RILIS ARTIKEL TERBARU

Fastboot Xiaomi

Semua smartphone Xiaomi pasti memiliki Mode Fastboot yang memang akan sangat berguna di kondisi tertentu, maka dengan demikian keberadaan Mode ini bukan tanpa alasan, karena dengan adanya Mode ini maka kalian bisa dengan mudah melakukan Maintenance sendiri, seperti melakukan tindakan Flash dengan menggunakan Mode Fastboot tersebut.

Sebenarnya Mode Fastboot ini juga tidak di sediakan untuk sembarang orang, karena Mode ini memerlukan sebuah pengetahuan lebih terkait metode Flash di jajaran smartphone Xiaomi atau Redmi tersebut.

Mode Fastboot ini sebenarnya memang sudah di sembunyikan oleh pihak Xiaomi agar tidak mudah di akses, hanya saja dalam kondisi tertentu, seperti ketidaksengajaan, maka akan membuat kalian secara tidak sengaja masuk ke dalam Mode satu ini.

Setelahnya, kami yakin kalian pasti akan kebingungan, karena tidak ada Navigasi apapun yang bisa kalian lakukan dalam Mode satu ini, sehingga bagi sebagian pengguna Xiaomi, terjebak dalam Mode satu ini bisa jadi akan membuat penggunannya menjadi berkeringat dingin, karena tidak tahu cara untuk bisa keluar dari Mode tersebut.

Sebelum itu, sebaiknya kalian pahami dulu kenapa sih kalian bisa memasuki Mode Fastboot di Xiaomi tersebut? meski tidak sengaja, pasti ada sesuatu yang telah kalian lakukan, beberapa masalah yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

  • Kalian tidak sengaja menekan Tombol Volume Down (-) ketika sedang menyalakan smartphone Xiaomi atau Redmi kalian.
  • Tombol Volume Down (-) rusak, sehingga selalu tertekan kapanpun.
  • Terjadi Brick pada Firmware.

Ke-3 masalah diatas adalah dalang utama yang biasanya menjadi penyebab smartphone Xiaomi atau Redmi kalian masuk ke dalam Mode Fastboot, selanjutnya sebenarnya mudah saja cara keluar dari Mode Fastboot ini, tetapi pada masalah ini harus kita kategorikan menjadi 2 hal, yaitu adalah :

  • Masuk Mode Fastboot karena ketidaksengajaan
  • Masuk Mode Fastboot karena Brick

Dua hal diatas memang membutuhkan solusi yang berbeda juga, tanpa panjang lebar, berikut kami mempunyai cara-cara untuk keluar dari Mode Fastboot Xiaomi dengan mudah, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Tombol Power


Sejatinya keluar dari Mode Fastboot adalah perkara yang sangat mudah, kalian hanya perlu Menekan dan Menahan Tombol Power selama kurang lebih 1 Menit.

Fastboot Xiaomi

Maka secara otomatis smartphone Xiaomi atau Redmi kalian akan Shut Down secara paksa dan bisa jadi melalukan Restart secara otomatis.


2. Fastboot Driver


Cara kedua ini juga bisa kalian manfaatkan, yaitu kalian tidak perlu menekan Tombol Power, karena semuanya bisa di lakukan dengan perintah yang sederhana saja, tetapi kalian memerlukan beberapa persiapan bahan di bawah ini :


Jika sudah, silahkan sambungkan smartphone Xiaomi / Redmi kalian yang tengah masuk kedalam Mode Fastboot ke PC / Laptop dengan kabel USB.

Setelahnya silahkan bukan CMD dan arahkan ke Direktori Folder Fastboot Driver, lalu masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika, smartphone Xiaomi / Redmi kalian sudah tersambung dengan baik ke PC / Laptop, maka untuk membuat smartphone kalian keluar dari Mode Fastboot itu akan sangat mudah, silahkan masukan perintah ini :

fastboot reboot

Setelahnya, secara otomatis smartphone Xiaomi / Redmi kalian akan Reboot / Restart dan akan berjalan dengan normal lagi ke System OS seperti biasa.


3. Cabut Baterai


Cara ini adalah cara yang paling jitu, tetapi perlu sedikit tenaga dalam pengaplikasiannya, karena seperti yang kalian ketahui, sekarang ini hampir semua produk smartphone Xiaomi / Redmi itu di pasarkan dengan design baterai tanam, maka sudah pasti kalian harus membukan Case belakang smartphone Xiaomi / Redmi kalian dulu.

Bagi tipe Xiaomi lawas yang tidak memiliki design baterai tanam, maka kalian bisa melepas baterai smartphone Xiaomi / Redmi kalian dengan sangat mudah, tinggal lepas Case belakang dan lepas Baterai selama 10 Detik, lalu pasangkan lagi dan silahkan hidupkan seperti biasa.

Tetapi, untuk Xiaomi / Redmi terbaru dengan kondisi baterai tanam, maka kalian harus melakukannya dengan extra hati-hati, karena membukan Case belakang smartphone Xiaomi / Redmi itu bukan menjadi perkara yang mudah.

Jika sudah kalian buka, maka silahkan lepas konektor baterai yang terhubung ke Motherboard, biarkan selama 10 Detik dan pasang lagi, setelah smartphone Xiaomi / Redmi kalian mati total, selanjutnya rakit kembali smartphone tersebut seperti asalnya dan silahkan hidupkan kembali.


# Mode Fastboot Brick (Stuck)


Indikasi masalah ini biasanya adalah meski kalian sudah mencoba ke-3 cara diatas, tetapi setelahnya tetap masuk ke Mode Fastboot, maka sudah pasti disini smartphone Xiaomi / Redmi kalian tengah mengalami Brick atau Stuck.

Untuk masalah ini biasanya disebabkan oleh 2 hal dibawah ini :

  • Hardware eMMC lemah / jebol
  • Firmware Error

Jika, kondisi ini baru kalian dapati setelah melakukan Upgrade atau kalian sedang melakukan sesuatu dengan OS MIUI di Xiaomi / Redmi kalian, maka cara termudahnya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan Flash via Fastboot saja.

Hanya saja, metode Flash dengan Fastboot tersebut memerlukan akses Unlock Bootloader terlebih dahulu, tetapi kalian bisa tetap melakukan Flash tersebut dengan cara yang lebih sulit, yaitu dengan menerapkan metode Test Point.

Tetapi, jika setelah kalian melakukan Flash, masalah Stuck di Mode Fastboot ini tidak berakhir juga, maka sudah pasti kerusakan ada pada Hardware dan itu adalah eMMC yang sudah rusak, solusi dari masalah ini yaitu hanya dengan mendatangi tempat reparasi dan mengganti eMMC yang rusak tersebut dengan yang baru.

Nah, dengan demikian itulah cara untuk keluar dari Mode Fastboot Xiaomi / Redmi yang bisa kalian coba sekarang juga, dengan demikian seharusnya kalian tidak perlu panik berlebih dengan masalah yang satu ini, karena sebenarnya masalah ini hanya masalah sepele saja.

Asalkan masalah sebenarnya bukan datang dari kerusakan hardware eMMC yang sudah kami sebutkan diatas, semoga berhasil dan bermanfaat.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot


195 komentar:

  1. Thanks Gan Sangat Membantu Skali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan, senang bisa membantu hehe

      Delete
  2. Replies
    1. oke gan sema-sama, senang bisa membantu

      Delete
    2. Ga , ane kan redmi note 3 btre g bsa dicabut dan udh ngikutin cara2 ente, tpi pas teken tombol power lama, dia malah mati bukannya restar

      Delete
    3. Iya emang gitu gan, fungsinya emang buat force shutdown gan, ntar tinggal di hidupin aja lagi pas udah power off gan

      Delete
  3. Replies
    1. Saya mau tanya gan xiomi not5prime saya mati ga mau nyala lagi.bisanya k flastboot..tapi idah saya nyalain pake power dan volume tetep aja ga muncul menu yg ada cuma lmbang xiomi dan loadiiing terussss gimana yah trimakasih

      Delete
    2. Saya mau tanya gan xiomi not5prime saya mati ga mau nyala lagi.bisanya k flastboot..tapi idah saya nyalain pake power dan volume tetep aja ga muncul menu yg ada cuma lmbang xiomi dan loadiiing terussss gimana yah trimakasih

      Delete
    3. Itu brick/stuck berarti gan, coba di Fastboot saja gan

      Delete
    4. Sy minta tolong nih hp xiomi 4a sy timbul plasboot pada saat sy ganti baterai tanam setelah sy ganti lalu sy hidupkan malah yg timbul mi aja trs sy tekan power dan volume timbul plasboot bingung nih bos tolong ksh petunjuknya dong gan

      Delete
    5. Lihat konektor baterainya udah benar gak gan kepasang, dan lihat kali aja plastik pelindung kuningan baterai masih terpasang, jika memang sudah benar, maka pada kondisi ini device agan perlu di Flash Ulang dengan menggunakan metode Fastboot gan

      Delete
  4. gan ada tutor cara tidak tau user dan pass akun MI ga?? kkirim email dong kalo ada.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui akun mungkin bisa gan, namun untuk mengetahui password yang tidak di ketahui itu mustahil gan, cara satu-satunya ialah dengan di reset akun dan passwordnya lalu buat akun baru, dan cara untuk mereset akun tersebut bisa dengan bantuan recovery dengan full wipe atau dengan menggunakan method fastboot gan

      Delete
  5. Thanks gan buat artikelnya.. hehe jalan lagi mi saya. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. gan cara mengatasi xiaomi redmi 3 yang kalo dinyalakan kgk bisa masuk ke lockscreen (loadinng mulu) padahal ada getaran dan suara pemberitahuan dari line gimana tuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma crash aja gan pada home screennya gan, kalau device agan sudah unlock bootlader, cara mengatasinya dengam cara wipe cache dari recovery, namun jika belum bisa langsung di flash ulang saja gan biar semua masalah selesai

      Delete
  7. ga bisa gan, ttp ke fastboot lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti device agan kena hardbrick atau stuck gan, solusinya ialah melakukan flash ulang via fastboot gan untuk memperbaiki device agan biar dapat booting normal lagi

      Delete
  8. wah.. thanks broooooo...

    ReplyDelete
  9. thx gan infonya..membantu bgt..hampir aja panik,soalnya hp baru nih..wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Makasih blocknya gan, hp ane mi4c kalo mati di hidupkan lagi tampilan home screen tidak bisa muncul hanya hitam aja, apa memang bisa di atasi dg cara ini gan ??

    ReplyDelete
  11. Makasih blocknya gan, hp ane mi4c kalo mati di hidupkan lagi tampilan home screen tidak bisa muncul hanya hitam aja, apa memang bisa di atasi dg cara ini gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa gan, ini cuma buat keluar dari mode tersebut, kalau mau fixnya pakai metode fastboot gan

      Delete
  12. thanks gan . . akhirnya

    ReplyDelete
  13. mohon bantuannya, kalau pas booting setelah menekan tombol itu jadinya lama banget gimana?

    ReplyDelete
  14. mohon batuannya gan, hp saya redmi 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama banget maksudnya gak bisa masuk homescreen atau bootloop gitu gan?

      Delete
  15. Gan mau tanya ane bru beli hp xiomi note 4 bru 3 hari pas ane atur kontras tiba" layar gelap smua gan tp hp kondisi aktif line dll masuk,
    Cara mengatasinya gmna ya gan
    Sudah coba ane fastboot tpi ttp ga bisa gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau udah di fastboot namun layar tetap gak nyala namun masih aktif, kemungkinan besar ada masalah sama hardwarenya gan, harus ketempat reparasi gan buat perbaikinya

      Delete
  16. makasih banget gan hehehe

    ReplyDelete
  17. Gan, hp gw xiaomi note 4 tiba2 black screen gara2 ganti mode mudah, gimana gan mengatasinya miuu8 8040 stable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lite mode kan gan? Di miui 8 emang bug gan, kalau saya sendiri lebih baik di flash ulang gan firmwarenya gan

      Delete
  18. kenapa layar saya gak bisa disentuh (FREEZE)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha mana saya tau gan, coba agan rinci nyebutin masalahnya gan biar saya bisa tau penyebabnya gan

      Delete
  19. bang redmi 3 pro saya mati karena salah tekan, gimana cara menhidupkan kembali ya bang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah tekan gimana gan? Untuk force shutdownnya bisa dengan menekan tombol power selama 1-2 menit gan, lalu booting ke fastboot mode, dan force shutdown lagi, lalu hidupkan secara default gan

      Delete
  20. terima kasih banyak ya gan sangat membantu sekali, sekali terima kasih,,

    ReplyDelete
  21. Makasih banyak gan, awalnya saya cemas hahahah, postingan ini sangat membantu :D

    ReplyDelete
  22. Josss banget dah gan...sangat membantu...thanks bgt nii

    ReplyDelete
  23. redmi3 pro saya blackscreen, sudah fastboot dan tekan tombol power tapi masih black screen, menu tidak tampak normal, cahayanya kurang dan berubah fiturnya, bagaimana caranya supaya terang kembali. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana gan, kan blackscreen kenapa bisa terlihat sampai kemenu gan, berarti devicenya tidak blackcscreen dong gan? harusnya jika sudah benar melakukan fastbootnya dan berhasil masalah layar redup dan sebagainya tidak mungkin terjadi gan, kecuali ada masalah sama hardware layar atau sensor cahayanya gan

      Delete
  24. Mau tanya gan ini HP xiaomi resmi motor 3 , lagi di chas terus ketetesan kebocoran dirumah habis itu langsung mode fasboot, ngatasinnya gmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebocoran gimana gan, kok mirip kayak karburator motor yak wkwkw tolong lebih detail gan masalahnya hehe

      Delete
  25. Makasih om... sempet keringet dingin tadi. Maklum awam...
    Wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya gan, dulu saya juga gitu gan keringat dingin di pantat saya hahaha

      Delete
  26. anda penyelamat hp saya gannn..
    thanks..

    ReplyDelete
  27. kalau udah di tekan tombol power nya,tapi ngerestart loadingnya lama sekali dan gak bisa ke homescreen,gimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti stuck atau bootloop gan, solusinya coba agan flash device agan via fastboot gan, tetapi sangat di sarankan devicenya di unlock dulu gan

      Delete
  28. artikelnya sangat sangat membantu.. terima kasih banyak

    ReplyDelete
  29. Gan saya sudah mengikuti aturannya tetap saja tidak bisa keluar dari mode fastboot
    Itu gmn ya :D

    ReplyDelete
  30. Ane juga dah nyoba kombinasi power+vol tp ga bs gan..udah d flash juga beberapa kali tapi tetep ujugnya mentok di fastboot. Ada saran lain gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hard brick itu gan, saya juga sering mengalami hal demikian, yang saya lakukan adalah pasang custom kernel baru (device harus sudah unlock bootloader) lalu flash ulang ulang pake mi flash dengan fastboot method gan, namun jika device masih locked bootloader cukup rumit gan, devicenya apa ya gan?

      Delete
  31. hp saya biasanya dicabut batreinya terus pulih lagi, skrg sudh tdk bisa pulih lagi gmn ya ? masih fast bood mode terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indikator lampu led hidup gak gan, saat di charge? Smartphonenya apa gan?

      Delete
  32. Masih flash begitu gan
    Hp saya xiaomi redmi note 3
    Hpnya batrai bukan cabutan
    Sudah saya lakukan cara diatas :(
    Solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi MediaTek apa Qualcomm gan? Solusi dari saya flash ulang gan via fastboot, jika device agan versi mesin Qualcomm flash via EDL kalau masih locked bootloader, kalau sudah unlock langsung aja pakai miflash, dan kalau device agan versi mediatek langsung aja flash pake SP flashtool tutorial lengkap ada pada blog ini gan, kalau juga masig hard brick, ada kemungkinan hardware device agan rusak, biasanya emmc nya gan

      Delete
  33. Min hp saya xiaomi mi4i kalo dinyalain cuma muncul logo MI trus.kenapa yaa??? solusinya gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bootloop itu gan, solusinya flash ulang pake miflash gan langsung aja soalnya pengerjaan flashing mi4i terkesan sangat gampang gan, tidak perlu unlock bootloader

      Delete
  34. trmkasih gan sangat membantu artikel nya,,dari pada kita di kerjain sma teknisi yang kurang kerjaan akhir nya UUD juga ketemu nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nh itu dia gan, biar masalah klasik seperti ini bisa di atasi user biasa tanpa harus bawa ke tempar service gan hehe

      Delete
  35. Terima kasih informasinya sangat membantu gan... (Y)

    ReplyDelete
  36. Anonymous4/5/17

    saya punya xiaomi redmi 4 prime saya mau bertanya gan saya beli hp baru terus di pake dan di situ ada kendala gan kendalanya pas kita buka kunci kan harusnya geser menu kan lancar ko yg punya saya harus sentuh back dulu dan ada garis hitam dari atas kebawah baru bisa dan lancar, itu kenapa ya gan minta solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud agan seperti ada crash gitu kah gan? Jika iya solusi terbaik menurut saya adalah lakukan flash ulang firmware MIUI nya gan, biasanya masalah seperti ini langsung bisa teratasi dengan baik baik gan

      Delete
  37. hp xiaomi redmi note 3 sya gak mau kluar dri flastboot gan..
    sya udah coba ptunjuk agan yg di atas itu tpi tetep gak bs gan..
    knpaa ya gan..??
    mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti brick itu gan devicenya, solusi dari saya coba lakukan flash ulang gan, soalnya cuma cara itu yang kemungkinannya besar buat atasin masalah brick gan

      Delete
    2. Gan mau nanya kan saya ngecas eh abis itu saya hidupkan hp saya tautaunya malah loadnya lama abis itu saya masuk fast boot saya oencet power off lagi eh layar saya malah biru abis itu malah loading lagi tapi lama banget gimwna ya caranya mengatasi xiaomi redmi3

      Delete
    3. Kalau muncul bluescreen itu biasanya menandakan ada crash pada hardware agan, lebih buruknya lagi bluescreen ini muncul akibat kerusakan hardware gan, coba saat agan berada pada kondisi blue screen tekan tombol powernya selama 1 menit lebih gan untuk force shutdown, jika device bisa mati total atau restart biar kan saja dulu gan nanti di lihat kembali apakah masih blue screen atau tidak, kalau iya, agan bisa masuk mode fastboot lagi dan coba lakukan flash ulang gan, jika mode fastboot tidak bisa di akses jua berarti kemungkinan besar device agan mengalami kerusakan hardware gan

      Delete
  38. Saya Masuk fastboot g sengaja trus keluar dgn vol up dan power. Skrg sdcard g kebaca. Berhubungan ga? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak gan, seharusnya gak ada dampak dari masuk menu fastboot gan, baik yang di sengaja maupun tidak gan

      Delete
  39. gan hp saya redmi note 3 pro stuck di lampu merah kedap kedip udah di pencet tombol power 5 menitan nggk ada perubahan, dicolok dilaptop masih kedip2 merah gan, gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya habis di apain gan devicenya? Apakah tiba" gitu atau agan coba flashing atau semacamnya gan? Biar bisa tau ini masalahnya terletak di system yg crash aja atau hardwarenya yang rusak gan

      Delete
  40. gan, saya punya xiaomi 4 prime tapi ko sering fastbooting terus ya, itu penyebabnya kenapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana gan? sering di fastboot kah atau sering masuk mode fastboot? kurang paham saya maksudnya gan

      Delete
    2. sering masuk mode fastboot gan

      Delete
    3. Dengan sendirinya kah gan? Biasanya mode fastboot baru bisa ke-enter kalo volume down di tekan atau tertekan saat booting gan, atau agan ke pencet menu reboot to bootloader, dari pandangan saya, hal ini bukan masalah besar gan, jadi tidak apa-apa saja gan

      Delete
    4. iya gan tiba-tiba masuk fastboot sendiri. Owh oke dah gan makasih infonya, soalnya ane takut rusak soalnya ane beli di tokp** dan itu belum ada setahun

      Delete
    5. Oke gan hehe pastikan kembali tombol volume downya gak ke pencet saat booting gan, mungkin itu di sengaja atau gara-gara hardcase gan

      Delete
  41. Makasih min, untung blm gue banting nih hp
    Baru sehari trus nyoba2, anzz-_-

    ReplyDelete
  42. Makasih min, untung blm gue banting nih hp
    Baru sehari trus nyoba2, anzz-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sama-sama gan, dari pada di banting lebih baik di rebus gan wkwkwk

      Delete
  43. Gan mohon bantuannyanya. hp xiaomi mi41i saya kok gak bisa keluar dari fastboot ya sudah tekan tombol power + volume down; tahan power 1 menit, tapi tetap saja tidak bisa keluar dari fastbot mode.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti hardbrick gan, dan stucknya pada mode fastboot, hal ini memang kerap terjadi pada semua device Xiaomi gan, solusinya lakukan flash ulang gan via fastboot, dan kalau tidak ada kerusakan hardware, harusnya setelah di flash devicenya akan kembali normal gan

      Delete
    2. Cara balikin ya gmn gan KL begitu?

      Delete
    3. Itu biasanya hardware eMMC nya sudah lemah gan, mesti di ganti

      Delete
  44. Bang cara fastboot mi1s gimana fast boot nya gailang ilang padahal udah di copot batrai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fastboot redmi 1s tergolong gampang gan, karena tinggal flash doang, agan bisa ikuti tutorialnya di blog ini gan, ada kok gan metode flash redmi 1snya

      Delete
  45. Kira kira berapa lama yah copot batrai nya biar bisa normal lagi ? Mohon bantuan nya ya bang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hardbrick gan, harus di flash dulu biar bisa keluar dari fastboot gan, kalo gak di flash bakalan stuck melulu di fastboot mode gan

      Delete
  46. Gan ane mau tanya kalau lupa pola gmn ngatasinnya g tau xiomi tipe brp
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya lakukan flash ulang gan atau agan bisa pasang TWRP, lalu full wipe atau factory reset gan, tetapi syaratnya device agan harus sudah unlock bootloader dan harusnya passwordnya udah ke reset ke default gan, untuk mengetahui seri device bisa di lihat dari dus smartphone gan

      Delete
  47. Gan punya saya malah muncul empat lingkaran yang lompat lompat gan, kira kira kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 lingkaran gimana maksudnya gan? boot animation kah?

      Delete
  48. Gan ini cara flash via fast boot gimana ?

    ReplyDelete
  49. Gan ini cara flash via fast boot gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau devicenya seri apa gan, biar bisa arahin ke artikel yang terkait

      Delete
  50. gan ini gimana yaa hape saya kan xiomi redmi mi 4 sudah saya power off wipe chacha tapi dia balik lagi balik lagi ke fastboot terus kenapa ya mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sebelumnya devicenya habis di apain gan? karena kalau devicenya di pasang mod seperti melakukan flashing via recovery bisa jadi systemnya crash, maka dari itu perlu di flash ulang softwarenya gan, tetapi kalau tidak di apa-apain lalu jadi begitu, ada indikasi kuat rusak di hardware gan, namun, saran terbaik dari saya lakukan flash ulang saja terlebih dahulu gan, biar nanti bisa di ambil kesimpulannya

      Delete
  51. Gan minta solusinya hape saya sabtu lalu kecemplung aer awalnya masih berfungsi setelah 5menitan dia mati masuk ke recovery mode karna awalnya saya gk ngerti saya langsung masukin ke beras tanpa pikir panjang Minggu pagi pas baterai habis saya keringkan pake hairdryer karna saat recovery mode terlihat air masuk saat siang saya coba hidupkan lagi masuk ke recovery mode lagi dan Minggu sore saya hidupkan dan masuk seperti biasa saat saya charge saya senang terus pas terus pas hidup normal tapi saat pencet tombol power gk fungsi malah masuk ke recovery mode lagi berulang sampai hari ini saya harus lakuin apa makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari cerita agan, ada indikasi bahwa tombol volume, dalam kasus ini mungkin tombol volume up (+) korsleting karena kecebur gan, maka dari itu devicenya masuk ke mode recovery melulu, karena di lihat dari segi normalnya mode recovery hanya bisa di akses ketika menekan tombol volume up dan power berbarengan gan, jadi saran saya bawa saja dulu ke tukang service gan, biar nanti bisa di perbaiki part yang rusak

      Delete
  52. Gan minta solusinya.. HP ane Xiomi Redmi Note 3 ram 2 G. baru 2 hari yang lalu kena masalah Black Screen.. posisi lagi download lagu di youtube.. bingung mau di apain lagi. apa gak ada cara lain selain flash ulang.. masuk ke fastboot volume - sama power tetap tidak bisa, layarnya tetap blackscreen cuman getar2 saja.. ada yang menyarankan di salah satu blog menunggu baterai habis baru bisa kembali normal.. cuman kurang yakin sesimpel itu.. mohon bantuannya gan.. makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sebelumnya devicenya overheat atau agan gunain sewaktu charge sampai devicenya panas? kalau cuma stuck harusnya bakalan muncul logo MI gan, dan kalau masuk mode fastboot mestinya muncul gambar kelinci gan, hanya ada 2 kemungkinan disini gan, ada crash di kernel agan, solusinya flash ulang, namun tidak meutup kemungkinan ada kerusakan hardware gan, soalnya layarnya cuma ngeblank di hitam doang tanpa muncul gambar apapun

      Delete
  53. Bg, gmn y caranya buka lock hp xiaomi note 4. Sidik jari dan pin tdk terdeteksi. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah unlock bootloader agan bisa gunakan metode wipe via recovery, dan agan juga bisa mencoba lakukan flash ulang via Mi Flash gan

      Delete
  54. Gan kok abis dr flashbot shut down waktu boting abis logo mi trus muncul lg logo krlinci miui indonesia. Baru masuk d osnya. G mana cara ngilangin logo kelinci eaktu booting ya gan. Hh xiaomi 4x prime 32gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana maksudnya gan? stuck di fastboot mode gitu gan? jika ia berarti devicenya kena hardbrick gan, solusinya agan bisa flash ulang gan

      Delete
  55. gan makasih bnyak sangat membantu sekali artikel nya

    ReplyDelete
  56. josssss gan,,maksih banyak

    ReplyDelete
  57. Anonymous18/8/17

    Gan hp saya redmi 4x, knp ya skrg kalo abis di matiin trus di nyalain lg itu lama di logo MI nya tp bisa tetep bisa masuk ke menu, penyebabnya apa ya gan?
    Nuhun sebelum nya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa terjadi karena kebanyakan cache, internal memory penuh, dan bisa jadi rom yang agan gunakan tidak stable, namun biasanya hal seperti ini terjadi akibat cache yang numpuk gan, maka dari itu agan ahrus rutin melakukan clean terhadap cache, kalau perlu lakukan flash ulang gan, biar fresh lagi

      Delete
  58. Beli hp xiomi red2 seken account ma password nya masih yg lama.. ga tau lupa nanya. Ane install ulang hard reset. Pas udah nyala disuruh masukin password lama lagi. Kan ane ga tau gan. Trus solusinya diapain lagi gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di full wipe gan, saran saya pasang TWRP saja dulu nanti baru di wipe gan, biasanya langsung teratasi gan, namun kalau belum berhasil juga agan bisa pasang custom rom sebagai alternatifnya gan

      Delete
  59. Terima kasih gan sangat membantu

    ReplyDelete
  60. Terima kasih gan sangat membantu

    ReplyDelete
  61. thanks a lot gan...sangat berguna

    ReplyDelete
  62. gan saya sudah coba cara diatas, tapi tetep masuk mode fastboot, cara masuk mode hard resetnya gimana ya? saya pake xiaomi note 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti device agan kena hard brick, solusi dari masalah tersebut bisa dengan melakukan flash ulang via fastboot, namun syaratnya harus unlock bootloader dulu gan

      Delete
    2. Unlock bootloader itu gmn min?

      Delete
    3. Silahkan cari referensinya di Blog ini gan ada banyak kok

      Delete
  63. Mas mau tanya mas redmi note 3 saya kan bootlop cuman bisa masuk fastboot ,nah aku flash tuh mas tapi itu blum ubl,nah waktu aku flash kok udah beberapa persen gitu ada tulisan error dan berhenti mas,trus aku coba lagi masuk ke mode edl nah tak flash lagi error juga mas ,trus sekarang malah engga bisa kebaca di pc saya mas hp.nya :'-) ,bantu dong mas solusinyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi devicenya error gan, akibat ke timpa saat flashing dan gagal, solusinya coba agan pake metode EDL lagi gan, jika error apa bunyi errornya gan, biar nanti saya bisa tahu devicenya kenapa

      Delete
  64. gan kok masih kembali ke mode fastboot lagi ya.gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti Hardbrick gan, solusinya bisa dengan melakukan Flashing via Fastboot gan

      Delete
  65. Gimana klok kita ga tau keluar dari fastboot tekan power off selama kurang 1 mnt. Jadi kita biarkan selama 1 hari tiba²hp nya mati ga bisa di cas tolong bantu ya 😫😫

    ReplyDelete
  66. Gimana klok kita ga tau keluar dari fastboot tekan power off selama kurang 1 mnt. Jadi kita biarkan selama 1 hari tiba²hp nya mati ga bisa di cas tolong bantu ya 😫😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti daya baterainya habis total gan, untuk mengisi ulangnnya memerlukan waktu yang cukup lama gan, coba nanti di charge aja smartphonennya dulu hingga 15-20 menit, jika sudah langsung saja hidupkan ketika device agan masih dalam kondisi charge, jika mau hidup selamat gan device agan gak terjadi masalah apa-apa, jika masih tidak mau hidup coba lepas dulu konektor baterainya dari motherboard gan, lalu pasang dan hidupkan lagi, biasanya cara seperti akan berhasil gan

      Delete
  67. Punya saya dicas langsung muncul fastboot gan, gimana ngatasinnya

    ReplyDelete
  68. Punya saya dicas langsung muncul fastboot gan, gimana ngatasinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Munculnya pada saat di charge saja kah gan? kalau setelahnya jadi normal kah atau masih muncul lagi?

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. gan xm ane redmi note prime mentok di fastboot mulu,setelah di cabut batt trus di hidupkan masih tetap kmbali ke menu fastboot.untuk sidekey tidak ada masalh..mohon solusi gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu brick berarti gan, mesti di fastboot gan, kalau untuk kasus agan langsung saja di fastboot gan gak perlu unlock bootloader gan, soalnya devicenya udah unlock dari awal

      Delete
  71. brarti solusinya di flash ulang gan?td udah coba tp error gt,,,bs di bantu bimbing gan?hp atu2 nya nih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, gagalnya gimana gan, pesan errornya apa bunyinya gan? atau sukses setelah flashing tapi tetap masuk ke mode Fastboot? jika iya berarti hardware eMMC agan udah lemah gan, mesti di ganti

      Delete
  72. error nya ini gan! "error:failed(remote:flash write failure",,hp nya ini klo dpasang batt dan d hidupkan langsung masuk fastboot gan,seharusnya "power dan (-)" baru masuk fastboot..sidekeynya gk ada masalh....duh puyeng!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya kemungkinan besar eMMC udah jebol itu gan, tetapi agan bisa upayakan cara ini gan https://www.dadroidrd.com/2016/11/cara-atasi-error-remote-flash-write.html , kalau tidak berhasil ya memang eMMC nya udah lemah gan, soalnya beberapa kali menangani masalah error write failure itu memang hampir selalu ada masalah di eMMC nya gan

      Delete
  73. gan mau nanya saya punya xiaomi mi max 2 , ga sengaja ke fast boot terus keadaan batre lgi hbis,sy coba udah coba cara yg ada di atas tapi fast boot mode hidup mati hidup mati. gmana ya solusinya?

    ReplyDelete
  74. gan mau nanya saya punya xiaomi mi max 2 , ga sengaja ke fast boot terus keadaan batre lgi hbis,sy coba udah coba cara yg ada di atas tapi fast boot mode hidup mati hidup mati. gmana ya solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan gan, eMMC lemah atau kena hardbrick gan, saran saya upayakan flash ulang via fastboot gan, kalau masih balik ke mode fastboot, devicenya mesti di bawa ke tempat reparasi gan

      Delete
  75. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  76. gan setelah masuk ke fastboot trus di button power trus masuk menu tapi gk bisa di sentuh yah

    ReplyDelete
  77. jadi sentuhnya gk bisa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana dengan panel yg lain gan seperti Volume dan tombol Power apakah masih berfungsi? jika tidak berfungsi juga, agan tidak perlu khwatir karena mungkin device agan hanya hang atau Freeze, setelah reboot akan kembali seperti semula, jika hanya panel Touchscreen-nya saja yang tidak bisa di merespon, maka besar kemungkinan ada sesuatu yg error gan

      Delete
  78. Cara atasi Xiaomi yang terjebak (tidak bisa keluar), hang, stuck, atau masuk ... trus di nyalain lg itu lama di logo MI nya tp bisa tetep bisa masuk ke menu, penyebabnya apa ya gan?

    ReplyDelete
  79. Cara atasi Xiaomi yang terjebak (tidak bisa keluar), hang, stuck, atau masuk ... trus di nyalain lg itu lama di logo MI nya tp bisa tetep bisa masuk ke menu, penyebabnya apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya loading pas booting lama kah gan? kalau iya bisa jadi itu karena cache di ROM agan udah numpuk, coba di wipe gan, kalau perlu lakukan Flash Ulang biar bersih Firmwarenya masgan

      Delete
  80. Gan mau tanya hp xiaomi mimax saya tiba-tiba saat dicharge muncul fastboot terus, sdh saya coba tekan tombol power lamaa tdk ada respon tetap fastmode juga (tombol volume - bermasalah tulangnya sampingnya penyok, jadi tidak bisa di tekan normal selayaknya tekan volume +), mohon sarannya gan cara atasinya gmn ya..? Makasih sbmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha iya itu masgan, tidak mengherankan jika device masgan masuk ke mode Fastboot mulu, soalnya device akan otomatis ke Mode Fastboot jika tombol volume down (-) agan ke gencet terus, sekarang tidak ada alternatif untuk mengatasinya secara software masgan, harus ke tempat reparasi biar nanti di perbaiki bantalan Volume Down nya

      Delete
  81. matur suwun alias terima kasih mas, sangat membantu banget

    ReplyDelete
  82. bang minta bantuannya cara mengatasi terjebak di twarp gimana, Jadi ketika reebot syistem kembali ke twarp trus ? solusinya pis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saran saya, flash dulu ke Stock Recovery gan, lihat apakah setelahnya device agan bisa Booting sempurna atau tidak, kalau iya, maka TWRP-nya yang bermasalah, tetapi jika Brick saya sarankan Flash ulang terlebih dahulu

      Delete
  83. bang kalo hp nya tiap dinyalain keluarnya fastboot terus gimana ya? tapi kalo didiemin hp nya mati, kalo dipencet tombol power dia keluarnya fastboot lagi. udah pake semua cara yang diatas gak ada yang berhasil karna hp nya gabisa nyambung sepenuhnya akibat mati nyala terus kalo dikasih aliran listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi eMMC nya udah lemah ini gan, mesti di ganti dan tidak bisa di perbaiki dengan cara biasa. Namun, alangkah baiknya jika agan mengupayakan Fastboot terlebih dahulu gan, setelahnya baru agan bisa ambil keputusan apakah mau di service atau tidak

      Delete
  84. gan punya ane stuck di fastboot.... saya nyalain mode fastboot pake adb pas fasboot device kaga kluar malah waiting for device lama banget... kebetulan tombol power saya suda rusak... gimana yahh ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah disable driver signature enforcement gan? kalau tidak terdetetc biasanya driver USB di PC agan yang masalah, kalau sudah muncul mode Fastboot harunsya device akan terbaca setelahnya gan, begitu normalnya

      Delete
  85. Kalo tombol power bawah rusak harus gmna gan? Mentok di Fastboot mulu.. kalo di lepas battrey bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada cara lain selain di benerin dulu gan tombolnya yg rusak

      Delete
  86. makasih bgt gan..berhasil bgt di ane..hampir aja mo diservice..klo diservice ilang smua deh data..tp berkat ente..hp n data ane selamet..alhamdulillah...sukses selalu buat ente ya gan...

    ReplyDelete
  87. Saya kok udah coba pencet tombol button tetep ga bisa keluar dari fastboot mau coba pake cmd ga ngerti gmn dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brick atau eMMC-nya jebol gan, coba di Flash aja dulu, kalau masih gagal hampir pasti kerusakannya pasti eMMC-nya lemah

      Delete
  88. Kak kok muncul fastboot terus yaa info dong

    ReplyDelete
  89. Kak kok muncul fastboot terus yaa info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brick berarti gan, kudu di Flash, jika di Flash masih begini, berarti eMMC-nya udah jebol

      Delete
  90. Gan hp xiapmi redmi not 5a prime saya setelah fastboot saya tekan tombol power tapi malah blackscreen dan lampu nya kedip kedip. Giamna cara ngatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masuk ke Mode EDL itu, coba ketika sat kondisi seperti itu tekan Power Off lagi, jika gak berhasil, agan bisa coba lepas konektor baterai dari motherboard

      Delete