10/12/2020

Cara Hard Reset di Xiaomi / Redmi (Semua Tipe + Tanpa PC)

Hard Reset Xiaomi / Redmi

OS Android memang menjadi Sistem Operasi untuk Perangkat Mobile Pintar yang paling populer sekarang ini, karena pada dasarnya OS Android tersebut memang dirancang sepintar dan secanggih mungkin agar bisa membantu penggunannya untuk menyelesaikan beragam keperluan.

Selain itu setiap tahunnya OS Android tersebut akan semakin cerdas dan akan semakin kaya akan fitur, karena developer utama mereka yaitu adalah Google, memang senantiasa melakukan perubahan besar setiap tahunnya.

Dengan adanya dukungan Teknologi disektor Hardware yang kian maju pesat sekarang ini, maka ketika di Integrasikan dengan OS Android tersebut, terciptalah beragam Inovasi Teknologi yang lebih modern, seperti kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan beragam Teknologi yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan ada, seperti Fingerprint Underdisplay dan Camera Underdisplay, serta masih ada banyak hal lain lagi.

Sejak beberapa tahun belakangan ini, OS Android memang telah mengalami banyak kemajuan pesat di beragam sektor segmentasinya, hal ini bukan semata-mata terjadi karena dikembangkan oleh pihak Google, melainkan karena sifat OS Android itu sendiri yang sejatinya memang fleksibel.

Bagaimana maksudnya? ya! karena OS Android itu bersifat Open Source, maka perkembangan dari OS satu ini bisa menjadi kian pesat, alasannya sederhana saja, karena diluar sana ada banyak sekali perusahaan raksasa teknologi yang memang ikut andil dalam melakukan beragam hal pada OS Android tersebut, tentu masih dalam konteks untuk menjadi Inovasi Teknologi terbaru.

Perusahaan-perusahaan raksasa teknologi yang kami maksud disini ialah seperti Perusahaan Brand Smartphone Android, Perusamaan Semi-Conductor yang berkecimpung dalam bidang Chipset, Perusahaan raksasa dibidang Fotografi dan Videografi, serta Perusahaan yang bergerak dibidang Sound System.

Semua perusahaan tersebut memang memiliki andil besar pada pertumbuhan OS Android hingga menjadi seperti sekarang ini, jika kita hitung, maka mungkin ada puluhan bahkan ratusan Perusahaan Teknologi yang ikut andil bagian dalam bisnis Perangkat Pintar dengan OS Android tersebut.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas satu permasalahan yang ada pada salah satu Brand Smartphone Android yang memang memiliki reputasi sangat baik dalam beberapa tahun belakangan ini, Brand Smartphone Android yang kami maksud disini adalah Xiaomi dan Redmi.

Kami yakin pasti kalian kenal dengan Brand satu ini, karena dalam keseharian kita, baik dilingkungan kerja, masyarakat dan keluarga, pasti ada-ada saja yang menggunakan Smartphone Android dari kedua buah Brand tersebut.

Mau tidak mau kita harus mengakui, karena pada dasarnya Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, memang menjadi salah satu Smartphone Android terbaik yang bisa kita miliki sekarang ini.

Selain dari harganya yang tidak bikin merengek, spesifikasi dan desain yang dibawa Smartphone Android dari kedua buah Brand tersebut juga memang tidak mengecewakan.

Hanya saja, bukan Smartphone Android namanya, jika tidak mengalami beragam masalah dalam jangka waktu pemakaiannya, Smartphone Android Xiaomi dan Redmi pun juga mengalami nasib yang sama tentunya.


Beragam permasalahan pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi


Perlu kami tekankan disini, pada dasarnya kami tidak bermaksud untuk menjelekan kedua buah Brand Smartphone Android tersebut, maupun OS Android yang digunakannya.

Melainkan, permasalahan yang kami maksud disini ialah permasalahan yang datang dari ulah penggunannya sendiri, bukan berarti Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu jelek, apalagi cacat, melainkan permasalahan yang datang dalam jangka waktu pakainya.

Semua Brand Smartphone Android juga akan mengalami masalah serupa, jika sudah digunakan dalam kurun waktu tertentu, beberapa permasalahan yang kami maksud disini dan nyatanya juga ada pada Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, adalah sebagai berikut :

  1. Performa System dan Hardware yang kian melamban.
  2. Muncul Error sana sini.
  3. Sering mengalami Overheating yang tidak jelas asal usulnya.
  4. Sering mengalami Random Reboot.
  5. Sering muncul kasus Freeze atau Hang.
  6. Tidak bisa Booting, karena kasus Bootloop dan Brick.
  7. Tidak bisa menjalankan beberapa aplikasi tertentu.
  8. dll.

Nah, sebenarnya permasalahan diatas adalah permasalahan yang memang umum terjadi pada hampir semua Smartphone Android yang sudah berumur, artinya sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Kasus yang muncul pada Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi pun juga tidak berbeda, permasalahan diatas memang akan sangat sering terjadi dengan tenggat waktu yang tidak akan bisa kalian prediksi tentunya.

Lalu, apa sih penyebab dari permasalahan-permasalahan diatas, kenapa bisa muncul di Smartphone Android Xiaomi dan Redmi?


Alasan munculnya permasalahan


Sebenarnya, ada banyak alasan terkait munculnya beragam permasalahan yang sudah kami jelaskan diatas, beberapa memang datang dari kerusakan System secara default, seperti Firmware yang didalamnya terdapat Bugs atau Hardware yang memang tidak bisa berkerja secara maksimal.

Namun, itu hanya dalam kasus yang kecil saja, permasalahan diatas lebih banyak terjadi, memang karena ulah dari pengguna Smartphone Android itu sendiri, umumnya karena jangka waktu pakai atau Smartphone Android tersebut sudah berumur, jadi wajar ada degradasi penurunan performa disini.

Tetapi, dalam beberapa kasus lainhnya, permasalahan tersebut bisa saja muncul, diakibatkan oleh beberapa hal dibawah ini :

  1. ROM MIUI yang digunakan Crash karena tidak pernah di Upgrade.
  2. Menumpuknya Junk File atau Cache.
  3. Habisnya kapasitas pada Internal Memory.
  4. Kesalahan pengguna dalam memodifikasi System dengan bantuan akses ROOT.
  5. Kesalahan pengguna dalam memasangkan beragam file modifikasi seperti Custom ROM, Kernel atau Recovery.
  6. Kesalahan pengguna, karena menggunakan Smartphone Android terkait lebih dari kemampuannya.
  7. Kesalahan karena miss konfigurasi dalam menerapkan mekanisme Tweak atau Overclock.

Pada dasarnya, masih ada banyak alasan lain yang bisa memicu terjadinya, beragam permasalahan yang sudah kami sebutkan diatas.

Lalu, jika pada akhirnya Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian, mengalami satu dari beberapa permasalahan yang telah kami sebutkan diatas, bagaimana solusi atau cara memperbaikinya?

Mudah saja! kalian hanya perlu mengembalikan semua settingan dan konfigurasi kepengaturan pabrikan saja, artinya kalian harus melakukan tindakan Reset pada kasus ini.

Akan kami perjelas disini, tindakan Reset yang diperlukan pada kasus ini ialah tindakan Hard Reset.


Fungsi Hard Reset di Xiaomi dan Redmi


Dari apa yang sudah kami jelaskan diatas, mungkin kalian sudah bisa memahami situasi yang akan kita lakukan sekarang ini.

Ya! kita akan mengembalikan semua settingan atau apapun itu kembali kepada settingan pabrikan, sehingga semua Data atau File yang telah ada akan dihapus semua, artinya hal ini akan membuat Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian akan menjadi seperti baru lagi.

Pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi, kalian bisa dengan mudah menerapkan tindakan Hard Reset tersebut, karena memang sudah tersedia dan bisa kalian gunakan kapanpun kalian mau.

Hard Reset ini akan menjadi solusi yang paling terbaik atau bisa kita katakan menjadi pertolongan pertama, jika Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian mengalamai beragam permasalahan yang telah kami sebutkan diatas.

Secara fungsi, tindakan Hard Reset tersebut akan menghapus semua jejak yang telah ada pada sebuah Smartphone Android, sehingga permasalahan yang muncul, seperti permasalahan Crash, Hang, Memory Internal Penuh, Bootloop dan bahkan Brick, bisa teratasi dengan cepat, jika kalian melakukan tindakan Hard Reset tersebut.

Pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi, kalian pun akan diberikan beberapa opsi untuk bisa melakukan tindakan Hard Reset tersebut, shingga disini pengerjaan cara melakukan Hard Reset tersebut tidak hanya akan terpaku pada satu cara saja.

Tetapi, perlu kalian ingat sebelumnya, karena tindakan Hard Reset tersebut, tentu ada konsekuensinya.


Konsekuensi melakukan Hard Reset


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, melakukan Hard Reset, itu artinya akan menghapus semua Data, Aplikasi, File atau apapun itu yang ada pada Internal Storage, sehingga inilah konsekuensi yang harus kalian hadapi, jika kalian tidak melakukan Backup Data sebelumnya.

Jika memang masih mungkin, pastikan kalian melakukan Backup Data tersebut, agar kalian tidak dirugikan dengan tindakan Hard Reset tersebut.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukan Backup Data tersebut, maka tidak ada lagi yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan Data tersebut, kecuali dengan beberapa tindakan khusus, itupun juga tidak menjamin.

Sehingga, kalian harus berbesar hati disini, karena memang inilah konsekuensi yang harus kalian hahapi.

Lalu, apakah melakukan Hard Reset itu sulit? kami tekankan disini, tidak sama sekali! apalagi metode yang akan kita lakukan dibawah ini tidak memerlukan bantuan PC Desktop sama sekali.


Cara Hard Reset Xiaomi dan Redmi tanpa PC Desktop


Sebelumnya, sudah kami singgung bahwa melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu bisa dilakukan dengan beberapa opsi, salah opsinya ialah dengan melibatkan media pendukung seperti PC Desktop.

Hanya saja, pada pembahasan kali ini, kita tidak akan melibatkan media penghubung PC Desktop tersebut sama sekali, artinya metode Hard Reset yang akan kita praktekan dibawah ini, murni hanya akan menggunakan fitur yang ada pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut saja.

Lebih jelas lagi, disini akan kami gambarkan 2 buah cara untuk melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, sesuai dengan kondisi dan tentu saja tanpa perlu menggunakan PC tentunya.

Baiklah, tanpa perlu panjang lebar, kita akan membahas cara yang pertama.


Hard Reset pakai Menu Aplikasi Setting


Cara pertama ini akan sangat mudah untuk kalian lakukan, kalian hanya perlu menggunakan salah satu Menu yang ada pada Aplikasi Settings (Pengaturan) yang ada pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian.

Metode ini bisa dengan mudah kalian lakukan disaat kapanpun kalian merasa Smartphone kalian sudah mengalami beragam permasalahan, seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Pada tahap ini pun, kalian masih bisa melakukan Backup dengan cara mengcopy atau memindahkan semuan Data atau File yang ada di Memory Internal Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian, lalu setelahnya kalian bisa langsung melakukan tindakan Hard Reset tersebut.

Berikut adalah cara Hard Reset Xiaomi dan Redmi dengan menggunakan salah satu Menu pada Aplikasi Settings.

  1. Masuk pada Aplikasi Settings.
  2. Kemudian, pilih menu Additional Settings.
Hard Reset Xiaomi / Redmi
  1. Lalu, pilih menu Backup & Reset.
Hard Reset Xiaomi / Redmi
  1. Setelahnya, masuk ke menu Erase all data (Factory Reset).
  2. Untuk melakukan Hard Reset, pilih opsi All files on the phone.
Hard Reset Xiaomi / Redmi
  1. Terakhir, lakukan Konfirmasi dan tunggu hingga proses Hard Reset selesai.
  2. Done!

Hal yang kami sampai diatas adalah cara termudah untuk melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi.

Fitur atau Menu Hard Reset tersebut bisa kalian akses kapanpun kalian mau, karena sejatinya fitur atau menu ini dipastikan selalu ada pada setiap Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang menggunakan ROM MIUI versi berapapun.

Tetapi, jika Smartphone Android Xiaomi / Redmi mengalami permasalahan Bootloop ataupun Brick, maka mustahil untuk menggunakan cara diatas, lalu bagaimana cara melakukan Hard Reset tersebut? jika memang demikian, silahkan ikuti cara kedua dibawah ini.


Hard Reset pakai Mode Recovery


Cara kedua ini, bisa kalian manfaatkan jika Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian tidak bisa Booting ke System ROM MIUI, artinya seperti dalam kasus Bootloop ataupun Brick.

Sayangnya, kalian tidak bisa melakukan Backup Data pada tahap ini, karena hal tersebut memang tidak bisa dilakukan dari Mode Recovery bawaan Xiaomi / Redmi tersebut.

Baiklah, berikut adalah cara untuk melakukan Hard Reset Xiaomi / Redmi dengan menggunakan Mode Recovery, tata cara ini akan kami mulai dari proses awal hingga akhir.

  1. Matikan Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.
  2. Setelahnya, masuk ke Mode Recovery dengan menekan Tombol Volume (+) dan Tombol Power berbarengan, hingga muncul gambar seperti ini :
Hard Reset Xiaomi / Redmi
  1. Setelahnya, pilih menu Wipe Data.
  2. Kemudian, pilih menu Wipe All Data.
Hard Reset Xiaomi / Redmi
  1. Lakukan Confirm.
  2. Tunggu hingga proses Wipe Datanya selesai.
Hard Reset Xiaomi / Redmi
  1. Setelanya, pilih menu Back to Main Menu.
  2. Pilih opsi Reboot.
  3. Terakhir, pilih opsi Reboot to System.
  4. Done!

Satu hal yang harus kalian ketahui dari cara kedua ini adalah pada dasarnya setiap Smartphone Android Xiaomi / Redmi itu memang dibekali Mode Recovery ini secara defaultnya.

Hanya saja, untuk bisa mengaksesnya mungkin diperlukan beberapa tata cara khusus, karena tujuan penggunaan dari Mode Recovery ini bukanlah untuk penggunaan yang awam, melainkan lebih merujuk ke hal yang lebih teknis.

Namun, kalian tentu bisa memanfaatkan fitur Mode Recovery ini untuk bisa melakukan Hard Reset, dengan cara yang sudah kami jelaskan diatas.

Untuk hasil akhirnya, akan sama saja seperti cara yang pertama, artinya akan sama-sama menghapus semua Data atau File, beserta dengan masalah-masalah yang muncul tersebut akan segera terselesaikan dengan cepat tentunya.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sangat sederhana kali ini, sebenarnya kedua buah cara diatas bisa kalian lakukan sendiri, karena memang akan sangat mudah untuk dilakukan, bahkan oleb orang awam sekalipun.

Khusus untuk cara ke-2 tersebut dengan menggunakan Mode Recovery, umumnya jika kalian tidak bisa mengakses Mode Recovery di Smartphone Android Xiaomi / Redmi, maka kalian harus melakukan Unlock Bootloader sebelumnya.

Karena dibeberapa versi ROM MIUI tertentu, Mode Recovery tersebut memang sengaja dikunci oleh pihak Xiaomi dengan beberapa alasan, tetapi di beberapa versi ROM MIUI lain, kalian bisa dengan leluasa mengakses Mode Recovery tersebut kapanpun kalian mau.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian harapkan bisa terkabul dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot