Cara melakukan cek apakah Anti-Rollback sudah aktif atau tidak di Xiaomi | DADROIDRD

ARTIKEL ANDROID TERBARU

Cara melakukan cek apakah Anti-Rollback sudah aktif atau tidak di Xiaomi

Cara melakukan cek apakah Anti-Rollback sudah aktif atau tidak di Xiaomi

Sebelumnya sudah kami jelaskan dalam sebuah artikel khusus terkait tentang Anti-rollback yang kini telah di implementasikan oleh pihak Xiaomi di beberapa versi ROM MIUI yang ada saat ini, memang tidak ada yang salah jika mengupayakan terkait keamanan dari device itu sendiri, mungkin ini yang sedang di lakukan oleh pihak Xiaomi.

Tetapi dari segi pengguna, hal ini bisa menjadi sebuah kekurangan yang fatal, karena bagi pengguna yang mungkin tidak suka dengan versi MIUI yang baru, mungkin akan kembali lagi ke versi yang lawas karena memang sudah terbiasa dan nyaman menurut mereka.

Namun, sayangnya hal ini seakan sirna karena Anti-Rollback ini hadir, kalau kalian nekad untuk melakukan Downgrade maka sudah pasti device Xiaomi kalian akan Bricked atau Stuck, mungkin lebih jelasnya kalian bisa membacanya di artikel ini Jangan lakukan Downgrade OS MIUI bisa Brick akibat fitur Anti-RollBack.

Dalam pembahasan kita kali ini adalah bagaimana sih cara mengetahui apakah fitur Anti-Rollback ini sudah aktif atau tidak di versi ROM MIUI yang sedang kalian gunakan saat ini, apakah itu bisa di lakukan?

Jelas sekali bisa di lakukan, tetapi ada syaratnya sebagai berikut :

1. Unlock Bootloader
2. Fastboot driver
3. PC/Laptop

Jadi kenapa harus Unlock Bootloader dulu? itu karena untuk bisa mengetahui apakah ROM MIUI kalian sudah aktif atau tidak fitur Anti-RollBack-nya itu satu-satunya cara memang mengetahuinya hanya dengan Command Fastboot, jadi Fastboot baru berkerja jika device Xiaomi kalian sudah Unlock Bootloader.

Cara melakukan cek apakah Anti-Rollback sudah aktif atau tidak di Xiaomi


Jika kalian sudah mengerti, sebaiknya silahkan lakukan langkah ini untuk bisa mengetahui apakah device Xiaomi kalian aman jika melakukan Downgrade sekarang :

1. Silahkan masuk ke Mode Fastboot dulu dengan menekan tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan ketika device Xiaomi kalian berada dalam kondisi Power Off.
2. Silahkan Koneksikan device Xiaomi kalian ke PC dengan kabel USB.
3. Buka Command Prompt, pastikan sudah berada di direktory Fastboot Driver.
4. Masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika sudah terbaca melalui CMD, segara masukan perintah ini untuk mengetahui status Anti-RollBack :

fastboot getvar anti

Lihat hasilnya, akan ada angka di belakang Anti, angka itulah yang menjadi status dari aktifnya fitur Anti-RollBack di device Xiaomi kalian.

Jika angka yang tampil di belakang status "Anti" tersebut ialah 1,2 atau 3 maka selamat kalian masih bisa melakukan Downgrade ke versi MIUI manapun, jika yang munculnya nyatannya adalah "4" maka kalian bisanya hanya maju saja, artinya tidak bisa melakukan Downgrade.

Jika mendapatkan status Anti-RollBack aktif apa yang mesti anda lakukan? ya sebenarnya ini bukan masalah besar, kalian hanya perlu bertahan di versi MIUI itu dan terus perbaharui versi ROM MIUI jika tersedia, kalau Brick? tinggal lakukan saja Fastboot dengan versi ROM Fastboot paling terbaru, itu tidak akan menimbulkan Brick.

Jadi sudah jelas bukan? semoga artikel ini bermanfaat, karena jika kalian mengetahui hal ini, maka potensi Brick karena melakukan Downgrade di masa depan bisa kalian hindari.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Dadroidrd.
HomeAdvertisementContact
Night Mode