RILIS ARTIKEL TERBARU


Samsung Galaxy S7 edge memang menjadi salah satu device terbaik hingga saat ini, selain menghadirkan fitur yang sangat hebat device ini juga di sertakan spesifikasi yang luar biasa, secara umumnya Samsung Galaxy S7 edge sudah di bekali dengan recovery bawaan pabrikan, tetapi fungsi hingga fitur dari recovery itu tersebut sangat terbatas, hingga di perlukan sebuah custom recovery yang lebih handal dan kaya fitur seperti TWRP, namun dalam pemasangan TWRP ini pada Samsung Galaxy S7 edge akan sedikit sulit dan akan ada konsukensinya jika kalian menerapkan hal tersebut.

Hal paling pertama yang harus kalian ketahui adalah bahwa tutorial ini hanya dapat di ikuti jika device kalian adalah seri Samsung Galaxy S7 edge international version dengan processor Exynoss 8890 juga dengan build number SM-G935F dan kalian tidak perlu khwatir karena seri Samsung Galaxy S7 edge yang resmi beredar di indonesia adalah seri SM-G935F, tetapi kalian harus melakukan cek dulu terhadap build numbernya dan pastikan, jika sudah pasti kalian bisa mengikuti tutorial ini dan perhatikan konsukuensi yang akan kalian terima jika melakukan pemasangan TWRP tersebut :
1. Device kalian akan kehilangan garansi resmi, karena kalian akan membuka kunci dari Knox, sehingga di masa depan jika terjadi kerusakan kalian tidak akan bisa mengajukan garansi lagi.
2. Tutorial ini akan menghapus semua data di internal memory kalian, jadi lakukan backup data kalian terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial ini.
3. Device mungkin saja akan mengalami bootloop hingga brick, dan kalian harus tahu dulu cara penyelesaian masalah tersebut, dan jika terjadi itu bukan tanggang jawab dari kami, karena kalian melakukan tutorial ini dengan resiko kalian sendiri.

Persyaratan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum memulai tutorial ini adalah :
1. Aplikasi ODIN sudah terinstall di PC kalian, download DISINI
2. USB Driver dari Samsung Galaxy S7 edge sudah terpasang di PC, DISINI
3. Donwload TWRP resmi DISINI
4. Download DM-verity force encryption disabler DISINI
5. Download SuperSU DISINI
6. PC atau Laptop
7. Kabel USB
8. Batarai smartphone harus diatas 50%

Cara pengerjaan :
1. Pertama silahkan installkan dulu USB Driver dan aplikasi ODIN yang sudah di sertakan diatas, dan untuk file SuperSU dan DM varity force encryption disabler copykan atau pindahkan ke dalam internal memory kalian.
2. Selanjutnya aktifkan atau centang pilihan OEM unlock dan aktifkan juga USB debugging di menu developer options, jika menu developer options belum muncul maka kalian bisa memunculkannya dengan menekan atau menahan menu pilihan di About pada aplikasi setting selama 5 detik atau dengan menekan 7 kali pada informasi Build number pada Settings >> About >> Build number maka menu developer options aka segera muncul.
3. Pastikan TWRP yang sudah di download berformat .img.tar
4. Selanjutnya buka aplikasi ODIN yang sudah terinstall tersebut dengan "Run As Administartor"
5. Selanjutnya tekan menu pilihan AP, lalu navigasikan ke file TWRP yang sudah di download sebelumnya sebelumnya.
6. Selanjutnya power off device kalian dan segera masuk dalam download mode dengan menekan tombol Volume down (-) juga Home dan Power berbarengan hingga sampai muncul sebuah tampilan warning, untuk langkah selanjutnya masuk dalam mode download tekan Volume up (+).
7. Jika sudah masuk dalam mode download sekarang kalian bisa mengkoneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB, dan lihat jika sudah benar terkoneksi indikasi tulisan ID:COM akan berubah warna, jika tidak berubah maka ada sesuatu yang salah dengan PC, kabel USB atau Driver USB Samsung tersebut.
8. Selanjutnya jika device sudah terkoneksi dengan baik, langkah terakhir ialah dengan menekan pilihan "Start" maka proses pemasangan TWRP akan berjalan, dan perlu kalian ingat jangan pernah mengubah atau mengganti settingan default dari ODIN,  tunggu hingga hingga indikator PASS! dan proses pemasangan TWRP selesai.
9. Tahap selanjutnya ialah dengan masuk pada mode TWRP pada Samsung Galaxy S7 edge dengan cara menekan tombol Volume up (+) juga Home dan Power secara berbarengan hingga device berhasil masuk dalam menu TWRP.
10. Jika pada kondisi ini kalian tidak bisa mengakes internal storage kalian lakukan format data pada menu pilihan Wipe >> Format data, tetatpi jika pada tahap ini internal storage kalian dapat di akses maka lewati step 10 dan 11, perlu kalian ingat semua data di internal memory kalian akan hilang, penting untuk melakukan backup terlebih dahulu.
11. Selanjunya jika internal storage sudah dapat di akses, selanjutnya copykan kembali file SuperSU dan DM varity force encryption disabler ke internal memory kalian, dengan menggunakan PC dan kabel USB pastikan settingan TWRP berada pada mode MTP di menu Mount.
12. Langkah selanjutnya lakukan flashing terhadap file DM varity force encryption disabler dari TWRP, selanjutnya power off dan masuk lagi kepada menu TWRP.
13. Pada langkah ini flash kembali file SuperSU untuk mendapatkan akses Root di device kalian, dan ini wajib kalian flash karena jika tidak device akan bootloop.
14. Reboot device, tunggu hingga booting sempurna yang akan memakan waktu 5 - 15 Menit.
15. Done

Dengan demikian Samsung Galaxy S7 edge sudah berhasil mendapatkan akses TWRP secara penuh, tetapi perlu di ingat ikuti semua step diatas dan jangan sampai ada yang tertinggal, lakukan dengan teliti dan sekali lagi lakukan backup data penting kalian sebelum memulai tutorial ini jika tidak ingin data kalian hilang dan tidak bisa di kembalikan lagi, juga tutorial ini sudah di buat dengan sebaik-baiknya dan sudah mengikuti dari prosedur yang aman jadi hasil di pastikan akan berhasil dengan syarat kalian ikuti semua tutorial diatas dengan benar, jika device kalian berakhir dengan brick segera lakukan flash ulang, tutorialnya DISINI, dan jika terjadi kerusakan atas device kalian, itu semua bukan tanggung jawab dari kami, jadi lakukan dengan bijaksana.


bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment