RILIS ARTIKEL TERBARU :


Penggunaan smartphone sekarang ini wajib di temani oleh internet berkecepatan tinggi dan stabil. Dengan demikian, semua aktivitas sosial dan komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Mulai dari mengirim email, melakukan panggilan berbasis internet, main game, browsing internet, update media sosial, hingga chatting, dan tahukah kalian bahwa dari riset yang telah di teliti ternyata saat ini pengguna internet mobile sudah lebih tinggi dari penggunaan internet konvensional di PC, jadi paling tidak kita perlu sedikit memperhatikan kouta data internet kita agar bisa di gunakan lebih lama.

Namun, ada masalah di balik penggunaan internet tersebut yakni terlalu asyik bermain internet membuat penggunanya tidak sadar kalau kuota internetnya menipis. Kemudian terpaksa membeli kuota internet yang baru sebelum masa berlakunya habis. Menyebalkan dan tentunya pengeluaran kalian bertambah sebelum waktunya.

Tahukah kalian kalau kuota internet sebenarnya bisa dihemat dengan cara mudah? Misalnya saja dengan menon-aktifkan aplikasi yang memakan kuota internet tanpa disadari, meski pun aplikasi tersebut tidak digunakan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan Chrome untuk Browsing
Selain memberikan kenyamanan dan kemudahan saat browsing internet, Chrome juga memiliki fitur “Data Saver”. Kegunaan fitur tersebut adalah menghemat pemakaian kuota internet hingga 50% dari pemakaian pada umumnya, caranya mudah, buka menu pengaturan pada Chrome kemudian pilih “Data Saver” dan aktifkan fitur tersebut.

2. Matikan Sinkronisasi yang Tidak Dibutuhkan
Tanpa disadari, sinkronisasi akun email dan media sosial bisa menyedot kuota internet kalian, jika terpaksa untuk melakukan sinkronisasi, sebaiknya pilihlah akun email atau media sosial yang paling sering digunakan, cara mematikan sinkronisasi antar akun untuk smartphone berbasis Android, masuk ke dalam pengaturan ponsel kemudian pilih aplikasi yang ingin kalian matikan sinkronisasinya, setelah itu centang kotak di samping tulisan “Sinkronisasi Kontak”.

3. Membatasi Penggunaan Kuota Internet
Jika kalian pengguna smartphone berbasis Android, kalian bisa membatasi penggunaan kuota internet di ponsel, sehingga tidak perlu khawatir pulsa tersedot untuk tarif pemakaian data normal oleh operator ketika kuota habis, silahkan buka pengaturan di smartphone, lalu pilih pemakaian data setelah itu kalian bisa naik atau turunkan garis pada grafik pemakaian kuota internet selama sebulan sesuai dengan kebutuhanmu, kalian juga bisa memantau penggunaan kuota internet secara rutin melalui layanan operator yang digunakan, untuk pengguna pulsa Indosat, caranya bisa kalian lihat di web Traveloka, jika harus melakukan pembelian paket internet lagi, pastikan kalian sudah isi ulang pulsa Indosat ya.

4. Cari Tahu Aplikasi yang Memakan Banyak Kuota Internet
Merasa sudah efisien dalam menggunakan aplikasi berbasis internet tapi tetap kekurangan kuota internet? jika ya, kalian harus cari tahu aplikasi apa yang memakan banyak kuota internet, masuklah ke pengaturan ponsel, kemudian pilih penggunaan data aplikasi, di sana kalian bisa melihat aplikasi pemakan kuota terbesar dan mencoba mengurangi pemakaiannya, selain itu, aplikasi WhatsApp memiliki fitur auto download untuk foto, video, dan suara, sebaiknya non-aktifkan fitur tersebut dan mengunduh foto, video, dan suara yang dibutuhkan saja. Begitu juga saat menonton video berdurasi panjang, pastikan kalian menggunakan wifi.

5. Matikan Fitur Update Otomatis Milik Google Play atau App Store
Semua aplikasi yang ada di ponsel pintar kalian memerlukan update agar bisa digunakan mengikuti perkembangan yang ada, masalahnya fitur update otomatis akan memakan kuota internet yang cukup besar untuk mendownload aplikasinya. Pastikan kalian sudah mematikan fitur tersebut atau menghidupkan opsi untuk update otomatis hanya dengan wifi.

6. Matikan Paket Data Saat Tidak Digunakan dalam Waktu Lama
Hal ini terdengar sepele namun kenyataannya akan sangat menghemat pemakaian kuota internet, kalian bisa mematikan paket data atau menghidupkan mode penerbangan pada saat tidur, berada di wilayah yang tidak terjangkau sinyal, dan saat sedang berada di luar negeri, selain hemat kuota, kalian pun bisa mengurangi paparan radiasi yang dimiliki ponsel pintar, yang terlebih penting lagi cara ini adalah salah satu cara untuk membuat smartphone kalian tidak rusak atau parahnya meledak yang tidak jarang banyak melukai penggunannya.

Kalian tidak perlu melakukan semua tips di atas, melainkan beberapa saja, cobalah selama 1 bulan ini dan bandingkan pemakaian kuota kalian di bulan sebelumnya, di jamin kalian bisa berhemat kuota internet setiap bulannya dan tidak perlu membeli paket internet sebelum masa berlakunya berakhir, jangan lupa untuk sebarkan info ini ke teman-teman ya!

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot