RILIS ARTIKEL TERBARU :

Seberapa penting sih Google Play Store untuk Smartphone Android kamu?

Bagi pengguna smartphone Android baru, pasti merasa bingung kenapa segala sesuatu hal terkait aplikasi Android selalu di hubungkan dengan aplikasi Market Android atau kerennya di sebut Play Store? nah, hal ini bukan tanpa alasan, tetapi memang pada kenyataannya aplikasi Google Play Store atau Android Market tersebut, memang memiliki kaitan erat dengan smartphone berbasis sistem operasi Android.

Tidak salah jika kalian para pengguna smartphone Android baru (Newbie) merasa cukup aneh ketika mendengar "download saja di Play Store", atau "cari saja file-nya di Play Store gratis kok!", lalu sebegitu pentingnya kah aplikasi Play Store tersebut untuk smartphone Android kalian? Ya, penting, tetapi tidak penting-penting amat!.


Seberapa penting Google Play Store untuk Smartphone Android?


Alasannya sederhana saja, karena pada kenyataannya sistem oprasi Android memang secara langsung di berikan sebuah fitur market untuk mendownload ribuan hingga jutaan aplikasi pendukung untuk smartphone Android kalian.

Fitur ini selalu tersedia pada setiap smartphone Android dari berbagau macam versi Android yang ada saat ini, jadi dengan demikian Google Play Store ini memang memiliki peran yang cukup vital untuk penggunaan smartphone Android kalian.

Lalu apakah semua file bisa di download secara gratis? jawabannya Tidak!, karena hanya sebagian saja yang gratis, sisanya adalah sebuah aplikasi ekslusif yang jika kalian menginginkannya kalian mesti mengeluarkan sejumlah uang untuk menebus aplikasi tersebut, dan biasanya jenis aplikasi berbayar tersebut adalah sebuah Tools unik dengan kemampuan hebat, games, dan beberapa Themes.


Google Play Store sangat penting?


Pertanyaan selanjutnya adalah apakah benar smartphone Android tidak bisa lepas dari Google Play Store? jawabannya sama sekali tidak, karena pada faktanya smartphone Android tersebut juga di bekali dengan kemampuan pemasangan aplikasi berformat (.apk) yang bisa kalian dapatkan bukan hanya di Google Play Store saja.

Contohnya seperti melakukan download aplikasi pihak ke-3 melalui situs tertentu atau situs resmi pengembang aplikasi yang bersangkutan.

Hanya saja, cara ini terkesan lebih berbahaya karena jika kalian mendownload dan memasangkan aplikasi di luar dari Play Store, maka bisa jadi aplikasi yang kalian pasangkan mengandung beberapa macam virus seperti jenis Malware, Spyware ataupun Adware.

Tetapi, jika kalian mendownload langsung dari Google Play Store maka keamanan aplikasi tersebut sudah di jamin oleh pihak Google, karena biasanya aplikasi yang telah muncul di direktori aplikasi Google Play Store itu sudah bersih dari segala macam ancaman, salah satunya ancaman dari berbagai macam virus.


Aplikasi di luar Google Play Store berbahaya?


Lalu, perlu kalian ketahui pula, bahwa tidak semuanya aplikasi di luar Google Play Store itu berbahaya, karena jika kalian mendapatkan aplikasi tersebut di situs terpercaya atau resmi maka aplikasi tersebut tetap masih aman untuk kalian pasangkan dan kalian gunakan di smartphone Android milik kalian.

Untuk melakukan pemasangan aplikasi non-Play Store tersebut, kalian mesti mengaktifkan fitur "Unknown Source" terlebih dahulu pada smartphone Android kalian, selanjutnya baru kalian bisa memasangkan aplikasi tersebut di smartphone Android kalian secara instan.

Kesimpulannya adalah Google Play Store memang penting, tetapi bukan yang terpenting, yang paling penting adalah bagaimana kalian bisa senang atau bahagian dalam menggunakan smartphone Android kalian sendiri, dan kesenangan tersebut bisa kalian peroleh bukan hanya dari aplikasi Google Play Store saja, tetapi dari sumber lain pun juga bisa, paham? semoga bermanfaat. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot