RILIS ARTIKEL TERBARU :


Pada smartphone Android sendiri kalian sejatinya memang bebas untuk mendownload aplikasi apa saja dari Play Store mau itu aplikasi berbayar atau gratis, dan sistem download dan intasll di Play Store juga sangat mudah kalian pahami.

Yaitu kalian hanya perlu mencari aplikasi yang kalian mau, lalu mendownloadnya (unduh) maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terinstall dalam smartphone Android kalian, dan langsung bisa kalian gunakan.

Namun, sayangnya ada beberapa kasus yang terjadi saat ini, yaitu adalah aplikasi yang sudah di download dari Play Store tidak bisa di pasangkan di smartphone Android kalian, apalagi aplikasi tersebut sudah memakan kouta kalian yang bisa jadi jumlahnya tidak sedikit.

Sebenarnya masalah ini dapat kita cari tahu penyebabnya, dan perlu kalian tahu penyebabnya pasti datang dari beberapa hal di bawah ini :


Storage Memory Internal kalian tidak cukup


Ini penyebab utama kenapa aplikasi yang kalian download tidak bisa terinstall di smartphone kalian, memang harusnya jika kalian ingin mendownload aplikasi dari Play Store tetapi Storage kalian tidak cukup, maka akan muncul pemberitahuan terkait hal tersebut.

Tetapi hal ini bisa juga tidak terjadi, karena storage kalian "pas-pasan" artinya adalah jumlah storage kalian sedikit lebih besar dari jumlah kapasitas aplikasi yang ingin kalian install-kan, karena alasannya adalah aplikasi yang sudah terinstall akan memiliki size yang lebih besar dari pada sebelum di install.

Hal ini di pengaruhi oleh cache dan data dari aplikasi tersebut, sehingga pada proses akhirnya aplikasi yang kalian install dari Play Store menjadi gagal install, karena storage yang hampir "pas-pasan" tersebut.


Tidak Compatible dengan versi Android kalian saat ini


Ini adalah penyebab terbesar kedua yang kerap terjadi atas gagalnya sebuah aplikasi untuk di installkan ke device kalian, karena pasalnya aplikasi Android itu memiliki standard yang di sebut "API", hal ini merupakan standard level yang ada pada setiap versi Android.

Semakin tinggi versi Android level API ini juga kian meninggi, mudahnya seperti ini, aplikasi yang kalian mau mempunyai requirement versi minimal Android 5.0, lalu kalian installkan di smartphone Android kalian yang notabene memiliki versi Android 4.4.

Maka sudah bisa di tebak, aplikasi tersebut tidak bisa terinstall dan tidak dapat di gunakan karena perbedaan requirement minimal dari level API tersebut.


Partisi Memory Internal kalian rusak


Memang jarang terjadi, tetapi hal seperti ini juga jangan di sepelekan, karena bisa jadi ketika sebuah aplikasi yang kalian download tidak bisa ter-install di device Android kalian, karena masalah ini, karena jika "Partisi" Memory Internal kalian rusak.

Maka sudah pasti kalian tidak bisa menampatkan atau menambahkan suatu data pada Memory Internal kalian lagi, karena faktanya adalah pada smartphone Android tersebut "Partisi" dari Memory Internal ini di bagi dalam beberapa Segmen, untuk System, Userdata, dan hal lainnya.

Jika kerusakan "Partisi" di bagian Data, mungkin karena Crash, Error, bahkan kerusakan pada Memory Internal itu sendiri, maka sudah dapat di pastikan aplikasi yang kalian downloa dari Play Store tidak bisa di pasangkan (Install) pada smartphone Android kalian.

Dengan demikian, ke-3 hal diatas adalah hal yang sering terjadi dan menjadi penyebab utama dari masalah gagalnya sebuah aplikasi yang sudah kalian download dari Play Store untuk di Install-kan ke device Android kalian.

Tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada hal lainnya, seperti crash pada firmware, dan settingan lainnya, tetapi faktanya ke-3 hal diataslah yang mewakili masalah yang paling sering terjadi. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot