RILIS ARTIKEL TERBARU

Trik Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi / Redmi Tanpa Menunggu

Semua pengguna device Xiaomi atau Redmi pasti akan mengalami hal yang membosankan ketika sedang ingin melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada device yang mereka miliki, karena benar saja, meski semua syarat sudah kalian penuhi, tetap saja kalian harus menunggu.

Karena, hal ini sudah menjadi bagian dari System yang pihak Xiaomi buat, umumnya waktu yang di perlukan untuk melakukan Unlock Bootloader dari 0 sampai selesai itu bisa berbeda-beda dari tiap orang.

Ada yang langsung saja tanpa perlu menunggu, ada yang menunggu hingga 72 Jam, ada juga yang menunggu hingga 360 Jam dan kabar yang terbaru, ada yang disuruh menunggu hingga 1080 Jam, meski dari kami sendiri belum pernah menemukan hal tersebut, tetapi bisa jadi di waktu kedepannya nanti waktu Binding UBL Xiaomi akan semakin lama lagi.

Hal ini terjadi kemungkinan karena pengguna dari device Xiaomi atau Redmi yang kian bertambah dan dampak dari hal tersebut, request untuk UBL tersebut akan semakin banyak, sehingga bisa jadi nantinya waktu Binding akan di buat lebih lama lagi, karena jumlah antrean UBL yang kian membanyak.

Kami sendiri juga tidak mengerti, kenapa pihak Xiaomi membuat aturan semacam ini, padahal di vendor lain sebut saja Sony, melakukan UBL itu paling cuma membutuhkan waktu kurang dari 5 Menit saja bahkan bisa lebih cepat.

Tapi, mau bagaimana lagi, system ya system, kalian mesti mengikutinya, lalu apakah ada Cara agar bisa melakukan UBL lebih cepat? jawabannya memang ada, tetapi belum tentu berhasil!

Sejauh ini kami sendiri tahu ada 3 buah cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa melakukan UBL pada device Xiaomi / Redmi agar prosesnya bisa menjadi lebih cepat, bahkan tidak memerlukan waktu Binding.


Trik Bypass Time Binding Unlock Bootloader Xiaomi / Redmi


Dari beberapa cara tersebut ada yang bersifat Trik dan ada juga yang bersifat Kondisional, sehingga hasilnya bisa jadi berbeda dari pengguna yang satu dan pengguna lainnya, tetapi pada akhirnya ke-3 cara di bawah ini sangat patut untuk kalian coba, berikut adalah 3 cara yang kami maksud.


# Menggunakan 2 Mi Akun


Cara ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu, tetapi kabarnya sekarang sudah tidak begitu jitu lagi, karena cara ini memanfaatkan Bugs dari aplikasi Mi Flash Unlock, berikut adalah caranya :

1. Silahkan gunakan Mi Flash Unlock ver 2.3.803.10.
2. Selanjutnya silahkan buat 2 buah Mi Akun.
3. Jika sudah silahkan proses 1 Mi Akun yang telah kalian buat untuk mengikuti persyaratan UBL Xiaomi, ikuti caranya pada artikel ini Cara UBL Xiaomi / Redmi Terbaru.
4. Satu buah Akun Mi lainnya, biarkan saja tidak perlu di proses untuk UBL.
5. Setelahnya silahkan lakukan Login ke aplikasi Mi Flash Unlock dengan Mi Akun yang sudah kalian proses untuk UBL sebelumnya.
6. Jika gagal seperti muncul Time Binding to short... 72 Hour / 360 Hours, silahkan lakukan Sign Out Mi Akun tersebut di Xiaomi / Redmi kalian dan juga di aplikasi Mi Flash Unlock.
7. Silahkan lakukan Reboot dulu pada Xiaomi/ Redmi kalian.
8. Jika sudah selesai Reboot, silahkan Login menggunakan Mi Akun ke-2 yang sudah kalian buat sebelumnya, Loginkan ke Xiaomi / Redmi dan Loginkan juga pada aplikasi Mi Flash Unlock.
9. Silahkan lakukan UBL.
10. Jika Beruntung maka device Xiaomi / Redmi kalian akan langsung Unlocked secara instant.
11. Done.

Percaya atau tidak, kami sendiri sudah membuktikan cara ini pada pertengahan tahun 2018 lalu dan terbukti berhasil, untuk sekarang mungkin patut kalian coba untuk melihat hasilnya sendiri-sendiri.


# Atur Manual Date & Time di Xiaomi / Redmi


Cara ini sebenarnya adalah cara klasik yang sebenarnya masih bisa berfungsi sekarang ini, biasanya sering di gunakan para teknisi untuk mengelebaui System, cara ini terakhir kali kami coba masih bisa berfungsi, yaitu adalah dengan cara memanipulasi Date & Time untuk proses pengajuan UBL tersebut.

Sederhananya seperti ini, sekarang ini melakukan UBL di Xiaomi sudah lebih mudah dari pada dulu, sekarang kalian tidak harus minta izin dulu untuk melakukan Unlock tersebut, cukup dari smartphone Xiaomi / Redmi kalian saja sudah cukup dengan fitur Add Device (Associated) pada menu Mi Unlock Status dalam menu Developer Options, maka proses UBL bisa di jalankan.

Nah, disinilah celahnya, kalian bisa mengatur tanggal secara manual pada menu Settings >> Additional Settings >> Date & Time dan atur secara manual, berikut adalah detailnya.

1. Silahkan masuk dulu ke menu Date & Time, lalu matikan fungsi Automatic Date & Time.
2. Selanjutnya silahkan atur tanggal kalian mundur 15 Hari dari tanggal hari ini sebelum kalian melakukan Associated Device untuk UBL, dengan asumsi waktu 15 Hari tersebut adalah untuk 360 Hours, untuk lebih amannya bisa mundurkan ke 16 Hari yang lalu.
3. Lalu, pastikan gunakan jaringan Reguler, jangan pakai jaringan Wi-Fi misalnnya IndiHome, karena Router itu memiliki penanggalannya sendiri secara otomatis, gunakan paket data internet seperti biasanya saja melalui kartu SIM kalian.
4. Jika sudah berhasil ter-associated, seperti ini :

Trik Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi / Redmi Tanpa Menunggu

5. Silahkan lakukan Reboot pada Xiaomi / Redmi kalian.
6. Diamkan kira-kira 30 Menitan hingga 1 Jam.
7. Setalahnya, silahkan ubah lagi Date & Time ke Automatic (Pastikan device kalian sudah berhasul ter-assosiasi dengan system Xiaomi).
8. Selanjutnya lakukan UBL seperti biasanya.
9. Jika berhasil, kalian tidak perlu lagi menunggu Time untuk Binding!
10. Done.


# Gunakan Mi Akun Lama


Terakhir, cara ini bersifat Kondisional, hal ini memang tidak bisa di penuhi oleh sebagian orang, tetapi bagi mereka yang beruntung, misalnya pengguna device Xiaomi lama, mungkin bisa berbahagia, karena dengan Mi Akun lama ini, kalian tidak perlu menunggu untuk melakukn UBL.

Asumsinya adalah waktu Binding itu terjadi karena melihat dari lama atau tidaknya Mi Akun kalian Live (digunakan) maka menjadi clear jika kita mengingat waktu Binding yang berbeda-beda misalnya ada yang 72 Jam dan ada yang 360 Jam.

Untuk ukuran Mi Akun Lama itu adalah hitungan umur yang sudah lebih dari 1 Tahun, jika memang kalian memiliki Mi Akun tersebut, langsung saja proses untuk UBL, tetapi dengan syarat sebagai berikut :

1. Mi Akun tersebut tidak melakukan proses UBL minimal 1 Tahun belakangan.
2. Mi Akun tersebut pernah Login lama, mungkin 3 Bulan lebih.
3. Mi Akun tersebut aktif! seperti di gunakan untuk mendownload Themes dan lainnya.

Jika spesifikasi diatas sudah bisa kalian penuhi, silahkan lakukan UBL dan lihat kalian tidak memerlukan waktu untuk Binding! cara ini sudah kami buktikan sendiri, mengingat kami punya beberapa Akun Mi lawas sebelumnya.

Tetapi, bagaimana jika kalian tidak punya Mi Akun lama? maka sebenarnya tidak ada solusi untuk hal ini, kecuali ada orang yang berbaik hati untuk meminjamkan kalian Mi Account tersebut.

Dengan demikian, ke-3 cara diatas sangat patut untuk kalian coba, jika memang kebutuhan UBL kalian memang mendesak, tetapi sekali lagi kami tidak menjamin cara diatas bisa berfungsi, karena setiap smartphone itu bisa menghasilkan hasil akhir yang berbeda-beda, faktor keberuntungan juga akan mempengaruhi.

Silahkan coba saja dulu, jika memang berhasil berarti kalian sedang beruntung, jika tidak maka silahkan tunggu hingga waktu Binding selesai! semoga bermanfaat dan jadilah Netizen yang budiman!
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot