RILIS ARTIKEL TERBARU

Macam jenis bahan Body Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Kekurangan Kelebihan bahan Kaca di Smartphone, Kekurangan Kelebihan bahan Metal besi di Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Keramik di Smartphone Android, Jenis Material Body Android, Macam-macam bahan Body Android, Bahan Plastik Android, apa itu Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Material Casing Android terbaik

Saat ini memang ada banyak sekali jenis Smartphone Android yang dijual di pasaran, mulai dari Brand Lokal hingga Brand International, sehingga para konsumen Smartphone Android saat ini sering sekali dibuat bingung, karena banyaknya seri Smartphone Android yang ada dipasaran yang siap untuk dimiliki.

Sekilas secara umum, semua Smartphone Android itu memang sama dari bentuk hingga tampilannya, tetapi kalau dari Spesifikasi jelas sekali berbeda, apalagi sekarang ini Smartphone Android hampir ada di setiap Level Segment Pasar, mau itu kelas atas, menengah hingga bawah, ada banyak sekali variant Smartphone Android yang siap untuk dibeli.

Seandainya, kita berbicara terkait OS Android tersebut, maka sudah jelas, OS Android itu dimana-mana memang sama saja, yang membuat Smartphone Android itu menjadi berbeda ialah Versinya dan jelas sekali Custom yang di Implementasikan oleh pihak OEM / Produsen Smartphone Android tersebut.

Jika, kalian adalah seorang yang awam terkait masalah OS Android tersebut, lebih baik kalian cari tahu dulu, apa sih itu OS Android, ada berapa banyak versi didalamnya dan kenapa Smartphone Android itu bisa berbeda-beda.

Setelah kalian tahu akan dasar tersebut, maka kalian bisa dengan mudah untuk mengikuti pembahasan yang akan kami sampaikan dibawah ini, karena sebenarnya semua Smartphone Android itu sama, tetapi juga berbeda.

Mungkin, kalian akan bingung terhadap Statement tersebut, maka silahkan pelajari dulu sampai selesai, terkait masalah OS Android pada halaman dibawah ini :

  1. Mengenal OS Android, Versi, Nama dan Sejarahnya

Selanjutnya, mari kita lanjutkan pembahasan pada artikel kali ini, sebelumnya seperti yang sudah kalian pahami, jika dari segi OS, maka semua Smartphone Android itu sama saja, yaitu sama-sama menggunakan OS Android.

Tetapi, jika kita berbicara terkait Inovasi dan Spesifikasi, maka disini akan terlihat perbedaan yang jelas sekali terlihat.

Umumnya, Spesifikasi tersebut meliputi Fitur Hardware yang dipasangkan di Smartphone Android tersebut, seperti Processor, Kamera, GPU, Battery dan lain sebagainya.

Semakin, tinggi Spesifikasis dalam sebuah Smartphone Android, maka akan semakin tinggi kelas dan harganya, di bagian Sektor Inovasi pun juga sama saja, seperti penerapan Teknologi terbaru di Sektor Security, Productivity dan Multimedia.

Semua hal tersebut, jelas saja menentukan Nilai (Value) dari sebuah Smartphone Android, sehingga meski sama-sama menggunakan OS Android, pada faktanya Smartphone Android memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri, terlebih jika sudah berbeda kelas, maka tidak bisa lagi kita katakan sama, jika dari perspektif Spesifikasi dan Inovasi.


Spesifikasi Material Body Smartphone Android


Siapa bilang, Spesifikasi Smartphone Android hanya bisa dilihat dari Spesifikasi Processor, RAM, Kamera dan hal lain didalam Internal Smartphone Android saja?

Jika, demikian maka kalian keliru, karena bagian yang sering kalian lihat, yaitu adalah bagian luar / desain Smartphone Android itu juga merupakan sebuah Spesifikasi kunci dari sebuah Smartphone Android dan itu juga berkaitan dengan Value dari Smartphone Android itu sendiri.

Seperti halnya, Layar pada Smartphone Android, sudah jelas bagian ini juga menjadi bagian yang teramat penting untuk menentukan sehebat apa sebuah Smartphone Android tersebut, karena ada banyak jenisnya.

Dan beberapa diantaranya adalah jenis Premium, karena bisa di implementasikan dengan fitur Premium juga, untuk lebih jelas terkait masalah Layar pada Smartphone Android, silahkan baca artikel dibawah ini, karena disini kami tidak akan berbicara terkait masalah jenis Spesifikasi Layar pada Smartphone Android tersebut.


Maka, disini kita akan berbicara terkait masalah Spesifikasi lain yang pada faktanya tidak begitu dihiraukan oleh pengguna atau calon pembelinya, padahal hal ini sangat dan teramat penting, yaitu adalah Material Body yang digunakan pada Smartphone Android tersebut.

Masalah Metarial Body ini sebenarnya memang tidak sepenting Processor, Kamera dan RAM, tetapi bagi sebagian orang masalah ini akan menjadi teramat penting, karena Material Body pada Smartphone Android ini akan menunjukan kelas dari Smartphone Android yang kalian gunakan.


Pencerminan Kelas dari Material Body


Melanjutkan bahasan kita diatas, sebelumnya sudah kami singgung, bahwa Material Body ini akan menjadi sangat penting untuk sebagian orang, hal tersebut benar adanya, karena semakin mahal sebuah Smartphone Android, maka akan semakin bagus Build Quality dari Smartphone Android tersebut.

Jika, sudah terkait masalah Build Quality, maka sudah jelas pembahasannya akan masuk kepada aspek Material Body, karena seperti yang kalian ketahui, saat ini ada banyak ragam Material Body yang di Implementasikan pada sebuah Smartphone Android.

Ada yang berbahan rapuh dan biasa saja dan ada juga yang dibuat dengan bahan Material khusus yang Premium, tentu saja Material Body ini bisa menjadi takaran untuk menentukan Kelas dan Value dari sebuah Smartphone Android.

Umumnya, penggunaan Material Body terbaik itu selalu ditujukan untuk Smartphone Android kelas atas, sehingga karena mendapat Predikat Smartphone Android kelas atas, maka sudah jelas Material Body ini menjadi salah satu aspek peniliannya.

Selanjutnya, ada fakta yang harus kalian ketahui, karena seperti yang kalian ketahui, Smartphone Android itu ada kelasnya masing-masing, pada kelas bawah pasti akan menggunakan Material Body yang sangat berbeda dari yang ada pada kelas atas dan hukum ini pasti terus terjadi, hingga kapanpun.

Sehingga, pecerminan dari sebuah Smartphone Android berdasarkan kelasnya, bisa kalian lihat dengan mudah dari bahan Material yang digunakan secara umumnya.


Material Body Premium, harganya makin mahal


Jika, sebelumnya kita sudah berbicara terkait masalah kelas, maka saat ini yang akan kita bicarakan adalah terkait harga.

Karena seperti yang kalian ketahui, Smartphone Android Premium yang mahal itu pasti akan menggunakan semua Resource terbaik, seperti komponen Hardware terbaik yang ada sekarang, hingga bahan Material Body yang terbaik dan Premium.

Karena disini adalah sebuah Nilai Exclusive atau mudahnya tidak Mainstream, jelas saja harga dari sebuah Smartphone tersebut akan menjadi mahal dan bahkan ada yang kelewat mahal sekali, karena dilapisi dan ditanamkan bahan Metarial super mahal, seperti Permata dan Logam mulia.

Tetapi, jika sebuah Smartphone dijual dengan bahan yang super Premium tersebut, apakah masih akan laku dipasaran? maka jawabannya, tetap akan laku, tetapi hanya untuk kalangan tertentu saja.

Sehingga, secara logis bahan Permata itu memang tidak logis untuk dijual ke masyarakat Mainstream, sehingga disini dipilihlah bahan Material yang Premium tetapi tetap bisa dijangkau oleh konsumen, meski harganya masih tergolong tinggi.

Akhirnya, sekarang ini muncul beberapa bahan Material Body yang benar-benar Premium dan ada juga dengan Implementasi / Desain yang Premium.

Maka, harusnya kalian disini sudah bisa mengerti, sebuah Smartphone Android mahal itu, tidak melulu terkait masalah pada Display Panel, Hardware dan juga Software-nya saja, melainkan tolak ukurnya bisa datang dari bahan Material yang digunakan.

