RILIS ARTIKEL TERBARU

Penyebab dan solusi atasi gagal masuk EDL Xiaomi


Seperti yang telah kalian ketahui, di jajaran smartphone Xiaomi sendiri saat ini di ketahui ada beberepa macam metode yang bisa kalian gunakan untuk melakukan Flashing terhadap device Xiaomi kalian, dan dari beberapa metode tersebut ada satu metode yang paling populer dan itu adalah metode flashing via EDL (Emergency Download Mode).

Alasan kenapa metode EDL tersebut banyak di sukai oleh pengguna Xiaomi adalah bahwa dengan mengikuti prosedur Flashing via EDL tersebut, device Xiaomi kalian tidak perlu Unlock Bootloader terlebih dahulu, dengan artian metode EDL ini sangat memungkinkan di lakukan di device Xiaomi yang masih dalam keadaan Locked Bootloader, hebat kan! (itu dulu, sekarang tidak semudah itu lagi!)

Ya, benar sekali saat ini mode EDL pada Xiaomi sudah di batasi penggunaannya, karena batas akses ke mode EDL tersebut sudah secara pasti di batasi oleh pihak Xiaomi dengan beragam cara, itulah alasannya kenapa device terbaru dari Xiaomi saat ini tidak bisa lagi masuk dalam mode EDL tersebut, dan berikut adalah penyebab dan solusi jika device Xiaomi kalian tidak bisa masuk dalam mode EDL.

1. Xiaomi kalian tidak support mode EDL
Pada faktanya ternyata tidak semua device Xiaomi itu bisa support mode EDL lho! benar sekali, karena mode EDL tersebut hanya tersedia bagi Xiaomi yang memiliki tipe mesin Qualcomm Snapdragon saja (Koreksi bila kami salah) jika device kalian bermesin MediaTek, maka sudah pasti kalian tidak akan bisa masuk mode EDL, karena secara hardware, mode EDL tersebut memang salah satu fitur ekslusif yang ada di smartphone Android dengan Chipset Qualcomm Snapdragon saja, dan setau kami mode EDL tersebut jarang di temui pada smartphone Android non-Qualcomm Snapdragon, termasuk di antaranya adalah MediaTek.

Solusi - Jika kalian pemilik device Xiaomi bermesin MediaTek dan ingin masuk ke mode EDL, maka kalian tidak bisa mengupayakan apapun lagi, karena secara hardware pun sudah tidak support, jika masih ngotot ingin masuk ke mode EDL, mungkin kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli device Xiaomi baru dengan tipe mesin Qualcomm Snapdragon.

2. ROM MIUI kalian sudah tidak support EDL Locked Bootloader
Ini adalah batasan yang sudah di sebutkan di atas, karena sebelum ini, kalian bisa dengan bebas masuk ke Mode EDL Xiaomi kapanpun kalian mau, tetapi dengan alasan (Privacy dan Security) Xiaomi mengupayakan membatasi akses ke Mode EDL tersebut bagi mereka yang masih memiliki device Xiaomi dengan kondisi Locked Bootloader, dengan demikian ketika user Xiaomi ingin masuk ke Mode EDL, maka secara langsung device Xiaomi tersebut akan restart (mental) dengan sendirinya, hal ini terjadi karena pada dasarnya Xiaomi memang telah mematikan fitur ini yang telah di update pada ROM MIUI jenis baru.

Solusi - Mudah saja, silahkan kalian lakukan downgrade ke versi minimal MIUI 8.2 kebawah, karena pada versi tersebut, Mode EDL masih belum di kunci oleh pihak Xiaomi, tetapi ini hanya berlaku pada beberapa tipe Xiaomi lawas saja, yang pastinya memiliki versi ROM MIUI 7 hingga MIUI 8.2, untuk variant Xiaomi baru sangat mustahil melakukan hal tersebut, karena tidak ada versi ROM di bawah MIUI 8.5 yang tersedia.

3. Device kalian belum Unlock Bootloader
Sudah menjadi hal yang pasti dan jelas bagi device Xiaomi saat ini bahwa jika belum Unlock Bootloader maka device kalian tidak akan bisa masuk dalam mode EDL, karena memang salah satu syarat untuk masuk Mode EDL Xiaomi saat ini adalag dengan melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu, karena bagi variant device baru Xiaomi dengan ROM MIUI versi baru, masuk Mode EDL sudah pasti tidak bisa di lakukan, karena sudah di kunci oleh pihak Xiaomi, dan kalian pun tidak bisa melakukan downgrade, karena ketersediaan ROM lawas untuk variant device Xiaomi kalian tidak tersedia, seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Solusi - Faktanya kalian masih tetap bisa mengakses Mode EDL tersebut pada jajaran smartphone Xiaomi baru, meski berada pada ROM MIUI baru yang notabene Mode EDL tersebut sudah di locked (Kunci) oleh pihak Xiaomi, tetapi kalian harus mengupayakan hal lebih dengan cara membuka tutup bagian belakang smartphone Xiaomi kalian untuk bisa mengakses metode Test Point, karena memang hanya metode inilah yang bisa kalian terapkan jika kalian memiliki device Xiaomi dengan variant terbaru dan tentu saja dengan ROM MIUI versi baru.

Dengan demikian, sudah sangat jelas rasanya kami sebutkan di atas alasan kenapa Xiaomi kalian tidak bisa masuk kedalam Mode EDL, dan jika beberapa solusi tersebut sudah kalian lakukan dan ternyata berhasil, maka langkah selanjutnya adalah kalian mesti masuk ke Mode EDL tersebut dengan cara yang benar, yang bisa kalian temukan tutorialnya DISINI, dan jika masih tidak bisa di lakukan saran terbaik dari kami adalah lakukan Unlock Bootloader, karena hal ini akan mampu mengatasi berbagai masalah yang kalian hadapi saat ini.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

In Our Network !


29 komentar

Gan, bisa bimbing saya ga, sekarang saya sudah masuk mode EDL, tapi sdh saya coba flash lewat mi flash tapi error gan. Mohon bantuannya

Udah bener masuk mode EDL gan? udah lakuin Disable Driver Signature Enforcement? di Mi Flash ke baca status COM berapa gan di listnya?

Ke detect COM berapa gan di aplikasi Mi Flash? masuk ke Mode EDL pakai teknik Test Point bukan gan? soalnya untuk MIUI 8.1 ke atas masuk Mode EDL hanya bisa di lakukan dengan metode Test Point, resikonya seperti yang saya jelaskan di komentar sebelumnya gan

COM 4 Aplikasi Mi Flash 2017.4.25.0

Kalau udah ke ke listing COM harusnya bisa di Flash gan, coba log errornya apa sih gan?

errornya hello pocket. apa tuh artinya gan?

cannot receive hello packet errornya gan

[7:06:58 PM]:0 COM4 11.587613s cannot receive hello packet
[7:07:27 PM]:0 COM4 11.4831388s cannot receive hello packet
[7:15:32 PM]:0 COM4 5.0453426s [7:15:32 PM COM4]:[7:15:32 PM COM4]:dump:








[7:27:23 PM]:0 COM4 10.0260868s cannot receive hello packet
[8:05:10 PM]:0 COM4 11.6265608s cannot receive hello packet
[8:15:04 PM]:0 COM4 11.3356173s cannot receive hello packet
[8:21:01 PM]:0 COM4 5.04686s [8:21:00 PM COM4]:[8:21:00 PM COM4]:dump:








[8:23:57 PM]:0 COM4 5.0416517s [8:23:57 PM COM4]:[8:23:57 PM COM4]:dump:








Wah itu yg bermasalah firmwarenya masgan, coba download firmware yg laen dan coba lagi untuk referensi bisa lihat disini masgan https://www.dadroidrd.com/2017/05/cara-mengatasi-error-hello-packet-di.html

jadi bingung saya gan... firmwarenya bermasalah ya

gan kalo ane kirim hp saya ke agan, bisa ga tolong di atasi?

Iya gan, kemungkinan firmwarenya yang bermasalah

bagaimana cara opreknya ya gan... mungkin masih ada ilmu lain

Gak bisa gan, saya gak buka jasa buat yang begituan gan hehe sorry ya, cuma bisa ngebimbing saja gan, lebih kurangnya agan sendiri yang mesti aktif buat nyelesain masalahnya

Kalau saya sih, biasanya kalo mendapat masalah seperti ini, download firmware lain, terus coba di flash satu-satu ntar juga ada yang berhasil, tapi itu harus berkorban kouta dan waktu buat download firmwarenya

sarannya yang versi berapa gan? biar ane coba2. ga apa2 ane juga pake wifi indihome rumah 50Mbps gan.

Itu Xiaomi Redmi Note 5 agan codenamenya WhyRed atau Vince? soalnya ada perbedaan untuk versi yang masuk di Indonesia dan versi China, coba cari disini gan http://en.miui.com/a-234.html , kalau gak salah untuk versi Redmi Note 5 Indo pakai file fastboot yang Xiaomi Redmi Note 5 Pro (WhyRed)

cara lihat kode namenya dimana ya gan?

saya sudah cek punya saya whyred

Berarti download yang versi Xiaomi Redmi Note 5 Pro masgan

udah gan, tapi masih gagal.... hufttt dari pagi sampe sekrang belum dapat solusinya hihihi error melulu

Iya gan, Xiaomi emang gitu saya kadang satu minggu baru berhasil gan, coba di kombinasikan dengan Mi Flash versi lawas gan, kalau memang gagal melulu tidak ada cara lain lagi selain melakukan Unlock Bootloader gan

Oh iya gan, mau tanya posisi Mi unlock status saya terbuka, tapi waktu cek lewat fastboot masih false. gmna cara atasinya ya?

Iya itu gan, karena ROM Abal-abal jadinya mekanisme Unlocknya di acak-acak, harusnya kalau sudah unlock tinggal di Fastboot biasa udah kelar, ntar saya cari tau dulu masgan, kali aja ada masalah serupa biar saya share nanti di artikel terbaru kalo udah nemu solusi yang kaya ginian

Oh iya gan, tadi malam saya coba update melalui menu Tentang Telepon - Pembuaruan Sistem - Pilih paket pembaruan, terus saya masukan MIUI 9.5.19.0 Global Stable, prosesnya berjalan Normal seperti biasanya. pada waktu masukin settingan awal seperti sampai selesai, saya masuk lagi ke Te menu Tentang Telepon, versinya ga berubah masih versi MIUI 9.5.17.0.0. Pada saat aktifin menu Keamanan, ehhh malah muncul tulisan ROM unofficial. Bingung juga sekarang dengan ROM Distributor.

Iya gan, maka dari itu gan, ROM Abal-abal sekarang canggih, sasarannya sudah Bootloader sekarang jadi, semuanya serba sulit di buatnya

yang anehnya juga gan waktu saya update MIUI 10 Global Beta, melalui XaoMiTool, prosesnya juga berjalan normal, waktu lihat tampilannya semua fitur MIUI 10 mulai dari settingan awal samapi dalam2nya. tapi waktu masuk menu Tentang Telepon, eee Versinya juga tetep ga berubah masih MIUI 9.5.17.0.0. Aneh juga...

Kalau gitu gak masalah gan, yang penting bisa gonta ganti ROM hehe

Post a Comment