RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Relock Bootloader Asus Zenfone Max M2 (X01A)

Sebelumnya kita sudah membahas terkait 2 buah cara untuk melakukan Unlock Bootloader di Asus Zenfone Max M2 yaitu dengan cara Official dan cara Unofficial, selanjutnya untuk menyempurnakan pembahasan sebelumnya, maka kini kita akan membahas terkait cara melakukan Relock Bootloader pada Asus Zenfone Max M2 tersebut.

Perlu kalian ketahui cara melakukan Relock Bootloader di Asus Zenfone Max M2 ini sebenarnya cukup mudah di lakukan, tetapi cara kerjanya akan melibatkan PC, untuk gambarannya sama seperti ketika kalian melakukan Unlock Bootloader dengan cara Unofficial.

Selanjutnya yang harus di garis bawahi disini adalah bahwa bagi mereka yang melakukan Unlock Bootloader dengan cara yang resmi, maka tidak akan bisa melakukan Relock Bootloader dengan menggunakan cara yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Karena cara Relock Bootloader yang kami bagikan di bawah ini hanya bisa di gunakan bagi mereka yang melakukan UBL dengan cara yang tidak resmi atau dengan cara yang menggunakan CMD.

Berikut adalah Syarat yang mesti kalian penuhi sebelum melakukan Relock Bootloader :


# Tool Relock Bootloader


Jika sebelumnya kalian menggunakan Tool khusus untuk bisa melakukan Unlock Bootloader, maka pada cara kali ini kalian juga akan menggunakan hal serupa, tetapi dengan file yang berbeda.

Dalam Tool yang akan kami bagikan di bawah ini sudah terdapat ADB dan Fastboot Driver, jadi kalian tidak perlu lagi memasangkan ADB dan Fastboot Driver tersebut, tujuan disertakannya ADB dan Fastboot Driver tersebut adalah agar Asus Zenfone Max M2 bisa masuk ke dalam Mode Bootloader (Fastboot).

Silahkan Download File Tool Relock Bootloader Asus Zenfone Max M2 DISINI kemudian Extract di tempat yang mudah untuk kalian temukan.

Password (.zip) : dadroidrd.com


# USB Debugging


Untuk bisa melakukan Relock Bootloader di Asus Zenfone Max M2, kalian mesti mengaktfikan fitur USB Debugging terlebih dahulu, caranya adalah dengan masuk ke Menu Settings >> System >> About Phone dan tekan sebanyak 7 kali pada Info Build Number, setelahnya akan muncul menu Developer Options, buka menu itu dan silahkan aktifkan opsi USB Debugging.


# Kabel USB


Karena menggunakan PC sebagai Media untuk melakukan UBL, maka untuk menyambungkan smartphone Asus Zenfone Max M2 ke PC di perlukan sebuah kabel USB, sebisa mungkin gunakan kabel USB Original bawaan dari Asus Zenfone Max M2 tersebut.


# Asus Zenfone USB Driver


Hanya untuk berjaga-jaga jika Asus Zenfone Max M2 kalian tidak bisa terhubung ke PC dengan baik, maka biasanya masalah tersebut datang dari USB Driver yang tidak terinstall dengan baik, maka dari itu jika tidak terbaca silahkan Download USB Driver Asus Zenfone DISINI dan install ke PC Windows yang kalian gunakan sekarang.

Jika semua persyatan telah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Relock Bootloader tersebut.


# Cara Relock Bootloader Asus Zenfone Max M2 (X01A)


1. Pastikan USB Debugging sudah aktif dan Tool Relock Bootloader sudah di Download dan di Extract.
2. Silahkan hubungkan Asus Zenfone Max M2 kalian ke PC dengan kabel USB.
3. Buka Folder Tool Relock Bootloader dan tekan file CMD.cmd.

Cara Relock Bootloader Asus Zenfone Max M2 (X01A)

4. Kemudian masukan perintah ini :

adb devices

5. Jika sudah terbaca di dalam List, berarti koneksi Asus Zenfone Max M2 kalian ke PC sudah benar dan aman.
6. Selanjutnya silahkan masuk ke Mode Bootloader dengan menetikan perintah ini :

adb reboot bootloader

7. Tunggu hingga Asus Zenfone Max M2 kalian masuk ke Mode Bootloader (Fastboot).
8. Jika sudah silahkan Close saja jendela CMD tersebut.
9. Lalu selanjutnya untuk bisa melakukan Relock Bootloader, buka file Relock.cmd.

Cara Relock Bootloader Asus Zenfone Max M2 (X01A)

10. Proses akan berjalan singkat.
11. Selanjutnya silahkan lakukan Reboot dengan mengetikan perintah ini :

fastboot reboot

12. Done!

Dengan demikian, harusnya Bootloader dari Asus Zenfone Max M2 kalian sudah kembali seperti sedia kala, umumnya kondisi dimana kalian memerlukan untuk melakukan Relock Bootloader adalah sebagai berikut :

1. Ketika kalian ingin menjual smartphone ini lagi, karena biasanya smartphone yang sudah UBL harga jualnya akan lebih murah.
2. Kalian ingin membuat security OS menjadi lebih kuat seperti semula.
3. Kalian memang tidak ingin mendapatkan status UBL selamanya.
4. Kalian tidak ingin menghilangkan garansi pembelian (OEM).

Dari beberapa alasan diatas wajar jika banyak pengguna dari device Asus Zenfone Max M2 menginginkan untuk melakukan Relock Bootloader, tetapi bagi sebagian pengguna berada di dalam kondisi Unlock Bootloader bisa di bilang lebih nyaman.

Semua ini kembali ke tujuan penggunaan smartphone Android itu sendiri lagi, kalau kami sudah jelas, kami lebih memilih dalam kondisi UBL, karena lebih terbiasa dan juga lebih Flexible.

Namun, kalian tidak mesti harus seperti kami, selanjutnya kekurangan dari metode ini hampir tidak ada, tetapi potensi seperti Bootloop dan Brick, masih tetap bisa terjadi, meski belum pernah terdengar sebelumnya, semoga berhasil.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot


Post a Comment