RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara agar akun instagram tidak dihack

Social media memang sudah menjadi rumah kedua bagi kebanyakan orang saat ini, memang aneh rasanya jika seseorang yang hidup dizaman sekarang ini tidak tahu atau tidak mengenal sosial media tersebut, apalagi bagi mereka yang masih berumur muda.

Mengakses platform sosial media sendiri tidaklah sulit untuk dilakukan, berbekal hanya dengan koneksi Internet, maka kita sudah bisa mengakses salah satu dari beberapa platform sosial media populer yang ada saat ini.

Selain itu, sosial media juga banyak dimanfaatkan oleh beragam kalangan untuk melakukan beragam aktifitas, seperti kegiatan bisnis, diskusi perkumpulam tertentu, tempat menyalurkan bakat dan hobi, serta beragam hal apapun bisa diangkat dan dibawah ke sosial media tersebut.

Secara umum semua orang berhak atas akses ke sosial media tersebut, semua orang juga bebas berekspresi pada platform sosial media tersebut, hanya saja harus sesuai dan sejalan dengan norma-norma yang diberlakukan.

Mengakses sosial media juga tidak melulu hanya bisa diakses melalui perangkat Komputer saja, karena sekarang ini dengan hanya bermodalkan sebuah Smartphone, maka kita sudah bisa mengakses sosial media tersebut secara bebas.

Sekarang ini memang ada banyak sekali jenis platform sosial media yang bisa kita gunakan, seperti platform sosial media yang mengandalkan fitur berbagi timeline, story, foto hingga video.

Jika kita berbicara terkait salah satu platform sosial media yang populer dan banyak sekali digunakan oleh orang-orang modern sekarang ini, maka salah satu jawabannya pasti ialah Instagram.

Ya! platform sosial media dengan jenis platform berbagi foto dan video ini memang begitu populer penggunaannya, karena dalam platform ini kita bisa mengekspresikan diri kita sebebas mungkin dan tentu saja platform satu ini juga bisa andalkan untuk kegiatan yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Benar saja, mulai dari orang biasa hingga artis besar sekalipun, pastinya akan memiliki paling tidak satu akun media sosial Instagram tersebut.

Sehingga, sekarang ini banyak orang yang menggunakan platform Instagram tersebut untuk menilai kepopuleran seseorang baik didunia nyata ataupun pada dunia maya.

Jika kita melihat dari historisnya, Instagram memang sudah banyak sekali memasukan beragam fitur baru yang memiliki nilai manfaat besar untuk para penggunannya.

Seperti salah satunya adalah fitur untuk Instagram Stories yang akan otomatis hilang dalam waktu 24 jam dan juga fitur lainnya seperti penanda keaslian dari pemilik akun Instagram yang sebenarnya.

Selain kedua hal diatas, tentu masih ada banyak fitur lainnya dan yang terpenting dari semua itu adalah pihak Instagram juga sangat memperhatikan fitur dalam kaitan keamanan akses akun pengguna.

Hal ini tentu perlu kita apresiasi, karena seperti yang kita ketahui kasus pencurian akun pada platform Instagram itu terbilang tinggi dan sering terjadi setiap saatnya.


Akun Instagram bisa diretas (Hack)


Inilah fakta yang tidak bisa kita remehkan, artinya setiap akun Instagram itu memiliki potensi agar bisa tercuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak pandang bulu memang, baik akun Instagram orang biasa dan orang besar sekalipun, semuanya memang rentan tercuri atau bisa diretas.

Sebenarnya dalam kondisi ini, kita tidak menyalahkan sistem keamanan platform sosial media Instagram tersebut, karena sejatinya semua jenis akun digital itu memang bisa diretas dengan beragam metode dan alasan dibaliknya.

Kasus peretasan akun Instagram tersebut memang tidak bisa dibenarkan sama sekali, karena tentu akan merugikan si pemilik akun, mau apapun alasannya.

Sebenarnya, akun Instagram itu menjadi bisa diretas itu bukan sepenuhnya kesalahan dari sistem keamanan Instagram, melainkan kebanyakan dari ulah pemilik akun Instagram itu sendiri.

Karena secara tidak sadar, mereka para pemilik akun Instagram sendirilah yang memang telah memberikan celah agar akun mereka bisa dengan mudah diretas.

Tidak percaya?


Kurangnya proteksi secara individu


Sebenarnya, dari sisi pihak Instagram sendiri, sistem keamanan yang mereka buat memang sudah benar-benar kuat dan memang sangat sulit ditembus.

Hanya saja, kebanyakan kasus peretasan akun Instagram yang terjadi itu memang sebagiannya murni kesalahan dari penggunannya sendiri.

Bagaimana contohnya?

Mudah saja, umumnya kasus peretasan akun Instagram tersebut biasanya terjadi karena 3 hal umum dibawah ini :

  1. Login akses Akun Instagram kalian diketahui oleh orang selain kalian.
  2. Login akses Akun Instagram kalian mudah tertebak.
  3. Kalian sembarangan dalam memberi informasi Login akses Akun Instagram kalian ke pihak tertentu.

Bagaimana? apakah kalian sudah sadar?

Jika berkaca dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, tentu saja kasus peretasan akun Instagram akan menjadi sangat mungkin terjadi ketika 1 diantara 3 hal yang sudah kami sebutkan diatas memang sudah terjadi.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih kondisi jika akun Instagram kita telah diretas?


Ciri-ciri akun Instagram yang telah diretas (Hack)


Untuk mengetahui ciri-ciri akun Instagram yang sudah diretas itu memang terbilang gampang-gampang sulit.

Secara umum kalian akan mudah mengetahui bahwa akun Instagram kalian diambil alih ketika dalam kondisi sebagai berikut :

  1. Kalian tidak bisa Login ke akun Instagram yang kalian miliki.
  2. Konten didalam akun Instagram kalian terhapus atau diganti.
  3. Kalian kehilangan banyak sekali angka akun Following.
  4. Foto profil dan deskripsi profil yang telah diganti.
  5. Kalian mendapati Direct Message yang sebelumnya tidak pernah kalian lakukan.

Dengan melihat dari beberapa kondisi diatas, tentu kita bisa dengan mudah mengasumsikan bahwa akun Instagram kita telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tetapi, dalam sisi lain ternyata akun Instagram kalian juga bisa sudah diretas tanpa sepengetahuan kalian dengan ciri-ciri yang tidak ada seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Umumnya, kita bisa menyebut kasus peretasan ini sebagai sebuah kasus pengguna bayangan dari akun Instagram yang kalian miliki.

Tujuannya bukan untuk mengambil alih akun Instagram yang kalian miliki, tetapi lebih kepada pencurian informasi aktifitas yang terjadi di akun Instagram tersebut.

Umumnya, permasalahan peretasan pengguna bayangan dari akun Instagram jenis ini biasanya dilakukan oleh orang terdekat kalian, misalnya seperti keluarga, pasangan atau teman-teman kalian sendiri.

Jika kita melihat ke aspek yang lebih dalam, tentu saja kasus peretasan akun Instagram dari pengguna bayangan ini tentu akan sangat merugikan kalian, karena kebebasan dan privasi kalian akan diketahui oleh orang-orang yang tidak memiliki kepentingan.

Nah, lalu apakah ada cara agar akun Instagram yang kalian miliki bisa aman dari kasus peretasan atau Hacking dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut?

Jawabannya tentu saja ada, sisanya tinggal kalian manfaatkan dan pelajari saja fungsi dan kegunaannya.

Sehingga, dibawah ini kami telah merangkum beberapa hal positif yang bisa kalian lakukan agar akun Instagram kalian aman dari kasus peretasan tersebut.


Cara melindungi akun Instagram dari masalah peretasan


Sebelum kita memulai topik pembahasan utama kali ini, semua hal yang kami sebutkan dibawah ini memang akan bersifat sangat bermanfaat untuk melindungi akun Instagram kalian dalam jangka waktu yang panjang.

Selain melindungi, cara-cara yang akan kami sampaikan dibawah ini juga akan bisa kalian manfaatkan untuk melacak aktifitas mencurigakan yang terjadi diakun Instagram yang kalian miliki.

Terlebih lagi, kami juga menyertakan beberapa informasi berharga, agar kalian bisa senantiasa melindungi informasi akun Login media sosial yang kalian miliki dan tidak terbatas hanya kepada platform sosial media Instagram saja.

Baiklah, berikut adalah cara-cara agar akun Instagram kalian tidak mudah diretas (Hack) :


Perkuat Password Login


Ini adalah hal paling utama yang perlu kalian perhatikan, umumnya kasus peretasan akun Instagram yang marak terjadi ialah karena Password Login akun Instagram kalian itu terlalu mudah ditebak.

Sehingga, kalian bisa pastikan bahwa Password Login akun Instagram kalian itu sangat kuat dan bahkan Password tersebut tidak bisa diduga-duga oleh orang-orang lain bahkan orang terdekat kalian.

Hindari penggunaan Password yang identik dengan identitas diri kalian, karena umumnya Password yang dibuat karena pencerminan diri itu sangat mudah sekali ditembus, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Sehingga, jika kalian merasa Password Login akun Instagram kalian terlalu mudah dan terlalu lemah untuk ditebak, maka silahkan langsung ganti Password tersebut dengan Password baru yang lebih kuat.

Untuk mengganti Password lama ke Password yang baru tersebut, kalian bisa mengakses menu Settings >> Security >> Password, pada menu Profil akun Instagram yang kalian miliki.

Cara agar akun instagram tidak dihack

Pada menu penggantian Password ini, silahkan kalian masukan Password lama kalian dan masukan kembali Password baru yang telah diperkuat pada 2 baris kolom setelahnya.


Aktifkan fitur Two Factor Authentication


Umumnya fitur ini memang secara default dinonaktifkan pada semua akun Instagram, kalian hanya bisa mengaktifkan fitur ini secara manual pada menu Settings >> Security >> Two-Factor Authentication.

Sebenarnya fitur satu ini sangat bermanfaat sekali untuk bisa kalian aktifkan setiap saat, karena secara teknis fitur ini akan memberikan proteksi lebih kepada pengakses akun Instagram tersebut.

Cara kerja dari fitur Two Factor Authentication ini ialah ketika kalian sudah melakukan Login, maka kalian akan kembali diminta untuk melakukan konfirmasi terhadap aktifitas Login yang terjadi tersebut.

Cara agar akun instagram tidak dihack

Sejauh ini ada 2 buah cara yang bisa kalian lakukan untuk memvalidasi dan mengkonfirmasi aktifitas Login tersebut, yaitu adalah :

  1. Dengan memasukan Kode yang dikirim oleh aplikasi pihak ke-3 seperti Google Authenticator.
  2. Dengan memasukan Kode yang dikirim via SMS ke nomor telepon pribadi kalian.

Kalian bebas saja memilih yang mana yang menurut kalian paling baik dan mudah untuk kalian, kalau pendapat kami sendiri akan lebih efisien untuk menggunakan opsi yang pertama.

Keuntungan dari penggunaan fitur ini ialah, ketika akses Login akun Instagram kalian memang sudah diketahui oleh orang selain kalian.

Maka sebenarnya hal tersebut tidak ada gunanya untuk orang yang telah mengetahuinya tersebut, karena ketika dilakukan Login, maka aplikasi Instagram akan meminta validasi dan konfirmasi lanjutan terhadap aktifitas Login tersebut.

Bagaiman? fitur yang sangat bermanfaat bukan?


Lihat aktifitas Login


Nah, hal ini juga sangat penting untuk kalian ketahui, sebenarnya meski kalian sudah mengaktifkan fitur Two Factor Authentication diatas, namun tetap saja potensi peretasan bisa saja tetap terjadi.

Idealnya mungkin telah terjadi sebelum kalian mengaktifkan fitur Two Factor Authentication tersebut, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, umumnya kasus peretasan ini bisa kita sebut sebagai seorang pengguna bayangan dari akun Instagram kalian.

Sebenarnya mudah saja untuk kalian bisa melacak para pengguna bayangan tersebut, yaitu dengan cara mengakses Settings >> Security >> Login Activity.

Cara agar akun instagram tidak dihack

Dari fitur ini kalian bisa dengan mudah melihat aktifitas Login yang terjadi pada akun Instagram kalian dengan 3 buah informasi penting, yaitu :

  • Lokasi
  • Jenis Device
  • Waktu Login

Nah, jika kalian melihat adanya aktifitas Login yang janggal, misalkan dari lokasi yang jauh atau lokasi yang memang tidak pernah kalian datangi.

Maka kalian bisa dengan mudah memutus akses Login tersebut dengan cara melakukan Log Out.

Cara agar akun instagram tidak dihack

Sehingga para pengguna bayangan tersebut perlu Login ulang dengan cara mengikuti aturan Two Factor Authentication yang harusnya mustahil untuk dilewati dengan mudah.

Lalu, bagaimana jika para pengguna bayangan tersebut ialah orang terdekat kalian dengan informasi lokasi yang sama?

Mudah saja, kalian hanya perlu melihat jenis perangkatnya saja misalkan Smartphone tipe apa dan seri apa atau diakses melalui perangkat Desktop, jika kalian merasa tidak pernah Login dengan perangkat tersebut, silahkan putuskan koneksi Loginnya.


Hindari website phishing 


Bagaimana maksudnya webiste phishing tersebut? mudah saja website phishing adalah sebuah website yang dibuat oleh para penjahat untuk mengambil informasi akun Login Instagram kalian.

Skemanya dan teknisnya tentu sangat cerdas dan sangat menipu, misalkan kalian diberikan sebuah tautan alamat website tertentu (Link URL).

Ketika kalian membukannya, maka kalian akan dikejutkan seperti mendapatkan hadiah berupa uang tunai atau gadget menarik, hanya saja kalian perlu Login ke akun Instagram kalian dengan memasukan informasi Login akun tersebut pada kotak yang telah disediakan oleh pembuat webiste tersebut.

Jika, kalian mengisikan informasi Login akun Instagram kalian, maka pada kondisi ini kalian sama saja menyerahkan atau memberitahukan informasi Login akun Instagram kalian secara cuma-cuma kepada para penjahat tersebut.

Pada kondisi ini, akun Instagram kalian sebenarnya sudah tercuri!

Sehingga, pastikan kalian menghindari semua jenis website phishing tersebut dan jangan mudah tergoda oleh apapun yang diiming-imingkan dari website tersebut, karena pastinya semua hal tersebut ialah tipuan belaka.


Hindari koneksi platform yang tidak terpercaya


Sekarang ini memang ada banyak sekali layanan pihak ketiga yang bisa kita gunakan secara langsung ke akun Instagram yang kita miliki.

Tetapi, umumnya layanan-layanan tersebut hanya bisa diaktifkan ketika kalian sudah melakukan koneksi antara layanan tersebut dengan akun Instagram yang kalian miliki.

Nah, tahukah kalian sebenarnya layanan-layanan pihak ke-3 ini juga bisa membahayakan akun Instagram kalian?

Ya! benar sekali, dengan kalian melakukan koneksi antara layanan tersebut dengan akun Instagram yang kalian miliki, maka tentu saja para pemilik layanan tersebut bisa dengan mudah untuk mengakses akun Instagram yang sudah dikoneksikan ke layanan mereka tersebut.

Secara umum, layanan-layanan yang kami maksud disini ialah layanan-layanan yang berbahaya dan dibuat dengan dasar yang tidak jelas atau tidak resmi.

Misalkan seperti layanan penambah Follower secara otomatis, layanan Love otomatis dan layanan-layanan mencurigakan lainnya.

Sehingga, sebisa mungkin kalian perlu menghindari penggunaan layanan-layanan mencurigakan tersebut, karena bisa jadi nantinya akun Instagram kalian tercuri oleh oknum tertentu.

Namun, selama layanan-layanan tersebut jelas dan para pemilik layanan tersebut bertanggung jawab terhadap privasi data kalian, maka tentu kalian sah-sah saja dalam menggunakan berbagai layanan resmi tersebut.


Penutup


Dengan demikian, beberapa hal diatas tentu akan sangat bermanfaat untuk bisa kalian ikuti dan implementasikan kedepannya.

Karena sekali lagi, kasus peretasan akun Instagram itu kebanyakannya memang dikarenakan oleh ulah dari penggunannya sendiri yang memang terkesan tidak hati-hati atau menyepelekan hal yang berpotensi membuat akun Instagram tersebut teretas (Hacked).

Jika sudah diretas, pastinya yang dirugikan adalah kalian sendiri atau bahkan mungkin lebih parah lagi, keluarga atau orang-orang terdekat kalian mungkin juga akan kena imbasnya.

Sehingga, bisa jadi permasalahan peretasan akun Instagram tersebut bisa jadi membuat hidup kalian menjadi kejatuhan, tentu hal seperti ini tidak akan diinginkan oleh siapapun.

Jika memang akun Instagram kalian benar-benar telah dihack dan kalian terlambat melakukan pencegahan seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Maka, tidak ada cara lain selain menghubungi pihak Support Instagram tersebut, jika memang sesuai kondisi yang dilaporkan.

Harusnya akun Instagram kalian bisa dipulihkan, tetapi ada kemungkinan besar data terkait Posting, Stories, Following tidak akan bisa kembali seperti semula.

Pada akhirnya, sebelum kalian benar-benar dirugikan, maka lebih baik kalian mengikti apa yang sudah kami sampaikan diatas.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian harapkan bisa terkabul dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot