RILIS ARTIKEL TERBARU

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite di jamin sukses!

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite di jamin sukses!

Tidak seperti Xiaomi Mi A1 yang hadir secara sendiri, kini generasi terbaru dari Xiaomi Mi A2 tersebut hadir dalam 2 buah variant, dimana salah satunya akan berperan sebagai variant standard dan satu lainnya akan berperan sebagai variant dengan harga yang lebih murah, selain itu bagi kalian yang suka dengan design smartphone berponi tetapi hadir dengan versi Android Murni maka Xiaomi Mi A2 Lite sangat cocok untuk kalian miliki.

Berbekal spesifikasi yang sangat mumpuni, membuat Xiaomi Mi A2 Lite mendapat perhatian sendiri, hebatnya lagi jika Xiaomi Mi A2 versi reguler mendapat keistimewaan dalam melakukan Unlock Bootloader, maka saudaranya yaitu Xiaomi Mi A2 Lite juga akan mendapat hak yang sama juga dan di jamin proses Unlock Bootloadernya akan sangat cepat.

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite di jamin sukses!


Saat ini ada 2 buah metode dalam melakukan Unlock Bootloader pada Xiaomi Mi A2 Lite, salah satunya adalah metode Unlock Bootloader dengan menggunakan aplikasi Mi Flash Unlock, dan satu lainnya menggunakan kemampuan CMD pada PC atau Laptop kalian.

Hal yang di butuhkan:

1. PC atau Laptop rekomendasi windows 64-bit
2. Koneksi internet
3. USB Cable asli Xiaomi Mi A2 Lite yang masih berfungsi dengan baik
4. Baterai device harus diatas 50%

Cara Unlock Bootloader yang pertama:

1. Untuk yang pertama sangat direkomendasikan device kalian berada pada versi MIUI China developers, karena persentasi keberhasilan unlock bootloader sangat tinggi jika menggunakan ROM versi china developers tersebut, untuk itu kalian bisa melakukan flash ROM ke china developers dulu sebelum melakukan unlock bootloader tersebut.
2. Selanjutnya kalian harus request terlebih dahulu ke forum MIUI, bisa kunjungi DISINI
3. Selanjutnya masuk pada Tab "Unlock" selanjutnya akan di bawa ke halaman baru, lalu click pada button Unlock Now, hal pertama kalian harus Login dengan mi account yang kalian miliki, perlu di ingat login dengan mi account yang sama seperti yang ada di device Xiaomi Mi A2 Lite kalian.
4. Kemudian kalian harus mengisi informasi untuk request unlock bootloader nantinya, pastikan nomor telepon kalian bisa di hubungi dengan baik, karena persetujuan unlock bootloader dari Xiaomi akan di kirimkan melalui SMS, jika sudah yakin "centang" ketentuan dari Xiaomi yang berada di bawah, langkah selanjutnya tinggal click button "Apply Now".
5. Selanjutnya kalian harus memverifikasi nomor kalian dengan memasukan angka verifikasi yang langsung di berikan pihak Xiaomi ke nomor telepon yang sudah kalian masukan sebelumnya, jika sudah langkah selanjutnya kalian harus menunggu hingga 10 hari masa kerja untuk mendapat persetujuan, tetapi ada tips agar cepat di approve bisa di lihat DISINI.
6. Jika SMS notifikasi Unlock sudah tiba, silahkan kunjungi alamat link atau webstite yang terdapat pada isi SMS tersebut.
7. Kemudian download tool Unlocknya DISINI.
8. Setelah selesai jalankan aplikasi Mi Flash Unlocknya dengan "Run As Administrator".
9. Lalu selanjutnya, akan muncul halaman ketentuan, pada opsi ini pilih Accept saja, selanjutya Login dengan akun yang sudah kalian miliki.
10. Langkah terakhir, silahkan koneksikan device Xiaomi Mi A2 Lite kalian dalam keadaan Power Off ke PC dengan menekan berbarengan tombol Volume Down (-) dan Power untuk masuk ke fastboot mode, jika sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik, selanjutnya tinggal tekan button "Unlock" dari jendela aplikasi Mi Flash Unlock yang muncul.
11. Tunggu Sampai proses selesai, lalu Reboot.

Cara Unlock Bootloader yang kedua:

1. Silahkan kalian download dan install dulu driver ABD dan Fastboot DISINI, jika sudah punya lanjut pada langkah kedua.
2. Jika sudah terinstall driver ADB dan Fastboot, selanjutnya buka Command Prompt (CMD) pada direktori driver Fastboot yang sudah terinstall.
3. Masukan Xiaomi Mi A2 Lite kalian kedalam mode Fastboot dengan menekan tombol Volume Down (-) dan Power bersamaan pada saat device Xiaomi kalian Power Off.
4. Jika device kalian sudah berada pada mode Fastboot Xiaomi, selanjutnya koneksikan device kalian ke PC dengan USB, lalu ketikan perintah "fastboot devices".
5. Jika sudah terkoneksi dengan baik, harusnya list dan identitas device kalian terbaca pada jendela CMD.
6. Masukan perintah "fastboot flashing unlock_critical", dengan sangat cepat maka device Xiaomi Mi A2 Lite kalian sudah berhasil Unlock Bootloader.
7. Terakhir restart device kalian, dengan mengetikan perintah "fastboot Reboot"
8. Selesai.

Dalam tutorial ini, kalian bebas memilih cara nomor berapa yang akan kalian gunakan, kedua cara ini sudah di uji coba dan berhasil sepenuhnya, namun perlu kalian garis bawahi, bahwa kami menyarankan agar kalian mengikuti cara nomor 1 saja, karena cara tersebut adalah cara yang paling aman dan di jamin oleh pihak Xiaomi, juga jika kalian mengikuti cara nomor 2 dan ternyata gagal, maka hal yang perlu kalian lakukan adalah mengikuti cara pertama hingga langkah ke-6, selanjutnya lanjut pada cara kedua dengan menggunakan CMD, semoga berhasil.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


4 komentar:

  1. kalo "fastboot flashing unlock" ga bisa ya??
    bedanya apa sama fastboot flashing unlock_critical"?
    dan juga "oem unlock"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bootloadernya masgan, setiap smartphone memiliki spesifikasi bootloader yang bisa jadi berbeda, ada di antara command fastboot unlock yang tidak berfungsi, sebagai contohnya oem unlock, di Xiaomi Mi A2 Lite itu tidak berfungsi masgan dan yang berfungsi yang memiliki karakeristik critical, untuk bagaimana ini bisa terjadi, mungkin hanya vendor smartphone itu sendiri yang tahu gan

      Delete
    2. soalnya di internet
      untuk unlock bootloader khususnya MI A2
      ada yg pakai oem unlock sudah bisa

      ada yg pakai
      fastboot flashing unlock dan
      fastboot flashing unlock_critial

      dan di sini pakai
      fastboot flashing unlock_critical sudah bisa

      dan itu yg buat saya bingung

      Delete
    3. Kasusnya cenderung serupa dengan Asus Zenfone Max Pro M1 gan, dimana kalau menggunakan command critical ini, bootloader tidak akan crash/rusak, jadi akan aman-aman saja jika nanti agan melakukan relock, sejauh ini itu yang saya tau gan

      Delete