RILIS ARTIKEL TERBARU :

Fastboot Redmi 7A

Sama seperti pada seri-seri pendahulunya, seri variant Redmi yang paling rendah selalu akan di embeli dengan huruf "A" yang itu mengartikan bahwa device ini adalah device Entry-level dari Xiaomi yang kini memiliki Brand tersendiri yaitu Redmi 7A.

Pada smartphone kelas bawah seri variant Redmi 7A ini memang tampil impressive, meski tidak seperti dulu hampir tidak ada saingan pada kelas ini, di tahun ini mungkin pesaingnya dari Realme, sehingga seri Redmi 7A harus tampil lebih baik lagi.

Beruntungnya kini design dari lini seri Redmi "A" tidak begitu monoton lagi, terbukti dengan design baru ini, membuat variant Redmi 7A ini menjadi tidak pasaran dan tidak begitu terlihat murahan, terlebih lagi spesifikasi yang di usung juga sudah cukup mumpuni.

Selain itu untuk masalah maintenance, tidak perlu di ragukan lagi, smartphone ini sama mudahnya untuk di maintenance, jika memang sedang bermasalah, seperti untuk melakukan Fastboot tersebut, hanya saja kalian mesti melengkapi persyaratannya terlebih dahulu, sebelum memulai melakukan Flashing tersebut.


# Unlock Bootloader


Ini adalah hal wajib pertama yang harus kalian penuhi, karena dengan melakukan Flash berarti kalian membutuhkan kemampuan Fastboot. Tetapi, kemampuan Fastboot tersebut baru akan aktif jika Redmi 7A sudah Unlock Bootloader, maka dari itu lakukan Unlock Bootloader dulu, jika tidak tahu caranya silahkan ikuti artikel ini Cara Unlock Bootloader Redmi 7A.


# Mi Flash Unlock


Metode Flash di Redmi 7A ini memerlukan kemampuan PC untuk menjalankan aplikasi Flashernya, untuk aplikasinya sendiri menggunakan Mi Flash Tool, maka dengan demikian gunakan dulu aplikasi Mi Flash Tool Terbaru sebelum kalian melakukan Flashing.


# Fastboot ROM


Untuk bisa menjalankan metode Flash dengan aplikasi Mi Flash Tool, tentu membutuhkan sebuah File ROM khusus, file ROM ini tidak sama seperti ROM biasa, melainkan jenis ini adalah jenis Fastboot ROM yang bisa kalian temukan secara resmi DISINI.


# Kabel USB


Karena menggunakan PC sebagai Media Flashingnya, maka untuk menghubungkan smartphone kalian ke PC kalian memerlukan kabel USB, kalau bisa gunakan kabel USB yang ori atau bawaan dari smartphone Redmi 7A itu sendiri.


# Mode Fastboot


Dalam metode Flash untuk Redmi 7A ini, kalian harus memastikan device kalian masuk ke dalam Mode Fastboot terlebih dahulu yaitu dengan cara menekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat device kalian dalam kondisi Power Off (Mati).


# Kapasitas Baterai diatas 50%


Kalau kami sendiri mewajibkan hal ini, dengan alasan agar proses Flash bisa sepenuhnya selesai tanpa terputus di tengah jalan, karena melakukan Flash itu akan membutuhkan beberapa waktu mungkin dari 3 hingga 15 Menit, selain itu setelahnya Booting pertama juga akan memakan waktu paling tidak 10-15 Menit lagi, maka dengan demikian memiliki kapasitas baterai paling tidak 50% adalah hal bijaksana yang mesti kalian penuhi sebelum melakukan Flash, tujuannya untuk berjaga-jaga saja sebenarnya.


Manfaat dari melakukan Flash di Redmi 7A tersebut?


1. Untuk mengatasi masalah seperti Bootloop, Hardbrick dan lainnya.
2. Untuk berpindah dari ROM Distributor ke ROM resmi MIUI.
3. Untuk melakukan Upgrade versi OS.
4. Untuk membuat ROM Redmi 7A Fresh seperti baru lagi.

Jika kalian sudah mengerti manfaat dan persyaratan yang di butuhkan, maka langkah selanjutnya adalah cara untuk melakukan Flash itu sendiri.


# Cara Fastboot Redmi 7A


1. Buka aplikasi Mi Flash Tool.
2. Lalu Load Fastboot File, pastikan sudah di Extract hingga muncul seperti ini:

Fastboot Redmi 7A
Fastboot Redmi 7A

3. Dalam keadaan masuk Mode Fastboot silahkan koneksikan Redmi 7A kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Pada aplikasi Mi Flash Tool silahkan tekan Fresh dan lihat apakah Smartphone kalian sudah terbaca atau tidak.

Fastboot Redmi 7A

5. Jika sudah terbaca selanjutnya silahkan pilih Script Flash-nya pada bagian bawah, kalau kami sendiri menyarankan memilih Clean All, tetapi konsekuensinya adalah semua data di Internal Memory akan hilang.

Fastboot Redmi 7A
Fastboot Redmi 7A

6. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Flash.

Fastboot Redmi 7A

7. Proses akan berjalan dari 3 - 15 Menit, tergantung besaran ROM yang di gunakan.
8. Jika proses sudah selesai, harusnya Smartphone akan Reboot dengan sendirinya.
9. Booting pertama akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
10. Done!


# Jika Flash Gagal


Jika metode Flash diatas gagal, mungkin masalahnya datang dari 2 buah hal ini, silahkan ikuti petunjuk di dalam artikel yang sudah kami tulis dibawah ini :


Dengan demikian, kami pikir metode Flash yang sudah kami jelaskan diatas beserta dengan Troubleshootnya memang sudah terkesan sangat lengkap, jika kalian masih saja gagal dalam melakukan Flash tersebut.

Maka bisa jadi ada masalah besar di baliknya, seperti kalian menggunakan ROM MIUI abal-abal yang sulit untuk di pindahkan ke versi ROM resmi, atau yang paling parahnya adalah Bootloader Redmi 7A kalian sudah di Modifikasi oleh pihak Distributor.

Silahkan ikuti tutorial diatas dengan sebenar-benarnya, karena satu saja syarat dan langkah yang kalian lewati, maka potensi ke gagalannya akan tinggi, jadi lakukan sesuai prosedur dan semoga berhasil.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot