RILIS ARTIKEL TERBARU

UBL Redmi 7A

Beberapa variant di seri Sub-Brand Xiaomi yaitu Redmi memang membuat sebagian orang merasa bingung, karena penamaan yang cukup mirip dari satu seri ke seri lainnya, bayangkan saja dengan debutnya dulu yaitu seri Redmi Note 7, kini bermunculan lagi Note 7 Pro dan Note 7S, lalu disusul lagi oleh variant Redmi 7, 7 Pro dan yang paling baru ini adalah 7A.

Benar saja, terlalu banyak angka 7 yang hadir di seri Redmi tersebut, wajar saja jika sebagian orang merasa bingung, tetapi hal tersebut bukan menjadi masalah, jika kalian mengerti terkait device yang kalian gunakan tersebut, sehingga kami ingatkan lagi bahwa tutorial ini hanya untuk seri Redmi 7A saja.

Walaupun demikian, sebenarnya cara kerja UBL di semua smartphone Xiaomi / Redmi tersebut sama-sama saja, dari pada kalian bingung, maka disini kami akan buatkan tutorial khusus unttuk device murah terbaru dari Redmi tersebut.

Meski murah, spesifikasi yang diu usung itu tidaklah murahan, silahkan kalian lihat sendiri design dari device ini yang begitu cantik, sehingga benar saja jika versi "A" dari lini Redmi yang ada selama ini, cuma ini yang memiliki design yang tidak begitu monoton, seperti seri-seri sebelumnya, baiklah kita mulai saja topik pembahasan kita.


Keuntungan Unlock Bootloader?


1. Agar Mode Fastboot bisa aktif.
2. Agar bisa melakukan Flash.
3. Untuk mengatasi masalah umum seperti, Brick, Bootloop dan lainnya.
4. Agar bisa memasang Custom Kernel dan Recovery.
5. Agar bisa mendapatkan akses ROOT.


Kerugiannya? 


Berikut adalah kerugian yang bisa di ketahui akibat dari Unlock Bootloader tersebut :

1. Garansi Hangus.
2. Smartphone lebih rentan terkena Virus.
3. Jika tidak hati-hati dalam penggunaannya, Bootloader akan rusak dan berakhir kepada device yang matot.
4. Kemampuan Mobile Banking atau semacamnya mungkin tidak akan berfungsi, dengan alasan keamanan.

Jika kalian sudah paham akan konsekuensinya dan kalian masih tetap saja mau ngotot untuk melakukan UBL, maka silahkan ikuti dengan lengkap dan teliti cara yang akan kami sampaikan di bawah ini :


# Mi Account


1. Silahkan buat Mi Account langsung dari smartphone Xiaomi kalian.
2. Setelahnya silahkan kunjungi Situs Unlock Bootloader Resmi.

UBL Redmi 7A

3. Login dengan menggunakan Mi Account yang sudah kalian buat sebelumnya.

UBL Redmi 7A

4. Silahkan Download aplikasi Mi Flash Unlocknya langsung dari halaman tersebut.

UBL Redmi 7A

Atau Download Mi Flash Unlock versi Terbaru berbahasa Inggris Terbaru.


# ADD Account and Device


1. Setelah itu silahkan aktifkan Mode Developer Options dengan cara masuk ke Settings >> About Phone >> tekan sebanyak 7 Kali pada bagian Info MIUI Version.
2. Setelahnya silahkan masuk ke Mode Developer Options, letaknya pada Settings >> Additional Settings, atau di bagian menu utama Settings saja, silahkan cari di pencarian menu Settings untuk lebih jelasnya.
3. Lalu selanjutnya Aktifkan opsi OEM Unlock dan USB Debugging.
4. Kemudian buka Opsi Mi Unlock Status dan tekan Add Account and Device.

UBL Redmi 7A

5. Coba lakukan Integrasi Account ini hingga berhasil, adakalanya membutuhkan waktu 1-3 hari agar bisa berhasil di Asosiasikan, jika berhasil maka akan muncul pesan Added Successful ....

UBL Redmi 7A


# Unlocking


1. Pastikan aplikasi Mi Flash Unlock Terbaru sudah terpasang di PC yang kalian gunakan.
2. Setelah itu silahkan buat Xiaomi kalian masuk ke Mode Fastboot dengan cara menekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat Xiaomi kalian berada dalam kondisi Power Off (Mati).
3. Hubungkan Xiaomi kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Selanjutnya silahkan buka aplikasi Mi Flash Unlock (Run As Administrator).
5. Kalau perlu lakukan Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu, untuk mengurangi resiko kegagalan.
6. Jika sudah silahkan Login dengan Mi Account yang sudah kalian buat sebelumnya buat sebelumnya.

UBL Redmi 7A
UBL Redmi 7A
UBL Redmi 7A

7. Jika sudah Login, langkah terakhir tekan Button Unlock dan tunggu hingga prosesnya selesai.

UBL Redmi 7A


# Jangan Panik jika gagal


Ini hal yang sudah wajar jika tidak bisa berhasil dalam satu kali percobaan Unlock Bootloader, kami punya penjelasannya :

1. Untuk Mi Account yang baru saja di buat, maka biasanya proses Unlock Bootloader akan gagal dengan meninggalkan Log Error Binding 72 Hour hingga 360 Hour, sekali lagi ini wajar untuk sebuah Mi Account baru.
2. Untuk Mi Account lawas, kami yakin akan langsung berhasil dalam satu kali pecobaan dengan syarat Mi Account tersebut sudah Login di smartphone Xiaomi bersangkutan dalam kurun waktu paling tidak 1-2 Minggu itu pun harus sudah di pakai untuk mendownload Themes contohnya.

Jika memang Error akibat Time Binding yang tidak terpenuhi, maka kalian memang harus menunggu hingga waktu yang telah di tetapkan tersebut, tidak ada cara apapun lagi yang bisa mempercepat proses tersebut.

Tetapi jika bunyi Errornya selain Time Binding, maka disini kalian perlu khwatir, mungkin ada sesuatu yang salah, lebih lengkapnya silahkan lihat pada artikel ini Cara Atasi Gagal Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi.

Dengan demikian, tutorial sederhana ini sudah selesai, untuk hasilnya bisa beragam, bisa jadi proses Unlock Bootloader yang kalian lakukan, langsung sukses dalam satu kali percobaan, atau bahkan harus menunggu hingga 72 Jam atau bahkan 360 Jam.

Jika sudah berhasil melakukan Unlock Bootloader, kalian bisa saja langsung memasangkan Custom Recovery seperti TWRP lalu selanjutnya melakukan ROOT atau bahkan ingin melakukan Fastboot.

Hanya saja perlu kalian ketahui, bahwa Redmi 7A ini merupakan smartphone Xiaomi yang memiliki proteksi Anti Roll-back, jadi jangan pernah sekali-kali melakukan Fastboot untuk Downgrade, karena hasilnya Redmi 7A kalian akan Brick parah.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot