10/08/2020

Cara atasi Mode Recovery selalu muncul ketika booting (Xiaomi / Redmi)

Selalu masuk ke dalam Mode Recovery Xiaomi / Redmi

Jika kalian mencari sebuah Smartphone Android yang memang handal dalam beragam urusan dan ramah dikantong, maka sudah pasti salah satu jawabannya pasti adalah Brand Smartphone Xiaomi atau Redmi, kedua buah Brand ini memang sangat terkenal dengan Produk Smartphone Android yang Best Value yang bisa kita dapatkan dipasaran sekarang ini.

Meski berbeda level pasar, sebut saja seperti Xiaomi yang sekarang hanya berfokus pada pasar kelas atas dan Brand Redmi yang sekarang difokuskan ke sektor kelas menengah dan bawah, nyatanya kedua buah Smartphone Android tersebut memang masih tetap menjadi salah satu yang terbaik, jika kita berbicara terkait urusan harga, kualitas dan spesifikasi tentunya.

Salah satu hal yang membuat Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut sangat laku dipasaran, selain harga dan spesifikasinya yang sangat bersaing, itu adalah karena Produk Smartophone Android dari ke-2 buah Brand tersebut memang sangat flexible untuk digunakan.

Artinya, dalam penggunaannya tidak akan kaku, seperti produk Smartphone Android Kompetitor, karena jika kalian menggunakan Smartphone Android Redmi dan Xiaomi tersebut, maka kalian akan bisa lebih leluasa untuk disesuaikan dengan gaya pemakaian kalian sendiri.

Karena, sejatinya Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut memang sangat mudah untuk di Kustomisasi dari berbagai aspeknya.

Berterima kasihlah kalian, kepada para anggota Komunitas Xiaomi dan Redmi yang sampai sekarang masih menjadi yang paling terbesar, dengan adanya Komunitas tersebut, maka menggunakan Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi, tidak akan menjadi membosankan lagi.

Karena, ada banyak hal yang bisa kalian implementasikan ke dalam Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian tersebut, hal ini memang terkait kepada sumber daya atau Resource yang memang melimpah didalam Forum Komunitas Xiaomi dan Redmi tersebut.

Selanjutnya, yang tidak kalah menarik lagi, bahwa dari pihak vendor pun, mereka juga memberikan Support yang teramat baik untuk beragam aspek, seperti ketersedian Resource, Guide dan lainnya.

Maksud Resource yang kami maksud disini adalah komponen atau sumber daya yang bisa kalian manfaatkan untuk bisa melakukan Kustomisasi secara individual pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang kalian miliki.

Beberapa Resource yang kami maksud disini adalah sebagai berikut :

  1. ROM MIUI (Modded / Official).
  2. Custom ROM (Selain MIUI).
  3. Custom Kernel.
  4. Custom Recovery.
  5. Firmware (Modded / Official).
  6. Beragam Tools Resmi dari Vendor ataupun dari Komunitas.
  7. Beragam Guide, seperti UBL, Flashing, ROOTING, dan lainnya.

Jika kalian perhatikan, maka sampai saat ini hampir sulit menemukan sebuah Brand Smartphone Android lain, yang memberikan banyak Support dan Resource sebaik seperti Brand Smartphone Android Xiaomi atau Redmi.

Maka, tidak salah rasanya jika kita menyebut Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, sebagai salah satu yang terbaik, jika diukur dari beragam aspek yang sudah kami sebutkan diatas.


Memiliki beragam Tools yang Powerful


Ya! selian beragam Resource yang bisa kalian dapatkan dengan mudah, nyatanya ketersediaan Tools yang bisa dimanfaatkan pun juga sangat banyak.

Baik itu, Tools yang dibuat oleh Vendor Xiaomi itu sendiri secara resmi, ataupun Tools yang dibuat oleh para anggota Komunitas tersebut, hebatnya lagi semua Tools yang sangat bermanfaat tersebut bisa kalian gunakan secara gratis atau cuma-cuma.

Dari pihak Xiaomi sendiri, mereka secara resmi memang telah merilis, membuat dan memodifikasi beberapa Tools yang akan sangat berguna untuk para pengguna Produk Smartphone Android dari mereka.

Beberapa Tools yang telah mereka rilis dan mendapatkan exposure yang besar, ialah seperti beberapa Tools dibawah ini :


Nah, ke-3 Tools diatas adalah Tools yang akan sangat berguna bagi hampir seluruh pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi, karena fungsinya yang memang sangat vital dan penting untuk kondisi tertentu.

Selain itu, menariknya pihak Vendor Xiaomi juga menyertakan sebuah Tools yang sangat penting keberadaannya untuk sebuah Smartphone Android, yaitu adalah Tools Recovery yang memang secara default ada dan bisa diakses oleh semua pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut.

Meski, Tools Recovery default pada setiap Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut memiliki fitur yang minim, tidak seperti Custom Recovery lain, sebut saja TWRP.

Tetapi, secara fungsi Tools Recovery atau Mode Recovery tersebut tidak bisa kalian remehkan kegunaannya, karena tanpa adannya Tools Recovery default ini, maka kalian tidak akan bisa mengupdate ROM MIUI baik secara otomatis ataupun secara Manual.

Selanjutnya, pada Tools Recovery tersebut, juga sudah disertakan fitur basic yang akan sangat berguna dalam kondisi tertentu, yaitu adalah fitur dengan fungsi utama untuk melakukan Factory Reset / Full Wipe / Clean Format.

Hanya saja, meski memiliki sejumlah keunggulan yang bersifat teramat penting, nyata Tools Recovery atau Mode Recovery Xiaomi dan Redmi tersebut, memang sering kali menimbulkan masalah.


Masalah yang sering terjadi pada Mode Recovery Xiaomi dan Redmi


Memang tidak ada yang sempurna didunia ini, Tools Recovery pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi adalah salah satu contohnya.

Meski sudah beberapa kali diperbaiki dan diupgrade versinya, namun tetap saja beragam permasalahan memang kerap muncul pada Tools satu ini.

Permasalahan tersebut memang bisa datang dari 2 buah perkara dibawah ini, yaitu adalah :

  1. Adanya permasalahan pada tingkat Firmware, seperti Bugs dan Crash.
  2. Kesalahan dari pengguna itu sendiri, yang menyebabkan fungsi dari Mode Recovery tersebut terganggu.

Adapun permasalahan yang muncul tersebut memang beragam, tetapi adalah beberapa permasalahan yang umum terjadi terkait pada permasalahan Mode Recovery Xiaomi dan Redmi tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Mode Recovery tidak bisa diakses.
  2. Sebagian atau semua fitur dalam Mode Recovery tidak berfungsi.
  3. Tidak bisa keluar dari Mode Recovery.
  4. Ketika Booting, maka akan selalu masuk kedalam Modee Recovery.

Dari yang sudah kami sampaikan diatas, nyatanya memang ada beragam permasalahan umum yang memang kerap terjadi pada beberapa Smartrphone Android Xiaomi dan Redmi diluar sana.

Namun, pada pembahasan kali ini, kami hanya akan berfokus kepada salah satu permasalahan yang sudah kami sebut diatas, yaitu adalah permasalahan seputaran terkait kepada masalah Mode Recovery secara muncul secara otomatis ketika Smartphone sedang Booting ataupun Restart / Reboot.


Masalah Mode Recovery selalu muncul ketika Reboot


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, permasalahan ini memang menjadi salah satu permasalahan umum yang banyak dialami oleh beberapa pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi.

Umumnya permasalahan ini muncul memang bisa diakibatkan oleh 2 perkara yang sebelumnya sudah kami sampaikan.

Tetapi, sebenarnya permasalahan ini juga bisa terjadi, dikarenakan adanya kerusakan pada Tombol Volume Up (+) yang mungkin saja selalu aktif atau selalu tertekan.

Sehingga dalam metodologinya, Mode Recovery Xiaomi dan Redmi tersebut, hanya akan bisa terakses ketika penggunaanya menekan Tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan ketika ingin Booting.

Nah, dalam kasus kerusakan Tombol Volume (+) tersebut, maka pastinya setiap Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian Booting, maka pastinya akan selalu masuk kedalam Mode Recovery.

Sayangnya, jika permasalahan ini muncul dikarenakan Tombol Volume Up (+) yang rusak, maka solusi yang ada pada artikel ini tidak akan bisa membantu kalian, untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Umumnya, solusi yang kami berikan dibawah ini, hanya bisa berkerja ketika Mode Recovery tersebut selalu muncul ketika Booting, yang diakibatkan dikarenakan ada kerusakan atau Crash pada sektor Firmware.

Masalah ini memang terasa sangat menganggu karena terjadinya bisa kapanpun tanpa kalian sadari, hanya saja untuk mengatasi masalah ini, ternyata sangat mudah.

Kalian hanya perlu mengikuti solusi yang akan kami sampaikan dibawah ini, maka permasalahan Mode Recovery Xiaomi / Redmi yang terus-terusan muncul saat Booting tersebut dipastikan akan terselesaikan dengan cepat.


Cara atasi masalah Mode Recovery Xiaomi / Redmi yang selalu muncul


Perlu kalian ketahui, kunci utama dari solusi dalam permasalahan ini, ialah kalian hanya perlu menggunakan salah satu fitur yang ada pada Menu Recovery default Xiaomi / Redmi tersebut saja.

Selalu masuk ke dalam Mode Recovery Xiaomi / Redmi

Ketika, Mode Recovery tersebut selalu muncul, meski kalian sudah memilih opsi atau menu Reboot to System via Mode Recovery tersebut, dan nyatanya setelahnya Mode Recovery tersebut akan muncul lagi.

Maka, kalian hanya perlu menggunakan cara dibawah ini :

  1. Pada Mode Recovery Xiaomi / Redmi tersebut.
  2. Pilih menu Wipe Data.
  3. Lalu, pilih kembali Wipe All Data.
  4. lakukan Confirm.
  5. Tunggu hingga proses Wipe Datanya selesai.
  6. Setelanya, pilih menu Back to Main Menu.
  7. Pilih opsi Reboot.
  8. Terakhir, pilih opsi Reboot to System.
  9. Setelahnya, Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian akan Reboot dan harusnya Mode Recovery ini tidak akan muncul dengan sendirinya lagi.
  10. Done!

Bagaimana? mudah sekali bukan solusi untuk permasalahan ini, tetapi ada satu hal yang harus kalian pahami terkait koneskuensi dari cara diatas, yaitu adalah sebagai berikut.


Cara ini akan menghapus semua Data yang ada di Memory Internal


Itulah kenyataan yang harus kalian terima, karena pada solusi ini, kalian diharuskan untuk melakukan Reset ke Konfigurasi Default pabrikan, maka sudah jelas semua Data yang ada pada Memory Internal yang sudah ada sebelumnya, akan hilang semuanya.

Apakah bisa dikembalikan? sayangnya tidak sama sekali.

Apakah sebelum melakukan cara ini Data tersebut bisa di Backup? sayangnya juga tidak, kenapa?

Karena, pada kasus ini kalian sama sekali tidak akan bisa masuk ke Normal System, karena memang selalu akan secara otomatis masuk ke Mode Recovery ketika Reboot.

Disamping itu, Mode Recovery yang dimiliki oleh Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, juga tidak Support dengan fitur USB MTP, sehingga jelas sekali kalian tidak akan bisa mengakses Internal Storage untuk bisa membackup data tersebut.

Kecuali jika kalian menginstall Custom Recovery TWRP, kalian bisa melakukan Backup Data tersebut, sebelum melakukan metode Wipe All Data seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Tertarik menggunakan TWRP? simak cara pemasangannya dibawah ini :


Lalu, apakah ada cara alternatif lain? selain cara yang sudah kami sampaikan diatas? tentu saja ada, namun mungkin lebih teknis dan lebih sulit untuk dilakukan.


Alternatif cara lain


Jika, cara diatas tidak bisa berkerja untuk kalian, maka kalian bisa menggunakan cara lainnya, yang tentu saja akan lebih sulit cara kerjanya dibandingkan dengan cara yang sudah kami gambarkan diatas.

Cara tersebut ialah dengan cara melakukan Flashing dengan Metode Fastboot, dalam kasus ini kalian bisa saja melakukan Flashing tersebut langsung dengan menggunakan Tool Flasher resmi milik Xioami, yaitu adalah Mi Flash Tool.

Hanya saja, cara ini baru bisa memungkinkan untuk kalian lakukan, jika Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang kalian miliki sudah berada dalam status Unlock Bootloader.

Karena, syarat utama untuk bisa menggunakan fitur Fastboot untuk melakukan Flashing via Mi Flash Tool, memang mengharuskan Bootloader Smartphone Android Xiaomi dan Redmi harus berstatus Unlock Bootloader.

Keunggulan dari cara ini adalah kalian akan diberikan opsi, untuk menyelamatkan Data yang ada pada Internal Memory Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian.

Karena dalam prosesnya, akan sangat memungkinkan untuk mengecualikan proses Wipe pada salah satu sektor Partisi Memory Internal dan hal ini memang sudah menjadi salah satu fitur yang ada dalam Tool Mi Flash Tool tersebut.

Nah, sampai disini kalian sudah dihadapkan kepada 2 buah solusi yang bebas untuk kalian gunakan, jika memang tidak ada Data yang penting pada Memory Internal Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang kalian miliki.

Maka, silahkan gunakan cara pertama yang sudah kami sampaikan diatas, namun jika kalian memang merasa bisa dan sayang Data kalian terhapus, maka silahkan gunakan saran alternatif yang sudah kami sebutkan diatas.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot