ARTIKEL ANDROID TERBARU

Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi tanpa PC, bisa?

Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi tanpa PC, bisa?

Sejauh ini kami telah banyak melakukan publish artikel terkait device Xiaomi bisa itu terkait teknik Rooting, Unlocking, dan juga teknik Flashing, tetapi dari semua metode yang kami jelaskan dan sajikan, ada satu buah metode yang sampai saat ini masih saja di tanyakan banyak user Xiaomi ke kami dan itu adalah "Bisakah melakukan Unlock Bootloader (UBL) tanpa PC?" namun sebelumnya kami akan menjelaskan kenapa pertanyaan ini bisa muncul.

Jika kalian pernah melakukan Unlock Bootloader atau saat ini sedang berupaya melakukan Unlock Bootloader untuk device Xiaomi kalian, mungkin kalian bisa tahu betapa sulitnya untuk bisa mendapatkan notif "Success" dari proses Unlocking tersebut. Nah, masalah seperti inilah yang menyebabkan banyak user Xiaomi menyerah dan pasrah karena belum saja berhasil hingga sekarang melakukan Unlock Bootloader, sehingga mereka bertanya, apakah ada solusi lain?

Baiklah kami akan menjawab pertanyaan tersebut dan memperjelasnya disini, terkait hal tersebut "Bisakah melakukan Unlock Bootloader (UBL) tanpa PC?" maka dengan jelas kami sebut "BELUM", artinya memang tidak ada cara seperti itu saat ini, tetapi bisa jadi di masa depan ada.

Lalu pertanyaannya kenapa tidak di buatkan saja? mungkin seperti inilah jawabannya :

1. Pihak Xiaomi memang tidak mengijinkan metode Unlock Bootloader selain yang telah mereka tetapkan, hal ini mungkin mereka perlukan sebagai bahan analisis terkait berapa banyak user Xiaomi yang ingin melakukan Unlock Bootloader, maka dari itu metode Unlock Bootloader-nya di lakukan secara online, lalu mungkin salah satu tujuannya adalah untuk melindungi "Klaim Garansi" seperti yang kita ketahui melakukan Unlock Bootloader tersebut akan menghanguskan garansi resmi.

2. Kurangnya developers handal yang membuat metode alternatif selain Unlock Bootloader resmi
dari Xiaomi, meskipun ada itupun hanya untuk device tertentu dan juga sangat berisiko.

3. Metode Unlock Bootloader Xiaomi memang masih mumpuni, itu kenyataannya! bagi yang kesulitan mungkin karena sial atau devicenya memang sudah "tidak sehat lagi" seperti yang terjadi pada variant Xiaomi Mi 5X beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, apakah memang ada teknik Unlock Bootloader tanpa menggunakan kemampuan PC sebelumnya? jawabannya adalah BELUM! sama seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sampai saat ini metode semacam ini memang belum ada.

Mungkin sederhananya akan seperti bagan gambar di bawah ini :

Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi tanpa PC, bisa?

Dari bagan gambar tersebut kita bisa lihat, bahwa melakukan Unlock Bootloader tersebut memang harus melewati tahapan proses yang bisa kita sebut wilayahnya "Fastboot". Nah, untuk mengakses kemampuan Fastboot ini device harus berada dalam mode Fastboot atau mode Download, selanjutnya di hubungkan ke PC melalui kabel USB, lalu memasukan perintah Unlock Bootloader umum, seperti "Fastboot OEM Unlock" dan hasilnya bootloader device sudah terbuka.

Itu cara biasanya, tetap untuk device Xiaomi itu lebih sulit! karena pihak vendor membuat sebuah kode "khusus" yang mana melakukan Unlock Bootloader harus dalam tahapan yang telah mereka terapkan, jadi cara biasa tidak bisa di lakukan. Tetapi, hal ini tidak berlaku terhadap device Xiaomi berbasis program Android One.

Dengan demikian, seperti yang telah kami sebut, teknik Unlock Bootloader Xiaomi tanpa PC masih belum ada hingga saat ini, tetapi mungkin di masa depan ADA! alasannya cukup simple, karena jika masih berbasis perangkat lunak (software) maka bisa saja suatu saat nanti cara seperti ini akan di temukan dan perlu kalian ketahui setiap saat beragam teknik exploit selalu saja di temukan, maka tidak menutup kemungkinan melakukan Unlock Bootloader nantinya di lakukan hanya dengan sebuah aplikasi (.apk) kecil.

Untuk kalian yang sekarang ini gagal melulu dalam melakukan Unlock Bootloader terhadap device Xiaomi kalian, jangan berkecil hati! coba terus, jika gagal terus menerus masuk dalam forum dan cari tahu penyebabnya, berpikirlah seperti ini " Jika device kalian tidak bisa melakukan Unlock, berarti device sejenis punya orang juga tidak bisa" lalu selanjutnya cari tahu penyebabnya, kalau bisa sekalian solusinya, OK!
KOTAK PENCARIAN
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

Post a Comment