Begini caranya mengaktifkan menu rahasia System UI Tuner pada Android Oreo | DADROIDRD

ARTIKEL ANDROID TERBARU

Begini caranya mengaktifkan menu rahasia System UI Tuner pada Android Oreo

Cara aktifkan fitur rahasia Android Oreo

Sejatinya design dari fitur notifikasi panel atau System UI pada Android Oreo itu sudah cukup lumayan keren, namun sayangnya masih terkesan cukup biasa saja, karena hampir sama saja seperti yang terlihat pada versi Android Nougat, namun kabar baiknya ternyata ada fitur "rahasia" pada SystemUI Android Oreo tersebut, yang pada fitur tersebut terdapat beberapa menu dan opsi untuk bisa melakukan Customize pada tampilan Stattus bar Android Oreo tersebut.

Secara default fitur ini sengaja disembunyikan, tidak tahu alasan kenapa pihak Google menyembunyikan hal ini, apakah karena belum stable? tetapi tenang saja, meski di sembunyikan kalian tetap bisa membuka dan mengakses fitur ini dengan sangat amat mudah, berikut adalah caranya :

1. Silahkan kalian swipe ke bawah Status bar kalian, lihat pada bagian atas Status bar ke arah icon roda gigi.

2. Silahkan kalian menekan icon roda gigi tersebut agak lamaan, dan lepas.
3. Sekarang menu System UI Tunner harusnya sudah muncul di smartphone Android Oreo kalian.
4. Untuk mengaksesnya, kalian bisa membuka aplikasi Settings>>System, lalu scrool ke bagian bawah maka kalian akan melihat menu "System UI Tuner", buka menu tersebut dan kalian akan melihat beberapa opsi utama, seperti menghilangkan tuas brightness di status bar, menghilangkan icon tertentu di status bar, lalu bisa juga untuk memunculkan navigation bar, memunculkan detik di time (jam), lalu bisa juga setting lockscreen dan lainnya.


5. Lalu kalian akan menemukan banyak hal yang bisa kalian perbuat di Notifikasi Panel Android Oreo kalian, seperti memunculkan indikator percentage battery, menghilangkan panel notifikasi tertentu, dan lain sebagainya.


6. Done!

Dengan demikian, sangat mudah memang untuk bisa mengaktifkan menu System UI Tunner tersebut pada Android Oreo, dan faktanya metode ini juga bisa kalian lakukan di Android Marshmallow dan juga Nougat, karena sebenarnya fitur ini sudah lama ada, tetapi entah kenapa kebanyakannya disembunyikan secara default, tetapi cara mengakses dan membuka fitur ini tetap sama saja di semua versi Android yang sudah support menu tersebut.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Dadroidrd.
HomeAdvertisementContact
Night Mode