RILIS ARTIKEL TERBARU

Untung Rugi UBL Asus Zenfone

Kalian pengguna smartphone Asus Zenfone? mungkin saat ini kalian sedang mempertimbangkan apakah ingin melakukan Unlock Bootloader atau tidak, tetapi masih bingung serta galau apakah keputusan yang kalian ingin ambil itu benar atau tidak.

Hal ini wajar terjadi jika kalian adalah seorang pengguna smartphone dengan OS Android baru, atau baru mengetahui bahwa sebenarnya setiap smartphone Android itu bisa di Unlock Bootloader, untuk bisa membuka potensi lebih dari smartphone Android itu sendiri.

Bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan UBL (Unlock Bootloader) maka mereka tidak akan berpikir 2 hingga 3 kali lagi untuk melakukan Unlock tersebut, karena mereka sudah tahu bahwa dengan melakukan UBL, maka mereka bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa di lakukan smartphone Android Locked Bootloader, hal ini juga berlaku untuk jajaran smartphone Android dari Asus.

Secara umum pihak Asus itu mendukung dan memberikan Support bagi siapa saja user Asus Zenfone yang ingin melakukan Unlock Bootloader dengan di sediakannya sebuah aplikasi khusus yang memang akan berkerja untuk melakukan Unlock tersebut.

Faktanya melakukan Unlock Bootloader di Asus Zenfone secara Resmi ini akan sangat-sangat mudah untuk di lakukan, sejauh ini tidak ada smartphone Android yang lebih mudah dan simple dalam melakukan Unlock Bootloader selain Asus Zenfone tersebut.

Sehingga pada user Asus Zenfone dapat menikmati hal yang mereka mau, tanpa perlu bersusah payah terlebih dahulu.

Lalu, apa saja sih keuntungan yang di dapat jika kalian sudah melakukan Unlock Bootloader di Asus Zenfone tersebut ?


# Keuntungan Unlock Bootloader Asus Zenfone


1. Kalian bisa melakukan ROOT.
2. Kalian bisa memasangkan Custom Recovery seperti TWRP.
3. Kalian bisa dengan mudah melakukan Flash dengan metode Fastboot.
4. Mode Fastboot sepenuhnya sudah bisa di jalankan jika sudah Unlock Bootloader.
5. Para developers sudah bisa leluasa untuk melakukan Modifikasi, bukan hanya pada tingkat system, tetapi sudah bisa di lakukan ke tingkat Bootloader dan Kernel jika sudah Unlock Bootloder.
6. Meningkatkan Potensi yang ada pada smartphone Asus Zenfone itu sendiri, yang sebelumnya tidak bisa di lakukan ketika sedang dalam kondisi Locked Bootloader.

Kalau di suruh memilih, jelas kami lebih memilih untuk melakukan UBL, jika memang kondisi sudah memungkinkan untuk di lakukan, seperti tersedianya software Unlock dan tersedianya Custom Recovery seperti TWRP.

Hanya saja di balik kemudahan dalam melakukan Unlock Bootloader di Asus Zenfone tersebut yang di Support secara resmi oleh pihak Asus, ternyata ada kekurangan yang fatal juga, berikut adalah kekurangan yang akan menjadi konsekuensi jika kalian melakukan Unlock Bootloader Asus Zenfone secara resmi :


# Kerugian Unlock Bootloader Asus Zenfone Secara Resmi


1. Hilang Garansi.
2. Tidak bisa di Relock Bootloader.
3. Tidak bisa mendapatkan pembaharuan Firmware/OS secara OTA.
4. Sistem keamanan OS menurun.

Meski kekurangannya tidak banyak seperti keuntungannya, bagi sebagian orang kehilangan Garansi dan tidak akan mendapat Update secara OTA itu memang menjadi masalah besar dan menjadi pertimbangan utama kenapa mereka galau apakah ingin melakukan UBL atau tidak.

Hanya saja, di beberapa seri smartphone Asus Zenfone, ingat! tidak semuanya, ada terdapat metode Unlock Bootloader secara tidak resmi dengan memanfaatkan kemampuan CMD di OS Windows.

Cara UBL tidak resmi tersebut akan lebih ramah, karena tidak akan mematikan fungsi Update OTA dan masih bisa di Relock Bootloader dengan artian garansi tidak akan hilang setelah di Relock Bootloader.

Jika memang kalian pengguna Asus Zenfone dan tersedia metode Unlock Bootloader dengan cara yang tidak resmi, maka saran kami gunakanlah metode tidak resmi tersebut, meski dengan pengerjaan yang lebih rumit dari cara resminya.

Namun, hasilnya tidak akan membuat kalian kecewa, jadi sudah siapkah kalian melakukan Unlock Bootloader Asus Zenfone dengan segela konsekuensi yang harus kalian terima? kalau kami sih, ora peduli! and No Problemo!.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot


Post a Comment