RILIS ARTIKEL TERBARU :


Sebelumnya sudah diketahui bahwa penggunaan sebuah custom recovery pada device Android akan banyak memberikan dampak yang sangat baik pada device tersebut, sebagai contoh penggunaan custom recovery dapat membuat device kalian akan semakin fleksibel dalam pemakaiannya, selain itu terkait kemampuan custom recovery pun jauh lebih handal di bandingkan dengan recovery bawaan vendor, dan salah satu custom recovery yang paling baik dan paling terkenal ialah TWRP yang saat ini sudah secara resmi bisa di pasangkan pada device Samsung Galaxy S7.

Namun memasangkan custom recovery pada Samsung Galaxy S7 bukan perkara yang sangat mudah melainkan ada beberapa hal yang harus teliti untuk kalian ikuti, hal paling pertama yang harus kalian ketahui adalah bahwa tutorial ini hanya dapat di ikuti jika device kalian adalah seri Samsung Galaxy S7 versi international dengan processor Exynoss 8890 untuk seri Qualcomm tidak bisa di terapkan, juga Samsung Galaxy S7 harus mempunyai build number SM-G930F, tetapi kalian tidak perlu khwatir karena seri Samsung Galaxy S7 yang resmi beredar di indonesia adalah seri SM-G930F, namun tetap pastikan terlebih dahulu buil number pada device kalian tersebut, karena jika salah maka device akan mengalami akibat yang fatal.

Konsukuensi yang akan kalian terima jika melakukan pemasangan TWRP pada device kalian :
1. Device kalian akan kehilangan garansi resmi jika memasang TWRP ini pada device kalian, sehingga di masa depan jika terjadi kerusakan atau sesuatu dengan device kalian, maka kalian tidak akan bisa mengajukan garansi lagi.
2. Tutorial memungkinkan untuk menghapus semua data di internal storage kalian bisa meliputi file gallery kalian, bahkan data penting kalian yang ada pada internal storage, jadi lakukan backup data kalian terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial ini.
3. Akhir dari tutorial ini mungkin saja device akan mengalami bootloop hingga brick, dan kalian harus tahu dulu cara penyelesaian masalah tersebut, dan jika terjadi itu bukan tanggang jawab dari kami, karena kalian melakukan tutorial ini dengan resiko yang akan kalian tanggung sendiri.

Persyaratan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum memulai tutorial ini adalah :
1. Aplikasi ODIN sudah terinstall di PC kalian, download DISINI
2. USB Driver dari Samsung Galaxy S7 sudah terpasang di PC, DISINI
3. Donwload TWRP resmi DISINI
4. Download DM-verity force encryption disabler DISINI
5. Download SuperSU DISINI
6. PC atau Laptop
7. Kabel USB
8. Batarai smartphone harus diatas 50%

Cara pengerjaan :
1. Pertama silahkan installkan dulu USB Driver dan aplikasi ODIN yang sudah di sertakan diatas, dan untuk file SuperSU dan DM varity force encryption disabler copykan atau pindahkan ke dalam internal memory kalian.
2. Selanjutnya aktifkan atau centang pilihan OEM unlock dan aktifkan juga USB debugging di menu developer options, jika menu developer options belum muncul maka kalian bisa memunculkannya dengan menekan atau menahan menu pilihan di About pada aplikasi setting selama 5 detik atau dengan menekan 7 kali pada informasi Build number pada Settings >> About >> Build number maka menu developer options aka segera muncul.
3. Pastikan TWRP yang sudah di download berformat .img.tar
4. Selanjutnya buka aplikasi ODIN yang sudah terinstall tersebut dengan "Run As Administartor"
5. Selanjutnya tekan menu pilihan AP, lalu navigasikan ke file TWRP yang sudah di download sebelumnya sebelumnya.
6. Selanjutnya power off device kalian dan segera masuk dalam download mode dengan menekan tombol Volume down (-) juga Home dan Power berbarengan hingga sampai muncul sebuah tampilan warning, untuk langkah selanjutnya masuk dalam mode download tekan Volume up (+).
7. Jika sudah masuk dalam mode download sekarang kalian bisa mengkoneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB, dan lihat jika sudah benar terkoneksi indikasi tulisan pada ID:COM akan berubah warna atau akan berwarna menyala, jika tidak berubah maka ada sesuatu yang salah dengan PC, kabel USB atau Driver USB Samsung tersebut.
8. Selanjutnya jika device sudah terkoneksi dengan baik, langkah terakhir ialah dengan menekan pilihan "Start" maka proses pemasangan TWRP akan berjalan, dan perlu kalian ingat jangan pernah mengubah atau mengganti settingan awal dari aplikasi ODIN biarkan seperti settingan standar saja jangan di utak-atik jika kalian tidak tahu fungsinya,  tunggu hingga hingga indikator PASS! muncul maka proses pemasangan TWRP selesai.
9. Tahap selanjutnya ialah dengan masuk pada mode TWRP pada Samsung Galaxy S7 dengan cara menekan tombol Volume up juga Home dan Power secara berbarengan hingga device berhasil masuk dalam menu TWRP.
10. Jika pada kondisi ini kalian tidak bisa mengakes internal storage kalian lakukan format data pada menu pilihan Wipe >> Format data, tetatpi jika pada tahap ini internal storage kalian dapat di akses maka lewati step 10 dan 11, perlu kalian ingat semua data di internal memory kalian akan hilang, penting untuk melakukan backup terlebih dahulu.
11. Selanjunya jika internal storage sudah dapat di akses, selanjutnya copykan kembali file SuperSU dan DM varity force encryption disabler ke internal memory kalian, dengan menggunakan PC dan kabel USB pastikan settingan TWRP berada pada mode MTP di menu Mount.
12. Langkah selanjutnya lakukan flashing terhadap file DM varity force encryption disabler dari TWRP, selanjutnya power off dan masuk lagi kepada menu TWRP.
13. Pada langkah ini flash kembali file SuperSU untuk mendapatkan akses Root di device kalian, dan ini wajib kalian flash karena jika tidak device akan bootloop.
14. Reboot device, tunggu hingga booting sempurna yang akan memakan waktu 5 - 15 Menit.
15. Done

Dengan demikian TWRP sudah berhasil terinstall pada device kalian, dengan hal tersebut sekarang kalian bisa menggunakan TWRP tersebut untuk keperluan kalian seperti mengganti custom rom, memasangkan beberapa tweak hingga mod, dan yang terakhir kalian dapat melakukan beberapa hal yang sangat penting untuk device kalian melalui TWRP tersebut, namun jika device kalian berakhir dengan brick atau bootloop segera lakukan flash ulang, tutorialnya DISINI, dan jika terjadi kerusakan atas device kalian, itu semua bukan tanggung jawab dari kami, jadi lakukan dengan hati-hati, teliti dan bijaksana.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot