RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone Unlock Bootloader

Hal ini memang sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika sebuah smartphone Android dari Asus Zenfone yang sudah di Unlock Bootloader tidak akan bisa mendapat Update secara OTA/FOTA secara berkala lagi.

Maksud dari Update OTA tersebut adalah Update yang di gulirkan langsung ke System smartphone Asus Zenfone bersangkutan dengan bantuan Internet, jika Update tersebut sudah tersedia, maka kalian hanya perlu mendowload Update tersebut dan setelah selesai maka System dari Asus Zenfone tersebut akan secara otomatis melakukan pembaharuan System dengan Firmware yang sudah di Download sebelumnya.

Namun, sayangnya hal ini tidak berlaku di Asus Zenfone yang sudah Unlock Bootloader, karena pasalnya jika sudah Unlock Bootloader, maka fitur Update in System ini akan hilang atau tidak akan berfungsi, jika kalian cek maka pesan yang muncul "There no update available" atau "Your in latest version".

Untuk kalian ketahui, kalian hanya bisa kehilangan kemampuan Update OTA tersebut, jika kalian melakukan Unlock Bootloader secara resmi yang sudah di sediakan oleh pihak Asus dengan menggunakan sebuah aplikasi Khusus yang telah di buat sedemikian rupa.

Bagi mereka yang melakukan Unlock Bootloader secara Official, maka tidak perlu khwati, karena harusnya fitur OTA akan aman-aman saja.

Namun, sayangnya metode Unlock Bootloader secara Unofficial itu tidak tersedia untuk semua seri Asus Zenfone yang ada sekarang.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa selalu berada di versi terbaru Firmware/OS Asus Zenfone, meski sudah Unlock Bootloader dengan Metode Resmi, apakah bisa di lakukan?

Jelas saja bisa! inilah kenapa Recovery bawaan di sediakan secara Default untuk semua seri Asus Zenfone.

Hanya saja, kalian harus mendownload Firmware sendiri dan melakukan Update tersebut secara manual, pastinya akan memakan banyak waktu dan tenaga, berikut adalah caranya :


# Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone yang sudah Unlock Bootloader


1. Silahkan Download dulu Firmware Asus Zenfone terbaru di halaman resmi Asus DISINI.

Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone Unlock Bootloader

2. Silahkan ketikan seri smartphone Asus Zenfone kalian.

Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone Unlock Bootloader

3. Jika sudah muncul silahkan pilih Opsi Driver & Utility.

Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone Unlock Bootloader

4. Selanjutnya masuk pada Tab Bios & Firmware.

Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone Unlock Bootloader

5. Lalu Download saja versi Firmware terbaru yang tersedia.

Cara Update Firmware/OS Asus Zenfone Unlock Bootloader

6. Jika sudah, letakan di SD card / External Memory di Asus Zenfone kalian, ingat! jangan di Internal Memory karena Recovery bawaan Asus tidak bisa membaca Internal Memory!
7. Jika sudah silahkan masuk ke Mode Recovery Asus Zenfone, yang tidak tahu caranya silahkan ikuti cara ini Cara Masuk ke Mode Recovery Asus Zenfone dengan mudah.
8. Jika sudah masuk ke dalam Mode Recovery, silahkan pilih opsi Apply Update From SD/External Memory.
9. Silahkan cari Firmware yang sudah kalian Download sebelumnya.
10. Lakukan Flash dan tunggu hingga selesai.
11. Jika sudah selesai pilih opsi Reboot to System.
12. Proses Booting pertama akan cukup lama, bahkan bisa sampai 15 menit lebih, tunggu saja.
13. Done!

Dengan cara ini maka kalian tetap bisa berada di versi Firmware paling baru yang disediakan oleh pihak Asus, memang terkesan sedikit rumit dan memerlukan data internet yang cukup besar, tetapi cara ini sangat efektik untuk di lakukan, dari pada tidak di mendapat Update Firmware sama sekali.

Selain itu jika kalian ingin mendapati Firmware yang bersih dan seperti baru setelah melakukan cara diatas, maka ketika sebelum melakukan Reboot, kalian bisa memilih Opsi Wipe/ Factory reset dengan konsekuensi semua aplikasi yang Terinstall akan hilang.

Kesimpulannya adalah jika kalian memiliki device Asus Zenfone yang sudah terlanjur di Unlock Bootloader, maka jangan berkecil hati, karena kalian masih bisa mendapatkan update yang menjadi Hak kalian, hanya saja memerlukan sedikit upaya dan waktu yang lebih banyak.

Untuk hasilnya? sama bagusnya seperti ketika kalian melakukan Update dengan metode OTA dan bahkan bisa lebih bagus lagi, jika kalian melakukan Full Wipe setelah melakukan Update, karena akan bersih seperti baru lagi.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot


Post a Comment