RILIS ARTIKEL TERBARU

Begini cara Flash atau Fastboot secara manual dengan CMD pada smartphone Xiaomi

Cara flash unbrick fastboot xiaomi dengan CMD

Seperti yang telah kalian ketahui, melakukan Flash ulang atau Fastboot pada smartphone Xiaomi itu memang bukan perkara yang sulit, karena bisa di lakukan serba otomatis via aplikasi PC khusus yang bernama Mi Flash Tools, tetapi faktanya adalah bahwa semua yang terjadi pada aplikasi Mi flash Tools tersebut, bisa kalian lakukan secara manual via Command Prompt (CMD) di PC kalian dengan perintah-perintah fastboot khusus.

Penting untuk kalian ketahui, cara ini tidak kami rekomendasikan untuk kalian, dan kami hanya ingin kalian tahu dan menambah referensi ilmu kalian terkait device Xiaomi yang kalian gunakan, tetapi nanti akan di jelaskan beberapa point paling penting dan manfaat mengapa kalian harus menggunakan perintah manual ini untuk keuntungan tersendiri bagi kalian, namun sebelum itu kami akan mengenalkan garis besar terkait cara manual Flashing via CMD tersebut.

Persyaratan utama dalam melakukan Flashing manual via CMD di PC tersebut ialah kalian harus memiliki beberapa hal di bawah ini :

1. Driver Fastboot sudah terinstall di PC/Laptop kalian, caranya DISINI
2. File Fastboot Xiaomi, download resmi DISINI
3. Kabel USB dan Port USB PC yang masih berkerja secara prima
4. Tools CMD pada PC/Laptop kalian tidak bermasalah
5. Xiaomi kalian wajib Unlock Bootloader (Kecuali menggunakan metode Test Point, tetapi cara ini sangat berisiko di lakukan pada mode Test Point)
6. Disable driver enforcement signature, caranya DISINI

Jika semua syarat sudah di penuhi, maka berikutnya adalah cara pengerjaan atau langkah-langkah dalam melakukan Flashing secara manual tersebut :

1. Pastikan Driver Fastboot sudah terpasang di PC/Laptop kalian, dan juga kalian sudah mendownload file Fastboot untuk device Xiaomi kalian.
2. Segera lakukan Extract pada ROM file Fastboot yang telah kalian download sebelumnya dan pindahkan semua file yang telah di extract ketempat direktory folder driver Fastboot kalian berada, seperti ini :


3. Selanjutnya, masuk mode Fastboot pada device Xiaomi kalian, dengan menekan tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat device kalian dalam kondisi Power Off.
4. Koneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB.
5. Lalu buka Command Prompt dan ketikan perintah ini :

fastboot devices

Jika sudah terhubung maka kalian bisa memasukan perintah di bawah ini satu persatu, ingat! tidak semua file fastboot Xiaomi itu sama, jadi lihat dan perhatikan pada perintah tersebut, jangan asal-asalan melakukan input command, karena akan sangat berbahaya bagi device kalian, dibawah ini kami hanya menyertakan contoh kasus dan contoh perintah fastboot saja, untuk kasus nyatanya kalian harus sesuaikan sendiri dengan komponen pada file Fastboot Xiaomi kalian.

fastboot flash modem_a modem.img
fastboot flash modem_b modem.img
fastboot flash sbl1 sbl1.img
fastboot flash sbl1back sbl1.img
fastboot flash rpm rpm.img
fastboot flash rpmbak rpm.img
fastboot flash tz tz.img
fastboot flash tzback tz.img
fastboot flash devcfg devcfg.img
fastboot flash devcfgback devcfg.img
fastboot flash dsp adspso.bin
fastboot flash sec sec.dat
fastboot flash splash splash.img
fastboot flash misc misc.img
fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
fastboot flash abootbak emmc_appsboot.mbn
fastboot flash boot_a boot.img
fastboot flash boot_b boot.img
fastboot flash system_a system.img
fastboot flash system_b system.img
fastboot flash lksecapp lksecapp.img
fastboot flash lksecappbak lksecapp.img
fastboot flash cmnlib cmnlib.img
fastboot flash cmnlibbak cmnlib.img
fastboot flash cmnlib64 cmnlib64.img
fastboot flash cmnlib64bak cmnlib64.img
fastboot flash keymaster keymaster.img
fastboot flash keymasterbak keymaster.img
fastboot flash userdata userdata.img

6. Masukan perintah diatas satu-satu, maksudnya satu perintah satu kali "enter" pada jendela CMD, seperti ini :


7. Jika semua sudah selesai, masukan perintah ini untuk melakukan Reboot :

fastboot reboot

8. Done! booting pertama akan memakan waktu yang cukup lama hingga 15 menit atau lebih.

Seperti yang sudah di sebutkan diatas, cara ini memang tidak di rekomendasikan secara menyeluruh, tetapi ada beberapa perintah dan manfaat yang bisa kalian gunakan untuk sebagai langkah yang efektif dan efisien dalam menangani masalah pada device Xiaomi kalian berikut adalah perintah paling bermanfaat yang bisa kalian terapkan :

1. Fastboot flash boot boot.img
Perintah ini sangat bermanfaat bagi kalian, karena perintah ini bisa kalian terapkan untuk menginstall kernel baru atau sekedar ingin mereset atau restore kernel kalian yang bermasalah.

2. Fastboot flash recovery recovery.img
Perintah ini sama pentingnya sepertti boot.img, hanya saja perintah ini khusus di buat untuk mengganti atau memasang Custom Recovery pada device Xiaomi kalian, biasanya Recovery tersebut sudah sepaket dengan Kernel, namun kabanyakannya di Xiaomi itu di buat terpisah.

3. Fastboot flash userdata userdata.img
Mungkin dari kalian ada yang belum mengetahui pentingnya perintah ini, ya benar perintah ini berperan untuk bisa melakukan reset data, wipe atau factory reset pada device Xiaomi kalian, dan cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah Bootloop.

4. Fastboot flash system system.img
Nah, perintah ke-4 ini juga sangat bisa di andalkan untuk mengatasi masalah Bootloop dan Brick pada device Xiaomi kalian, karena dengan ini semua system akan di replace ke system yang baru dan clean, tetapi kalian harus melakukan flash system ini ke jenis file ROM system yang sama seperti yang kalian gunakan sekarang, jika file system berbeda maka akan menyebabkan hard brick.

Dengan demikian, pada akhirnya tutorial ini memang di buat untuk user yang sudah berpengalaman saja, karena cara ini terhitung cukup sulit untuk di pahami oleh para user baru Xiaomi, dan sekali lagi cara Flashing manual dengan CMD ini tidak kami rekomendasikan secara menyeluruh, kecuali pada 4 perintah yang sudah kami sebutkan di bawah, semoga kalian bisa mendapat wawasan baru dari artikel ini dan selamat mencoba.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

In Our Network !


2 komentar

file sbl1.img nya gak dapat di load, firmware asli juga tidak ada file tersebut

Berapa sizenya gan untuk file sbl1.img? Soalnya kendala gak bisa di load biasanya karena crash sama adb driver yang gak bisa load file besar karena keterbatasan spesifikasi PC/Laptop agan

Post a Comment