Sehingga kalian tidak usah heran dengan fakta ini lagi, jika melihat Smartphone Android dengan Spesifikasi biasa saja, tetapi dijual dengan harga yang tinggi, bisa jadi Material Body yang digunakan memang berbahan Premium.

Lalu, pertanyaan utamanya adalah bahan Material Body apa sajakah yang sering digunakan pada Smartphone Android sekarang ini?


Jenis-jenis Material Body di Smartphone Android


Biar kami perjelas dulu disini, karena disini kami hanya akan berbicara terkait masalah Metarial Body yang Mainstream atau umum digunakan di Smartphone Android saja.

Sehingga, kami tidak akan berbicara terkait masalah Material Body seperti dari bahan Meteor, Batu Permata, Emas dan lainnya, karena hal tersebut memang tidak umum dan tidak lazim untuk digunakan pada Smartphone Android kelas Mainstream.

Sehingga, pada artikel ini kami hanya akan menjelaskan terkait 4 jenis bahan Material Body yang kerap dan sangat sering digunakan dalam Implementasi Smartphone Android, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Polycarbonate (Plastik)
  • Metal (Besi)
  • Glass (Kaca)
  • Ceramic

Untuk kalian, ketahui umumnya ke-4 bahan Metarial Body diataslah yang paling sering digunakan pada era Smartphone Android saat ini, karena bahan tersebut memang disukai dengan memiliki karakteristik tersendiri, sehingga bisa diterima oleh masyarakat.

Ke-4 bahan Material Body Smartphone Android diatas juga memang bukan merupakan bahan yang langka untuk ditemukan, tetapi yang membuat sebagiannya menjadi Premium adalah terkait masalah Touching (Sentuhan), Seni, Estetika dan Implementasi Teknologi yang digunakan.

Selanjutnya, agar lebih lengkap, disini kami juga akan menyertakan Kelebihan dan Kekurangan dari tiap masing-masing bahan Metarial Body tersebut, agar kalian bisa lebih mengerti dan bisa kalian jadikan bahan pertimbangan, jika memang kalian ingin membeli sebuah Smartphone Android baru yang maksimal untuk budget kalian.


Kekurangan dan Kelebihan jenis Material Body


Seperti yang telah kami singgung diatas, disini kami juga akan memberikan penjelasan terkait Kekurangan dan Kelebihan pada tiap masing-masing jenis Material Body pada Smartphone Android yang ada sekarang ini.

Disini, kami hanya ingin memperjelas saja, untuk tolak ukur penilaian Kekurangan dan Kelebihan ini, kami gunakan dalam pendekatan Real Life, artinya penggunaan nyatanya saja.

Karena disini, kami tidak akan berbicara terkait "Teorinya", tetapi lebih merujuk kepada faktanya, agar kalian bisa tahu terkait kebenaran dari masing-masing jenis Material Body tersebut.

Selanjutnya, tidak lupa juga, kami juga akan memasukan Opini kami disini, kalian bisa saja tidak setuju dengan Opini kami, tetapi paling tidak Opini yang akan kami sampaikan bisa menjadi bahan Pertimbangan untuk kalian dalam menentukan pilihan nantinya.

Baiklah, sudah cukup basa-basinya, kita akan mulai masuk pada pembahasan utama kita kali ini :


Polycarbonate (Plastik)


Ini adalah bahan Material Body Smartphone Android yang paling banyak digunakan sekarang ini, Ya! berbahan Plastik, tetapi tidak sembarangan Plastik yang kalian pikir mungkin murahan dan terkesan rendah kualitasnya.

Material Plastik yang kami maksud disini adalah Polycarbonate, yang merupakan sebuah Material Plastik yang bisa dikatakan Fleksibel dan Kuat, umumnya bahan Polycarbonate ini digunakan pada seri Smartphone kelas Menengah hingga kebawah.

Macam jenis bahan Body Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Kekurangan Kelebihan bahan Kaca di Smartphone, Kekurangan Kelebihan bahan Metal besi di Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Keramik di Smartphone Android, Jenis Material Body Android, Macam-macam bahan Body Android, Bahan Plastik Android, apa itu Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Material Casing Android terbaik

Dan beberapa Smartphone Android kelas bawah memang masih banyak menggunakan bahan Material Plastik saja, tetapi disini kami membicarakan Material Plastik yang lebih Modern, yaitu Polycarbonate.

Material Polycarbonate ini adalah sebuah bahan dengan basis Plastik dengan tingkat pembentukan yang tinggi, keras dan tidak mudah patah, selain itu harga Produksinya juga terbilang murah, sehingga banyak Produsen Smartphone yang menggunakan bahan Polycarbonate untuk dijadikan Material utama dalam pembuat Smartphone Android.

Sejauh ini, ada 2 buah Implementasi Desain yang sering digunakan pada Smartphone Android dari bahan Plastik tersebut, yaitu bisa diadopsi dalam Desain :

  • Mate (Kasar)
  • Glossy (Mengkilap)
  • Pattern (Berpola) 


Meski berbahan Plastik yang sangat erat predikatnya dengan Smartphone Android murah, tetapi nyatanya bahan Metarial Polycarbonate ini mempunyai beragam Kelebihan seperti :

  1. Kuat
  2. Fleksibel
  3. Tahan Benturan
  4. Bahan yang tidak mempengaruhi kapasitas penangkap Signal
  5. Ringan


Disamping banyaknya keunggulan dari Material Polycarbonate tersebut, ternyata Kekurangannya pun ada beragam seperti :

  1. Mudah tergores
  2. Hawa panas Smartphone Android sangat terasa
  3. Terkesan murahan, karena berbahan Plastik, begitulah stigma yang ada didalam masyarakat
  4. Rapuh, jika sudah termakan usia
  5. Cepat leleh, terkena api
  6. Bukan bahan yang cocok untuk Smartphone dengan kemampuan Waterproof
  7. Mudah penyok jika terjatuh
  8. Jamuran
  9. Mudah kotor, terkena bahan seperti minyak
  10. Tidak solid saat digenggam


Biasanya, Smartphone Android yang menggunakan bahan Polycarbonate ini berada pada Level Segment :

  • Kelas Bawah (> 1jt)
  • Kelas Menengah ke Bawah (>3jt)
  • Kelas Menengah (3-4jt)


Ya! itulah fakta dari bahan Material Body Polycarbonate tersebut, meski demikian, kesan "Murahan" disini masihlah besifat Relatif, karena penilaian orang itu berbeda-beda.

Jika, terkait fakta, maka disini ada fakta menarik dari Smartphone Android berbahan Material Body Polycarbonate tersebut, yaitu Smartphone Android dengan kisaran harga 3-4 Jutaan masih banyak yang menggunakan bahan Material Polycarbonate.

Lalu, apakah itu bisa dikatakan murah? sehingga jawabannya akan sangat relatif, sehingg jika kalian memiliki Smartphone Android berbahan Plastik (Polycarbonate), kalian tidak mesti kecewa, karena faktanya bahan Polycarbonate tidak sepenuhnya buruk.

Hanya, saja jika kita berbicara terkait kelas, maka jawabannya bahan Plastik Polycarbonate memang tidak sebagus bahan Material lainnya dan harga Produksinya juga memang yang paling murah.


Metal (Besi)


Selanjutnya, ini adalah bahan yang sekarang ini juga hampir sama banyaknya digunakan seperti bahan Plastik Polycarbonate, yaitu adalah Metal.

Macam jenis bahan Body Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Kekurangan Kelebihan bahan Kaca di Smartphone, Kekurangan Kelebihan bahan Metal besi di Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Keramik di Smartphone Android, Jenis Material Body Android, Macam-macam bahan Body Android, Bahan Plastik Android, apa itu Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Material Casing Android terbaik

Bahan, Metal yang akan kami bahas disini pada umumnya berbahan Metal Aluminium yang memang sangat sering ditemui pada Smartphone Android sekarang ini, meski ada juga yang menggunakan bahan Metal jenis lain.

Biasanya, bahan Material Metal ini memiliki Desain yang khas pada Smartphone Android yaitu adalah berbentuk :

  • Mate (Kasar)


Material Metal, mau apapun itu jenisnya memang memiliki tingkat Fleksibilitas yang bagus, karena setelah dilebur, maka akan mudah untuk dibentuk dan dibuat, untuk lebih jelasnya, berikut adalah Kelebihan dari bahan Material Metal atau besi pada Smartphone Android :

  1. Modern
  2. Solid dan berat digenggaman (Tipikal Smartphone Premium)
  3. Kuat
  4. Tahan lama dengan karena tidak rapuh
  5. Cocok untuk digunakan Smartphone dengan kemampuan Waterproof
  6. Sangat cepat meredakan Panas di Smartphone Android
  7. Tidak mudah patah
  8. Tidak mudah tergores
  9. Terlihat lebih Premium


Selanjutnya, sejatinya Material bahan Metal (Besi) ini juga memiliki beberapa Kekurangan yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Karatan, ini sudah menjadi faktor alamiah
  2. Mudah Penyok jika terhempas atau terjatuh
  3. Ketika tergores, maka goresan akan sangat terlihat, apalagi jika itu merupakan goresan dari benda tajam
  4. Mudah bengkok dan sulit dikembalikan kebentuk semula
  5. Harus menggunakan Anthena Lines, jika tidak, maka Smartphone Android kalian akan kesulitan untuk mendapatkan Signal
  6. Rasa panas Smartphone akan jauh lebih terasa dari pada bahan Material lainnya
  7. Pengguna rawan tersetrum, jika terkena aliran listrik langsung


Lalu, biasanya bahan Material Metal ini banyak digunakan pada Smartphone di level kelas, sebagai berikut :

  • Kelas Bawah (>1jt)
  • Kelas Menengah ke Bawah (>3jt)
  • Kelas Menengah (3-4jt)
  • Kelas Menengah ke Atas (4-6jt)


Disini juga akan ada fakta menarik untuk kalian, sebelum adanya bahan Material seperti Kaca dan Keramik, dulu hampir semua Smartphone Android kelas atas, hampir semuanya menggunakan bahan Material Metal, karena memang lebih Premium dari Plastik.

Tetapi, karena adanya keterbatasan dalam estetika desain yang terlihat monoton, maka lambat laun bahan Material Metal ini ditinggalkan dan diganti oleh bahan lainnya yang terlihat lebih Premium dan lebih memiliki daya tarik.

Maka, inilah alasan kenapa saat ini hampir semua Smartphone Kelas Atas, sekarang tidak lagi banyak menggunakan bahan Material Metal tersebut, karena memang ada bahan yang lebih menjual dan tentunya karena adanya pengaruh Trend.


Glass (Kaca)


Siapa yang setuju Smartphone Android berbahan kaca itu terlihat lebih cantik dan Premium? jika iya, maka kalian tidak salah, karena saat ini Material bahan Kaca memang sedang mendapat Trend Positif karena adanya daya tarik dan ciri khas yang membuatnya terkesan Mahal dan Premium.

Macam jenis bahan Body Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Kekurangan Kelebihan bahan Kaca di Smartphone, Kekurangan Kelebihan bahan Metal besi di Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Keramik di Smartphone Android, Jenis Material Body Android, Macam-macam bahan Body Android, Bahan Plastik Android, apa itu Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Material Casing Android terbaik

Seperti yang kalian ketahui, sekarang ini eranya Smartphone Android cantik, karena sebuah Smartphone Android itu tidak lagi dilihat hanya dari Spesifikasinya, melainkan dari Desain Estetikanya pun sudah menjadi penilaian umum sekarang ini.

Sehingga, untuk menambah kecantikan dari sebuah Smartphone Android, bahan Material Kaca lah yang saat ini sering di pilih oleh Produsen Smartphone Android, selain mudah untuk dibentuk, bahan Glass (Kaca) ini juga bisa dipadukan dengan bahan Material Metal dan Plastik, sehingga akan menghasilkan Desain yang sangat unik dan futuristik.

Kenapa bahan kaca bisa menjadi Premium? apakah bahan Kaca tidak rentan rusak?

Mungkin banyak dari kalian yang menanyakan hal ini, tidak salah memang jika kalian menganggap Kaca disini, seperti Kaca cermin atau Kaca dijendela rumah kalian.

Faktanya, Material bahan Kaca yang digunakan pada Smartphone Android itu jelas sekali berbeda, karena disini Material Kaca yang digunakan adalah yang berbahan kokoh dan tidak mudah hancur, apalagi sekarang ini Material Kaca ini sudah dilapisi dengan bahan Pelindung dari Kaca yang terkenal sangat kuat, yaitu adalah Corning Gorilla Glass.

Maka, untuk ketahanannya bisa kalian bandingkan seperti bahan Metal, meski tidak sekuat Metal sepenuhnya, biasanya Material bahan Kaca ini banyak di Impelementasi dengan Desain bentuk :

  • Glosy (Mengkilap)
  • Gradient (Perpaduan 2 Warna yang membias satu sama lain)
  • Reflection (Memantulkan cahaya)
  • Pattern (Pola unik seperti hologram)


Jika, kita lihat dari Implementasi Desain, maka sudah jelas bahan Material Glass (Kaca) ini memang sesuatu yang Premium, karena bisa dibuat dengan tingkat nilai seni yang tinggi.

Adapun Kelebihan dari Material berbahan Kaca (Glass) tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Solid dan Berat (Premium pokonya)
  2. Tidak mudah tergores (Jika dilapasi pelindung extra seperti Corning Gorilla Glass)
  3. Tidak jamuran (Karena bukan Plastik)
  4. Sangat cocok untuk Smartphone Waterproof dan Dustproof
  5. Terlihat mewah dan tidak pasaran
  6. Tahan lama
  7. Tidak akan penyok
  8. Tidak akan bengkok
  9. Tidak mudah patah
  10. Rasa panas Smartphone Android tidak begitu terasa
  11. Warna Body tidak akan pudar, tetap gonjreng seperti baru
  12. Tidak akan terkikis oleh usia


Disamping banyaknya kelebihan dari Material berbahan Kaca (Glass) tersebut, faktanya ada Material ini juga memiliki sejumlah Kekurangan yaitu :

  1. Mudah pecah jika terjatuh dan terhempas
  2. Membutuhkan Anthena Lines, untuk menangkap Signal
  3. Mudah kotor, seperti terkena jejak jari
  4. Licin jika terkena keringat atau cairan
  5. Rawan retak jika terkena tekanan atau terkena panas berlebihan
  6. Smartphone Android akan sulit untuk dibongkar


Karena bahan Material Glass (Kaca) ini memang mengadopsi kesan Premium, maka untuk kelasnya sendiri biasanya ditujukan untuk Segment Pasar, sebagai berikut :

  • Kelas Menengah ke Atas (4-6jt)
  • Kelas Atas (7jt-keatas)


Kalian, pengguna Smartphone Android berbahan Glass (Kaca)? memang kalian patut untuk berbangga diri, tetapi perlu kalian ketahui, ada fakta menarik dari Material berbahan Kaca tersebut.

Yaitu, fakta terkait cara perawatan yang lebih rumit dari Material Metal, apalagi Plastik, karena sifat Kaca yang rentan terhadap tekanan, maka kalian harus hati-hati agar Smartphone Android kalian tidak terjatuh atau terpentok sesuatu.

Karena, jika pecah, maka dampaknya akan sangat besar, yaitu akan pecah berkeping-keping dan fakta lainnya, jika sudah pecah, maka akan sulit untuk diperbaiki, karena Spare Part dari Case berbahan Kaca tersebut tidak mudah untuk ditemukan, tidak seperti Material bahan Metal dan Plastik, yang bisa dengan mudah kalian temukan dimanapun.


Ceramic (Keramik)


Nah, ini adalah bahan Material Premium yang saat ini sudah mulai digunakan untuk Smartphone Android Kelas Atas, yaitu adalah Ceramic (Keramik).

Macam jenis bahan Body Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Kekurangan Kelebihan bahan Kaca di Smartphone, Kekurangan Kelebihan bahan Metal besi di Smartphone Android, Kekurangan Kelebihan bahan Keramik di Smartphone Android, Jenis Material Body Android, Macam-macam bahan Body Android, Bahan Plastik Android, apa itu Kekurangan Kelebihan bahan Polycarbonate, Material Casing Android terbaik

Memiliki, ketahan Material yang kuat dan memiliki Karakteristik seperti Kaca yang Glossy, membuat Material Ceramic ini menjadi bahan Material penyempurna pengganti bahan Glass (Kaca) biasa.

Karena, disini ada perbedaan yang besar terhadap Ketahanan dan Kualitas dari Materialnya, selain itu bahan Ceramic juga memang sudah menjadi bahan umum yang sudah digunakan sejak zaman dulu, untuk membuat perkakas yang kokoh, kuat dan bernilai seni.

Maka, saat ini bahan Material ini sudah mulai dibawa dan penggunaannya pun sudah mulai menjadi umum sekarang ini, hanya saja bahan Ceramic ini memiliki tingkat Fleksibilitas Desain yang tidak sebaik bahan berbasis Kaca (Glass), karena biasanya hanya digunakan untuk Desain :

  • Glossy (Mengkilap)
  • Gradient (Perpaduan lebih dari 1 warna, dengan kombinasi dan style yang tidak sebanyak bahan berbasis Glass)


Selanjutnya, jika kita berbicara soal Kelebihan, maka sudah jelas bahan Material Ceramic ini akan memiliki banyak kelebihan seperti :

  1. Sangat Kuat dan Solid ketika digenggam
  2. Tidak mudah pecah seperti Material Kaca
  3. Tidak mudah tergores (Jika sudah menggunakan perlindungan seperti Corning Gorilla Glass)
  4. Memiliki Karakteristik warna yang khas dan dalam
  5. Berat
  6. Terkesan mahal dan tidak pasaran
  7. Sangat cocok untuk Smartphone Waterproof dan Dustproof
  8. Tahan lama
  9. Tidak akan penyok
  10. Tidak akan bengkok
  11. Rasa panas Smartphone Android tidak begitu terasa
  12. Warna Body tidak akan pudar
  13. Tidak akan terkikis oleh usia
  14. Tidak selicin Material berbasis Kaca
  15. Tidak mudah retak
  16. Jika pecah, maka efeknya tidak akan sebesar kerusakan pada Material berbahan Kaca yang bisa berdampak menyeluruh pada semua bagian Body


Sebenarnya, Kekurangan dari bahan Material dari Ceramic ini kurang lebih sama saja seperti Material berbahan Kaca (Glass) yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Bisa pecah jika terjatuh dan terhempas dari ketinggian tertentu
  2. Membutuhkan Anthena Lines, untuk menangkap Signal
  3. Mudah kotor, seperti terkena jejak jari
  4. Smartphone Android akan sulit untuk dibongkar


Karena, ini adalah Material Premium dan Exclusive yang masih jarang digunakan pada Smartphone Android sekarang ini, maka Implementasinya biasanya hanya digunakan pada Smartphone dengan level Segment :

  • Kelas Atas (7jt-keatas)


Kenapa hanya dibuatkan untuk Smartphone Kelas Atas saja? alasannya adalah karena biaya Produksi yang terbilang mahal dan tentu saja, Ceramic adalah bahan yang Premium dan kokoh, sehingga akan ada lebih banyak Cost (Biaya) yang dikeluarkan untuk bisa menggunakan Material satu ini.

Selanjutnya, jika kita berbicara terkait Fakta, maka Material Ceramic ini cara perawatannya tidak sesulit Material berbahan Kaca, karena Material Ceramic ini memang lebih Kuat dan Kokoh terhadap tekanan, sehingga jika terhempas atau terjatuh dengan ketinggan yang tidak begitu tinggi, maka Smartphone tidak akan mengalami masalah apa, minimalnya cuma retak sedikit.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, sebenarnya pembahasan ini memang tidak begitu menarik bagi beberapa kalangan yang memang Fokus pada Spesifikasi Internal sebuah Smartphone Android saja.

Tetapi, jika kalian adalah seorang yang melihat dari segi manfaat dan orang yang melihat Smartphone dari aspek estetika termasuk Build Quality, maka pembahasan diatas bisa sangat membantu kalian, untuk membuat sebuah pertimbangan untuk kalian.

Selanjutnya, artikel ini akan terus kami Update, jika nantinya ada bahan Material Body Smartphone Android yang umum digunakan dimasa depan.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, sebenarnya masih ada bahan Material lain yang kerap digunakan, seperti Material Karbon, Logam Mulia dan lainnya, hanya saja tidak kami sertakan, karena memang tidak menjadi bahan Material yang umum digunakan sekarang ini pada Smartphone Android yang Exist sekarang ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian bisa tambah ilmu dan semakin luas wawasannya, semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot