10/06/2020

Cara atasi Play Store tidak cukup ruang untuk install Aplikasi Android

Atasi Play Store Error Insufficient Storage

Menggunakan Smartphone Android itu memang sangat menyenangkan, betapa tidak? dengan satu buah Smartphone Android saja, maka kita bisa menikmati beragam hal secara instant dan tentu saja dengan biaya yang murah tentunya.

Umumnya, dengan menggunakan sebuah Smartphone Android saja, maka kita akan bisa menikmati beragam hiburan seperti bermain games, media sosial, streaming video ataupun untuk hanya sekedar browsing didunia maya, semua hal tersebut tentu akan sangat mudah kalian lakukan jika menggunakan sebuah Smartphone Android.

Selain itu, Smartphone Android juga akan sangat bisa diandalkan dalam beragam hal, seperti untuk membantu sebuah pekerjaan, menyalurkan bakat serta hobi dan nyatanya Smartphone Android juga bisa kalian maksimalkan penggunaannya untuk bisa mendapat tambahan penghasilan.

Melihat dari fungsi Smartphone Android yang multiguna tersebut, memang tidak mengherankan sebenarnya, karena memang seperti itulah tuntutan sebuah Smartphone atau Perangkat Pintar yang ada dizaman yang serba cepat dan digital seperti sekarang ini.

Untuk menunjang beragam hal yang sudah kami sebutkan diatas tersebut, tentu saja dari pihak pengembang OS Android yaitu Google, tentu telah memfasilitasi pengguna OS Android tersebut dengan beragam fasilitas yang sangat berguna, salah satunya adalah dengan adanya sebuah Aplikasi yang bernama Play Store.

Rasanya hampir mustahil jika pengguna Smartphone Android tidak mengetahui atau bahkan tidak pernah menggunakan Aplikasi Play Store tersebut.

Karena sejatinya, Smartphone Android itu menjadi sangat menarik untuk digunakan, memang salah satu alasannya datang dari fasilitas yang diberikan oleh Aplikasi Play Store tersebut.

Jika, kita berbicara terkait kegunaan tentu saja, Aplikasi Google Play Store tersebut memiliki kegunaan yang sangat besar dan penting untuk sebuah Smartphone Android, karena mau tidak mau harus kita akui bersama bahwa memang hanya di Play Store lah satu-satunya kalian bisa mendapatkan Aplikasi Android yang dipastikan aman, resmi dan tentu saja dengan jenis koleksi Aplikasi yang sangat variatif.

Mulai dari Aplikasi Editing, Games, Entertainment, Media Social, Financial, Sport dan banyak lainnya, harusnya kalian tidak akan kesulita sama sekali untuk mencari Aplikasi yang kalian inginkan dari Aplikasi Play Store tersebut, karena semuanya dipastikan ada tersedia untuk kalian gunakan.

Sampai sekarang ini, memang tidak bisa kita ketahui pasti ada berapa banyak jumlah Aplikasi yang ada dalam Listing Aplikasi Google Play Store, kalau bisa kami prediksi mungkin ada jutaan Aplikasi Android resmi yang sudah ada di Aplikasi Play Store saat ini.

Selain itu, hal yang paling menarik dari Aplikasi Play Store tersebut, tentu saja kalian bisa mendapati ribuan bahkan jutaan aplikasi yang siap kalian gunakan secara gratis ataupun cuma-cuma, meski demikian tidak semuanya gratis, melainkan ada juga yang berbayar, karena sifatnya yang exclusive.

Lalu, jika kalian menginstall Aplikasi Android dari layanan Play Store tersebut, maka kalian tidak perlu khwatir lagi terkait permasalahan Update versi Aplikasi yang telah kalian Install dari Play Store tersebut, karena semuanya sudah serba otomatis.


Aplikasi Play Store sering bermasalah


Meski dikembangkan langsung oleh perusahaan raksasa internet sekelas Google, nyatanya Aplikasi Google Play Store tersebut, memang tidak terlepas dari beragam masalah yang menyertainya.

Masalah tersebut memang ada beragam, beberapa diantara masalah-masalah tersebut memang datang dari Bugs yang ada pada versi Aplikasi Play Store tertentu dan ada pula masalah yang memang diakibatkan oleh para pengguna dari Smartphone Android sendiri.

Beberapa masalah tersebut memang ada yang bisa diperbaiki dengan mudah dan ada pula yang hanya diperbaiki dengan beragam metode tertentu.

Beragam masalah yang ada di Aplikasi Play Store yang kami maksud diatas adalah sebagai berikut :

  1. Aplikasi Play Store tidak bisa dibuka.
  2. Aplikasi Play Store tiba-tiba keluar sendiri (Force Close).
  3. Muncul masalah Pending Download yang tidak berkesudahan.
  4. Muncul pesan Error Insufficient Storage atau tidak cukup ruang, padahal alokasi Storage masih mumpuni.
  5. Tidak bisa otomatis Update Aplikasi yang telah terinstall.
  6. Tidak bisa melakukan transaksi digital via Play Store.
  7. dll.

Nah, dari beragam masalah diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa kenyataannya meski dibuat oleh Google sekalipun, faktanya Aplikasi Play Store tersebut memang bukanlah menjadi sebuah Aplikasi yang sempurna, meski tidak ada Aplikasi Android Market lain yang sebaik dan sebagus Google Play Store diluar sana.

Pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas terkait salah satu permasalahan yang sudah kami sebutkan diatas, yaitu masalah yang umum terjadi pada Aplikasi Play Store dibanyak Smartphone Android, yaitu adalah masalah Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage.

Apakah Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage memang merupakan sebuah masalah? jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak.

Maksudnya? mari kita perjelas dulu terkait topik utama pada pembahasan kali ini.


Masalah Error Tidak Cukup Ruang atau Insufficient Storage Google Play Store


Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, kenyataannya permasalahan ini bisa jadi memang berbentuk menjadi sebuah masalah, bisa juga tidak.

Karena dari bunyinya sendiri, bisa kita artikan bahwa memang Aplikasi Play Store tersebut tidak bisa melanjutkan proses Download ataupun Installasi Aplikasi Android ke Smartphone Android, karena memang tidak tersedianya cukup ruang untuk alokasi storage yang dibutuhkan oleh Aplikasi Android yang akan dipasangkan.

Jika, memang permasalahannya datang dari Kapasitas Memory Internal Smartphone Android kalian yang memang sudah habis, maka sebenarnya untuk mengatasi permasalahan ini, kalian hanya perlu menghapus beberapa Data atau File yang ada di Memory Internal Smartphone Android tersebut, hingga cukup ruang untuk mendownload dan menginstall Aplikasi yang ingin kalian pasangkan dari Play Store.

Tetapi, jika permasalahan ini datang begitu saja, artinya dari Kapasitas Memory Internal masih cukup memadai, namun bunyi Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage selalu muncul, ketika kalian ingin mendownload atau menginstall sebuah Aplikasi Android dari Play Store.

Maka, bisa kami pastikan, tentu ada sesuatu yang salah disini dan masalah tersebut tentu harus kalian perbaiki dengan beberapa cara yang akan kami bagikan dibawah ini.


Cara atasi masalah Tidak Cukup Ruang atau Insufficient Storage Google Play Store


Kami ingatkan sekali lagi, pastikan permasalahan tidak cukup ruang penyimpanan untuk menginstall Aplikasi Androi dari Play Store tersebut, memang bukan datang dari permasalahan Kapasitas Memory Internal Smartphone Android yang hampir habis atau sudah habis.

Jika memang demikian, maka seperti yang sudah kami singgung diatas, maka kalian hanya perlu melegakan ruang penyimpanan pada Memory Internal Smartphone Android kalian saja, jika kalian bingung terkait metode pembersihan Memory Internal Smartphone Android yang cocok untuk kalian terapkan, mungkin referensi dibawah ini bisa membantu kalian :


Selanjutnya, jika memang Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android kalian masih cukup banyak, tetapi Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage tetap saja muncul, maka kalian bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Sisakan Alokasi Extra pada Kapasitas Memory Internal


Nah, sebelum kita berbicara terkait hal teknis, mungkin inilah hal pertama yang harus kalian pahami, meski ada tersedia ruang pada kapasitas Memory Internal Smartphone Android kalian, sebut saja mungkin 2GB dan kalian ingin mendownload dan menginstall Aplikasi Android yang berukuran 500MB, tetapi tetap tidak bisa, padahal seharusnya bisa.

Maka, kalian sebenarnya memang harus menyisihkan Extra Storage agar Aplikasi Play Store Android bisa melakukan proses Downloading dan juga Installing, kenapa?

Karena, misalkan saja sisa Memory Internal Smartphone Android kalian tersisa 2GB, maka harusnya 1GB dari total sisa Storage tersebut semuanya memang hanya akan dialokasikan ke System OS saja.

Sehingga, total penyimpanan yang bisa kalian pakai ialah hanya kurang dari 1GB saja, jika Aplikasi Android ingin kalian Download dari Play Store tersebut sebesar 500MB, maka sudah pasti size real-nya mungkin akan lebih dari itu.

Karena, Aplikasi Android yang terinstall tersebut pasti akan membutuhkan lebih banyak Storage untuk bisa menjalankan Aplikasi tersebut, minimalnya adalah untuk penggunaan Cache.

Sehingga, idealnya untuk mengatasi masalah tidak cukup ruang atau Insufficient Storage agar tidak muncul di Aplikasi Play Store tersebut, maka paling tidak kalian harus punya sisa penyimpanan di Memory Internal paling tidak 3-4GB minimalnya.

Dan tentu saja, itu bukan angka yang pasti, jika kalian ingin menginstall Games di Smartphone Android kalian, misalnya seperti PUBG, maka jelas saja kalian harus menyisakan penyimpanan Extra dengan size yang lebih besar, mungkin lebih dari 5GB.


Clear Cache dan Data Aplikasi Play Store Android


Pada permasalahan ini, kita sudah akan masuk kedalam pembahasan yang cukup teknis, namun sebelum itu, pastikan dulu bahwa sebenarnya Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android kalian memang masih tersisa banyak untuk bisa menginstall Aplikasi Android via Play Store tersebut.

Jika, Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage masih muncul pada kondisi ini, maka sudah bisa dipastikan, mungkin masalahnya memang datang dari Aplikasi Play Store itu sendiri, bisa jadi menjadi Error atau Crash, karena memang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga, untuk mengembalikan performa dari Aplikasi Play Store tersebut, maka kalian harus melakukan pembersihan terhadap Cache dan Data dari Aplikasi Play Store Android tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan buka Aplikasi Pengaturan (Settings).
  2. Selanjutnya, silahkan buka fitur App Manager dan cari Aplikasi Play Store.
  3. Jika sudah, silahkan buka App Management pada Aplikasi Google Play Store tersebut.
  4. Silahkan pilih opsi Clear Cache dan Clear Data.
Atasi Play Store Error Insufficient Storage
  1. Terakhir, silahkan buka Aplikasi Play Store, kalian harus Login ulang untuk bisa menggunakan Aplikasi Play Store Android tersebut, karena Data akun Gmail kalian sudah terhapus pada tahap ini.
  2. Done!

Perlu kami tekankan disini, sebelum kalian mengikuti cara diatas, pastikan kalian sudah mengingat Akun Gmail beserta Passwordnya, karena setelah melakukan cara diatas, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kalian perlu kembali Login ke Akun Gmail kalian.

Selanjutnya, cara yang kami gambarkan diatas, itu hanya bersifat umum, bisa jadi penamaan dari Menu App Manager itu bisa berbeda dari Smartphone Android 1 dan lainnya.

Tetapi, yang pasti untuk Fitur serta Menu dari App Manager tersebut, dipastikan ada pada setiap Smartphone Android, mungkin hanya penamaannya saja yang berbeda, sehingga silahkan kalian sesuaikan sendiri.


Update versi Aplikasi Play Store secara manual


Jika, kalian sudah menerapkan cara diatas, namun masih tetap saja Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage tersebut muncul, maka bisa jadi Aplikasi Play Store yang kalian gunakan tersebut memang sedang bermasalah.

Bermasalah yang kami maksud disini adalah bisa jadi memang kalian menggunakan versi Aplikasi Play Store yang sudah terlalu lawas versinya atau mungkin memang memiliki sebuah Bugs.

Untuk mengatasi permasalahan ini sebenarnya cukup mudah, yang perlu kalian lakukan ialah hanya perlu mengupdate versi Aplikasi Play Store yang digunakan saja, secara manual tentunya.

Lalu, bagaimana caranya?

Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa mengupdate versi Aplikasi Play Store secara manual tersebut, untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membaca referensinya dibawah ini :


Tetapi, jika kalian ingin cara termudah untuk bisa mengupdate versi Aplikasi Play Store tersebut, maka yang perlu kalian lakukan ialah dengan mendownload APK mentah dari Aplikasi Play Store tersebut.

Setelahnya, langsung saja timpa atau Install di Smartphone Android kalian, namun pastikan jika kalian menggunakan cara ini fitur Unknown Sources (Sumber tidak dikenal) harus sudah aktif atau sudah tercentang di pada settingan di Smartphone Android kalian.

Lalu, dimana kalian bisa mendapatkan APK mentah versi terbaru dari Aplikasi Play Store tersebut?

Kalian tidak perlu kemana-mana, karena sudah kami sediakan pada blog ini, silahkan dapatkan APK Play Store versi terbaru dari halaman dibawah ini :


Dengan mengikuti cara diatas, maka harusnya permasalahan Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage sudah bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah.

Nah, sampai disini selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, umumnya permasalahan ini memang cukup sering terjadi dan dialami oleh banyak pengguna Smartphone Android diluar sana.

Biasanya permasalahan ini kerap muncul pada Smartphone Android level menengah dan bawah, tapi jarang ditemui pada Smartphone Android level menengah atas dan seterusnya.

Permasalahan yang sering terjadi, biasanya memang karena Aplikasi Play Store tersebut telah mengalami Crash ataupun memang memiliki Bugs.

Dengan mengikuti cara yang sudah kami bagikan diatas, harusnya permasalahan Error tidak cukup ruang atau Insufficient Storage bisa terselesaikan, dengan asumsi pada kasus ini Alokasi Kapasitas Storage Memory Internal Smartphone Android kalian memang masih memadai.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian selalu diberikan berkah dan kesehatan, serta semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DR

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot