10/08/2020

Cara atasi Fastboot Press Any Key to Shutdown Xiaomi dan Redmi (Semua Tipe)

Fix Fastboot Press Any Key to Shutdown

Bisa kita sepakati bersama, bahwa Produk Smartphone Android dari Xiaomi dan Redmi itu memang menjadi salah satu yang terbaik yang bisa kita miliki sekarang ini, hal ini tentu karena Brand Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu memang banyak memiliki keunggulan daripada Brand kompetitornya.

Umumnya, Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu menjadi sangat disukai, karena memang ramah dengan kantong konsumen, tetapi terkait permasalahan Spesifikasi kalian pasti akan dipuaskan, karena dari dulu hingga sekarang citra dari Brand Xiaomi dan Redmi tersebut memang belum berubah.

Meski demikian, sekarang ini nampaknya Brand Xiaomi tidak lagi menyasar kelas menengah dan bawah, karena mereka hanya akan berfokus untuk membuat sebuah Produk Smartphone Android unggulan kelas atas saja.

Namun, kalian tetap bisa menikmati Produk Smartphone Android Xiaomi tersebut untuk level pasar kelas menengah dan bawah, karena secara khusus pihak Xiaomi telah mempercayakan level sektor pasar tersebut kepada Sub-Brand mereka yaitu adalah Redmi.

Jika, kalian bertanya terkait perbedaan antara Brand Xiaomi dan Redmi tersebut, maka bisa kami jawab, tidak ada perbedaan apapun kecuali pada penamaan Brandnya saja, Brand Smartphone Android Redmi, masih tetap akan menggunakan MIUI untuk dasar basis ROM-nya, begitu pula dengan semuu Support dan Resourcenya, tetap sama saja seperti Smartphone Android dari Brand Xiaomi.

Salah satu hal yang paling menarik dari kedua buah Brand ini, memang pastinya terkait kepada permasalahan kemampuan Customization yang sangat komplit.

Dengan menggunakan Smartphone Android Xiaomi ataupun Redmi, kalian bisa dengan mudah untuk mengganti tampilan antar muka System Operasi MIUI tersebut, dengan ribuan Themes yang siap kalian download, baik secara gratis dan bisa juga berbayar.

Selanjutnya, dari segi support sendiri, pihak Xiaomi tersebut memang secara total memberikan Support terbaik untuk konsumen mereka, terbukti hampir setiap tahun mereka memperbaharui versi ROM MIUI ke versi yang lebih modern.

Menariknya, update versi ROM MIUI tersebut pastinya akan dibuat dan didistribusikan ke hampir seluruh Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang memang masih mumpuni dari segi spesifikasi.

Selain itu, Support dari Komunitas pun juga sama baiknya, karena kalian bisa dengan mudah melakukan tanya jawab terkait perihal apapun, pastinya pertanyaan kalian tersebut pasti akan dijawab secara spesifik, asalkan masih relevan untuk dijawab.

Lalu, kalian pun akan dimudahkan terkait permasalahan akses informasi seputar Resource dan Guide yang lebih spesifik, jika mencarinya pada Forum resmi Komunitas Xiaomi dan Redmi tersebut.


Brand Smartphone Android yang flexible


Nah, ini salah satu hal yang paling disukai banyak orang ketika sedang menggunakan Produk Smartphone Android dari Xiaomi dan Redmi tersebut, yaitu adalah terkait permasalahan fleksibilitas yang tinggi pada penggunaannya.

Jika, kalian bosan dengan konfigurasi default yang dirancang oleh pihak Xiaomi, melalui ROM MIUI yang telah mereka buat, maka tentu kalian masih bisa melakukan kustomisasi pada tingkat ini dan hal ini legal untuk kalian lakukan.

Secara umum, pihak Xiaomi membolehkan para konsumen Produk Smartphone Android mereka agar bisa melakukan tindakan exploit pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, tentu dengan beragam ketentuan yang berlaku pastinya.

Maksud dari tindakan exploit tersebut, adalah seperti untuk melakukan Unlock Bootloader hingga melakukan ROOTING, semua hal tersebut tentu bisa dilakukan pada setiap Smartphone Android Xiaomi dan Redmi, asalkan semua resource yang dibutuhkan memang sudah tersedia dalam Forum Komunitas tersebut.

Hebatnya lagi, untuk permasalahan Unlock Bootloader tersebut, pihak Xiaomi secara resmi memang memberikan layanan atau fasilitas bagi siapa saja yang ingin melakukan Unlock Bootloader tersebut, tentu ada beberapa prosedur kerja yang harus kalian lewati.

Namun, pada akhirnya hal ini memang sangat berdampak positif untuk beberapa pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, karena memang terlihat mencolok, bahwa Produsen Smartphone Xiaomi dan Redmi tersebut, memang sangat memperhatikan kebutuhan konsumen mereka dan hal ini memang akan sangat jarang terjadi pada Smartphone Android dengan Brand lain.

Dengan menggunakan Smartphone Android dari Xiaomi dan Redmi, maka tentu kalian akan bisa dengan mudah melakukan beragam hal menarik, seperti beberapa hal dibawah ini :

  1. Menggunakan Custom ROM selain MIUI.
  2. Menggunakan Custom Kernel.
  3. Melakukan Overclocking untuk menambah performa hardware.
  4. Bisa menggunakan beragam Mod dari beragam sektor, seperti Mod pada sektor Kamera, Sound, Internet dan lainnya.

Sebenarnya, masih ada banyak hal lain lagi yang bisa kalian lakukan pada Produk Smartphone Android dari Xiaomi dan Redmi tersebut.

Nah, sampai disini, kita akan langsung saja masuk kepada pembahasan utama kita, yaitu permasalahan yang memang cukup rumit dan membingungkan, karena permasalahan ini memang baru saja bisa terlacak belakangan ini.

Yaitu, permasalahan pada kasus Fastboot Mode pada setiap Smartphone Android Xiaomi dan Redmi yang mungkin bermasalah untuk sebagian penggunannya.

Lalu, apa sih permasalahan yang dimaksudkan disini?


Muncul tulisan Press Any Key to Shutdown pada Mode Fastboot


Seperti yang kalian ketahui, Mode Fastboot pada setiap Smartphone Android itu memang memiliki fungsi yang teramat penting.

Karena tanpa adanya Fastboot Mode, maka tentu saja, kalian tidak akan bisa melakukan beragam hal berikut ini :

  1. Tidak bisa melakukan Unlock Bootloader.
  2. Menggunakan Custom Recovery, Kernel, ROM.
  3. Tidak bisa melakukan Flashing.
  4. Tidak bisa melakukan ROOT.
  5. Tidak bisa mengubah beberapa parameter system menggunakan command tertentu.
  6. Tidak bisa mengorek beberapa informasi yang ada pada hardware Smartphone Android.

Nah, inilah sebenarnya masalah yang terjadi disini, yaitu beberapa pengguna Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, tidak bisa menggunakan fitur Fastboot tersebut dari Mode Fastboot yang telah diakses.

Ketika, ingin kalian ingin mengeksekusi perintah tertentu, sebagai contohnya kalian menginputkan perintah installasi TWRP atau kalian ingin melakukan Flashing via Fastboot, maka permasalahan yang di indikasikan dengan tulisan Press Any Key to Shutdown muncul.

Pada tahap ini, tidak ada yang bisa kalian lakukan lagi, karena pada kondisi ini kemampuan Mode Fastboot pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut, memang tidak bisa berfungsi seperti selayaknya.

Satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan, memang hanya dengan melakukan Shutdown saja, seperti isi perintah yang muncul pada Mode Fastboot tersebut.

Sebenarnya, masalah ini penyebabnya apa sih?


Alasan munculnya tulisan Press Any Key to Shutdown pada Mode Fastboot


Sebenarnya, alasan dari permasalahan ini kenapa bisa terjadi, itu mudah saja untuk kita lacak dan kita terjemahkan, yaitu permasalahan ini muncul ketika kalian menyambungkan Smartphone Android Xiaomi atau Redmi kalian ke Komputer / Laptop Windows itu menggunakan Port USB 3.0 keatas.

Jika menggunakan Port USB 2.0 harusnya permasalahan ini tidak muncul sama sekali, sehingga bisa kita simpulkan, sebenarnya pada permasalahan ini kemungkinan penyebabnya bisa datang dari kondisi yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Terkait penyebab dari munculnya permasalahan ini sebenarnya memang masih kurang begitu jelas, karena ada 2 buah pendapat yang muncul pada kondisi ini.

Dari ke-2 buah pendapat tersebut yang katanya menjadi penyebab munculnya permasalahan ini, yaitu adalah karena :

  1. Adanya Bugs pada ROM MIUI atau memang ada permasalahan pada sektor kompabilitas koneksi system dari ROM MIUI tersebut.
  2. Adanya permasalahan pada OS Windows yang menyebabkan kemampuan USB 3.0 keatas tidak bisa berkerja dengan maksimal.

Nah, dari sini harusnya kalian sudah bisa paham, kenapa sih permasalahan ini bisa muncul, lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana solusi dari permasalahan ini?


Solusi Permasalahan Mode Fastboot Press Any Key to Shutdown


Jika kalian membaca dari pembahasan diatas, maka seharusnya kalian sudah tahu bahwa solusi dari permasalahan ini yang paling mudahnya memang kalian hanya perlu menggunakan Port USB 2.0 saja untuk bisa menggunakan Mode Fastboot secara biasa.

Lalu, bagaimana sih membedakan USB 2.0 dan 3.0 keatas?

Mudahnya, bisa kalian lihat sendiri pada gambar dibawah ini :

Fix Fastboot Press Any Key to Shutdown

Seperti yang terlihat, jika kalian melihat Port USB berwarna hitam itu mengindikasikan bahwa itu adalah Port USB 2.0.

Jika berwarna biru, itu artinya USB Port 3.0, lalu untuk warna Port kuning dan merah itu artinya versi Port USB tersebut sudah berada diatas versi 3.0.

Fix Fastboot Press Any Key to Shutdown

Nah, sehingga pada kasus ini, kalian hanya perlu mengkoneksi Smartphone Android Xiaomi dan Redmi kalian ke Port USB 2.0 saja untuk bisa mengatasi permasalahan Mode Fastboot yang muncul tulisan Press Any Key to Shutdown tersebut.

Lalu, bagaimana jika Komputer atau Laptop kalian sudah tidak support atau tidak menggunakan USB Port 2.0 lagi? misalkan hanya ada menggunakan USB Port 3.0 keatas saja, bagaimana solusinya? mudah saja.


Gunakan USB Hub


Nah ini adalah solusi paling ampuh terkait pada permasalahan kali ini, kalian hanya perlu menggunakan bantuan dari USB Hub saja.

Jika tidak punya, silahkan kalian beli sendiri, harganya tidak akan sampai membuat kantong kalian menjerit kok.

Hanya dalam kisaran harga 20-30 ribuan saja, kalian sudah bisa membeli USB Hub tersebut, hanya saja pastikan kalian membeli USB Hub dengan Port USB 2.0, untuk memastikannya mudah saja.

Fix Fastboot Press Any Key to Shutdown

Kalian hanya perlu membeli USB Hub dengan warna Port USB hitam dan jangan beli USB Hub dengan warna selian Hitam, maka pastinya kalian tidak akan salah beli tentunya.

Lalu, bagaimana cara menggunakan USB Hub tersebut untuk mengatasi permasalahan Mode Fastboot Xiaomi atau Redmi yang muncul tulisan Press Any Key to Shutdown tersebut?

Mudah saja, kalian hanya perlu menyambungkan USB Hub tersebut ke Port USB 3.0 atau versi diatasnya saja lagi.

Selanjutnya, silahkan sambungkan Smartphone Android Xiaomi atau Redmi kalian ke USB Hub yang telah kalian beli tersebut dengan Kabel USB yang kalian miliki, setelahnya harusnya masalah Mode Fastboot yang tidak bisa digunakan tersebut akan bisa dengan cepat terselesaikan.

Kenapa bisa berhasil? karena Koneksi dari Port USB 3.0 tersebut akan dikonversi kemampuannya menjadi Port USB 2.0, jika kalian menggunakan fasilitas dari USB Hub tersebut, itulah kenapa permasalahan Mode Fastboot yang sebelumnya Error kini bisa terselesaikan.

Lalu, bagaimana jika sudah menggunakan cara diatas, namun permasalahan Mode Fastboot Press Any Key to Shutdown tetap muncul?

Maka, artinya disini ada permasalahan lain, yaitu permasalahan yang datang dari OS Windows yang kalian gunakan.


Gunakan Script Khusus


Jika, kalian sudah mengikuti cara diatas dan berakhir buntu, maka artinya disini OS Windows yang kalian gunakanlah yang sedang bermasalah.

Penyebab permasalahan ini tidak perlu kami jelasakan lagi disini, karena sudah kami sampaikan diatas, hal yang pasti untuk mengatasi permasalahan Fastboot Mode yang tidak bisa digunakan, diakibatkan karena OS Windows yang bermasalah tersebut, bisa teratasi dengan menggunakan cara dibawah ini.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan, ialah kalian perlu mendownload Script Khusus yang sudah kami siapkan dibawah ini :


Password : dadroidrd.com

Setelahnya, silahkan kalian Extract file yang sudah kalian Download diatas, kemudian buka Folder tersebut dan jalankan Script tersebut dengan menggunakan "Run As Administrator".

Fix Fastboot Press Any Key to Shutdown

Jendela CMD akan keluar seperti ini :

Fix Fastboot Press Any Key to Shutdown

Langkah terakhir, kalian hanya perlu menekan tombol Enter untuk bisa keluar dari jendela CMD yang muncul tersebut.

Setelahnya, silahkan kalian coba koneksikan ulang Smartphone Android Xiaomi atau Redmi kalian dengan menggunakan Kabel USB, ingat! harus dikoneksikan ke Port USB 2.0.

Seharunya, permasalahan Mode Fastboot yang tidak bisa digunakan, karena muncul tulisan Press Any Key to Shutdown sudah tidak lagi muncul dan Mode Fastboot harusnya bisa digunakan seperti sedia kala lagi.


Masih tidak bisa?


Jika, pada akhirnya ke-2 cara diatas masih tidak bisa, maka kami tidak memiliki cara lain lagi, karena dari kasus kami sendiri, ke-2 cara diataslah yang paling ampuh untuk bisa kami gunakan untuk bisa mengatasi permasalahan Mode Fastboot Press Any Key to Shutdown tersebut.

Namun, juga pastikan, sebelum kalian menggunakan Fastboot Mode Xiaomi dan Redmi tersebut, melalui Laptop atau Komputer Desktop kalian, sebisa mungkin silahkan install dulu USB Driver Xiaomi dan Redmi tersebut.

Cara ini mungkin akan bisa mengatasi permasalahan Mode Fastboot Press Any Key to Shutdown yang muncul tersebut, jika ke-2 cara yang sudah kami sampaikan diatas, tidak berkerja untuk kalian.

Silahkan Download dan Install Xiaomi dan Redmi USB Driver untuk OS Windows tersebut, melalui halaman yang sudah kami buat dibawah ini :


Selanjutnya, sebisa mungkin gunakan komponen Fastboot Driver versi terbaru, karena versi terbaru dari Fastboot Driver tersebut mungkin sudah akan disesuaikan penggunaannya untuk versi terbaru dari OS Windows yang ada sekarang ini.

Untuk penggunaan dari Fastboot Driver tersebut, kami sarankan kalian menggunakan SDK Platform Tools terbaru yang dirilis oleh pihak Google, kalian bisa menemukannya dibawah ini :


Namun, jika kalian hanya ingin langsung menggunakan Fastboot Driver (+ADB Driver) terbaru dari SDK Platform Tools saja, maka disini sudah kami siapkan juga, silahkan kalian dapatkan dari halaman yang sudah kami siapkan dibawah ini :


Nah, selesai sudah pembahasan kita kali ini, itulah semua hal yang kami tahu terkait penyelesaian permasalahan Mode Fastboot yang tidak bisa digunakan, karena muncul tulisan Press Any Key to Shutdown tersebut.

Jika, pada akhirnya semua cara dan saran yang telah kami tulis diatas, tidak satupun yang bisa berfungsi untuk kalian, maka kami sarankan, silahkan kalian gunakan Laptop atau Komputer Desktop Windows lain, mungkin hanya ini satu-satunya solusi untuk kalian.

Dengan demikian, harapan kami adalah semoga dengan adanya artikel ini, kalian bisa dengan cepat mengatasi permasalahan yang membingungkan ini, karena kami tahu sendiri, bagaimana rasanya mendapati permasalahan ini, ketika sedang uregen-urgensinya.

Akhir kata, semoga artikel diatas bisa membantu kalian, semoga apa yang kalian harapkan bisa terpenuhi, semoga hari kalian menyenangkan. P. AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot