RILIS ARTIKEL TERBARU

Tutorial membuat fitur contextual header pada SystemUI semua ROM android Lollipop


OS Android memang selalu menarik untuk di modifikasi dan di percantik, banyak hal yang bisa di lakukan dalam membuat smartphone android kalian tampak cantik dan keren, bisa melalui aplikasi pihak ketiga yang banyak bertebaran di Playstore dan bisa juga kalian melakukan sedikit modifikasi di system default android yang kalian miliki dengan sedikit penambahan fitur yang bisa dari buatan kalian sendiri atau menerapkan modifikasi dari orang lain yang telah mereka ajarkan.

Kali ini adalah modifikasi terhadap SystemUI yang dimana disini kita akan menambahkan fitur contextual header yang akan mengubah gambar di bagian atas statusbar secara otomatis menyesuaikan tanggalan jam smartphone kalian seperti siang, sore dan malam atau hari spesial seperti natal dan tahun baru, tutorial ini di buat oleh seorang member di xda-developers bernama RaKesh dan modifikasi SystemUI ini hanya akan berkerja pada custom rom atau stock rom android berbasis Lollipop (5.x.x).

Tutorial pemasangan Contextual Lenox Header

1. Decompile SystemUI.apk
2. Download file INI dan terapkan langsung kedalam SystemUI yang telah di decompile tersebut.
3. Selanjutnya pada file decompile SystemUI.apk masuk kedalam folder res/layout/ dan temukan file status_bar_expanded_header.xml
4. Buka file status_bar_expanded_header.xml dengan menggunakan aplikasi Notepad++ atau sejenisnya yang bisa membaca dan menyusun string dengan baik.
5. Pada file status_bar_expanded_header.xml temukan String ini
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" xmlns:systemui="http://schemas.android.com/apk/res-auto">
Lalu letakan String dibawah ini tepat dibawah String yang sudah di cari diatas
<com.lenox.Contextual android:layout_width="@dimen/notification_panel_width" android:layout_height="120.0dip" />
6. Selanjutnya Recompile lalu kemudian Sign SystemUI.apk yang sudah di modifikasi tadi.
7. Langkah selanjutnya adalah melakukan replace SystemUI.apk lama dengan yang baru kalian modifikasi tadi, bisa dengan bantuan aplikasi seperti Root explorer dan bisa juga dengan melakukan flash file dari recovery kalian.
8. Setelah semua selesai download aplikasi INI untuk mengaktifkan fitur Contextual Lenox Header tersebut.

Dengan demikian semua proses tutorial sudah selesai, dan normalnya tutorial ini dapat berkerja secara penuh di custom rom lollipop pada umumnya tetapi untuk di stock rom lollipop mungkin kalian perlu melakukan sedikit penyesuaian karena pada stock rom bawaan vendor biasanya ada sedikit perbedaan dari custom rom lainnya, jadi bukan tidak bisa untuk menerapkan fitur ini pada stock rom lollipop kalian hanya saja diperlukan sedikit usaha saja agar fitur ini dapat berkerja dengan semestinya.

Dan satu hal lagi jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan pada device kalian setelah selesai mengikuti tutorial diatas itu adalah tanggung jawab kalian sendiri dan bukan tanggung jawab dari kami karena tutorial ini sudah di uji coba dulu sebelum di postingkan, jadi bijaksana lah.

bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

In Our Network !


Post a Comment