RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara ROOT Asus Zenfone Max M2 Tanpa TWRP

Sekarang ini metode ROOT yang bisa di gunakan tidak sebanyak dulu lagi, dulu ada zamannya metode ROOT bisa di lakukan tanpa perlu bantuan PC sedikit pun. Namun, di zaman sekarang ini hal tersebut tidak bisa lagi di lakukan, karena memang cara tersebut tidak berkerja lagi.

Untuk sekarang ini melakukan ROOT hanya bisa di lakukan dengan 2 buah cara, yaitu dengan melakukan Flashing File Exploit dengan Custom Recovery atau langsung di sertakan File Exploit-nya ke dalam sebuah Kernel.

Pada Asus Zenfone Max M2 kali ini, kita akan mempraktekan cara untuk melakukan ROOT tanpa perlu menggunakan Custom Recovery dalam kasus ini adalah TWRP.

Berarti secara garis besar, kita akan melakukan ROOTING dengan teknik Patched Boot, kami ingatkan sekali lagi, cara ini tidak mudah untuk di lakukan oleh orang awam, jika ingin mengikuti cara ini, silahkan ikuti dengan sebenar-benarnya.

Syarat yang di butuhkan pun juga terhitung lumayan, berikut adalah persyaratan yang kami maksud.


# File Kernel dari Firmware (Boot.img)


Ini adalah persyaratan utama dalam tutorial kali ini, karena kalian memerlukan sebuah File Kernel dari Firmware yang sedang kalian gunakan, aturan mainnya adalah sebagai berikut :

File Boot.img yang di gunakan harus di ambil dari versi Firmware yang sedang kalian pakai saat ini.

Bingung? mudahnya silahkan Download dulu Firmware Asus Zenfone Max M2 DISINI, Download sesuai dengan versi Build Number yang sedang kalian gunakan sekarang.

Cara ROOT Asus Zenfone Max M2 Tanpa TWRP

Jika sudah lakukan Extract dan kalian akan menemukan sebuah file bernama boot.img, silahkan Copy File tersebut ke Internal Memory Asus Zenfone Max M2 kalian di tempat yang mudah untuk kalian temukan.

Cara ROOT Asus Zenfone Max M2 Tanpa TWRP

Ingat! jangan sampai salah menggunakan file boot.img dari versi Fimrware berbeda, jika kalian coba pasang nanti maka hasil akhirnya akan Brick!


# Unlock Bootloader


Karena pada kasus ini bersinggungan erat dengan Kernel dan Fastboot, maka sudah pasti sebelum melakukan Metode ini, Asus Zenfone Max M2 kalian harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader, disini ada 2 buah cara melakukan Unlock Bootloader tersebut, silahkan ikuti Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max M2 Resmi atau Unlock Bootloader Asus Zenfone Max M2 Tidak Resmi.


# Magisk Manager


Pada metode Root ini kita akan menggunakan Tool ROOT paling Populer saat ini yaitu adalah Magisk, silahlkan Download dulu aplikasi resmi Magisk Manager DISINI dan langsung saja Install ke Smartphon Android kalian.


# ADB dan FASTBOOT Driver


Karena kita akan menggunakan metode Patched Boot, maka sudah pasti disini kita memerlukan kemampuan Fastboot di PC, untuk itu silahkan Download dan Install ADB dan Fastboot Driver terbaru sebelum kalian mengikuti tutorial ini.


# USB DEBUGGING


Sebelum kalian melakukan proses ROOT, maka kalian mesti mengaktfikan fitur USB Debugging terlebih dahulu, caranya adalah dengan masuk ke Menu Settings >> System >> About Phone dan tekan sebanyak 7 kali pada Info Build Number, setelahnya akan muncul menu Developer Options, buka menu itu dan silahkan aktifkan opsi USB Debugging.


# Kabel USB


Karena disini kita akan menggunakan PC sebagai Media utamanya, maka smartphone Asus Zenfone Max M2 kalian harus di hubungkan ke PC, untuk menghubungkannya tersebut membutuhkan kabel USB.


# USB Driver Asus Zenfone


Hanya untuk berjaga-jaga jika Asus Zenfone Max M2 kalian tidak bisa terhubung ke PC dengan baik, maka biasanya masalah tersebut datang dari USB Driver yang tidak terinstall dengan baik, maka dari itu jika tidak terbaca silahkan Download USB Driver Asus Zenfone DISINI dan install ke PC Windows yang kalian gunakan sekarang.

Jika semua syarat diatas sudah kalian penuhi tanpa tertinggal sedikit pun dan sudah kalian pastikan sesuai, maka langkah selanjutnya ialah melakukan ROOT tersebut.


# Cara ROOT Asus Zenfone Max M2 Tanpa TWRP


1. Silahkan Buka aplikasi Magisk Manager.
2. Selanjutnya pilih Opsi Install >> Patch Boot Image File.
3. Silahkan arahkan ke tempat kalian meletakan file boot.img yang sudah kalian Copy dari Firmware tadi.
4. Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat, hingga Magisk selesai untuk melakukan Patch ke file boot.img tersebut.
5. Jika sudah maka segera cari file Patched_boot.img yang letaknya /sdcard/Download/ atau di /storage/emulated/0/MagiskManager.
6. Jika sudah kalian temukan, segera pindahkan (Copy) ke PC, tepatnya pada tempat Folder Adb dan Fastboot yang telah kalian install sebelumnya, seperti ini :

Cara ROOT Asus Zenfone Max M2 Tanpa TWRP

7. Selanjutnya silahkan koneksi kan Asus Zenfone Max M2 kalian ke PC dengan kabel USB, pastikan opsi USB Debugging sudah kalian aktifkan sebelumnya.
8. Selanjutnya buka CMD (Command Prompt).

Cara ROOT Asus Zenfone Max M2 Tanpa TWRP

9. Masukan perintah ini :

adb reboot bootloader

10. Tunggu hingga Asus Zenfone Max M2 kalian reboot dan berpindah ke Mode Bootloader (Fastboot).
11. Jika sudah masuk kedalam Mode Bootloader, langkah selanjutnya masuk perintah ini untuk melakukan ROOT :

fastboot flash boot patched_boot.img

12. Tunggu hingga proses Flash selesai, jika sudah lakukan Reboot dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot.

13. Booting setelah ini mungkin akan cukup lama, tunggu saja hingga Booting sempurna.
14. Selamat Asus Zenfone Max M2 kalian sudah berhasil di ROOT.
15. Done!

Cukup ribet bukan? wajar saja karena disini kita tidak menggunakan cara biasa, faktanya metode yang kami jelaskan diatas itu memberikan persentase 100% keberhasilan ROOT, jika gagal mungkin sebabnya adalah sebagai berikut :

1. Kalian belum melakukan Unlock Bootloader.
2. File boot.img Corrupt.
3. Kalian tidak masuk ke dalam Mode Bootloader (Fastboot).
4. Driver USB Asus tidak terbaca atau koneksi dari kabel USB terganggu.

Jika kalian mengikuti tutorial diatas dengan benar dan sesuai dengan arahan kami, maka 100% keberhasilan ROOT pasti kalian dapatkan.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk bisa melakukan ROOT, seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, cara tersebut ialah dengan menggunakan TWRP, untuk file Exploitnya sendiri juga akan menggunakan Magisk. Tetapi, cara diatas bisa juga anda coba semoga beruntung.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot