RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara agar Xiaomi dan Redmi tidak boros baterai, Agar baterai Xiaomi dan Redmi hemat, Saran agar Baterai Xiaomi dan Redmi tahan lama, Supaya baterai Redmi dan Xiaomi tidak cepat habis

Isu cepat habisnya kapasitas baterai pada smartphone Android itu memang selalu terjadi hingga saat ini, meski demikian ternyata faktor utama dari cepat habisnya kapasitas baterai smartphone Android itu ada banyak.

Seperti masalah pada jaringan yang tidak stable, management aplikasi pada ROM smartphone Android kalian yang kurang baik, hingga firmware yang kalian gunakan mendapat bugs (cacat) pada fitur management daya-nya, dan hal ini dapat berlaku pada semua smartphone Android termasuk jajaran smartphone Xiaomi / Redm.

Saat ini ada banyak isu yang "katanya" menjadi masalah utama kenapa sebuah smartphone Xiaomi / Redm bisa semakin boros dalam konsumsi baterainya, tetapi semua itu kebanyakan hanya sebuah spekulasi saja.

Dari pada kita mencari penyebab masalah tersebut, lebih baik kalian ikuti beberapa tips super ampuh ini untuk membuat konsumsi daya baterai Xiaomi / Redm kalian menjadi lebih irit atau mudahnya daya baterai smartphone kalian tidak akan cepat habis lagi.

Cara agar Xiaomi dan Redmi tidak boros baterai, Agar baterai Xiaomi dan Redmi hemat, Saran agar Baterai Xiaomi dan Redmi tahan lama, Supaya baterai Redmi dan Xiaomi tidak cepat habis



Jangan sampai Overheat


Maksudnya adalah jangan sampai device kalian berkerja dengan sangat keras, seperti memainkan game dalam waktu yang lama hingga smartphone terus aktif tanpa istirahat dalam waktu yang panjang.

Indikasinya adalah akan terjadi "Overheat" yang benar saja situasi ini akan membuat konsumsi daya baterai kalian cepat habis, baterai cepat rusak, parahnya hardware yang lain kemungkinan juga akan cepat rusak.


Pilih jaringan Prioritas


Bukan bermaksud mengiklankan product dari provider eX'eL, tetapi maksudnya adalah pilih jaringan prioritas kalian, misalnya kalian ingin jaringan 4G pilih saja dan tetapkan selalu ke 4G, di sarankan jangan memilih fitur yang "Prefer" karena smartphone kalian akan kewalahan untuk terus mencari jaringan dan mengubah mode jaringan di smartphone kalian setiap saat.


Pakai mode 2G atau mode pesawat


Seperti yang kalian tahu di bandingkan jaringan 4G dan 3G, faktanya smartphone yang di "Switch" ke mode 2G akan menjadi lebih irit dalam konsumsi daya, karena pasalnya jaringan 2G itu selalu lebih kuat dari jaringan 4G maupun 3G, jadi sangat di sarankan ketika kalian ingin berpergian jauh.

Maka ubahlah mode jaringan pada smartphone Xiaomi / Redm kalian ke mode 2G atau mode pesawat, guna untuk menjaga agar kapasitas baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian tidak cepat habis.


Aktifkan fitur Sleep Mode (Deep Sleep)


Jika kalian merasa smartphone kalian cukup boros ketika sedang tidak di gunakan atau di tinggal tidur, bisa jadi karena smartphone kalian tidak aktif fitur Deep Sleep-nya.


Matikan Wi-Fi, ketika sedang tidak dipakai


Sama seperti jaringan "Prefered" aktifnya fitur Wi-Fi tersebut juga menjadi biang kerok cepat habisnya baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian, karena jika Wi-Fi kalian aktif terus, mesti sedang tidak kalian koneksikan ke titik Point tertentu.

Maka Wi-Fi pada smartphone kalian akan terus mencari Wi-Fi yang tersedia di jangkuan daerah tempat kalian berada, dan inilah alasan kenapa bisa baterai smartphone kalian cepat habis, tanpa sepengetahuan kalian.


Kurangi Brightness layar


Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengurangi konsumsi daya baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian, karena faktanya, sebagian besar daya pada smartphone Xiaomi / Redm tersebut.

Hanya habis ke sisi "Display" dan kecerahan layar smartphone "Brightness" bisa menjadi salah satu alasan kenapa baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian cepat habis.


Atur Time Sleep layar


Maksudnya adalah kalian perlu mengatur fitur layar yang mati sendiri ketika tidak sedang di gunakan, disarankan gunakan waktu time out 30 seconds atau 1 minutes, jangan pilih "Never", karena smartphone Xiaomi / Redm kalian tidak akan bisa Sleep (mati sendiri) secara otomatis, jika kalian pilih opsi "Never" tersebut.


Close Apps Background


Maksudnya adalah ketika kalian sudah selesai melakukan Chating atau bermain game, maka kalian harus melakukan Kill pada aplikasi tersebut, dengan membersihkan aplikasi berjalan tersebut.

Sehingga smartphone Xiaomi / Redm kalian tidak berkerja secara berlebihan lagi untuk menangani sejumlah aplikasi multitasking yang terbuka, yang berimbas ke cepat habisnya baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian.


Bersihkan Trash (Cache, junk file, etc)


Cara ini juga terhitung ampuh, selian untuk bisa membuat konsumsi daya baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian lebih irit, cara ini juga bisa membuat kapasitas stoarge smartphone Xiaomi / Redm kalian menjadi lebih lega.


Lakukan management Clockspeed CPU


Cara ini memerlukan sebuah akses ROOT, karena ini akan menulis ulang settingan smartphone Xiaomi / Redm kalian, cara kerja point ini adalah kalian mesti menurunkan Maximum Clockspeed CPU kalian, dan menurunkan Minimum Clockspeed CPU kalian juga.

Karena jika Clockspeed di setting ke level yang lebih rendah, maka di pastikan daya yang di gunakan juga tidak akan besar, untuk melakukan hal ini kalian bisa gunakan aplikasi sejenis Kernel Auditor yang bisa kalian download gratis melalui Play Store.


Pakai baterai Double Power


Maksudnya disini adalah kalian perlu mengganti baterai Xiaomi / Redm kalian ke jenis baterai dengan kapasitas besar yang kerap di sebut Double Power, dan jika sudah kalian ganti, maka jelas saja kalian bisa menggunakan smartphone Xiaomi / Redm kalian, lebih lama lagi dari sebelumnya.


Lakukan update versi MIUI secara berkala


Hal ini di tujukan untuk agar bisa mendapat settingan atau perbaikan bugs, yang bisa jadi akan ber-effect pada management konsumsi daya baterai smartphone Xiaomi / Redm kalian.


Laminating


Ya, benar, Laminating! silahkan kalian Laminating smartphone kalian di toko ATK terdekat, gunanya adalah agar kalian tidak menggunakan smartphone Xiaomi / Redm kalian lagi, dan hasil akhirnya baterai Xiaomi / Redm kalian akan tetap terjaga dan tidak cepat habis, hehe

Dengan demikian, beberapa cara yang sudah di sebutkan di atas adalah cara yang benar-benar ampuh untuk bisa membuat konsumsi daya baterai Xiaomi / Redm kalian menjadi lebih irit, dari sebelumnya, ikuti beberapa Tips yang cocok untuk kalian.

Lihat perbedaannya pada smartphone Xiaomi / Redm kalian ketika sudah melakukan implementasi pada Tips dan Tricks yang sudah di sebutkan di atas, selamat mencoba, dan sukses!. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot