RILIS ARTIKEL TERBARU


Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa kebanyakan smartphone itu punya driver masing-masing yang berguna untuk menerjemahkan atau identifikasi hardware agar bisa terbaca dengan baik di PC (Khusus Windows), tetapi pada kenyataannya menginstallkan driver-driver tersebut ke PC biasanya tidak selalu mulus jalannya, dan hampir semua kasus yang ada itu karena masalah perijinan dari PC itu sendiri (Administrator).

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah saja, kalian hanya perlu melakukan beberapa trik agar driver yang kalian butuhkan bisa terinstall dengan baik di PC Windows kalian, tetapi ada beberapa kondisi dimana beberapa trik di bawah ini tidak bisa berkerja dengan semestinya, karena suatu hal sebagai berikut :

1. Windows kalian error (bisa jadi akibat virus atau gara-gara anti virus itu sendiri)
2. Driver utama di Windows error atau tidak lengkap
3. Driver yang ingin kalian install-kan rusak (Curropt)

Ke-empat hal di atas merupakan masalah utama, jika nantinya saat kalian memasangkan Driver tersebut ke PC kalian, tetapi tetap saja gagal, untuk itu kalian harus memperbaiki OS Windows atau media pendukungnya dulu, kalau bisa segera Install ulang Windows, atau disable Anti virus, lalu jika kalian merasa PC Windows kalian baik-baik saja, maka silahkan install driver yang kalian butuhkan dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini :


3 hal yang bisa di lakukan jika gagal Install Driver smartphone Android di PC Windows




1. Safe Mode

Trik pertama ini sangat ampuh untuk mengatasi hal serupa, karena dengan masuk ke mode Safe Windows, semua proteksi yang datang dari panel Administrator semuanya terbuka, karena seperti yang kalian ketahui melakukan Installasi Driver itu langsung akan di letakan ke Drive (biasanya C:) di mana tempat tersebut adalah tempat file OS Windows kalian berada, jadi awajar saja Local Drive ini akan di proteksi oleh Administrator.

Tetapi, dengan kalian boot (masuk) ke Safe Mode, maka proteksi dari fitur Administrator akan di hilangkan dan kalian bisa dengan bebas menginstallkan driver atau aplikasi apapun, berikut adalah caranya :

1. Silahkan masuk dulu ke fitur "Run", lalu ketikan "msconfig" dan tekan "enter".


2. Selanjutnya, masuk kedalam tab/opsi "Boot".


3. Pada bagian "Boot Options", langsung saja aktifkan/tandai opsi "Safe Boot" dan tandai lagi opsi di bawahnya, seperti ini :


Jika sudah tekan "Ok"
4. Selanjutnya tekan "Restart".


5. Secara otomatis Windows kalian akan booting ke mode Safe Mode.

Ciri-ciri sudah masuk dalam Safe Mode Windows adalah tampilan windows kalian akan menjadi sedikit jelek dan ada watermark "tanda" tulisan Safe Mode di bagian sudut layar PC Windows kalian.


Pada kondisi ini kalian sudah bisa langsung menginstallkan Driver Android mana yang kalian butuhkan, jika sudah selesai, selanjutnya kalian hanya perlu kembali ke Normal Mode Windows saja lagi, dengan cara :

1. Masuk ke fitur "Run", lalu ketikan "msconfig" dan tekan "enter".
2. Masuk kedalam tab/opsi "Boot".
3. Pada bagian "Boot Options", hilangkan tanda/centang yang telah kalian aktifkan sebelumnya pada "Safe Boot", Jika sudah tekan "Ok".
4. Selanjutnya tekan "Restart".
5. Maka Windows kalian akan kembali normal lagi.

2. Disable Driver Siganture Enforcment (Temporary)

Cara selanjutnya adalah kalian bisa melakukan Disable Verify Driver Insatallation pada Driver yang akan kalian butuhkan, karena pada faktanya bisa jadi Driver yang ingin kalian Installkan tersebut belum ter-verify dengan baik (unsign) jadi ketika di Install-kan ke Windows PC kalian, maka proses Instalasinya akan gagal.

Maka dari itu kalian perlu melakukan Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu ke PC Windows kalian, untuk cara ini hanya bisa sekali pakai dalam artian, jika sudah di gunakan dan kalian melakukan shut down atau restart pada PC Windows kalian, maka settingan akan kembali seperti semula lagi, dan cara ini support dari Windows 7/8/8.1/10, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat tutorialnya di artikel Cara Disable Driver Siganture Enforcment Sementara (Temporary).

3. Disable Driver Siganture Enforcment (Permanent) via Test Mode



Mempunyai fungsi yang sama seperti cara nomor 2, cara terakhir ini juga akan mematikan Verify Installation di PC Windows kalian, hanya saja disini akan bersifat permanent, dalam artian kalian perlu mengembalikannya lagi ke Normal Mode setelah kalian melakukan Boot (masuk) ke Test Mode Windows tersebut.

Perlu kalian ketahui, cara ini juga banyak manfaatnya selain untuk bisa menginstallkan banyak Driver yang berstatus "unsign" cara ini juga bisa kalian manfaatkan untuk melakukan banyak hal yang sebelumnya di halangi oleh Firewall Windows atau proteksi lainnya, tetapi tidak sehebat fitur Safe Mode, tetapi juga sangat bisa di andalkan jika kalian ingin mengisntallkan Driver ke PC Windows kalian.

Caranya kalian hanya perlu memasukan perintah khusus ke jendela Command Prompt (CMD), berikut adalah tutorialnya Disable Driver Siganture Enforcment dengan metode Test Mode Windows.

Dengan demikian, di pastikan Driver yang kalian butuhkan saat ini sudah bisa kalian pasang di PC Windows kalian, jika masih gagal, berarti masalah utamanya adalah seperti yang sudah di sebutkan di atas, semoga bermanfaat dan berhasil.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment