RILIS ARTIKEL TERBARU :

Beda ROM Stable Developer China  Global Xiaomi, Beda versi ROM MIUI, Maksud jenis ROM MIUI, Kelebihan masing-masing jenis ROM MIUI

Sejatinya Xiaomi dan Redmi memang sama seperti kebanyakan smartphone Android di luar sana, yaitu menggunakan OS Android sebagai basisnya, lalu menggunakan komponen hardware yang mempunyai typical sama juga seperti kebanyakan smartphone Android saat ini, lalu apa yang membuat device keluaran Xiaomi dan Redmi menarik? salah satu jawabannya adalah terletak di ROM-nya.

Seperti yang kalian ketahui Xiaomi dan Redmi memiliki OS tersendiri yang bernama MIUI, dan MIUI ini adalah hasil Customize dari basis Android murni, mungkin lebih tepat di sebuta Custom ROM, ketimbang di sebut OS, lalu hal menarik datang dari ROM MIUI tersebut, yang faktnya hanya Xiaomi dan Redmi saja yang merilis satu buah ROM dengan berbagai versi yang bisa di piliha oleh penggunannya langsung.

Setiap versi ROM dari MIUI tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beba tentunya, karena ada ada ROM yang di buat khusu untuk regional tertentu dan ada juga yang di tujukan untuk pengembangan, dan semua itu bisa di coba oleh pengguna device Xiaomi dan Redmi manapun, dan berikut adalah penjabaran perbedaan dari beberapa versi ROM MIUI yang ada sekarang ini.


MIUI Versi China


Seperti namanya sendiri ROM MIUI ini khusus di buat untuk wilayah original China saja, dan untuk pemilihan bahasannya sendiri akan sangat sedikit, kalau tidak salah hanya terdapat 3 buah bahasa saja, dan satu di antarannya terdapat bahasa inggris.

Faktanya ROM MIUI China ini tidak di sertai dengan fitur Google Play Store, jadi kalian jika ingin mendownload aplikasi mesti menggunakan App Store resmi yang telah di sediakan oleh Xiaomi dan Redmi pada ROM MIUI versi China tersebut.


MIUI Versi Global


Berbeda dengan versi China, versi Global MIUI ini khusus di peruntukan untuk penjualan skala International, pemilihan bahasannya pun sangat lengkap, dan sudah support bahasa Indonesia sepenuhnya.

Hal yang menjadi kelebihan lainnya adalah bahwa versi ROM MIUI Global ini sudah support fitur Google Playstore secara default, jadi kalian bisa mendownload aplikasi resmi dari Google Playstore pada versi MIUI ini secara mudah dan tentu saja aman.


MIUI Versi Stable


Merujuk kepada seri versi China atau Global, embel-embel stable ini adalah sebagai penjelas bahwa ROM MIUI China atau Global tersebut sudah layak pakai, dan minim bugs (cacat).

Sehingga dengan demikian di tags dengan seri Stable, karena versi MIUI Stable adalah versi ROM MIUI yang sudah teruji dan paling bagus untuk kalian gunakan sekarang ini, hanya saja biasanya fitur dan versi-nya akan ketinggalan sedikit dari versi ROM MIUI Developer.


MIUI Versi Developer


Berbeda dengan versi Stable, versi MIUI Developer ini lebih di tujukan kepada para pengembang, tetapi orang awam tetap bisa menggunakannya dengan mudah, yang menjadi keutamaan versi MIUI Developer ini adalah kalian akan mendapat update berkala, fitur baru yang tidak ada pada versi Stable.

Tetapi pada versi ini akan di temukan banyak bugs, wajar mengingat ini versi pengembang, dan jika project MIUI developer ini sudah rampung maka akan menghasilkan versi MIUI Stable, bisa itu versi China atupun versi Global.


MIUI Versi Distributor


Sebenarnya tidak ada yang baik dari jenis ROM satu ini, karena faktanya ROM MIUI yang harusnya resmi dengan build info yang benar tetapi malah di rubah oleh pihak penjual smartphone Distributor, alasannya adalah untuk keuntungan sendiri.

Karena biasanya mereka akan menyisipkan malware berupa iklan, atau membuat smartphone tidak bisa melakukan update versi MIUI secara berkala, sehingga mereka akan di untungkan dengan biaya service-nya, sehingga ini lebih cocok di sebuat MIUI "Culas" Distributor, karena memang sangat meresahkan.

Dengan demikian, penjelasan terkait versi MIUI diatas sudah sepenuhnya di paparkan sejelas mungkin, harapannya adalah kalian bisa lebih pintar dan tahu terkait versi MIUI yang kalian gunakan saat ini, dan tahu apakah ROM kalian asli atau palsu.

Jika memang di temukan kejanggalan ada baiknya kalian mengambil tindakan seperti melakukan Flash ulang ke Firmware yang resmi dan teruji, salah satunya adalah versi MIUI Global Stable. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot