RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Masuk dan Keluar Fastboot Mode Asus

Saat ini keberadaan Asus Zenfone memang tidak bisa di anggap remeh, meski pernah sedikit meredup di beberapa tahun silam, tetapi kini mereka mulai menampakan taringnya lagi, terbukti dari kesukesan seri Max Pro M1 dan Variant Zenfone 5, membuat seakan produk Asus menjadi naik daun lagi.

Smartphone Android dari Asus memang tidak ada bedanya dari smartphone Android lain, yang berbeda hanya pada Asus Zenfone keseluruhan OS-nya memang di buat sangat minimalis, tidak banyak modifikasi seperti yang ada pada MIUI-nya Xiaomi.

Jika kalian adalah seorang pengguna smartphone Android yang mungkin lebih Advance dari yang lain, kalian harus tahu hal ini, karena di seri smartphone Asus Zenfone itu juga di sediakan Mode Fastboot (Bootloader) dan Mode Recovery yang bisa kalian akses kapan saja.

Pada pembahasan kita kali ini, kita hanya akan membahas terkait Mode Fastboot di Asus Zenfone itu saja dulu, karena Mode ini sangat penting untuk kalian ketahui keberadaannya dan manfaatnya.

Dengan adanya Mode Fastboot di Asus Zenfone Series, maka melakukan beberapa hal di bawah ini akan sangat bisa untuk kalian lakukan sekarang :

1. Melakukan Flash (via Fastboot).
2. Memasang TWRP.
3. Melakukan Unlock Bootloader (Unofficial).
4. Melakukan Relock Bootloader, dll.

Sehingga jika kita lihat dari fungsinya, maka kegunaan dari Mode Fastboot di Asus Zenfone ini memang sangat penting dan sangat berguna, hanya saja sebelum kalian bisa menggunakan Fastboot ini ada persyaratn yang mesti kalian penuhi, karena sebenarnya Mode ini tidak untuk di tujukan untuk para orang awam, berikut adalah persyaratan yang kami maksud.


# Unlock Bootloader


Faktanya smartphone Android dari Asus itu di jual dalam kondisi Locked Bootloader, karena memang sudah menjadi standard smartphone saat ini, selain untuk menjaga keamanan, Locked Bootloader ini juga di buat untuk menjaga Klaim Garansi.

Jadi, Mode Fastboot (Booloader) di Asus Zenfone tidak akan bisa di gunakan jika device kalian belum Unlock Bootloader, beruntungnya pihak Asus sendiri mendukung dan memberikan Support bagi siapa saja yang ingin melakukan Unlock Bootloader di device Asus Zenfone, hanya saja dengan konsekuensi Garansi hilang.


# PC Windows/Linux


Jika kalian ingin menggunakan Mode Fastboot di Asus Zenfone, maka mau tidak mau kalian harus melibatkan PC, karena cara kerja dari Mode Fastboot ini hanya bisa di jalankan melalui PC yang biasanya di jalankan di Windows OS, tetapi juga bisa di OS lain seperti Linux.

Kenapa membutuhkan PC? itu karena dalam prosesnya memerlukan sebuah Command Prompt yang akan melakukan ekseskusi Command yang memang sudah di buat khusus untuk device Android.


# Asus Android USB Driver


Untuk bisa menjalankan fungsi Command Prompt melalui metode ADB dab Fastboot, kalian membutuhkan USB Driver, maka silahkan Install dulu Asus Android USB Driver di bawah ini pada PC Windows yang kalian gunakan.



# Kabel Data


Karena menggunakan bantuan dari PC, maka sudah jelas, untuk menghubungkan Smartphone Asus Zenfone ke PC, maka memerlukan kabel USB sebagai Media Koneksinya.

Maka dengan demikian, usahakan untuk menggunakan Kabel USB bawaan atau yang berkualitas, tujuannya agar dalam proses Fastboot nanti, koneksi dari device ke PC bisa terhubung dengan baik dan agar tidak putus di tengah jalan.


# Fastboot Driver


Ini adalah yang paling penting, jika ingin menggunakan Fastboot, maka sudah jelas kalian membutuhkan Fastboot Driver di PC Windows yang kalian gunakan, silahkan gunakan Fastboot Driver terbaru, agar aktifikas Fastboot yang kalian jalankan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.



Dengan demikian ke-4 hal diatas adalah hal wajib yang mesti ada dan kalian lakukan jika ingin menggunakan Mode Fastboot di Asus Zenfone.

Selanjutnya jika sudah melengkapi semua persyaratan diatas, maka selanjutnya bagaimana cara masuk ke Mode Fastboot di Asus Zenfone tersebut ?


# Cara Masuk ke Mode Fastboot Asus Zenfone


Sejauh ini ada 2 buah cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa masuk ke dalam Mode Fastboot Asus Zenfone yaitu adalah sebagai berikut :

1. Dengan cara menekan Tombol Volume Up (+) dan Power Berbarengan saat dalam kondisi Power Off (Mati).
2. Menggunakan ADB Driver Command untuk masuk ke Mode Fastboot, caranya adalah dengan memasukan Command ini :

adb reboot bootloader

Indikasi jika Asus Zenfone sudah masuk ke dalam Mode Fastboot (Bootloader) adalah akan munculnya gambar bertuliskan Fastboot.

Cara Masuk dan Keluar Fastboot Mode Asus

Dan tidak ada menu Navigasi yang bisa kalian jalankan pada Mode ini, karena seperti yang sudah kami singgung diatas, Mode Fastboot memang di peruntukan dan bisa berkerja hanya dengan bantuan PC saja, dalam kasus ini adalah PC dengan OS Windows yang umumnya di gunakan.

Lalu, bagaimana cara keluar dari Mode Fastboot di Asus Zenfone itu sendiri ?


# Cara Keluar dari Mode Fastboot Asus Zenfone


Hal ini memang akan sedikit membingunkan untuk para user yang memang belum terbiasa dengan Mode Fastboot, karena tidak ada Navigasi yang bisa mereka lakukan, maka otomatis keluar dari Mode Fastboot tersebut akan sedikit membingungkan, apalagi jika kalian tidak sengaja masuk ke dalam Mode tersebut.

Sejauh ini ada 2 cara untuk bisa keluar dari Mode Fastboot di Asus Zenfone yang bisa kalian lakukan, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Dengan menekan Tombol Power selama kurang lebih 30 detik hingga 1 Menit, maka dengan otomatis Asus Zenfone akan Shutdown atau Restart dengan Otomatis.
2. Menggunakan kemampuan Fastboot itu sendiri, dengan memasukan Command sebagai berikut di halaman CMD :

fastboot reboot

Dengan demikian, sudah tuntas penjelasn singkat terkait Mode Fastboot di Asus Zenfone tersebut, jika kalian amati, sebenarnya semua smartphone Android itu sama saja dalam cara mengakses ke Mode Fastboot tersebut.

Hanya saja yang menjadi pembeda utamanya adalah biasanya beberapa smartphone memiliki Key Mapping yang berbeda atau bahkan di tiadakan, tetapi di pastikan kalian tetap akan bisa masuk ke Mode Fastboot dengan bantuan ADB Command.

Jadi, jika misalnya kalian tidak sengaja masuk ke dalam Mode Fastboot Asus Zenfone, kalian sebenarnya tidak usah panik, karena ini bukanlah sebuah masalah dan untuk keluar dari Mode Fastboot tersebut sangat mudah untuk bisa kalian lakukan.

Kecuali, smartphone Asus Zenfone kalian terus-terusan masuk ke Mode Fastboot tersebut secara otomatis, maka berarti jika bukan karena masalah Firmware yang Error, berarti ada keruskan Hardware yang terjadi, misalnya timbol Volume Up yang terus tertekan karena rusak.

Maka, masalah seperti ini bisa menjadi masalah utama kenapa smartphone Asus Zenfone kalian selalu masuk Mode Fastboot, maka solusi dari masalah ini ialah tempat reparasi atau melakukan Flash ulang sendiri, jika itu bisa dan memungkinkan untuk kalian lakukan.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot