu banyak fitur unik yang ditambahkan oleh vendor Xiaomi, guna untuk memaksimalkan penggunaan dari ROM MIUI tersebut, selain itu secara default ROM MIUI itu memang sangat cantik dan elegant.

Apalagi, setiap tahunnya pihak Xiaomi, selalu saja memberikan upgrade pada ROM MIUI tersebut, sehingga bisa terlihat lebih modern seperti yang ada sekarang ini.


Hebat dalam urusan Kustomisasi


Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu memang sangat memuaskan penggunaannya, jika sudah dalam urusan Kustomisasi.

Tetapi, Kustomisasi yang akan kami perjelas disini, bukan seperti Kustomisasi dalam penggunaan Themes, melainkan lebih dari itu yang memang sifatnya sudah lebih teknis.

Sifat Kustomisasi yang kami bahas disini ialah terkait pada urusan Modding dan Maintenance yang jika menggunakan Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, semuanya akan terasa sangat mudah untuk dilakukan, kenapa?

Mudah saja, karena ada bagitu banyak sumber daya yang bisa kalian manfaatkan, baik itu secara resmi langsung dari sumber daya yang didistribusikan oleh pihak vendor.

Bisa juga secara tidak resmi, yaitu hasil buah tangan dari para anggota Komunitas Xiaomi dan Redmi yang memiliki anggota yang sangat banyak tersebut.

Beragam hal hebat akan bisa kalian lakukan dengan mudah, jika menggunakan Produk Smartphone Android dari Xiaomi atau Redmi tersebut, seperti melakukan beberapa hal dibawah ini :

  • Unlock Bootloader.
  • Rooting.
  • Custom Recovery, ROM dan Kernel.
  • Flashing.
  • Debugging.
  • dll.

Selain itu, terkait sumber daya pun juga akan ada banyak sekali, terlebih pihak Vendor Xiaomi sendiri, memang sangat memanjakan para konsumennya dalam segmentasi ini, karena mereka telah banyak mendistribusikan beberapa sumber daya penting dengan sangat cepat dan uptodate, seperti :

  1. Ketersediaan Source Kernel.
  2. Ketersediaan ROM MIUI berbagai versi regional.
  3. Ketersediaan Firmware MIUI berbagai versi regional.
  4. Ketersediaan Tools penting, seperti untuk permasalahan Unlock Bootloader dan Flashing.

Nah, semua hal diatas bisa kalian dapatkan secara resmi dan cuma-cuma alias gratis, inilah hal yang membuat Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, bisa disukai oleh banyak orang.


Sama seperti Smartphone Android pada umumnya


Jika kita lihat, memang ada banyak keunggulan dari kedua buah Brand Smartphone Android tersebut, bahkan beberapa keunggulan tersebut akan sulit untuk kalian dapatkan jika menggunakan Produk Smartphone Android dari Brand lain.

Namun, pada akhirnya Smartphone Android dari Xiaomi dan Redmi itu tetap sama saja seperti Smartphone Android kebanyakan, karena memang masih berjalan pada basis OS Android yang sama, seperti kebanyakan Smartphone Android lainnya.

Dengan kesamaan tersebut, artinya segala macam fitur basic yang ada pada Smartphone Android pada umumnya, jelas saja akan ada pula pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, seperti adanya Mode Recovery dan Mode Fastboot.

Untuk fungsi dari kedua buah Mode yang telah kami sebutkan diatas pun sebenarnya juga sama saja, yaitu sama-sama memiliki fungsi yang sangat penting dalam urusan Maintenance ataupun Repairing.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas salah satu fitur atau menu yang ada pada Menu / Mode Recovery pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, lalu fitur apa yang kami maksud disini?

Yaitu adalah sebuah menu atau opsi yang bertuliskan Connect with Mi Assistant, kami yakin hanya sedikit dari kalian yang paham dan tahu bagaimana cara menggunakan fungsi dari fitur satu ini.


Arti Connect with Mi Assistant


Sejatinya, fitur atau menu ini hanya bisa kalian dapati ketika telah masuk ke Mode Recovery, karena memang menu fitur ini sengaja dibuat dan bukan diperuntukan untuk para pengguna awam.

Seperti yang sudah kami tekankan diatas, umumnya fitur atau menu ini hanya diperuntukan dalam kondisi urgen atau dalam kondisi tertentu saja, seperti ketika Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian tidak bisa Booting dengan benar atau tidak bisa masuk ke Homescreen, mudahnya kasus ini biasanya disebut dengan Bootloop.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka disini kalian perlu menggunakan fitur yang ada pada Mode Recovery tersebut, untuk membantu kalian dalam mengatasi permasalahan seperti Bootloop yang sudah kami jelaskan diatas.

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan dari Mode Recovery tersebut ialah menu Connect with Mi Assistant.

Secara umum, fitur ini akan melibatkan sebuah media pembantu lain dalam tindakan teknisnya, dalam kasus ini adalah sebuah Perangkat Komputer Desktop atau Laptop dengan OS Windows.

Artinya, untuk bisa menjalankan atau menggunakan fitur dari Menu Assistant tersebut, kalian memerlukan sebuah Software khusus lagi, yang bernama Mi PC Suite dan Software tersebut harus sudah terinstall pada Komputer / Laptop Windows yang akan digunakan nantinya.


Beberapa fungsi dari fitur Connect with Mi Assistant


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, fitur ini akan sangat berguna dalam situasi tertentu, seperti misalkan Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian sedang mengalami permasalahan Bootloop.

Nah, sejatinya fitur Connect with Mi Assistant tersebut memiliki beberapa fungsi penting yang bisa kalian manfaatkan, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Bisa digunakan untuk melakukan Hard Reset.
  2. Bisa dimanfaatkan untuk mengakses Data / File dari Internal Storage.
  3. Bisa digunakan untuk melakukan Flashing ROM MIUI.
  4. Bisa digunakan untuk melakukan Backup.

Lalu, bagaimana fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan seperti Bootloop tersebut?

Mudah saja, karena fitur ini menggunakan system dari ABD yang sudah dipermudah kedalam sebuah Aplikasi / Software yang bernama Mi PC Suite.

Sehingga pada kasus nyatanya, kalian tidak perlu menuliskan perintah seperti untuk menjalankan fungsi ABD Sideload untuk melakukan Flashing / Upgrading versi ROM, cukup hanya dengan fitur Connect with Mi Assistant dan sudah Software Mi PC Suite, maka kalian sudah bisa melakukan hal tersebut.

Menariknya lagi, meski Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian sedang dalam kondisi Bootloop, fitur atau menu Connect with Mi Assistant tetap bisa berfungsi dengan normal.

Lalu, apa saja sih persyaratan untuk bisa menggunakan Fitur atau Menu dari Connect with Mi Assistant tersebut?


Syarat menggunakan fitur Connect with Mi Assistant


Jika kita berbicara terkait persyaratan utama yang harus kalian penuhi, sebelum bisa menggunakan Tool satu ini, maka ada beberapa persyaratan yang harus kalian siapkan sebelumnya.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Menu atau Fitur Connect with Mi Assistant tersebut memang memerlukan bantuan dari media lain, yaitu adalah Komputer Desktop / Laptop dengan basis OS Windows.

Sehingga, untuk media penghubungnya jelas saja disini kalian memerlukan sebuah Kabel USB, agar Fitur Connect with Mi Assistant bisa berfungsi ke Software khusus yang akan digunakan di Komputer Desktop / Laptop OS Windows tersebut.

Selanjutnya, untuk bisa menggunakan fitur satu ini, kalian diharuskan menggunakan ROM MIUI resmi, artinya fitur tersebut mungkin tidak akan berkerja pada ROM MIUI hasil Modded dan tidak akan bisa berkerja pada Custom ROM selain MIUI.

Lalu, persyaratan selanjutnya kalian memerlukan sebuah Tools khusus yang bernama Mi PC Suite yang harus kalian install pada Komputer Desktop atau Laptop Windows yang akan digunakan.

Lalu, dimana kalian bisa mendapatkan Aplikasi Mi PC Suite tersebut? kalian tidak perlu kemana-mana, karena disini sudah kami sediakan secara khusus untuk kalian.

Aplikasi Mi PC Suite tersebut, bisa langsung kalian dapatkan melalui halaman yang sudah kami siapkan dibawah ini, sangat kami sarankan agar kalian selalu menggunakan Aplikasi Mi PC Suite versi paling terbaru.


Dalam penggunaannya, kalian perlu Login dengan menggunakan Mi Account untuk bisa menggunakan Aplikasi Mi PC Suite tersebut, Mi Account yang digunakan pun juga harus sama dengan Mi Account yang sudah Logged di Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.

Nah, disini bisa kita tarik kesimpulan dari persyaratan yang sudah kami jelaskan diatas, adapun beberapa persyaratan yang dibutuhkan tersebut, secara singkatnya adalah sebagai berikut :

  1. Membutuhkan Komputer Desktop / Laptop dengan OS Windows.
  2. Memerlukan Kabel USB.
  3. Harus menggunakan ROM MIUI Resmi.
  4. Menggunakan Aplikasi Mi PC Suite.
  5. Menggunakan Mi Account yang sama pada Aplikasi Mi PC Suite dan di Smartphone.

Sampai sini, selesai sudah semua persyaratan yang dibutuhkan guna untuk bisa menggunakan fitur atau menu dari Connect with Mi Assistant tersebut.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan fitur atau menu Connect with Mi Assistant tersebut? silahkan simak caranya dibawah ini.


Cara menggunakan Menu Connect with Mi Assistant Xiaomi / Redmi


Sebelum kita masuk ke cara kerjanya, akan kami tekankan disini, bahwa pada dasarnya yang akan kami gambarkan dibawah ini, hanya cara untuk bisa menggunakan Fitur Connect with Mi Assistant tersebut dan menghubungkannya dengan Aplikasi Mi PC Suite saja.

Kami tidak akan berbicara terkait hal teknis lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Mi PC Suite tersebut, karena mungkin akan kami bahas pada pembahasan lain yang terpisah dari pembahasan yang ada sekarang ini.

Baiklah, kita masuk ke tata cara penggunaan fitur atau menu Connect with Mi Assistant tersebut, dalam tata cara yang akan kami gambarkan dibawah ini, kami akan menggambarkan cara kerjanya tersebut dari tahap paling awal.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Connect with Mi Assistant tersebut.

  1. Matikan Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.
  2. Setelahnya, silahkan masuk ke Mode Recovery dengan menekan Tombol Volume (+) dan Tombol Power berbarengan, hingga muncul gambar seperti ini :
arti connect with mi assistant
  1. Jika sudah, silahkan pilih menu atau opsi yang bertuliskan Connect with Mi Assistant.
  2. Akan muncul gambar seperti ini :
arti connect with mi assistant
  1. Biarkan saja setelahnya, kemudian buka Aplikasi Mi PC Suite yang sudah kalian Install sebelumnya.
  2. Login dengan Mi Account.
arti connect with mi assistant
  1. Selanjutnya akan muncul gambar seperti ini :
arti connect with mi assistant
  1. Lalu, silahkan sambungkan Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian ke Komputer Desktop / Laptop dengan Kabel USB.
  2. Terakhir, silahkan tekan tombol Refresh agar bisa masuk ke menu utama Aplikasi Mi PC Suite.
  3. Pada tahap ini, kalian sudah berhasil mengkoneksikan Smartphone Android kalian ke Komputer Desktop dengan memanfaatkan fitur Connect with Mi Assistant tersebut.
arti connect with mi assistant
  1. Setelahnya, silahkan sesuaikan dengan apa yang kalian butuhkan.
  2. Done!

Bagaimana jika Smartphone Xiaomi / Redmi tersebut tidak bisa terhubung ke Aplikasi Mi PC Suite?

Mungkin ada beberapa permasalahan disini, untuk mengatasi tersebut, pastikan kalian sudah menginstall Xiaomi / Redmi USB Driver pada OS Windows yang kalian gunakan.

Silahkan Download dan ikuti cara Install USB Driver Xiaomi / Redmi tersebut melalui halaman yang sudah kami buat dibawah ini :


Jika, masih saja tidak bisa terkoneksi, silahkan gunakan Kabel USB lain dan silahkan gunakan Port USB 2.0 dan jangan gunakan Port USB versi 3.0 keatas, mungkin disini masalah utamanya.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sangat sederhana kali ini, secara umum fitur atau menu Connect with Mi Assistant yang ada pada Mode Recovery semua Smartphone Android Xiaomi / Redmi tersebut, memang memiliki fungsi yang sangat penting.

Apalagi dalam kasus tertentu, dimana Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian tidak bisa Booting dengan benar, maka fitur satu ini akan sangat berguna dan akan sangat membantu sekali dalam kondisi tersebut.

Namun, sebelum kalian bisa menggunakan fitur satu ini, lebih baik kalian pahami betul dulu terkait penggunaan fitur Connect with Mi Assistant tersebut, serta bagaimana cara kerjanya, supaya kalian tidak kebingungan ditengah jalan nantinya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian perlukan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot