RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara pasang Live Wallpaper atau Backgorund Gambar bergerak Smartphone Android

Ada begitu banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan dengan sebuah Smartphone Android, karena sejatinya Smartphone Android itu memang merupakan sebuah Perangkat Pintar multimedia yang akan bisa dipergunakan untuk beragam hal, salah satunya adalah untuk kegiatan entertainment atau hiburan.

Semua pengguna Smartphone Android pasti akan setuju dengan hal tersebut, karena dengan hanya menggunakan satu buah Smartphone Android saja, maka kita bisa melakukan banyak hal untuk bisa menghibur diri.

Misalnya seperti menonton film, bermain games, menyalurkan hobby atau kesenangan tertentu dalam bidang videography, photography hingga editing, semua hal tersebut nyatanya bisa diakomodir dengan hanya menggunakan Smartphone Android.

Sehingga, tidak berlebihan jika kita menyebut bahwa Smartphone Android itu memang sudah seakan menjadi barang pokok yang wajib untuk sebagian orang, karena sejatinya Perangkat Smartphone Android itu bukan hanya bisa dipergunakan sebagai sebuah alat komunikasi saja, melainkan sudah jauh lebih dari itu kemampuannya.

Selain itu, menggunakan Smartphone Android lebih menyenangkan lagi, karena kita sebagai penggunanya akan dimanjakan dengan ribuan bahkan jutaan Aplikasi Android yang siap untuk kalian pakai, baik yang secara resmi dari Google Play Store misalnya, bisa juga dari jalur tidak resmi, misalnya menggunakan beberapa Aplikasi Mod tertentu.

Semua hal tersebut tentu akan menjadi sebuah nilai Plus untuk Smartphone Android tersebut, karena semua kebutuhan penggunannya akan bisa dipenuhi oleh Smartphone Android itu sendiri.

Maka, tidak heran jika Smartphone Android sekarang ini telah menjadi Perangkat Pintar yang paling Populer digunakan oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Lalu, alasan lain kenapa Smartphone Android itu bisa sangat populer ialah karena OS nya itu sendiri yang memang sangat bersahabat untuk para penggunannya.

Hal ini memang tidak bisa terlepas dari fakta bahwa OS Android itu sejatinya memiliki sifat sebagai sebuah OS yang Open Source.

Sehingga, pada anggota Komunitas OS Android tersebut, bisa dengan mudah ikut terlibat dalam segala aspek dalam perkembangan dari OS Android itu sendiri.

Salah satu hal yang paling terasa dari adanya dukungan Komunitas OS Android yang besar tersebut, ialah tersedianya banyak sekali Aplikasi Android yang bisa digunakan oleh penggunannya.

Bentuk dari Aplikasi Android yang tercipta dari anggota Komunitas OS Android tersebut memang ada bermacam-macam dan salah satunya adalah Aplikasi yang memang khusus dibuat untuk melakukan Customize pada sektor tampilan antar muka atau UI.


Wajah OS Android yang tidak bikin bosan


Karena adanya dukungan banyak Aplikasi yang dibuat dan dikhususkan pada sektor Customize UI tersebut, maka sudah jelas menggunakan Smartphone Android itu tidak akan menjadi semembosankan seperti ketika menggunakan Ponsel Jadul.

Jika kalian bosan dengan tampilan di Smartphone Android yang begitu-begitu saja, maka kalian bisa dengan mudah menggantinya, misalkan mengganti beberapa hal dibawah ini :

  • Home Launcher
  • Icon Pack
  • Live Wallpaper
  • Custom Lockscreen
  • Custom Statusbar
  • Custom Navigation Bar
  • Custom App Utility
  • dll.

Nah, pada beberapa hal yang kami sebutkan diatas, nyatanya bisa dengan mudah untuk diganti dengan hanya menggunakan beberapa Aplikasi yang sudah tersedia pada Google Play Store.

Jika, kalian ingin melakukan Customize ke tingkat yang lebih tinggi, maka kalian bisa pertimbangkan untuk menggunakan sebuah Custom ROM.

Tetapi, pada esensinya sebenarnya sama saja, baik itu menggunakan Custom ROM ataupun Custom App yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Google Play Store.

Intinya, dengan melakukan beberapa tindakan Custom tersebut, maka dalam penggunannya, kalian tidak akan mudah merasa bosan lagi untuk melihat tampilan antar muka Smartphone Android yang begitu-begitu saja.

Pada pembahasan kali ini, kita tidak akan membahas semua aspek Customize App yang telah kami sebutkan diatas, melainkan hanya satu bagian dari hal yang telah kami sebutkan sebelumnya, apa itu?

Maka, pembahasan yang akan kita angkat kali ini ialah terkait permasalahan Custom Live Wallpaper untuk Smartphone Android.

Lalu, apa sih Live Wallpaper tersebut?


Maksud Live Wallpaper Android


Sebenarnya, fitur Live Wallpaper ini bukanlah menjadi sebuah fitur yang baru ada pada Smartphone Android, karena sejatinya fitur ini sudah ada sejak dulu saat OS Android baru ada dan baru berkembang.

Tetapi, semakin kesini dapat kita lihat dan rasakan sendiri, bahwa pada fitur Live Wallpaper Android tersebut, memang sudah terlihat adanya kemajuan yang sangat pesat, baik dari segi Look dan Performance dari fitur Live Wallpaper tersebut.

Fitur Live Wallpaper itu sendiri biasanya juga sudah disediakan secara default pada tiap produk Smartphone Android, tetapi kalian juga tetap akan bisa menggunakan fitur Live Wallpaper tersebut secara Custom, seperti mendownload dari Google Play Store misalnya.

Sebenarnya, Live Wallpaper itu sama saja seperti Wallpaper pada umumnya, yaitu sama-sama sebagai sebuah Background yang akan menghiasi latar Homescreen Smartphone Android kalian.

Hanya saja, berbeda dari Wallpaper biasa, Live Wallpaper tersebut adalah sebuah Wallpaper yang hidup atau bergerak ketika kalian pasangkan pada Locksceen ataupun Homescreen Smartphone Android.

Nah, bagaimana maksudnya Wallpeper bergerak tersebut?

Mudahnya, kalian bisa bayangkan sendiri, kalian menggunakan sebuah Cuplikan Video untuk dijadikan sebuah Wallpaper pada Homescreen Smartphone Android kalian.

Artinya, Wallpaper tersebut bukan menjadi seperti Wallpaper biasa lagi yang cuma diam saja, karena sekarang Wallpapernya akan bergerak untuk menampilkan Scene dari Cuplikan Video yang kalian buat sebagai Wallpaper utama tersebut.

Nah itulah yang dimaksud dari Live Wallpaper tersebut, meski sama-sama bersifat sebagai sebuah media untuk melakukan Kustomisasi pada tingkat Background, nyatanya menggunakan Live Wallpaper akan menjadi lebih menyenangkan dari pada menggunakan gambar Wallpaper biasa.

Karena, gambar yang digunakan pada Live Wallpaper tersebut akan menjadi bergerak dan tidak akan diam seperti ketika menggunakan gambar Wallpaper biasa pada umumnya.

Sejauh ini, ada beberapa jenis Live Wallpaper yang bisa digunakan pada Smartphone Android untuk bisa membuat tampilan Smartphone Android menjadi lebih keren dari sebelumnya.


Jenis-jenis Live Wallpaper Android


Seperti yang sudah kami singgung diatas, nyatanya Live Wallpaper yang bisa digunakan pada Smartphone Android itu memang ada banyak macamnya.

Kalian bisa dengan bebas menggunakan jenis Live Wallpaper mana saja yang kalian inginkan, asalkan Smartphone Android kalian mampu untuk menjalankannya.

Karena dari beberapa jenis Live Wallpaper tersebut, terdapat jenis Live Wallpaper yang memang agak berat untuk dijalankan pada Smartphone Android dengan jenis spesifikasi Hardware tertentu.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kalian akan bisa mengenali jenis dari Live Wallpaper yang telah kami maksud tersebut :

  1. Live Wallpaper biasa, jenis Live Wallpaper ini biasanya terdiri dari beberapa layer gambar yang dijalankan dengan teknik software tertentu, sehingga akan menimbulkan efek gambar bergerak yang halus, indah dan continue.
  1. Video Live Wallpaper, seperti namanya sendiri, jenis Live Wallpaper ini memang memanfaatkan potongan video tertentu yang diulang-ulang dengan timming yang pas sehingga menghasilkan transisi perpindahan gambar yang smooth dan memukau.
  1. 4D Live Wallpaper, dari sekian jenis Live Wallpaper Android yang ada, jenis inilah yang paling keren dan yang paling canggih, karena jenis Live Wallpaper ini akan memanfaatkan sensor Gyroscope yang ada pada sebuah Smartphone Android, sehingga efek gerakan gambar akan muncul seperti 4D ketika kalian sedang menggerak-gerakan Smartphone Android kalian.
  1. System Live Wallpaper, jenis Live Wallpaper ini sebenarnya sama saja seperti jenis Live Wallpaper biasa, perbedaannya pada jenis Live Wallpaper ini akan menggunakan Informasi System di Smartphone Android sebagai bahan utama gambar yang akan ditampilkan, misalkan informasi waktu, tanggal, performa CPU / GPU, kapasitas baterai, temperatur cuaca, dll.

Sebenarnya, masih ada beberapa jenis Live Wallpaper lain yang bisa kalian gunakan pada Smartphone Android modern yang ada saat ini.

Tetapi, untuk penggunaan jenis Live Wallpaper yang populer, maka ke-4 jenis Live Wallpaper diatas lah yang paling banyak digunakan.

Baiklah, kita akan berlanjut kepada pembahasan selanjutnya, pada faktanya menggunakan Live Wallpaper di Smartphone Android itu bisa jadi menimbulkan beberapa efek negatif yang bisa merugikan penggunannya.

Kenapa demikian?


Dampak negatif menggunakan Live Wallpaper Android


Perlu kami tekankan disini, dampak negatif yang kami maksud disini sangat terkait dengan jenis Smartphone Android yang kalian gunakan.

Lebih rinci lagi, permasalahan dampak negatif Live Wallpaper tersebut, memang akan sangat berkaitan jenis Spesifikasi Hardware yang digunakan pada Smartphone Android itu sendiri.

Hal pertama yang harus kalian pahami adalah bahwa kenyataannya Live Wallpaper Android itu memang berkerja dengan menggunakan sebagian dari sumber daya RAM, Baterai, CPU dan juga GPU.

Bayangkan saja, jika kalian memiliki sebuah Smartphone Android dengan spesfikasi hardware yang rendah, maka pastinya menggunakan Live Wallpaper tersebut hanya akan menimbulkan masalah saja untuk kalian.

Lalu, masalah-masalah apa saja yang akan muncul?

Beberapa masalah yang biasa muncul pada beberapa jenis Smartphone Android ketika menggunakan fitur Live Wallpaper, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Navigasi di Smartphone Android akan menjadi Lagging atau patah-patah.
  2. Kapasitas Baterai di Smartphone Android akan cepat habis, karena CPU dan GPU perlu banyak daya untuk menjalankan fitur Live Wallpaper tersebut.
  3. Smartphone Android akan cepat panas, karena akan ada process berat yang dijalankan oleh Processor.
  4. Smartphone bisa tiba-tiba reboot dengan sendirinya, karena kehabisan RAM.
  5. Buka tutup Aplikasi lain akan menjadi kian lamban, karena Processor yang tengah sibuk menghandling fitur Live Wallpaper.
  6. Smartphone Android bisa tiba-tiba menjadi Hang atau Freeze disebabkan crash karena Live Wallpaper itu sendiri.

Nah, dari yang sudah kami sampaikan diatas, memang cukup mengerikan dampak negatif dari penggunaan Live Wallpaper tersebut.

Karena mau tidak mau, inilah konsekuensi yang harus kalian terima jika menggunakan Live Wallpaper Android tersebut, apalagi jika Smartphone Android kalian tidak mampu dari segi sepsfikasi Hardware untuk bisa menjalankan fitur Live Wallpaper.

Ingat! permasalahan diatas hanya terjadi pada jenis Smartphone Android tertentu saja.

Bagaimana maksudnya?


Spesifikasi Ideal untuk menjalankan Live Wallpaper Android


Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit diatas, sejatinya untuk bisa menjalankan fitur Live Wallpaper tersebut, maka tentu saja akan melibatkan sebagian resource dari kemampuan RAM, Baterai, CPU dan juga GPU.

Sehingga, untuk bisa menjalankan fitur Live Wallpaper Android dengan lancar, maka diperlukan sebuah spesfikasi Hardware yang baik pada Smartphone Android terkait.

Umumnya, kami tidak akan menyarankan kalian untuk menggunakan fitur Live Wallpaper tersebut pada Smartphone Android jadul dari kelas Entry-level, misalkan Smartphone Android tersebut berasal dari tahun 2016 atau dibawahnya.

Jika kalian paksakan, maka masalah yang sudah kami jelaskan diatas, mungkin akan menghampiri kalian nantinya.

Tetapi, jika kalian menggunakan Smartphone Android modern yang dirilis pada rentang pada 1 atau 2 tahun yang lalu dan berasal minimal dari kelas Mid Range.

Maka, kami jamin kalian akan bisa lancar menggunakan fitur Live Wallpaper tersebut tanpa perlu menemui masalah yang berarti.

Lalu, detail spesifikasi seperti apa sih agar bisa menjalankan fitur Live Wallpaper dengan lancar di Smartphone Android? maka tolak ukurnya bisa kalian lihat seperti dibawah ini :

  1. RAM minimal 3GB.
  2. GPU / CPU versi terbaru paling minimal yang berasal dari 2-3 tahun yang lalu dari kelas Mid Range.
  3. Kapasitas Baterai Smartphone Android minimal 3000mAh.

Percaya saja, jika kalian memiliki Smartphone Android dengan minimal Spesifikasi seperti yang kami sebutkan diatas.

Maka, kami jamin kalian akan bisa menjalankan semua jenis Live Wallpaper Android dengan lancar, dengan satu syarat performa dari Hardware Smartphone Android yang kalian miliki haruslah masih prima.

Jika, kalian sudah bisa memahami semua hal yang telah kami tulis diatas, maka kalian sudah siap untuk bisa menggunakan fitur Live Wallpaper tersebut di Smartphone Android yang kalian miliki.


Cara pasang Live Wallpaper keren untuk Smartphone Android


Pada pembahasan ini, kami sudah menyiapkan 2 buah Aplikasi Live Wallpaper Android yang memang sangat kami rekomendasikan untuk kalian gunakan, jika kalian memang ingin menggunakan Live Wallpaper yang berkualitas di Smartphone Android yang kalian gunakan.

Perlu kalian ketahui, kami sudah cukup lama menggunakan 2 buah Aplikasi Live Wallpaper dibawah ini, karena kami memang puas dengan koleksi dari Live Wallpaper yang tersedia pada 2 buah Aplikasi tersebut.

Selain itu, kedua buah Aplikasi yang akan kami sarankan untuk kalian dibawah ini, sifatnya juga gratis dan resmi bisa kalian dapatkan secara langsung dari Aplikasi Google Play Store Android.

Berikut adalah 2 buah Aplikasi Live Wallpaper Android yang kami maksud :


Walloop


Ini adalah Aplikasi Live Wallpaper Android pertama yang kami sarankan untuk kalian, Aplikasi ini menyediakan puluhan jenis Live Wallpaper yang berkualitas dengan resolusi yang tinggi, jenis Live Wallpaper yang disediakan adalah yang berjenis biasa / 3D.

Cara pasang Live Wallpaper atau Backgorund Gambar bergerak Smartphone Android

Sehingga, penggunaan Live Wallpaper yang ada pada Aplikasi Walloop ini akan sangat cocok digunakan pada Smartphone Android dengan resolusi layar HD hingga 4K.

Cara pasang Live Wallpaper atau Backgorund Gambar bergerak Smartphone Android

Hanya saja, untuk bisa menggunakan Live Wallpaper dari Aplikasi Walloop tersebut, kalian memerlukan Credit untuk melakukan Unlock Live Wallpaper tersebut.

Cara mendapatkan Creditnya juga sangat mudah, kalian hanya perlu menonton Iklan Video yang telah disiapkan oleh Aplikasi Walloop tersebut sebanyak 2 Kali, artinya disini kalian akan bisa mendapatkan 6 Credit.

Syarat Unlock Live Wallpaper pada Aplikasi ini memang membutuhkan 6 Credit, sehingga kalian perlu menonton Video yang telah disiapkan tersebut sebanyak 2 kali, karena tiap 1 Video akan berjumlah 3 Credit.

Menariknya, kalian bisa melakukan Unlock semua jenis Live Wallpaper pada Aplikasi Walloop ini dengan cara yang sama, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Jika kalian tertarik menggunakan Aplikasi ini, kalian bisa langsung mengunjungi alamat URL yang telaj kami sediakan dibawah ini :



X Live Wallpaper


Nah, ini adalah Aplikasi Live Wallpaper yang kami sarankan untuk kalian gunakan, jika ingin menggunakan Live Wallpaper dengan kualitas yang bagus dan koleksi yang super lengkap.

Cara pasang Live Wallpaper atau Backgorund Gambar bergerak Smartphone Android

Pada Aplikasi X Live Wallpaper ini, tesedia beberapa jenis Live Wallpaper Android, seperti jenis Biasa, 3D, 4D, hingga Video.

Cara pasang Live Wallpaper atau Backgorund Gambar bergerak Smartphone Android

Resolusi dari Live Wallpaper yang disediakan Aplikasi ini juga sudah Support hingga 4K dengan kualitas yang premium tentunya.

Hanya saja, berbeda dari Aplikasi sebelumnya, pada Aplikasi ini kalian harus membayar sekitar $9.99 untuk bisa menggunakan puluhan hingga ratusan koleksi Live Wallpaper dari Aplikasi X Live Wallpaper tersebut.

Sifat pembayaran dari Aplikasi ini juga One Time Payment, artinya cukup bayar sekali, maka kalian akan bisa menggunakan semua jenis Live Wallpaper yang tersedia pada Aplikasi tersebut.

Sebenarnya, kami sudah lama menggunakan Aplikasi ini dan kamipun sangat puas dibuatkan, karena misalkan ketika menggunakan jenis 4D Live Wallpaper, maka kita akan diberikan kontrol lanjutan untuk bisa melakukan Setting terhadap sensitivtas gerakan efek yang akan dimunculkan nantinya.

Jika kalian tertarik menggunakan Aplikasi ini, kalian bisa langsung mendownloadnya dari alamat URL yang telah kami siapkan dibawah ini :


Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sangat sederhana kali ini, pembahasan ini memang terlihat biasa-biasa saja.

Tetapi, kalau bisa kalian pahami dengan benar, maka kalian mungkin akan mendapati pengalaman baru dalam menggunakan Smartphone Android yang sebelumnya mungkin tidak pernah kalian rasakan.

Itulah yang beberapa waktu lalu kami rasakan, ternyata menggunakan Live Wallpaper di Smartphone Android itu bisa meningkatkan Mood ketika sedang berkerja atau sedang melakukan hal lainnya.

Karena Live Wallpaper tersebut, terlebih ada yang bernuansakan Natural, maka tentu akan membuat adem perasaan ketika memandanginya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot