RILIS ARTIKEL TERBARU :

Perbedaan hasil angka Refresh Rate Smartphone

Berbicara terkait jenis dan rupa Ponsel Pintar yang ada pada era seperti sekarang ini, tentu akan sulit untuk dijelaskan dan digambarkan secara jelas, karena seperti yang kita ketahui saat ini rupa dan bentuk dari Smartphone itu ada banyak sekali macamnya.

Bahkan beberapa jenis Smartphone itu memang memiliki rupa yang identik satu sama lainnya, mungkin kita bisa menyebut fenomena ini sebagai sebuah trend desain dari Smartphone itu sendiri.

Meski demikian, jika kita melihat dari segi perkembangan teknologi dari Smartphone tersebut, tentu kita akan mendapati banyak sekali kemajuan pada sektor teknologi dan inovasi tersebut, jika kita bandingkan dengan Smartphone pada era 10 tahun lalu misalnya.

Ada beragam kemajuan yang sangat spektakuler yang bisa kita dapati dan rasakan sekarang ini, seperti kemajuan pada bidang fotografi, processor, pengolahan grafik, audio, jaringan hingga beberapa hal lainnya yang sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Melihat dari fakta tersebut, maka wajar saja jika sekarang ini Smartphone sudah berevolusi menjadi sebuah perangkat yang wajib ada bagi sebagian besar orang yang hidup dizaman sekarang ini.

Selanjutnya, berbicara terkait perkembangan teknologi dan inovasi pada Smartphone tersebut, maka salah satu yang bisa kita rasakan dampak perubahan besarnya ialah terletak pada sektor layar dari Smartphone itu sendiri.

Selama bertahun-tahun, sektor layar atau display hardware pada Smartphone itu terus saja berkembang dan berevolusi ke arah yang sudah benar-benar canggih.

Sebut saja, seperti angka resolusi dari layar Smartphone yang sudah sangat besar, sehingga kita bisa melihat detail dengan sangat mulus dan tidak menyakiti mata.

Lalu, ada juga perkembangan dari pengaturan komposisi warna layar yang begitu natural, detail, nyata, memikat serta tajam.

Selanjutnya ada juga perkembangan pada sektor desain dari desain hardware layar tersebut yang sekarang sudah ada jenis layar yang fleksibel, bisa melengkung hingga anti patah.

Nah, yang terakhir ada pula perkembangan yang baru-baru saja terjadi yaitu adalah pada bagian Refresh Rate layar Smartphone yang sekarang mungkin sudah setara canggihnya seperti pada layar Monitor Komputer Gaming mahal.

Sehingga, hal inilah yang akan kita angkat pada pembahasan kali ini, yaitu adalah permasalahan pada bagian fitur Refresh Rate pada layar Smartphone tersebut.

Lalu, apa sih Refresh Rate pada layar Smartphone tersebut?


Mengenali Refresh Rate Layar Smartphone


Umumnya, sekarang ini penggunaan Refresh Rate layar Smartphone yang lebih besar dari pada biasanya sudah banyak diimplementasikan oleh beragam produsen Smartphone.

Seperti yang terjadi pada kebanyakan seri Smartphone Android dan Smartphone Apple iPhone versi terbaru, kebanyakan sudah menggunakan teknologi Refresh Rate layar yang lebih besar.

Tujuannya, sudah jelas yaitu adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada jajaran produk Smartphone yang mereka jual.

Secara umum, penggunaan standard Refresh Rate pada Smartphone itu adalah pada level 60Hz, karena dengan angka tersebut maka harusnya mata kita sudah sangat nyaman dalam melakukan interaksi normal ke Smartphone yang dimiliki.

Namun, sekarang ini semua hal tersebut sudah mulai berubah, karena sekarang ini kebanyakan Smartphone jenis baru sudah mengadopsi Refresh Rate layar yang lebih besar.

Berapa besaran angkanya?

Maka, jawabannya adalah yaitu mulai dari level 90Hz, 120Hz, 144Hz hingga 240Hz.

Dapat kalian lihat sendiri, pada perkembangannya Refresh Rate layar pada Smartphone jenis baru tersebut bahkan bisa berkali lipatnya dari pada Refresh Rate layar standard pada umumnya, yaitu adalah pada level 60Hz.

Sehingga, pasti kalian berpikir akan menemukan sesuatu yang sangat berbeda ketika menggunakan Smartphone dengan Refresh Rate 60Hz dan Smartphone dengan layar Refresh Rate 144Hz.

Secara teknis, kalian pasti akan merasakan perbedaanya, tetapi kalau untuk kondisi normal perbedaan tersebut mungkin akan terasa sedikit saja perbedaanya.

Kenapa demikian?

Mudah saja, karena Refresh Rate layar besar tersebut memang ditujukan untuk suatu kondisi khusus saja.

Lalu, bagaimana sih teknis dari Refresh Rate layar pada Smartphone tersebut?


Fungsi Refresh Rate Layar Smartphone


Dari sedikit penjelasan kami diatas tadi, mungkin kalian sudah bisa memahami sedikit terkait bagaimana teknisnya fitur Refresh Rate tersebut berkerja.

Maka, pada pembahasan kali ini kami akan lebih memperjelas terkait bagaiaman fungsi dari fitur Refresh Rate tersebut, kenapa bisa menjadi sangat penting ketika digunakan dalam suatu kondisi khusus.

Secara umum, fungsi dari Refresh Rate pada layar Smartphone itu ialah untuk memberikan kesan Smooth terhadap transisi dan pergerakan objek yang tampil pada layar Smartphone tersebut.

Keterkaitan lebih lanjutnya adalah Refresh Rate tersebut juga akan sangat berkaitan dengan pengalaman dari User Gesture yang menjadi lebih baik, seperti ketika sedang melakukan perpindahan antar aplikasi, scrolling, texting dan lainnya, semuanya akan menjadi lebih Smooth pada level Refresh Rate yang tinggi.

Selain itu, ketika layar Smartphone kalian hanya berada pada level 60Hz saja, maka ketika Frame Rate Per Second (FPS) tersebut bisa mencapai angka yang lebih tinggi misalkan hingga 100 FPS.

Maka, Smartphone yang kalian gunakan kalian tidak akan bisa mencapai level 100 FPS tersebut, karena secara teknis layar Smartphone kalian hanya akan bisa mencapai Frame Rate sekitar 59 hingga 60 FPS saja maksimalnya.

Untuk lebih mudanya kalian dalam memahami teknisnya, mungkin kalian bisa melihat perbedaan dari Refresh Rate besar dan Refresh Rate kecil pada suatu objek bergerak pada gambar dibawah ini :

Perbedaan hasil angka Refresh Rate Smartphone

Bagaimana? jelas sekalikan perbedaannya?

Sayangnya, perbedaan tersebut tidak akan bisa langsung kalian rasakan atau lihat dengan mata kalian, karena umumnya kalian tidak akan bisa membedakan pergerakan dari sekian milidetik dari objek bergerak tersebut.

Sehingga, bagaimana kita bisa mendapati perbedaan dari Refresh Rate layar 60Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz dan 240Hz tersebut?


Mengenali perbedaan antar angka Refresh Rate Layar Smartphone


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, umumnya kalian mungkin tidak akan bisa merasakan perbedaannya secara langsung.

Karena dengan Refresh Rate layar sebesar 60Hz, mata kalian sudah akan sangat dimanjakan dengan beragam transisi lembut yang tersaji pada layar Smartphone tersebut.

Meski mata kalian tidak bisa merasakannya secara langsung, namun kalian tetap akan bisa merasakan ada perbedaan yang terasa jika menggunakan Refresh Rate layar minimal 90Hz.

Yaitu adalah Scrolling akan terasa menjadi lebih lembut dan tidak kaku, seperti ketika menggunakan layar Smartphone dengan Refresh Rate 60Hz.

Selebihnya, untuk penggunaan normal maka kalian tidak akan merasakan perbedaan yang begitu kentara jika sudah menggunakan Smartphone dengan Refresh Rate layat diatas 90Hz.

Sehingga bisa kita simpulkan, seperti ini :

  1. Scrolling dan transisi akan terasa menjadi lebih Smooth pada level Refresh Rate 90Hz.
  2. Penggunaan Refresh Rate layar lebih dari 90Hz tidak akan begitu bermanfaat untuk orang biasa / normal.
  3. Penggunaan Refresh besar sangat cocok dan sangat krusial untuk para Gamers.

Bagaimana sudah sudah membedakan perbedaan dari angka Refresh Rate serta peruntukannya tersebut?


Refresh Rate tinggi sangat penting bagi Gamers


Inilah kondisi khusus yang telah kami maksud diatas, artinya penggunaan Refresh Rate besar akan sangat penting bagi para Gamers.

Karena dengan Refresh Rate tinggi tersebut, maka pengalaman dalam bermain Games akan menjadi lebih menyenangkan, karena semuanya akan terasa lebih lancar, akurat, persisi dan tentu saja real time.

Hanya saja, bukan berarti kalian akan bisa mendapati manfaat Frame Rate besar tersebut pada semua Games.

Umumnya Refresh Rate tinggi tersebut kebanyakannya akan sangat berguna ketika kalian sedang memainkan Games Kompetitif, seperti PUBG, Call of Duty dan berbagai jenis Games Shooter kompetitif lainnya.

Dengan menggunakan Refresh Rate besar tersebut, kalian tentu akan lebih diuntungkan, karena akan bisa melihat objek yang kalian bidik secara real time.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat percontohan gambarnya seperti dibawah ini :

Perbedaan hasil angka Refresh Rate Smartphone

Bagaiman? terlihat curang bukan?

Ya! sebenarnya memiliki Refresh Rate besar itu memang sebuah kecurangan, katika Player lain hanya menggunakan Smartphone dengan Refresh Rate yang lebih kecil, misalnya 60Hz.

Dalam berbagai skenario penggunaan Refresh Rate besar tentu akan selalu diuntungkan, ketika dalam permainan Shooter Kompetitif tersebut.

Hanya saja, kalau hanya untuk bersenang-senang, maka kami kira penggunaan Refresh Rate layar besar untuk jenis games Shooter Kompetitif tersebut sah-sah saja.

Karena pada kondisi ini, tentu kalian akan mendapati pengalaman bermain Games Shooter yang lebih nyata dan menyenangkan dari pada sebelumnya.

Meski demikian, nyatanya menggunakan fitur Refresh Rate layar yang besar tersebut juga akan merugikan dalam beberapa kondisi normal.


Dampak negatif penggunaan Refresh Rate layar yang besar


Umumnya, tidak ada produk Smartphone yang langsung mengunci kemampuan layar tersebut langsung ke level Refresh Rate besar seperti 120Hz misalnya.

Kebanyakan, pasti akan menyediakan fitur ini secara Native atau Optional yang bisa kalian gunakan kapan saja.

Kenapa demikian?

Jelas saja, karena jika Smartphone tersebut selalu berada pada Mode Refresh Rate layar yang besar, maka pasti akan memberikan dampak buruk kepada 2 kondisi dibawah ini.


Baterai akan sangat boros


Ini adalah permasalahan utamanya, tentunya menggunakan Mode Refresh Rate yang besar pastinya juga akan menggunakan daya yang besar untuk menjalankannya.

Berbeda dengan Monitor Gaming yang langsung menggunakan listrik sebagai Supply daya utamanya, di Smartphone itu sangat berbeda karena tentu disini daya yang digunakan adalah Baterai yang memiliki kapasitas yang sangat terbatas.

Sehingga, wajar saja jika hampir semua Smartphone itu memberikan Opsi untuk menaikan atau menurunkan Refresh Rate layar tersebut sesuai kebutuhan dari penggunannya.

Alasannya sudah sangat jelas, tentu agar baterai tidak cepat habis.


Overheat


Ini adalah masalah kedua yang akan kalian rasakan sebagai bagian dari dampak negatif penggunaan Refresh Rate layar yang besar pada suatu Smartphone tersebut.

Umumnya, ketika Refresh Rate tersebut sedang berkerja maksimal, maka kalian harus pahami didalamnya ada Hardware yang berkerja dengan sangat keras untuk menjalankan fungsi Refresh Rate besar tersebut.

Pada kondisi ini 2 komponen utama tersebut ialah CPU dan juga GPU, ketika kedua buah komponen ini berkerja keras dalam waktu yang cukup lama.

Maka, kalian tentu akan merasakan panas dari Smartphone yang kalian miliki dan dalam kasus ekstrim permasalahan ini akan berujung kepada kasus Overheat yang tentu saja sangat berbahaya jika selalu terjadi.

Sehingga, bagaimana sih bijaknya dalam menggunakan fitur Refresh Rate tersebut?


Penggunaan fitur Refresh Rate yang wajar


Dalam takaran nilai ke wajaran dalam penggunaan Refresh Rate pada layar Smartphone itu mudahnya seperti ini :

  1. Jika, kalian hanya menggunakan Smartphone untuk kegiatan biasa atau normal saja, silahkan gunakan Refresh Rate 60Hz saja.
  2. Jika, kalian ingin menggunakan Smartphone dengan lebih Smooth, tetapi akan sedikit berdampak pada konsumsi daya baterai, maka gunakan Mode Refresh Rate 90Hz.
  3. Tetapi, jika kalian ingin bermain Games secara maksimal dan habis-habisan, maka silahkan Settings Refresh Rate ke angka yang paling besar, dengan konsekuensi baterai cepat habis dan cepat overheat.

Dengan mengikuti ke-3 hal diatas, kalian sudah bisa menggunakan fitur Refresh Rate tersebut secara bijak dan wajar, sehingga tentu dalam penggunannya tidak akan salah sasaran lagi dan cenderung akan merugikan kalian.

Nah, selesai sudah pembahasan kita kali ini, membahas permasalahan Refresh Rate layar pada Smartphone itu memang menyenangkan, meski memang akan sedikit membingungkan untuk dipahami.

Karena secara teknisnya, fitur ini memang biasanya hanya terdapat pada Monitor Komputer Gaming saja.

Namun, sekarang karena teknologi sudah benar-benar maju dan kebutuhan akan penggunaan Refresh Rate besar tersebut memang ada pada era Smartphone tersebut.

Maka, mau tidak mau kalian harus bisa beradaptasi dengan fitur tersebut dan harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan yang kalian inginkan sendiri.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot