RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Fastboot, Unbrick atau Install Ulang Asus Zenfone Max Pro M1

Cara Fastboot, Unbrick atau Install ulang Asus Zenfone Max Pro M1

Mengusung spesifikasi yang cukup tangguh dengan range harga yang tidak kelewatan, membuat device ini seakan menjadi primadona di kelas menengah penjualan smartphone saat ini, hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Asus Zenfone Max Pro M1 memang handal untuk di bawa Gaming, selain itu daya tahan baterai dari device ini pun juga sangat baik.

Tetapi, yang namanya smartphone Android itu pasti lambat laun akan mengalami masalah, memang untuk kerusakan hardware jarang terjadi, tetapi kerusakan yang di sebabkan error atau crash di segi software firmware itu memang sangat sering terjadi, alhasil masalah seperti Bootloop, Brick, Stuck dan lainnya tidak dapat terhindarkan.

Untungnya, jika Asus Zenfone Max Pro M1 mengalami Bootloop, Brick, Stuck, Hang dan lainnya, maka cara memperbaikinya akan sangat mudah untuk di lakukan, yang jelas metode yang akan kita pakai adalah sejenis Install Ulang firmware yang kalau dalam bahasa Android-nya itu Unbrick dengan metode Fastboot.

Adapun syarat yang mesti kalian penuhi sebelum bisa melakukan Fastboot di Asus Zenfone Max Pro M1 adalah sebagai berikut :

1. Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1
2. Firmware Fastboot
3. Kabel USB
4. Qualcomm Driver (Optional, install ini jika saat proses Flashing gagal)
5. PC/Laptop
6. Asus Zenfone Max Pro M1 dengan kapasitas baterai lebih dari 50%

Cara Fastboot, Unbrick atau Install ulang Asus Zenfone Max Pro M1


Jika semua syarat yang kami sebutkan di atas sudah kalian penuhi, maka langkah selanjutnya adalah ke cara melakukan install ulang atau unbrick Asus Zenfone Max Pro M1 tersebut :

1. Silahkan extract dulu Firmware Fastboot yang sudah kalian download sebelumnya.
2. Selanjutnya masuk ke Mode Fastboot dengan menekan Tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat device Asus Zenfone Max Pro M1 kalian dalam kondisi Power Off, hingga muncul gambar seperti ini :


3. Jika sudah masuk dalam Mode Fastboot, hubungkan device kalian ke PC dengan menggunakan kebal USB.
4. Buka kembali folder Fastboot Driver yang telah kalian extract sebelumnya.
5. Selanjutnya lakukan Flashing dengan membukan file flashall_AFT.bat.


6. Tunggu proses Flashing akan berjalan kurang lebih 4-15 menit.


7. Jika device akan Reboot dengan sendirinya dan Booting pertama akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
8. Done!

Penting ~ Dalam metode Flashing via Fastboot Asus Zenfone Max Pro M1 tersebut semua data di Internal Memory akan terhapus, maka dari itu jika memungkinkan buat Backup terlebih dahulu, tetapi untuk data di External Memory (SD Card) akan aman-aman saja, selanjutnya metode Flashing via Fastboot di atas akan mengembalikan Status Bootloader kalian menjadi Locked Bootloader.

Dengan demikian, pada faktanya melakukan Maintenance sendiri untuk device Asus Zenfone Max Pro M1 itu sangat mudah untuk kalian lakukan sendiri, jika memang masih dalam lingkup masalah Software, namun jika sudah masalah hardware mungkin para ahlinya lah yang akan cocok dengan kasus serupa.

Terakhir, lalukan metode di atas dengan hati-hati dan pastikan File Fastboot Firmware yang kalian download tidak corrupt, lalu metode ini sudah kami uji coba dan 100% berhasil.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment