10/06/2020

Cara keluar dari Mode Fastboot tanpa tombol Power (Xiaomi / Redmi)

Keluar dari Mode Fastboot tanpa menekan tombol power

Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi memang masih menjadi salah satu Brand Smartphone Android terbaik yang ada saat ini, karena sejak pertama kali perilisannya sejak beberapa tahun silam, Brand Smartphone ini memang selalu masuk ke jajaran Top Best Selling Smartphone Android dibeberapa negara.

Hal ini wajar saja terjadi, mengingat Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut memang terlihat cukup mencolok, jika kita lihat dari Produk Smartphone Android yang mereka jual dipasaran, terlebih nama Brand Xiaomi dan Redmi tersebut yang memang sudah besar sekali sekarang ini.

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kalian temui pada Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, karena jika kita berbicara terkait permasalahan Kustomisasi maka Smartphone Android Xiaomi dan Redmi lah yang paling juaranya.

Kalian bisa menemukan beragam hal keren yang tidak bisa ditemui pada Smartphone Android dari Brand lain, sebut saja seperti kemampuan Theming yang sangat variatif dengan skala yang begitu besar tentunya.

Lalu, dukungan Komunitas yang saat ini memang menjadi salah satu yang terbesar, kalian bisa menemukan beragam hal positif dari adanya Forum Komunitas tersebut, sehingga dalam penggunaan harian, tentu Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut sama sekali tidak akan membosankan untuk digunakan.

Berbicara terkait Teknologi Inovasi, maka sudah jelas Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, memang menjadi salah satu yang diunggulkan, karena mereka kerap membuat sebuah gebrakan baru dengan Teknologi yang mereka implementasikan dan beberapa kali menjadi pelopor atas kemajuan Teknologi Inovasi tersebut.

Hanya saja, perlu kalian ketahui, meski Brand Xiomi dan Redmi itu sekarang menjadi Brand yang terpisah, namun pada akhirnya Brand Smartphone Android Redmi itu masih sepenuhnya sama dengan Brand Smartphone Android Xiaomi.

Hal yang berbeda dari kedua buah Brand ini, hanya terletak pada sektor pasarnya saja, dimana Brand Redmi difokuskan untuk level menengah dan bawah dan Brand Xiaomi hanya ditujuan untuk level menengan atas dan seterusnya.

Untuk konfigurasi ROM, Fitur dan Support, maka bisa kami pastikan, tidak ada perbedaan sama sekali, karena pada akhirnya memang masih sama-sama menggunakan MIUI sebagai dasar basis Custom ROM yang digunakan.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu memang kaya sekali akan fitur, setiap tahunnya fitur tersebut selalu saja bertambah dengan tampilan UI dari ROM MIUI baru yang tentu saja semakin modern dan elegant.

Menariknya, jika ada update versi ROM MIUI terbaru, maka hampir sebagian besar Brand Smartphone Android dari lini Xiaomi dan Redmi, dipastikan juga akan kebagian jatah update tersebut, jika spesifikasi dari Smartphone Android tersebut masih mumpuni untuk menjalankan versi MIUI terbaru tersebut.

Meski ROM MIUI tersebut terlihat begitu sempurna, keren dan elegant, nyatanya sampai detik ini ROM MIUI tersebut masih saja mencetak beragam permasalahan yang tentu sebagiannya akan merugikan penggunannya.


Masalah-masalah yang ada di Brand Smartphone Xiaomi / Redmi


Sebenarnya, jika kita melihat dari beragam permasalahan yang muncul tersebut, memang kebanyakan masalah tersebut tercipta karena ulah dari penggunannya sendiri, disamping karena memang usia pakai Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang sudah lama.

Misalnya, kesalahan dalam memasangkan beberapa Themes, kesalahan dalam memasangkan beberapa Mods, kesalahan dalam melakukan tindakan Exploit seperti ROOT dan UBL, serta kesalahan dari pengguna yang memang melakukan modifikasi System ROM MIUI tanpa prosedur dan parameter yang jelas.

Dari beragam hal tersebut, maka sudah pasti akan tercipta permasalahan yang berbeda-beda, kebanyakan masalah yang muncul tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Performa ROM MIUI semakin melamban.
  2. Terjadi Crash pada sektor firmware yang akan mempengaruhi penggunaan secara menyeluruh.
  3. Terjadinya kasus Bootloop hingga Brick.
  4. Tidak bisa Booting dan hanya menyertakan layar berwarna hitam saja.
  5. Ketika booting selalu otomatis masuk ke Mode Fastboot atau Recovery.
  6. dll.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas salah satu permasalahan yang telah kami sebutkan diatas, yaitu hanya akan berfokus kepada permasalahan Stuck atau terkekang di Mode Fastboot Xiaomi dan Redmi yang cara keluarnya sangat membingungkan, karena memang tidak ada informasi apapun yang bisa kalian peroleh jika sudah masuk kepada Mode Fastboot tersebut.

Lalu, untuk apa sih kegunaan dari Mode Fastboot tersebut?


Fungsi Mode Fastboot di Xiaomi / Redmi


Mungkin para pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi awam, pasti akan bingung, jika tiba-tiba melihat Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang mereka gunakan, tiba-tiba masuk kedalam Mode Fastboot.

Karena, jika sudah masuk pada Mode Fastboot tersebut, maka tidak akan ada menu Navigasi yang bisa kalian gunakan, sehingga untuk keluar dari Mode Fastboot tersebut mungkin juga akan sulit, jika tidak tahu caranya.

Sebenarnya, Mode Fastboot ini memang tidak ditujukan untuk para pengguna awam, karena sifat penggunaannya yang sangat teknis.

Namun, karena ada beragam permasalahan pada ROM MIUI ataupun dari Hardware sebut saja seperti Tombol Volume yang rusak atau terus tertekan.

Maka, bisa jadi secara tidak sadar ataupun secara tidak sengaja, ketika Booting maka Smartphone Android Xiaomi dan Redmi akan masuk ke Mode Fastboot dengan sendirinya.

Untuk fungsinya sendiri, fastboot Mode pada Smartphone Android Xiaomi / Redmi tersebut, memang memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu bisa dimanfaatkan untuk tujuan sebagai berikut :

  1. Melakukan Unlock Bootloader.
  2. Melakukan Flashing.
  3. Memasangan Custom Kernel dan Custom Recovery.
  4. Mengubah beberapa value paramater pada System OS dengan Command tertentu.
  5. Bisa digunakan untuk beragam tindakan troubleshooting.
  6. dll.

Namun, jika kalian adalah seorang yang awam dan memang tidak memiliki kepentingan apapun dengan Mode Fastboot tersebut, maka sudah jelas kalian pasti akan sangat kebingungan terkait kondisi yang kalian hadapi.

Lalu, bagaimana sih cara keluar dari Mode Fastboot di Smartphone Android Xiaomi / Redmi tersebut?


Keluar dari Mode Fastboot


Meski pada Mode Fastboot tersebut, kalian tidak akan bisa menggunakan navigasi apapun dan tidak ada informasi terkait bagaimana cara keluar dari Mode Fastboot tersebut, nyatanya untuk keluar dari Mode tersebut sangat mudah sekali.

Kalian, hanya perlu menekan dan menahan Tombol Power kurang lebih 15 hingga 30 detik, hingga Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian Shutdown atau Restart dengan sendirinya.

Maka, pada kondisi ini, kalian sudah bisa berhasil keluar dari Mode Fastboot Xiaomi dan Redmi tersebut, lalu bagaimana jika Tombol Power tidak berfungsi atau bahkan rusak?

Nah, jika kondisinya seperti ini, maka sudah jelas untuk bisa keluar dari Mode Fastboot tersebut, harus menggunakan cara yang berbeda dan pastinya akan lebih teknis dari cara yang biasanya.

Lalu, apasih alasan Tombol Power tidak berkerja ketika di Mode Fastboot Xiaomi / Redmi tersebut?


Tombol power tidak berfungsi di Mode Fastboot


Memang ada banyak alasan kenapa bisa Tombol Power bisa tidak berfungsi pada Mode Fastboot Xiaomi / Redmi tersebut.

Beberapa alasan dari permasalahan tersebut bisa datang dari 2 hal dibawah ini :

  1. Tombol Power menjadi tidak berfungsi, karena adanya kerusakan pada tingkat Firmware yang digunakan, sehingga skema tombol navigasi menjadi rusak atau tidak teratur.
  2. Kerusakan secara nyata, artinya Tombol Power memang rusak dan tidak bisa berfungsi bahkan tidak bisa digunakan dengan baik.

Nah, jika saat ini kalian sedang mengalami permasalahan seperti diatas, yaitu terjebak di Mode Fastboot, tetapi tidak bisa keluar dari Mode tersebut, karena Tombol Power yang tidak berfungsi.

Maka, kalian bisa mengikuti beberapa solusi yang telah kami siapkan dibawah ini, ingat! cara dibawah ini akan lebih teknis dari pada cara yang biasa, pastikan kalian ikuti dengan benar.


Cara Keluar dari Fastboot Mode tanpa menggunakan Tombol Power


Sejauh ini hanya ada 2 buah cara yang bisa kalian lakukan, jika ingin keluar dari Fastboot Mode di Xiaomi dan Redmi tersebut, tanpa harus menggunakan Tombol Power.

Kedua cara dibawah ini memang terkesan sedikit lebih ribet, tetapi jika kalian bisa melakukannya dengan hati-hati dan teliti, maka kami pastikan kedua buah cara dibawah ini, pasti akan bisa berhasil sepenuhnya untuk kalian.

Lalu, apa saja sih cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa keluar dari Mode Fastboot tersebut tanpa harus menekan Tombol Power ?


Menggunakan Command Prompt


Ini adalah cara pertama yang sangat kami rekomendasikan untuk kalian, karena cara ini sebenarnya sangat mudah untuk kalian ikuti.

Hal yang perlu kalian lakukan, ialah kalian hanya perlu melengkapi persiapan kerjannya saja, selanjutnya kami tekankan disini, meski menggunakan perintah CMD, nyatanya cara dibawah ini akan bisa berkerja sepenuhnya meski Smartphone Xiaomi atau Redmi kalian masih berada dalam kondisi Locked Bootloader atau belum Unlock Bootloader.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan, ialah kalian harus mendownload dan menginstall Fastboot Driver pada Komputer Desktop atau Laptop Windows yang kalian gunakan.

Silahkan, gunakan salah satu dari beberapa Fastboot Driver yang telah kami sediakan dibawah ini :


Setelahnya, dalam kondisi Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang berada dalam Mode Fastboot, silahkan sambungkan ke Komputer atau Laptop dengan menggunakan Kabel USB.

Lalu, buka jendela CMD dan lokasikan ke Folder Fastboot Driver, jika tidak tahu caranya silahkan ikuti panduannya dihalaman yang telah kami sediakan dibawah ini :


Setelah, Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian terhubung, langsung saja masukan perintah dibawah ini, untuk bisa langsung keluar dari Mode Fastboot tersebut :

fastboot reboot

Jika berhasil, maka secara otomatis Smartphone Android Xiaomi / Redmi akan reboot / restart dengan sendirinya dan pastinya cara ini akan membuat Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian bisa booting dengan normal lagi dan tidak terjebak pada Mode Fastboot lagi.

Lalu, bagaimana jika Command atau Perintah diatas tidak berfungsi? maka satu-satunya hal yang bisa kami sarankan kepada kalian, ialah kalian harus mengecek ulang koneksi dari Smartphone Android kalian dengan Komputer / Laptop Windows.

Pastikan, koneksi bisa berlangsung dan berjalan dengan semestinya, jika memang terdapat kendala, kalian bisa mennggonta ganti Kabel USB yang digunakan, atau memindahkan koneksi ke Lubang Port lain.

Namun, jika pada akhirnya segala cara sudah kalian lakukan, namun tetap tidak bisa Keluar dari Mode Fastboot tersebut, maka satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan, ialah dengan mengikuti cara terakhir dibawah ini.


Lepas Baterai


Nah, ini adalah cara pamungkas untuk solusi permasalahan yang kita bahas kali ini, hanya saja melakukan hal tersebut, memang tidak semudah seperti mengatakannya.

Karena, hampir seluruh Smartphone Android Xiaomi / Redmi Modern itu dibuat dengan desain Baterai Tanam, sehingga untuk melepas baterai tersebut, tentu kalian harus membuka tutup Cover belakang Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.

Membuka Cover belakang tersebut, memang bukan menjadi perkara yang mudah untuk dilakukan, karena mesti dilakukan dengan teliti.

Tetapi, jika kalian tidak ada pilihan selain menggunakan cara ini, maka setelah kalian membuka tutup Cover Belakang Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian, segera saja langsung lepas Konektor Baterai yang terhubung ke Motherboard.

Lepas dan diamkan kira-kira dengan durasi waktu 30 Detik, kemudian pasangkan lagi dan silahkan hidupkan Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian seperti biasanya.

Harusnya, dengan cara ini permasalahan terjebak pada Mode Fastboot yang tidak bisa keluar dengan menggunakan Tombol Power, bisa terlesaikan dengan cepat.


Bisa diterapkan pada semua Brand Smartphone Android


Nah, meski pada judulnya, artikel ini memang kami khususkan untuk para pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi.

Nyatanya, cara diatas juga bisa diterapkan pada Brand Smartphone Android lain, asalkan kasus dan masalahnya sama, yaitu sama-sama terjebak pada Mode Fastboot, namun Tombol Power tidak bisa berfungsi dengan baik.

Maka, silahkan ikuti ke-2 cara yang sudah kami jelaskan diatas, harusnya hasil akhirnya akan sama saja, yaitu pasti akan berhasil keluar dari Mode Fastboot tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, mendapati permasalahan seperti ini memang membuat dada menjadi berdebar-debar, apalagi jika kalian adalah seoarang yang masih awam dengan hal teknis yang ada pada sebuah Smartphone Android tersebut.

Bagi beberapa orang, mungkin menganggap Smartphone Android mereka menjadi rusak, ketika dihadapkan pada permasalahan seperti ini, nyatanya tidak seperti itu.

Mode Fastboot adalah hal yang wajar ada pada setiap Smartphone Android, karena memang merupakan bagian dari fitur utama yang ada pada OS Android manapun.

Hanya saja, Mode Fastboot ini tentu akan berbeda-beda tampilannya dari Smartphone Android satu dan lainnya.

Ada yang menyertakan beberapa informasi untuk menu Navigasinya, adapula yang tidak, seperti yang terdapat pada Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut.

Pada akhirnya, kalian memang harus mencari informasi lebih, jika memang sedang mengalami masalah tersebut, karena kami yakin ada banyak referensi yang bisa kalian manfaatkan dari Internet.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermangfaat untuk kalian, semoga kalian diberikan kesehatan dan keselamatan, serta semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot