5/15/2016

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 3 versi MediaTek atau Qualcomm Snapdragon


Perlu di ketahui kegiatan Unlock Bootloader pada smartphone Android dari Xiaomi terkhusus untuk seri Xiaomi Redmi Note 3 bermesin MediaTek dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro bermesin Qualcomm Snapdragon ini memang akan beresiko jika terjadi kesalahan yang di sengaja maupun tidak di sengaja, karena hal itu dari pihak Xiaomi sendiri tidak merekomendasikan method Unlock Bootloader ini, karena seperti yang mereka katakan bahwa dengan melakukan Unlock Bootloader security system pada device Xiaomi tidak akan kuat seperti saat kondisi Locked Bootloader dan kemungkinan akan mudah di susupi oleh Malware.

Tetapi dengan hal itu tetap saja lebih banyak pengguna yang melakukan Unlock dari pada di biarkan kedalam versi Locked saja, karena para pengguna sadar bahwa mereka akan mendapatkan manfaat yang besar jika sudah melakukan Unlock Bootloader ini ke device mereka.

Baca juga :
Cara mudah dan gampang Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1

Dan beberap keuntungan yang di dapat ketika sudah melakukan unlock bootloader adalah bahwa Xiaomi Redmi Note 3/Pro akan lebih fleksibel dalam di modifikasi secara system, karena jika sudah dalam keadaan unlock bootloader kalian dapat mudah memasangkan beberapa macam teknik modifikasi, memasangkan custom recovery seperti TWRP, memasangkan custom rom, melakukan ROOT dengan cara yang lebih mudah dan aman, dan yang terakhir kalian dapat lebih leluasa dalam memanfaatkan fitu serta kemampuan perintah dari fastboot, dan semua hal diatas adalah alasan mengapa banyak orang memilih melakukan unlock booloader ketimbang membiarkan devicenya dalam keadaan locked bootloader yang segala sesuatunya masih dibatasi.

Pada tutorial ini kedua jenis versi Redmi Note 3 versi mesin MediaTek dan Snapdragon cara melakukan Unlock Bootloadernya sama saja, dengan kata lain tutorial ini dapat bekerja dan akan sangat membantu untuk membimbing pengguna Redmi Note 3 untuk melakukan Unlock Bootloader hingga berhasil.

Syarat yang di butuhkan
1. PC atau Laptop (Rekomendasi versi windows 64 bit)
2. USB Cable yang masih berfungsi dengan baik
3. Tool Mi Flash Unlock
4. ROM Official MIUI Redmi Note 3 harus versi China baik versi Stable maupun Developers
5. Baterai Xiaomi Redmi Note 3 harus diatas 50%
6. Jika ingin 100% berhasil unlock bootloader dalam sekali jalan, gunakan triknya DISINI.

Cara pengerjaan :
1. Pastikan device Xiaomi Redmi Note 3 kalian sudah berada pada versi China bukan versi Global, karena yang paling baik dalam melakukan Unlock dan terbukti berhasil ialah pada ROM versi China baik yang Stable ataupun Developers.
2. Selanjutnya kalian harus request terlebih dahulu ke forum MIUI, bisa kunjungi DISINI atau gunakan cara terbaru dan tercepat untuk proses unlock bootloader Xiaomi.
3. Selanjutnya masuk pada Tab "Unlock" lalu kalian akan di bawa ke halaman baru, selanjutnya click pada button Unlock Now, hal pertama kalian harus Login dulu, kalau belum punya akun kalian bisa buat akun dengan cara daftar kan saja, dan untuk akun yang telah di buat atau sudah punya harus di samakan dengan akun yang kalian buat login di akun MIUI kalian pada via device Redmi Note 3 kalian.
4. Kemudian kalian harus mengisi informasi pengiriman kode unlock nantinya, pastikan nomor telepon kalian bisa di hubungi dengan baik dan jangan sampai salah, jika sudah yakin "centang" ketentuan dari Xiaomi yang berada di bawah, langkah selanjutnya tinggal click button "Apply Now".
5. Lalu kalian hanya perlu menunggu beberapa saat saja lagi untuk menunggu kedatangan kode unlocknya yang bisa mencapai waktu 2 minggu, proses pengiriman kode unlock akan melalui proses SMS, jadi pastikan nomor telepon yang kalian isi benar dan valid.

Ikuti video panduan tutorial ini agar kalian lebih cepat memahami cara melakukan request unlock bootloader untuk device Xiaomi kalian :

6. Jika SMS notifikasi kode Unlock sudah tiba, silahkan kunjungi lagi situs Unlocknya dan masukan kode Unlock yang sudah di terima melalui SMS sebelumnya.
7. Kemudian download tool Unlocknya yang kerap di sebuat Mi Flash Unlock.
8. Setelah selesai install dan jalankan aplikasi Mi Flash Unlocknya dengan "Run As Administrator".

Baca juga :
Cara mudah unlock bootloader Xiaomi Redmi 5 dan 5 Plus

9. Lalu selanjutnya, akan muncul halaman ketentuan, pada opsi ini pilih Accept saja, selanjutya Login dengan akun yang sudah kalian miliki, sekali lagi untuk akun ini harus sama dengan akun yang kalian login kan via device Redmi Note 3 kalian, jika tidak ingin gagal dalam melakukan Unlock Bootloader.
10. Langkah terakhir, silahkan koneksikan device Xiaomi Redmi Note 3 kalian dalam keadaan Power Off ke PC dengan menekan berbarengan tombol Volume Down (-) dan Power ( Fastboot Mode), jika sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik, selanjutnya tinggal tekan button "Unlock" dari jendela aplikasi Mi Flash Unlock yang muncul.

11. Selesai, silahkan reboot device Xiaomi Redmi Note 3 kalian.
12. Jika Unlock Bootloader gagal, maka ikuti artikel ini cara mudah atasi gagal Unlock Bootloader Xiaomi.

Beberapa isu dan pemecahan masalahnya :
1. Bisakah melakukan unlock bootloader tanpa perlu request unlock terlebih dahulu kepada pihak Xiaomi? bisa dengan teknik tertentu dan melibatkan modifikasi hardware, cara ini sangat tidak direkomendasikan kepada orang awam, tetapi jika ada yang lebih mudah kenapa harus yang sulit, untuk melakukan request unlock booltoader pun caranya tidak sulit kalian hanya perlu mengikuti instruksi diatas saja hingga request unlock kalian di penuhi.
2. Pemberitahuan request unlock bootloader belum di terima dan sudah memakan waktu sangat lama, perlu kalian ketahui pemberithahuan approval request unlock bootloader akan di kirimkan pada nomor telepon selular kalian melalui SMS, jadi pastika nomor yang kalian masukan benar dan dapat di hubungi, karena pihak Xiaomi hanya akan memberitahukan request kalian di terima hanya melalui SMS saja, dan untuk rentan waktunya bisa memakan waktu hingga satu bulan hingga SMS approval di terima pengguna, jadi bersabarlah.
3. Apakah Mi Account di device dan ketika request unlock bootloader harus sama? jawabannya iya dan harus, karena pihak Xiaomi akan membaca data kalian dari prilaku Mi Account kalian yang sudah terintegrasi dengan device Xiaomi yang ingin kalian unlock, dengan demikian informasi tentang type, build number hingga hal lainnya dapat di ketahui dari Mi Account tersebut, jadi dengan demikian ketika unlock booltoadar akun yang kalian gunakan saat request dan yang sudah terintegrasi di device Xiaomi kalian harus sama, jika tidak maka proses akan gagal.

Baca juga :
Cara mudah unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 5A (Ugglite) dan 5A Prime (Ugg)

Selanjutnya sebagai catatan khusus, usahakan dalam melakukan tutorial ini menggunakan windows pada PC atau Laptop yang ber versi 64 bit, karena sangat tinggi persentasi keberhasilan unlock bootloadernya di versi 64 bit tersebut, lakukan tutorial ini dengan hati-hati dan teliti, pastikan kalian mengikuti tutorial ini dengan benar tanpa tertinggal satu step pun.

Tutorial ini sudah kami coba dan berhasil dengan baik jadi jika kalian mengikuti semua prosedur yang sudah di sebutkan di atas maka di jamin tutorial ini akan berhasi secara 100%, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot