RILIS ARTIKEL TERBARU :

Panduan lengkap pasang Face Unlock di Android Oreo beserta keunggulan dan kekurangannya

Keberadaan Face Unlock memang sudah lama ada di sistem operasi Android, tetapi seperti yang kalian ketahui baru akhir-akhir ini saja trend ini muncul kepermukaan akibat dari trend yang di bawa oleh iPhone X, di smartphone Android sendiri, jenis keamanan seperti ini hanya sebagian saja muncul dalam beberapa Custom ROM, tetapi fitur ini selalu ada di sertakan pada jenis versi ROm Android Murni.

Untuk contoh kasus yang akan kita terapkan kali ini menggunakan sebuah smartphone biasa (artinya smartphone yang tidak memiliki kemamouan khusus pada kamera dan sensoronya dalam kemanan Face Unlock) yang berjalan pada versi Android 8.1 Oreo, dan untuk versi Android di bawahnya akan tetap sama saja, dengan syarat versi Android tersebut adalah versi Android murni dan bukan Custom ROM, seperti MIUI, ColorOS dan lainnya (cara pengerjaannya bisa berbeda).

Hal pertama yang perlu kalian lakukan ialah membuka aplikasi Settings, lalu masuk pada menu "Security & Location".


Selanjutnya, silahkan kalian masuk ke dalam menu "Smart Lock".


Lalu pilih opsi "Trusted Face", dan ikuti instruksinya.


Pada tahap ini silahkan kalian memasangkan wajah kalian, pada lingkaran yang telah di sediakan, untuk set up Face Unlocknya akan memakan beberapa detik, hingga wajah kalian terbaca.


Sampai disini, harusnya kalian sudah berhasil melakukan konfigurasi pada settingan Face Unlock, dan saat ini juga kalian sudah bisa menggunakan kemampuan Face Unlock tersebut, cara kerjanya adalah kalian hanya perlu membuka smartphone kalian saat device kalian terkunci dan arahkan saja kamera depan ke wajah kalian, jika berhasil maka smartphone kalian akan terbuka dengan sendirinya.


Perlu kalian ketahui, faktanya kalian bisa meningkatkan kehandalan dari kemanan Face Unlock tersebut, dengan membukan fitur "Trusted Face" lagi dan pilih menu "Improve Face Matching", dengan ini kalian bisa memindai wajah kalian berulang kali saat di kondisi cahaya redup, terang, berkacama mata, berbagai ekspresi, dan ketika hal ini teerus di lakukan maka keakuratan dari Face Unlock tersebut akan semakin meningkat.

Lalu pertanyaan utamanya adalah apakah fitur ini benar-benar aman? jawabannya tidak sepenuhnya aman! karena memang benar smartphone kalian akan bisa membaca wajah kalian tetapi akan sangat mudah untuk di rekayasa dengan cara menampilkan gambar/photo wajah kalian atau menampilkan wajah saudara/kembaran kalian, maka smartphone tersebut akan tetap terbuka, karena metode ini hanya akan menggunakan kemampuan kamera biasa saja, tanpa disertai dengan kemampuan 3D Face Matching atau beberapa sensor pendukung seperti Infra Red atau semacamnya.

Dengan demikian inilah kekurangan dari Face Unlock tersebut (di terapkan pada smartphone Android biasa) :
1. Sangat mudah untuk di rekayasa.
2. Sama sekali tidak bisa di andalkan dalam keadaan minim cahaya.
3. Responnya akan menjadi lamban jika redup cahaya.
4. Memerlukan jarak tertentu agar kamera bisa memindai wajah pengguna smartphone tersebut.

Ternyata, disamping dari kekurangan tersebut ada juga kelebihannya dan itu adalah :
1. Akan membuat smartphone kalian menjadi lebih keren dan kekinian.
2. Minim tenaga (artinya kalian hanya perlu menatap layar smartphone kalian, dan smartphone akan terbuka dengan sendirinya).
3. Bisa di terapkan di semua smartphone Android (jika fitur ini tersedia) dengan syarat smartphone tersebut mempunyai kamera depan.
4. Tidak memakan konsumsi baterai yang besar.

Tips dari kami selanjutnya adalah jika kalian berniat untuk menggunakan jenis keamanan ini, maka saran terbaik dari kami adalah kombinasikan juga dengan kemanan berjenis sidik jari (Fingerprint) dan juga Pola (Pattern), dengan mengimplementasikan hal tersebut, maka keamanan di smartphone Android kalian akan menjadi berlapis, dengan kesimpulan kerennya dapat, keamanannya pun juga dapat.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot