RILIS ARTIKEL TERBARU

cara fastboot redmi note 3, fastboot redmi note 3, fastboot xiaomi redmi

Hampir benar jika kita mengatakan bahwa Xiaomi Redmi Note 3 layak di juluki best smartphones from china karena device ini sangat memukau dari spesifikasi dan harganya, dengan demikian semakin banyak pengguna device ini maka akan semakin banyak pula kebutuhan dan pengetahuan yang di perlukan pengguna itu sendiri, dan terutama untuk metode fastboot tersebut dan sekarang fastboot untuk redmi note 3 sudah bisa dijalankan dan dilakukan dengan method yang cukup simple, method ini mungkin sama seperti method fastboot terhadap device xiaomi lainnya yang menggunakan prossesor mediatek, karena dalam pengerjaannya ini prosessor mediatek harus diperlakukan secara khusus dalam flashing fastbootnya.

Secara garis besarnya method ini memerlukan sebuah ketelitian dalam pengerjaannya, karena berbeda dari seri device Xiaomi yang menggunakan processor Qualcomm Snapdragon, tutorial fastboot menggunakan aplikasi SP Flashtool ini perlu beberapa sentuhan secara manual agar proses fastboot dapat berjalan dengan semestinya, namun kalian tidak perlu khwatir jika kalian mengikuti tutorial yang sudah di sajikan di bawah ini, maka harusnya method ini dapat berkerja secara baik, dan juga perlu kalian ketahui tutorial ini hanya dapat di jalankan pada Xiaomi Redmi Note 3 versi MediaTek saja, untuk versi Xiaomi Redmi Note 3 Pro kalian bisa menggunakan method yang lain dan lebih simple.

Namun jangan salah mengartikan fastboot ini dengan method flash ulang biasa seperti flash ulang firmware pada Samsung Galaxy atau pun Sony Xperia, flash ulang pada device Xiaomi ini cukup berbeda karena disini yang di perlukan ialah kemampuan fastboot dalam mengekstrak file berupa image (.img) lalu memflashnya ke device Xiaomi kalian, dan pada Samsung Galaxy firmware yang di flash adalah sebuah kesatuan pack yang sudah di packing dalam suatu format .md5 atau Sony Xperia .tft dan tidak perlu mengextract file tersebut untuk melakukan flashingnya, jadi cukup jelas terlihat perbedaannya.

Pada saat apa keperluan memakai fastboot ini :
1. Jika kondisi device kalian berakhir dalam suatu keadaan tidak menguntungkan seperti keadaan bootloop, stuck hingga deepdead, maka penanganan paling jitu dan mudah memang hanya dapat menggunakan method fastboot ini saja.
2. Method fastboot ini juga dapat membuat device kalian menjadi fresh kembali karena semua system akan di perbaharui kembali layak seperti saat kalian membeli smartphone baru, yang mempunyai kinerja yang sangat cepat dan ringan, jadi hal tersebut juga merupakan sebuah manfaat yang sangat baik pula untuk method fastboot tersebut.
3. Selain itu method fastboot juga dapat di gunakan sebagai sebuah media dalam melakukan update ROM, walau terkesan cukup ribet, namun keuntungan yang di dapat adalah versi MIUI terbaru dapat terpasang secara bersih, berbeda jika kalian melakukan update secara OTA, karena semua data lama dan data baru cuma di tumpuk, maka tidak mustahil jika device kalian akan semakin melambat.

Baca juga :
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 3 versi MediaTek atau Snapdragon

Yang dibutuhkan :
1. PC atau Laptop
2. USB cable
3. Vcom driver mediatek download DISINI
4. SP flash tools download  DISINI
5. Fastboot ROM download DISINI
6. Redmi note 3 baterai harus diatas 50%
7. Disable driver signature enforcement DISINI (agar device dapat terdeteksi dengan baik)

Cara melakukan fastboot terhadap redmi note 3 :
1. Install Vcom driver dan SP falsh tools yang sudah didownload tadi
2. Extract Fastboot Rom yang sudah di download tadi
3. Masuk kedalam aplikasi SP flash toolsnya dengan "run as adminstrator"
4. Masuk kedalam tab "Download" pada aplikasi SP tools tersebut
5. Pastikan dalam menu "Download-Agent" file bin nya bernama "DA_SWSEC.bin"
6. Pada menu scatter-loading file,cari temukan file ini "MT6795_Android_scatter.txt", selanjutnya copykan file tersebut kedalam folder "signed_bin" kedalam file image fastboot kalian agar dapat terbaca
7. Sekarang power off device lalu koneksikan dengan PC kalian.
8. Tekan icon "Download" di SP flash tools, kemudian tekan "volume down" pada redmi note 3 kalian hal ini untuk membaca device kalian kedalam aplikasi SP flash tools ini
9. Setelah device kalian terbaca dengan tanda model prossesor kalian tampak pada SP flash tools kalian, saat itu kalian sudah bisa berhenti menekan "volume down"
10. Proses flash fastboot akan berjalan dan berhasil jika tampak icon conteng pada aplikasi "SP flash tools" kalian.
11. Done, semua proses sudah selesai tinggal menunggu device kalian booting saja lagi.

Yang merasa bingung lihat video lengkap cara fastboot Xiaomi Redmi Note 3 dalam video tutorial ini :




Beberapa isu yang terjadi dan penyelasainnya :
1. Device tidak melakukan fastboot, cara penyelsainnya cukup simple kalian hanya perlu lebih teliti, dan pastikan device kalian berada pada mode fastboot dengan benar, dan juga pastikan file ROM fastboot yang kalian download benar, juga sangat di sarankan melakukan unlock bootloader dulu sebelum menjalankan tutorial ini, karena persentasi keberhasilan akan sangat tinggi.
2. File scatter susah di temukan atau tidak ada, perlu kalian ketahui file scatter pasti tersedia dalam semua jenis file fastboot untuk Xiaomi Redmi Note 3, kalian hanya perlu mencarinya di folder file fastboot yang sudah kalian extract sebelumnya lalu masukan seperti yang sudah di sebutkan.
3. Muncul pesan error saat memulai, ada beberapa masalah yang kerap terjadi tutorial ini ialah muncul pesan error saat akan memulai proses fastboot, solusinya cukup sederhana dan yang paling jitu ialah lakukan unlock bootloader terlebih dahulu, pastikan device masuk dalam mode fastboot secara sempurna, dan yang paling penting perhatikan dan pastikan port USB PC atau laptop kalian masih berfungsi baik, dan tidak lupa juga pastikan driver USB pendukung sudah terinstall dengan baik.
4. Aplikasi SP Flashtool bermasalah, solusinya ialah kalian harus membuka aplikasi ini dengan cara klik kanan lalu "Run As Adminstrator" seperti yang sudah di sebutkan diatas, maka harusnya aplikasi SP Flashtoo sudah dapat berjalan dengan semestinya.
5. Device tidak reboot sendiri ketika proses fastboot sudah selesai, jangan panik hal ini sering terjadi solusinya kalian hanya perlu menekan power off selama kurang lebih satu menit untuk force shutdown lalu hidupkan kembali, maka device akan booting dengan semestinya.

Screenshot bagi kalian yang kebingungan


Jika SP Flash tool yang kalian download berbahasa china ketika sudah di install, ikuti video tutorial di bawah ini untuk membuat aplikasi SP Flash tool menjadi berbahasa inggris :



Baca juga :
Cara mudah Root Xiaomi Redmi Note 3 tanpa PC

Dengan demikian harusnya tutorial sudah bisa di lakukan dengan baik, karena semua penjelasan diatas sudah di olah sedemikian rupa dan juga berdasarkan beberapa kasus yang sudah di olah sedimikian rupa, namun tetap saja kalian harus tetap tetiliti dalam menjalankan tutorial ini agar tidak ada masalah dengan device kalian ketika mencoba mengikuti method fastboot tersebut.

Dan jika ada masalah yang tidak disebutkan diatas terjadi pada device kalian, terkait seputaran method tersebut silahkan bertanya di kolom komentar, dan juga jika kalian mengikuti tutorial ini maka kalian melakukannya dengan resiko kalian sendiri, dan jika di lain waktu ada sesuatu masalah dengan device kalian ketika mengikuti tutorial diatas itu bukan tanggung jawab dari kami, dan kalian harus bijaksana dalam menjalankan tutorial tersebut, namun kalian tidak perlu khwatir karena tutorial ini sudah di uji coba dulu sebelumnya dengan beberapa ulasan masalah dan solusi untuk membimbing kalian, dan jika kalian mengikuti tutorial diatas dengan cermat maka sudah dapat di pastikan method ini akan berjalan secara sempurna.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot