RILIS ARTIKEL TERBARU

5 aplikasi chat yang dulu populer sekarang mulai di tinggalkan

Ternyata bukan hanya sebuah smartphone saja yang bisa hilang ke populerannya ketika tergerus zaman yang semakin cepat berkembang, faktanya adalah bahwa ternyata sebuah aplikasi Android pun juga bisa hilang pamor-nya seiring dengan barjalannya waktu, meski demikian tetap ada saja yang bertahan dari tahun ke tahun dan bahkan semakin sukses sekarang dari dulu sebut saja salah satu aplikasi tersebut adalah WhatsApp.

Yang akan kita bahas sekarang ini bukan menyangkut aplikasi chat yang populer saat ini, melainkan adalah beberapa aplikasi chat yang dulu sangat populer sekarang sudah mulai hilang tergerus zaman dan kalah saing dari aplikasi chat sejenis, lalu apa saja aplikasi chat tersebut simak daftarnya di bawah ini :

5 aplikasi chat yang dulu populer sekarang mulai di tinggalkan


1. Catfiz



Jika kalian para pengguna smartphone Android veteran dalam artian sudah menggunakan smartphone Android dari jaman dulu dari rentang versi Android Eclair 2.2 hingga Gingerbread 2.3 pasti tahu ada sebuah aplikasi Chat fenomenal di Android masa itu yaitu adalah Catfiz dan aplikasi ini banyak sekali di gunakan oleh para user Android untuk menyaingi ke populeran aplikasi BlackBerry Messenger yang masih ekslusif untuk device BlackBerry saja pada masa itu.

Namun, untuk sekarang nampaknya aplikasi ini sudah jarang di gunakan, mengingat ada nama yang lebih besar dan handal dari Catfiz yang sekarang.

2. WeChat



Aplikasi Chat dengan teknologi friend radar atau arround you juga pernah booming pada waktu dulu dan WeChat menjadi salah satu pionirnya, hal terhebat yang bisa di lakukan aplikasi WeChat ini adalah bisa menemukan teman dalam radius tertentu, tetapi sekarang aplikasi ini sudah jarang di gunakan, mungkin karena faktor size yang semakin membesar dan sangat jelek performanya saat menggunakan jaringan 2G-3G.

3. KakaoTalk



Hadir sebagai salah satu pesaing WeChat dulunya, membuat pamor dari KakaoTalk juga ikut melambung, memang tidak ada perbedaan yang berarti dari kedua jenis aplikasi ini, namun KakaoTalk menawarkan kecepatan respon Chating yang lebih baik dari WeChat dan di dukung dengan sticker yang lebih menarik pula.

Tetapi, pada akhirnya tetap saja tidak bisa bertahan di zaman sekarang di mana orang-orang lebih menggandalkan aplikasi chat yang simple dan responsive.

4. BeeTalk



Lagi-lagi sama seperti KakaoTalk dan WeChat dulunya, aplikasi ini juga banyak di gunakan dulu, namun sangat cepat redupnya, karena fitur yang mereka tawarkan cukup mirip, yang menjadi pembeda utamanya adalah terletak di fitur Communities-nya yang sangat banyak dan kalian bisa dengan mudah mengomentari ataupun mencari teman dari anggota komunitas tempat kalian bergabung, meski demikian usernya saat ini tidak sebanyak dulu lagi.

5. BlackBerry Messengar (BBM)



Meski cukup banyak penggunannya saat ini, aplikasi ini adalah calon aplikasi yang akan redup sinarnya dalam beberapa tahun mendatang, meski pernah populer dalam beberapa waktu belakangan dan menjadi salah satu faktor menurunnya pengguna aplikasi WeChat, KakaoTalk dan BeeTalk tidak menjadi jaminan aplikasi BBM ini akan bisa terus bertahan.

Memang masalah utama yang menjadi cikal bakal di tinggalkannya aplikasi ini adalah bahwa terdapatnya iklan yang mengganggu, load aplikasi yang lamban, size yang terlalu besar dan juga tidak bisa di andalkan jika dalam kondisi sinyal kurang bagus, hingga pada akhirnya orang-orang (termasuk kami) lebih memilih WhatsApp yang notabene perfect dalam segala hal.

Dengan demikian, bagi kami yang telah merasakan kepopuleran 5 aplikasi tersebut pada zamannya, mungkin akan menganggap ini sebagai sebuah kasus nostalgia. Namun, bagi kalian yang pengguna smartphone Android baru mungkin hal ini bisa kalian jadikan pembelajaran bahwa yang namanya sebuah persaingan itu sangat berat dan lebih mudah mencapai suatu titik tertinggi darri pada mempertahankan posisi tersebut, setujukah kalian?
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment