RILIS ARTIKEL TERBARU

Kenalan sama Rom abal-abal buatan distributor indonesia yuks!


Hal ini bukan menjadi sebuah rahasia lagi karena kasus Rom abal-abal buatan distributor ini sudah mulai menjamur di banyak smartphone Android yang beredar di indonesia sekarang ini, alasannya pun beragam dan tidak pernah di ketahui siapa otak pertama dari pembuat rom abal-abal ini dan apa motif sebenarnya dari pembuatan rom jenis ini, meski ada beberapa distributor yang baik tetapi di banding itu sekarang lebih banyak nakalnya, karena dengan adanya rom abal-abal ini banyak pengguna yang merasa terganggu karena mereka merasa di ambil haknya dalam kebebasan penggunaan smartphone yang telah mereka beli.

Sebenarnya telah ada artikel yang dibuat mengenai hal ini dan itu terkhusus untuk rom Xiaomi saja yang sudah di jelaskan detail DISINI, tetapi informasi baru yang kami terima ini ternyata bukan hanya Xiaomi saja yang menjadi target utama distributor rom abal-abal ini melainkan smartphone Android dari Samsung Galaxy, Sony Xperia, Oppo, Huawei, Asus dan juga beberapa smartphone bermerk branded ternyata juga sudah di jahili oleh para distributor nakal ini, meski kasus paling banyak memang terdapat pada smartphone Android dari Xiaomi saja, karena dengan alasan pengguna Xiaomi di Indonesia sekarang ini semakin pesat dan hal ini menjadi sasaran empuk bagi para distributor smartphone Android nakal.

Mirisnya tenyata ada beberapa distributor besar juga yang ikut ambil bagian dalam penyaluran rom abal-abal ini, meski disini tidak di sebutkan siapa, tetapi kalian yang pernah di jahili sama distributor nakal ini pasti tahu nama distributor yang kami maksud, umunya dampak buruk dari rom abal-abal ini adalah munculnya iklan yang secara terus-menerus, baik secara pop-up, berada di statusbar, hingga menginstall aplikasi sendiri, selain sangat mengganggu hal ini tentu saja membuat kouta internet kalian sangat cepat habis, tentu saja hal ini sangat merugikan.

Dampak lainnya adalah bahwa rom abal-abal ini tidak mudah untuk di ganti, karena seperti studi kasus yang kami lakukan bahwa pada bagian build number sudah di modif sedikit, sehingga rom official tidak dapat membaca signature dari device Android bersangkutan, dan hal ini menjadikan device tidak bisa di flash begitu saja, apalagi di upgrade via OTA, cara satu-satunya memang hanya dengan metode fastboot atau lebih dikenal dengan flash ulang karena cara ini tidak memerlukan signature dari build.prop tetapi murni dari target name hardware device tersebut, dan sayangnya cara ini cukup sulit dan bagi pemula cara ini hampir di luar kemampuan mereka.

Ketahui cara melakukan fastboot untuk mengatasi masalah ROM abal-abal ini agar berpindah ke ROM resmi yang bebas dari kondisi ROM distributor atau ROM abal-abal yang sangat merugikan :

Ciri utama device dengan rom abal-abal distributor ini adalah harga device yang mereka jual lebih murah, lalu apakah mereka rugi menjual smartphone Android dengan harga yang murah? tentu saja tidak ini adalah sebagian dari strategi dari penjualan smartphone dari distributor nakal, dan mereka bisa dapat untuk berkali-kali lipat berkat iklan yang muncul secara terus menerus pada layar smartphone bersangkutan, memang cara ini dapat membuat distribur untuk banyak tetapi efek negatifnya adalah pengguna yang menjadi korban yang sangat di rugikan.

Pada dasarnya rom abal-abal ini memang merupakan rom asli atau official dari vendor, tetapi ketika sudah di tangan distributor, segel asli dus smartphone di bongkar dan firmware di modifikasi dan disematkan berbagai macam modifikasi, dan parahnya malware juga di ikutkan, setelah selesai mereka jual kembali, dan biasanya segel sudah resmi vendor sudah jebol, tetapi ada juga segel yang sudah di modifikasi semirip mungkin agar terlihat seperti barang baru asli dari vendor.

Dan untuk penjualan device dengan rom abal-abal ini sulit untuk di ketahui, terlebih bagi yang membeli secara online, dan perlu kalian ketahui device semacam ini juga bisa masuk dalam counter resmi penjual smartphone yang ada di kota kalian, karena kami sendiri mendapat device dengan rom abal-abal ini murni melalui pembelian secara offline melalui counter terbesar di kota kami, dan juga kami dapatkan ketika membeli secara online.

Dengan demikian sudah dapat di simpulkan bahwa rom abal-abal ini sudah sangat menjamur di Indonesia dan membawa banyak efek negatif bagi pengguna, tetapi jika kalian sudah bisa atau banyak pengalaman soal dunia smartphone Android tentu saja hal ini bukan masalah, tetapi bagaimana dengan pengguna pemula? mereka bisa apa? itulah yang saat ini kerap kami dapatkan baisanya melalui email dan dari sosial media yang menanyakan tentang hal ini.

Lalu apa? ya semoga saja ada seorang distributor yang merasa nakal membaca artikel ini, dan tahu dampak yang mereka buat, karena perlu kalian tahu dan kembalikan lagi pada prinsip ekonomi jual beli, bahwa "kepuasan konsumen nomor satu, keuntungan akan mengikuti" jika saja berpedoman dengan hal yang sudah di sebutkan maka insyaallah berkah buat kalian, dan banyak pembeli yang semakin berminat dengan device hasil distribusi dari kalian.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

In Our Network !


12 komentar:

  1. Sebenarnya kalau yang beli cukup mengerti fastboot maka dari segi pembeli akan untung karena mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasar. Saya pribadi lebih suka begitu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, tapi sayangnya hanya sedikit saja dari banyak pengguna Android yang mengerti terkait metode fastboot itu gan, dan sisanya pengguna biasa yg awam ya harus menanggung efek negatif berkepanjangan yang sangat merugikan gan hee

      Delete
  2. Newbie.
    Kalau di fastboot nanti rom nya stable gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, kalau agannya pilih versi rom yg global atau china stable gan

      Delete
  3. Semingu yg lalu teman saya beli reno4x abal2.
    Pengguna OS abal2 pasti terganggu dengan iklan yg muncul di home, browser, aplikasi yg lagi berjalan semisal WA dan BBM dan dibagian panel notifikasi belum lagi tak jarang iklan berbau porno bisa muncul kapan saja(bagi saya itu memalukan apabila dilihat orang lain) karena tidak mau membuang waktu belajar memflashing,rooted dan modifikasi os maka kami memutuskan membawa reno4x itu ke sebuah toko yg terkenal paling sakti di (B...C) untuk di upgrade ke global stable ,setelah menunggu selama 1 jam reno4x itu belum juga selesai di flash , jawaban mengagetkan pun datang dari sang ahli flashing bahwa os global yg dari tadi d flashing di reno4x itu tidak bisa membaca patch dari nomor seri hp itu sendiri.alasan nya os abal2 yg sebelumnya menempel d reno4x telah dimodifikasi hackers agar tidak lagi bisa keluar antara build number hp dan nomor seri OS abal2 tersebut.
    Kami sudah berpindah konter beberapa kali dan jawabannya tetap sama.pada akhirnya si reno4x itu dijual dengan harga yg ga sesuai di suatu situs belanja (O...X) karena memang reno4x itu sangat diganggu oleh ribuan iklan,batere hanya kuat sehari pemakaian ringan dan aplikasi suka keluar sendiri.
    Nah buat temen2 yg ditawari reno4x dengan harga murah atau terbukti abal abal harus lebih berhati hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gan, hal ini sudah sangat sering terjadi gan, dan benar sekali jika device sudah terpasang ROM distributor maka informasi versi ROM dan build number bisa jadi di rubah oleh tangan usil pihak distributor gan, namun hal ini tetap bisa di atasi gan dengan cara flashing dengan metode EDL gan, tetapi kabar buruknya secara default mode EDL sudah di lock pihak Xiaomi pada generasi smartphone Xiaomi terbaru gan, untuk bisa masuk mode EDL maka harus dengan menggunakan metode Test Point gan, dengan kata lain bagian case belakang smartphone harus di lepas untuk bisa melakukan metode Test Point

      Delete
  4. Mkasih atas ulasannya ..
    Sngat bermanfaat ..
    Tpi mau nanya nih ..
    Bos .. Gmna dngn meizu m5 note .. , yng romnya distri ????
    Apakah kkurangannya sma dngn yng diulas di atas ???
    Tolong dijelaskan dong !!!
    Trus gmna cra mngubahnya k rom global bos .. ???

    Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih sama gan, namun semakin kesini iklan yang muncul terus nampaknya udah berkurang banget gan, gak sama seperti sebelumnya, bisa jadi saat ini rom distributor udah baik sebagiannya gan

      Delete
  5. Mas saya pernah flash xiaomi rom distributor ke rom official tapi keesokan paginya saya aktifkan wifi setelah ada pemberitahuan update nah setelah itu smartphone saya tiba tiba terkunci oleh mi account padahal mi accountnya kosong itu bagaimana ya mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya apa pernah Login gan? kalau iya agan bisa coba Re-Login ke Mi Account agan, kalau tidak alternatfinta agan pasang TWRP, nanti di Full Wipe aja gan, biasanya sih berhasil

      Delete
  6. Gue beli redmi 4x garansi distributor nih, apakah Rom nya Rom distributor? Terus setelah saya update ke MIUI 9 apakah Rom nya masih distributor? Atau udah global?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya distributor gan, untuk memastikannya, coba lihat aplikasi updater apakah ada update pembaharuan tidak, kalau bisa update otomatis ROM MIUI agan resmi

      Delete